Langsung ke konten utama

Review Film Rudy Habibie (Habibie & Ainun 2)


Film Rudy Habibie resmi tayang diseluruh bioskop tanah air tanggal 30 Juni 2016. Durasinya pun tak tanggung-tanggung, 2 jam 22 menit atau 142 menit. Sudah menonton film ini?

Melanjuti film Habibie & Ainun, film versi keduanya ini lebih banyak bercerita dari masa kecil Habibie hingga menjadi Mahasiswa di Jerman. Dikemas dengan peperangan yang melanda waktu itu, kemudian dipertemukan dengan cerita persahabatan dan cinta.  

Berhasil mengaduk-aduk emosi 

Film ini menurut saya sukses mengaduk emosi para penontonnya. Tanpa berlebihan dan hanya menunjukkan sebuah adegan dimana salah satunya saat Habibie kecil menggantikan imam sholat Ayahnya yang meninggal.

Akting Reza Rahadian memang selalu menarik. Saya pikir ia memang ditakdirkan untuk terus bermain film dengan tema seperti ini. Ekspresinya sangat dapat dan itu adalah benar-benar akting yang sangat total.


Google image

Rasa kagum luar biasa

Film yang diangkat dari kisah nyata mantan Presiden RI ke-3 ini benar-benar memberi rasa kagum luar biasa. Masa muda beliau sangat jenius dan itu sangat jarang sekali menemukan fakta bahwa orang tersebut adalah orang Indonesia yang ceritanya di filmkan dan merupakan pemimpin di negeri ini.

Kecerdasan Rudy Habibie di masa muda yang diapresiasi oleh Jerman berbanding terbalik dengan sebagian teman-teman di kuliahnya. Namun Rudy mampu menjawab semua masalah yang dialaminya dengan prestasi yang membanggakan. 

Mengenal cinta pertama

Lewat film ini juga, penonton dikenalkan dengan kisah cinta pertama Habibie yang bernama Ilona Ianovska (Chelsea Islan). Wanita cantik yang besar di Jerman namun berasal dari Polandia ini sangat mahir berbahasa Indonesia.

Akting keduanya sangat baik dan benar-benar romantis. Ilona selalu mendukung Rudy dan membuat saya cemburu rasanya dengan tampang secantik Chelsea yang memerankannya meski hubungan mereka harus kandas ditengah jalan.


Google image

Alur maju mundur

Nama sutradara Hanung Bramantyo adalah jaminan untuk film berkualitas. Tak salah bila penonton selalu diajak bolak-balik dengan alurnya yang maju mundur.

Saat film ini dimulai, Rudy yang masih kecil sudah merasakan bagaimana dampak perang waktu itu. Meski tak diceritakan bagaimana masa sekolah, Rudy yang sudah berkuliah di Jerman dengan cerita yang mengaduk-aduk selalu dibawa kebelakang. Semacam mengingatkan apa yang pernah menjadi harapan dan motivasi Rudy dari Ayahnya yang diperankan Donny Damara.

Persahabatan

Masuknya para pemain dari Standup Comedy yang menjadi sahabat-sahabat Rudy di film Produksi MD Pictures ini melanjuti tren bahwa menjadi standup saat ini merupakan jaminan jenjang karir selanjutnya.

Mereka di film ini selalu mendukung Rudy. Dibalik dukungan tersebut, Rudy juga memiliki beberapa orang yang tidak suka. Orang-orang yang memiliki rasa bangga dan merasa lebih besar dari Rudy.

Banyak konflik yang ditunjukkan dari sini selain kisah asmara, termasuk kecemburuan Ayu yang diperankan oleh Indah Permatasari. Saya sangat suka wajahnya yang begitu Indonesia banget di sini.

Good looking

Film ini benar-benar tidak membosankan dari awal hingga akhir. Dukungan gambar yang sangat baik dan tampang para pemain yang good looking semua memberi jaminan tersendiri.

Selain Reza Rahadian sendiri yang saya anggap Shahrukh khan-nya Indonesia, ditemani Chelsea Islan, Indah Permatasari, nama-nama seperti Millane Fernandez, Cornelio Sunny, Gph Paundrakarna Js, dan Fadika sudah sangat menarik dari segi tampang.

Oh ya, saya tertarik dengan Gph Paundrakarna Js yang berperan sebagai Mario. Aktor yang dulunya merupakan salah satu bintang sinetron yang cukup populer, terutama karena perannya sebagai Galih di Gita Cinta Dari SMA, ini bermain dengan sangat baik terutama tampangnya.

Saya pikir suatu hari nanti, ia bermain film dengan genre thriller atau action. Wajahnya di film Rudy Habibie memberi saya inspirasi bahwa ia bisa menjadi pemain berkarakter pembunuh atau misterius. Pasti seru, deh.


Google image

Religius

Entahlah, apakah momennya sangat tepat atau memang disengaja saat puasa dan menjelang lebaran. Rudy saat berkuliah adalah pribadi yang religius. Meski diberkahi kecerdasaan atau lebih enak disebut jenius, ia tak meninggalkan salatnya. 

Apalagi tinggal di Jerman waktu itu. Melakukan ibadah dengan tiada masjid membuat saya kagum dengan sosok Habibie muda. Satu momen yang cukup menggugah adalah ia beribadah di gereja saking keterbatasan tempat ibadah saat itu.

...

Film yang sengaja ditayangkan bertepatan dengan ulang tahun B.J Habibie yang berusia 80 tahun sebagai kado kepada beliau bukan hanya menjadi kebahagiaan pribadi, namun juga seluruh masyarakat Indonesia.

