10 Tips Sederhana Media Sosial Untuk UMKM


Pertumbuhan usaha kecil atau UMKM di Indonesia saat ini memang sedang melonjak. Tentu, pemanfaatan media sosial sangat dibutuhkan untuk menunjang pasar yang kadang naik dan kadang pula turun.


Berikut 10 tips sederhana pemanfaatan media sosial untuk usaha kecil yang dikutip dari website business2community.com,


1. Fokus Kepada Pelanggan


Dalam menciptakan konten, kunci utamanya adalah apa yang diinginkan pelanggan. Sediakan link informasi yang berguna untuk pelanggan guna mendorong mereka menyebarkan informasi melalui media sosial.


2. Jadilah Manusia bukan robot


Menggunakan media sosial, haruslah melayani pelanggan seperti manusia. Bukan menjawab mention dari pelanggan layaknya robot. Dengan ini, ada rasa kepercayaan tinggi yang dihasilkan.


3. Hubungi Pelanggan yang tidak puas.


Saat pelanggan tidak senang dengan produk Anda melalui media sosial semacam twitter, facebook dan lainnya, segera hubungi pelanggan Anda. Dengan keterlibatan ini, pelanggan bukan saja merasa dilayani tapi juga menumbuhkan kepercayaan.


4. Promosi Lebih murah.


Dengan memanfaatkan media sosial, Anda bukan saja memangkas biaya promosi tapi juga menjangkau lebih luas pasar Anda.


5. Berbagi Konten dengan Pelanggan.


Dengan memanfaatkan media sosial dengan sendirinya pelanggan Anda akan dengan senang hati meretweet dan berbagi konten kepada teman-teman mereka. Pada gilirannya ini akan membantu usaha Anda lebih luas lagi.


6. Meningkatkan visibilitas dimata pesaing Anda.


Meski media sosial terus meningkat, tidak banyak usaha kecil yang memanfaatkan media sosial. Dengan memanfaatkan media sosial, Anda lebih terlihat menonjol dan diperhatikan ketimbang lainnya.


7. Memfasilitasi keterlibatan dengan masyarakat disekitar.


Usaha kecil diposisikan secara unik untuk berpartisipasi dengan media sosial pada tingkat lokal dengan cara yang perusahaan besar tidak bisa.


8. Menawarkan pelanggan cara promosi langsung


Sebuah usaha kecil dapat memungkinkan pelanggan untuk membuat saran seperti apa yang spesial kepada Anda guna menawarkan produk atau apa yang mereka inginkan melihat ditebar.


9. Dapat membantu mengkonsolidasikan merek Anda dengan pelanggan.


Selama media sosial, Anda dapat membuat gambar yang konsisten dan memperkuat citra gambaran untuk pelanggan Anda.


10. Membangun lebih besar, pelanggan setia.


Semua tips diatas dengan sendirinya akan memperluas jangkauan bisnis Anda, dan sebuah studi menunjukkan bahwa kualitas konten meningkatkan loyalitas pelanggan.


Sumber : business2community.com


Foto : Ilustrasi


...


Konta kami via email : dotsemarang [at] gmail.com

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?