Langsung ke konten utama

Review Film Rudy Habibie (Habibie & Ainun 2)


Film Rudy Habibie resmi tayang diseluruh bioskop tanah air tanggal 30 Juni 2016. Durasinya pun tak tanggung-tanggung, 2 jam 22 menit atau 142 menit. Sudah menonton film ini?

Melanjuti film Habibie & Ainun, film versi keduanya ini lebih banyak bercerita dari masa kecil Habibie hingga menjadi Mahasiswa di Jerman. Dikemas dengan peperangan yang melanda waktu itu, kemudian dipertemukan dengan cerita persahabatan dan cinta.  

Berhasil mengaduk-aduk emosi 

Film ini menurut saya sukses mengaduk emosi para penontonnya. Tanpa berlebihan dan hanya menunjukkan sebuah adegan dimana salah satunya saat Habibie kecil menggantikan imam sholat Ayahnya yang meninggal.

Akting Reza Rahadian memang selalu menarik. Saya pikir ia memang ditakdirkan untuk terus bermain film dengan tema seperti ini. Ekspresinya sangat dapat dan itu adalah benar-benar akting yang sangat total.


Google image

Rasa kagum luar biasa

Film yang diangkat dari kisah nyata mantan Presiden RI ke-3 ini benar-benar memberi rasa kagum luar biasa. Masa muda beliau sangat jenius dan itu sangat jarang sekali menemukan fakta bahwa orang tersebut adalah orang Indonesia yang ceritanya di filmkan dan merupakan pemimpin di negeri ini.

Kecerdasan Rudy Habibie di masa muda yang diapresiasi oleh Jerman berbanding terbalik dengan sebagian teman-teman di kuliahnya. Namun Rudy mampu menjawab semua masalah yang dialaminya dengan prestasi yang membanggakan. 

Mengenal cinta pertama

Lewat film ini juga, penonton dikenalkan dengan kisah cinta pertama Habibie yang bernama Ilona Ianovska (Chelsea Islan). Wanita cantik yang besar di Jerman namun berasal dari Polandia ini sangat mahir berbahasa Indonesia.

Akting keduanya sangat baik dan benar-benar romantis. Ilona selalu mendukung Rudy dan membuat saya cemburu rasanya dengan tampang secantik Chelsea yang memerankannya meski hubungan mereka harus kandas ditengah jalan.


Google image

Alur maju mundur

Nama sutradara Hanung Bramantyo adalah jaminan untuk film berkualitas. Tak salah bila penonton selalu diajak bolak-balik dengan alurnya yang maju mundur.

Saat film ini dimulai, Rudy yang masih kecil sudah merasakan bagaimana dampak perang waktu itu. Meski tak diceritakan bagaimana masa sekolah, Rudy yang sudah berkuliah di Jerman dengan cerita yang mengaduk-aduk selalu dibawa kebelakang. Semacam mengingatkan apa yang pernah menjadi harapan dan motivasi Rudy dari Ayahnya yang diperankan Donny Damara.

Persahabatan

Masuknya para pemain dari Standup Comedy yang menjadi sahabat-sahabat Rudy di film Produksi MD Pictures ini melanjuti tren bahwa menjadi standup saat ini merupakan jaminan jenjang karir selanjutnya.

Mereka di film ini selalu mendukung Rudy. Dibalik dukungan tersebut, Rudy juga memiliki beberapa orang yang tidak suka. Orang-orang yang memiliki rasa bangga dan merasa lebih besar dari Rudy.

Banyak konflik yang ditunjukkan dari sini selain kisah asmara, termasuk kecemburuan Ayu yang diperankan oleh Indah Permatasari. Saya sangat suka wajahnya yang begitu Indonesia banget di sini.

Good looking

Film ini benar-benar tidak membosankan dari awal hingga akhir. Dukungan gambar yang sangat baik dan tampang para pemain yang good looking semua memberi jaminan tersendiri.

Selain Reza Rahadian sendiri yang saya anggap Shahrukh khan-nya Indonesia, ditemani Chelsea Islan, Indah Permatasari, nama-nama seperti Millane Fernandez, Cornelio Sunny, Gph Paundrakarna Js, dan Fadika sudah sangat menarik dari segi tampang.

Oh ya, saya tertarik dengan Gph Paundrakarna Js yang berperan sebagai Mario. Aktor yang dulunya merupakan salah satu bintang sinetron yang cukup populer, terutama karena perannya sebagai Galih di Gita Cinta Dari SMA, ini bermain dengan sangat baik terutama tampangnya.

Saya pikir suatu hari nanti, ia bermain film dengan genre thriller atau action. Wajahnya di film Rudy Habibie memberi saya inspirasi bahwa ia bisa menjadi pemain berkarakter pembunuh atau misterius. Pasti seru, deh.


Google image

Religius

Entahlah, apakah momennya sangat tepat atau memang disengaja saat puasa dan menjelang lebaran. Rudy saat berkuliah adalah pribadi yang religius. Meski diberkahi kecerdasaan atau lebih enak disebut jenius, ia tak meninggalkan salatnya. 

Apalagi tinggal di Jerman waktu itu. Melakukan ibadah dengan tiada masjid membuat saya kagum dengan sosok Habibie muda. Satu momen yang cukup menggugah adalah ia beribadah di gereja saking keterbatasan tempat ibadah saat itu.

...