Sangat menginspirasi dan membanggakan untuk kami, masyarakat Indonesia. Rasa cinta beliau terhadap Indonesia merupakan bukti bahwa generasi selanjutnya juga harus demikian.

Film ini sangat rekomendasi buat orang tua untuk mengajak anak-anaknya pergi ke bioskop, mengingat kategori usianya di atas 13 tahun. Mengajarkan hal positif secara langsung lewat film kepada generasi muda merupakan pendidikan yang sangat baik tentunya. Ada contohnya dan buktinya.

Menutup tulisan ini, jangan beranjak dulu meski film telah usai. Ada sedikit kejutan dari film Rudy Habibie.

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Tahun 2018

Daftar acara atau agenda kota Semarang tahun 2018 sudah tersedia dalam bentuk PDF yang bisa diakses lewat website pariwisata.semarangkota.go.id. Kamu bisa mengunduh (download) atau sekedar membacanya sebagai panduan untuk berkunjung ke kota Semarang tahun ini. Berikut detailnya.

Sepertinya tahun 2018, kami libur dulu berkunjung ke kantor Dinas Pariwisata Kota Semarang yang terletak di gedung Pandanaran. Aktivitas rutin tiap tahun sekedar mendapatkan daftar acara kini bisa dengan mudah diakses via Internet.

Selain kami sertakan di halaman ini dengan link langsung ke situs yang berisi buku event 2018 kota Semarang, kami tetap rutin juga memberikan agenda Semarang tiap bulan yang bisa kamu jumpai di bawah ini. Selamat berkunjung dan terima kasih udah mampir ke kota tercinta kami, Semarang.
Download buku event kota Semarang dalam bentuk PDF di sini.

Berikut, daftar Agenda Semarang perbulan tahun 2018
Januari (Tersedia)FebruariMaretAprilMeiJuniJuliAgustusSeptemberOktoberNovember Desember Daf…

Si Cepat, Layanan Mobil Ambulance Gratis di Semarang

Ternyata sudah setahun Ambulance Hebat Si Cepat diluncurkan, terhitung dari tanggal 4 Januari 2017. Salah satu layanan kesehatan di kota Semarang ini menarik untuk diketahui. Apakah kamu pernah lihat mobil ini di jalan?
Akhirnya, kami bisa membawa Si cepat ke blog dotsemarang meski sudah mendapatkan informasi ini dari acara temu bloger bareng Dinas Kesehatan Kota Semarang pada bulan desember 2017 di The Wujil Resort & Conventions. Si cepat adalah layanan reaksi cepat bagi masyarakat yang membutuhkan ambulan Sebenarnya beberapa teman bloger kami ada yang sudah menjumpai Si Cepat ini yang berada di Puskesmas Halmahera. Waktu itu kami dibagi dalam dua kelompok, dan sayangnya kami kebagian ke Puskesmas Gayamsari yang waktu itu belum ada si Cepat ini.
Foto by Nia Nurdiansyah bareng bloger Semarang dan Dinas Kesehatan Semarang
Alasan kami baru membawa Si Ambulance Hebat  ke blog dotsemarang hari ini karena media sosial mereka sangat aktif. Di Twitter dengan id ambulancehebat, kicauan mer…

[Ebook] Daftar Acara di Semarang Tahun 2017

Halaman ini berisi kumpulan daftar acara kota Semarang selama tahun 2017 yang kami ambil dari blog dotsemarang dan kemudian kami kemas dalam bentuk ebook yang berformat PDF. Silahkan di download bila tertarik.
Terkahir kami memposting tentang kategori ebook pada bulan September 2016. Sangat lama dan tidak konsisten ternyata apa yang kami lakukan. 
Untuk itu, perdana tahun ini kami coba kembali membawa konten ebook ke dalam blog dotsemarang. Selain menjadi konten, cara membuat halaman blog dotsemarang yang dapat diakses secara offline ini merupakan cara kami untuk menyelamatkan file kami suatu hari nanti. Istilah back up data.
Berikut ebook daftar acara selama tahun 2017 di kota Semarang yang kami taruh di bawah ini.

Agenda semarang 2017 from Dot Semarang
Halaman ini hanya berisi daftar acara, bukan review acara. Daftar ini berasal dari kumpulan acara resmi dan acara tidak resmi yang kami kumpulin sendiri. Beberapa info ada tanggal yang lupa kami update. Mohon maklum untuk ketidaksempur…

Layanan Storify Akan Dinonaktifkan Mei 2018, Mari selamatkan Datamu

Tanggal 16 Mei 2018, Storify mengumumkan layanannya akan berhenti. Tentu ini kabar buruk buat kami yang merupakan salah satu penggunanya. Layanan yang pada dasarnya adalah alat untuk mencari posting dari berbagai media sosial dan menambahkan ke dalam satu cerita kini harus ditutup. Mari selamatkan data yang tersimpan di sana.
Juli 2017, kami membawa layanan yang diluncurkan 2010 ini ke blog dotsemarang. Dalam postingan yang kami kategorikan dalam aplikasi tersebut kami menulis tentang cara menggunakannya hingga keuntungan menggunakan aplikasi yang diakusisi oleh Livefyre pada tahun 2013.
Untuk seorang bloger, Storify sangat cocok untuk digunakan. Fungsinya sebagai pengumpul tersebut, sangat menarik bagi pengguna yang mencari konten yang sedang dilangsungkan dalam sebuah event atau acara.
Sebenarnya pengguna bisa menggunakan layanan versi berbayar, yaitu Storify 2. Layanan ini mengharuskan pengguna pindah ke halaman Livefyer yang merupakan perusahaan dimiliki Adobe semenjak diakusisi …