Favorit

Agenda Kota Semarang Bulan November 2025

Image
Salah satu acara menarik yang sukses mencuri perhatian kami di Kota Semarang pada bulan November ini adalah Padel masuk mal . Sebuah konsep yang terbilang unik dan anti-mainstream . Siapa sangka, olahraga yang sedang naik daun ini bisa dimainkan di tengah pusat perbelanjaan? Kami pun dibuat penasaran, seperti apa rancangan lapangan dan event yang disajikan nanti? Musim Hujan, Banjir, dan Tantangan Event Outdoor di Semarang November telah tiba, meninggalkan Oktober yang penuh dinamika. Khususnya, isu banjir yang kembali jadi perbincangan hangat. Entah mengapa, kali ini suaranya terasa lebih kencang, seolah menjadi jawaban atas keluh kesah para pengguna media sosial yang kerap mengeluhkan teriknya matahari Semarang. Jika berkaca pada kalender cuaca, Ibu Kota Jawa Tengah memang telah resmi memasuki musim penghujan. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para penyelenggara event , terutama yang masih mengandalkan ruang terbuka ( outdoor ). Tantangan ini juga berlaku bagi Anda,...

Lebaran Tanpa Mudik Trafik Data XL Axiata Naik 35%

XL Axiata mengumumkan kenaikan data mereka selama bulan Ramadan hingga lebaran lewat rilis yang dikirim kepada kami. Beberapa data statistik menarik dari info yang dibagikan. Seperti penggunaan streaming dan aplikasi apa saja yang banyak digunakan.

Ini adalah rilis ketiga selama bulan Mei yang kami terbitkan di blog dotsemarang. XL Axiata punya banyak info kali ini yang ingin dibagi ke masyarakat.

Disebutkan, Customer Experience & Service Operation Center yang berada di XL Axiata Tower, Jakarta, mencatat terjadinya kenaikan trafik layanan data sebesar 35% dibandingkan periode Lebaran tahun sebelumnya. 

Dan 15% dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan. Trafik pemakaian layanan data di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY meningkat sekitar 16%.

Tentu saja salah satu pengaruh kenaikan ini karena adanya larangan mudik dan berbagai pembatasan mobilitas di tingkat lokal. 

Bahkan, menurut Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, pengaruh Lebaran dan mengisi liburan dengan melakukan perjalanan wisata juga tidak terlalu besar. 

Hal ini sangat berpengaruh pada tingkat kenaikan trafik yang masih tidak setinggi saat masa sebelum pandemi dan mudik lebaran masih belum dilarang. 

Untuk layanan Instant Messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 21%. Sementara itu, pada layanan social network, trafik Twitter naik 16%. 

Layanan lainnya juga mengalami kenaikan trafik, antara lain belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 65%, sedangkan web browsing naik 15%. 

Untuk layanan video conference Zoom, meskipun sepertinya juga mulai dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bersilaturahmi, namun karena ada libur sekolah dan cuti karyawan maka trafik pemakaiannya relatif stagnan cenderung menurun. 

Untuk layanan peta atau penunjuk rute jalan seperti Google Maps dan Waze juga tidak terlalu banyak diakses karena adanya kebijakan larangan mudik.

Dilihat dari wilayah kenaikan trafik layanan secara nasional selama Ramadan dan Lebaran dibandingkan trafik hari biasa sebelumnya, berturut-turut terjadi di 

  • Jawa Tengah  12%
  • Jawa Timur 10%
  • Jawa Barat 7% 

Di luar Jawa, trafik pemakaian layanan di wilayah 

  • Sumatera Bagian Utara  5%
  • Sumatera Bagian Selatan 8%
  • Kalimantan 3%
  • Sulawesi 10%
  • Bali-Lombok-Sumbawa 2%. 
Sementara itu dilihat dari area kota/kabupaten, secara nasional :

  • Sampang 44%
  • Bangkalan 40%
  • Brebes 28%.

Khusus di di Provinsi Jawa Barat :

  • Kabupaten Garut, naik 24%
  • Kabupaten Cirebon, naik 16%
  • Kabupaten Cianjur, naik 21% 

Sementara itu, di Provinsi Jawa Tengah : 

  • Kabupaten Brebes, naik 28%
  • Kabupaten Tegal, naik 22%
  • Kabupaten Kebumen, naik 26%. 
Untuk Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri trafik tertinggi terjadi di Kabupaten Kulon Progo dengan kenaikan sekitar 8%.

Trafik XL Home 

Data menarik seputar trafik layanan selama Ramadan dan Lebaran juga terjadi pada layanan internet tetap (internet fix line) XL Home, di mana terjadi kenaikan trafik sebesar lebih dari 20% dibandingkan hari biasa atau naik sebesar 121% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Larangan mudik dan pengetatan perjalanan ke luar telah mencegah masyarakat melakukan perjalanan wisata dan mendorong mereka untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. 

Karena itu, akses ke wifi yang berbasis layanan tetap internet menjadi meningkat. Selain itu, paket-paket berlangganan XL Home yang menawarkan layanan hiburan menjadi alternatif menarik bagi para pelanggan.

 “Kenaikan trafik XL Home ini tidak terlepas dari terus meningkatnya jumlah pelanggan dalam periode setahun terakhir sebesar 100%. Saat ini jumlah pelanggan XL Home mencapai lebih dari 100 ribu dengan cakupan lebih dari 540 ribu home passed. Kenaikan trafik pemakaian sudah mulai terlihat sejak memasuki Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Akses ke layanan internet meningkat rata-rata sebesar 20%,” tambah Gede.    

Secara keseluruhan, guna memastikan kesiapan jaringan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan selama masa Lebaran tahun ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan hingga 2x dibandingkan hari normal.  

Meski tidak ada lagi mudik, XL Axiata tetap bersiap mengantisipasi potensi lonjakan trafik yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. 

Untuk itu, prosedur pengawalan jaringan tetap dilaksanakan semaksimal mungkin. Pengerahan mobile BTS juga tetap dipersiapkan untuk memperkuat kualitas jaringan di lokasi-lokasi yang membutuhkan.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Install AstraPay di GIIAS Semarang 2025, Eh Kena PHP

Agenda Kota Semarang Bulan November 2025

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

ASUS Gaming V16 (2025): Laptop Gaming Entry-Level yang Smart Budget, Lebih Power dari K16!

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?