Film yang sengaja ditayangkan bertepatan dengan ulang tahun B.J Habibie yang berusia 80 tahun sebagai kado kepada beliau bukan hanya menjadi kebahagiaan pribadi, namun juga seluruh masyarakat Indonesia.

Sangat menginspirasi dan membanggakan untuk kami, masyarakat Indonesia. Rasa cinta beliau terhadap Indonesia merupakan bukti bahwa generasi selanjutnya juga harus demikian.

Film ini sangat rekomendasi buat orang tua untuk mengajak anak-anaknya pergi ke bioskop, mengingat kategori usianya di atas 13 tahun. Mengajarkan hal positif secara langsung lewat film kepada generasi muda merupakan pendidikan yang sangat baik tentunya. Ada contohnya dan buktinya.

Menutup tulisan ini, jangan beranjak dulu meski film telah usai. Ada sedikit kejutan dari film Rudy Habibie.

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Mei 2018

Selamat datang di bulan Mei 2018. Bulan ini, masyarakat Indonesia akan mulai berpuasa. Kami berharap dapat lebih banyak menghadirkan info seputar ramadhan di blog dotsemarang. Selamat berpuasa bagi yang menunaikan.

Agenda rutin :
[Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam)Agenda lainnya :
[20 April - 16 Mei] - Gebyar Pasar Rakyat Semarang 2018[2-3 Mei] - Smart City Forum di Balai Kota Semarang.[2-4 Mei] - Festival Ekonomi Syariah Regional Jawa di Majesty Convention Hall Semarang.[4-6 Mei] - Pameran Franchise di DP Mall Semarang.[5 Mei] - Resepsi Hari Jadi Ke-471 kota Semarang[5 Mei] - Semarang Night Carnival di Hala…

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Mei 2018

Pameran handphone bulan Mei diselenggarakan di Java Mall Semarang, dari tanggal 9-15 Mei 2018. Lama juga menanti pameran ini, apalagi kali ini datangnya menjelang puasa. Seperti apa suasananya?
Kami yakin, kamu sudah tidak sabar menanti pameran ini yang cukup lama absen. Apalagi tren Smartphone yang terus update yang benar-benar tidak terbendung.
Momen menjelang puasa benar-benar dimanfaatkan oleh penyelenggara untuk menarik minat masyarakat agar mau membeli.
Kami coba melihat langsung seperti apa suasana di sana. Rupanya tidak besar. Maksud kami, tidak seperti mengambil semua tempat yang biasa dilakukan untuk acara pameran.
Bagian separuh tempat, digunakan oleh penyelenggara acara lain yang bertajuk UKM. Soal gadget apa saja yang ditawarkan, tentu tujuan kami hanya Asus yang stan tidak begitu besar.


Saat kami cari produk terbarunya seperti Zenfone Max Pro M1 memang belum tersedia. Meski begitu tawaran untuk mencicil HP masih menjadi keuntungan buat kamu yang ingin membeli dengan bud…

Tips Memotret Makanan dengan Kamera Ponsel

Selamat berpuasa hari ini bagi yang menjalankan. Pas sekali kami mengeluarkan postingan tips memotret ini, yang mungkin bagi sebagian dari kamu sudah mengerti. Apakah kamu masih belum mendapatkan momen bagus buat mengambil objek makanan?

Ini adalah kelanjutan dari postingan sebelumnya saat kami mengikuti acara KEB Intimate "Talk About Food Photography" di Hotel Pessona Semarang. KEB sendiri berarti kumpulan Emak Blogger. Kepoin aja tentang acara ini di sini.

Dalam dunianya, maksud kami bidang profesinya, mas Hinu Indra Wardhana sudah sangat dikenal. Namun buat kami, ini pertemuan pertama kami dan baru mengenalnya.

Beliau mengisi acara yang dilaksanakan di hotel Pessona di akhir pekan, atau Sabtu - tanggal 5 Mei 2018. Peserta yang hadir sebagian besar merupakan perempuan semua.

Pacari ponselmu

Dengan segala kelebihannya, Smartphone sekarang memang sudah termasuk sangat baik dalam hal mengambil gambar. Selain praktis, kemampuannya hampir sama dengan kamera DSLR atau SLR. Maka …

[Review Event] International Semarang Night Carnival 2018

Cuaca kota Semarang hari ini sangat cerah. Entah kenapa, malam minggu seperti sudah menjadi hari rutin digunakan untuk pelaksanaan acara Semarang Night Carnival (SNC) yang tahun ini jatuh pada tanggal 5 Mei 2018. Apakah kamu pergi menonton?

Semarang Night Carnival 2018 datang kembali dengan mengusung tema 'Kemilau Semarang'. Acara setahun sekali ini yang sudah berjalan 8 kali memang harus ditunggu, apalagi kali ini acara tidak sekedar berskala nasional, melainkan Internasional.

Selain perubahan tema yang membuat semua kostum ikut berubah tahun ini dengan tahun sebelumnya, rute perjalanan peserta SNC pun turut berubah. Tidak ada kawasan sekitar titik nol kilometer yang biasa beberapa tahun terus dihidupkan.

Titik utama kali ini, untuk keberangkatan dan kembali, berada di Balai Kota. Peserta karnaval berjalan mengelilingi jalan Pemuda yang memutar ke kampus Udinus atau jalan Imam Bonjol. Lalu, memutar menuju Paragon Mal dan selesai kembali di Balai Kota.

Akses macet menuju lokas…