Apakah live blogging Itu?


Live blog adalah sebuah posting blog yang dibuat dengan tujuan memberikan liputan secara langsung, seperti acara siaran langsung televisi atau radio. Dalam posting blog tersebut, kontennya diperbarui langsung dengan bantuan widget atau alat tertentu. Apakah kamu pernah mencobanya?

Saat mencari artikel dari Wikipedia, live blogging populer di tahun 2000-an dengan penggunanya adalah perusahaan berita dan blog. Bahkan sekelas BBC saja, mereka menggunakan live blogging namun dengan nama berbeda yaitu "live text."

Mencoba Live Blog?

Di era sekarang sebenarnya live blogging kurang menarik. Hadirnya media sosial, khususnya Twitter, masih merupakan alat yang menarik untuk berbagi informasi saat sedang berlangsung acara. Live blogging di sini bukan tentang menulis langsung saat acara, tapi memperbarui posting blog seperti sedang live tweet. 

Kami sendiri sudah pernah melakukannya beberapa tahun lalu. Namun sempat tidak menggunakannya lagi karena lebih menarik live tweet. Akhir-akhir ini, kami kembali memakainya. Terbaru saat launching acara Asus di Jakarta.

Alasan kembali menggunakan live blogging adalah kami ingin fokus pada konten di blog ketimbang di media sosial. Dengan banyaknya acara dan informasi yang didapat, terkadang kami melupakan menulis event yang sudah kami hadiri. Biasanya alasan kesibukan dan rasa lelah.

Selain alasan di atas, kami juga ingin menjaga kredibilitas akun media sosial dotsemarang. Terutama acara yang tidak berbayar. Jika itu berbayar, tentu kami pasti akan memanfaatkan akun media sosial dotsemarang. Namun bila tidak, kami ingin menjaga akun media sosial kami tetap bersih dan tidak berisik. 

Bagaimana sukses live blog

Live blog lebih cenderung digunakan untuk liputan sebuah acara. Paling utama dan dibutuhkan untuk live blog menurut kami adalah koneksi internet. Kami pernah sedikit frustasi saat datang ke sebuah event, koneksi kami ngadat. Entah apakah karna di dalam ruangan atau ada pembatasan. Dan sialnya, pihak acara tidak menyediakan Wifi gratis.

Selain acara, live blog juga bisa digunakan untuk pertandingan olahraga, upacara, pemilihan, pertemuan, dan sebagainya yang kami kutip dari Wikipedia. Tentang sukses lainnya, kami pikir hanyalah fokus pada acara dan usahakan tidak banyak multitasking.

Tambahan. Buatlah postingan blog beberapa hari sebelumnya yang tujuannya untuk dibuat live blog. Lalu, beritahukan kepada pengunjungmu di media sosial. Format live blog biasanya dari konten terbaru (atas) dan konten lama (bawah).

Alat apa saja yang bisa digunakan untuk live blogging?

Sebenarnya Twitter bisa dimanfaatkan untuk live blog. Caranya dengan membuat hashtag tertentu atau khusus, kemudian kita tempel atau embed pencarian hashtag yang sudah kita buat ke dalam postingan blog. Untuk pembahasan ini, nanti kami buat sendiri.

Untuk alat yang bisa digunakan, kamu bisa mencoba 24liveblog.com, Storify , Livefyre , CoverItLive dan ScribbleLive. Kesemua alat ini menyediakan kotak khusus yang bisa kita embed ke dalam blog yang ingin dibuat live blogging. Diantara alat tersebut, kami sudah mencoba  24liveblog.com dan Storify. Keduanya belum memiliki aplikasi khusus untuk Android, sehingga harus dijalankan via PC atau mobile (web browser).

Apakah kamu memiliki alat lainnya selain yang kami sebut di atas? Kasih masukan lewat kotak komentar di bawah.

...

Kebanyakan live blogging pada waktu dulu digunakan secara kolaborasi dan oleh perusahaan. Kini hadirnya media sosial, apalagi hanya untuk individu atau personal bloger, live blog kurang diminati. Semisal kamu masih menggunakan, absen di kotak komentar kami.

Salah satu sumber kutipan kami selain Wikipedia, yaitu civic.mit.edu klik linknya di sini, live blogging dikerjakan secara tim. Ada pembagian tugas tiap individu yang tergabung di dalamnya. 

Di bawah ini ada beberapa live blogging kami yang bisa kamu lihat. Kami menyadari meski kami bloger, artikel ini masih kurang memuaskan. Artikel ini kami maksudkan untuk menyambungkan konten lain yang segera akan kami buat di waktu mendatang. Terima kasih telah berkunjung.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?