Favorit

Agenda Kota Semarang Bulan Oktober 2025

Image
Bulan Oktober ini terasa istimewa buat kami para pemilik blog . Ada semacam perjalanan kilas balik untuk menengok lagi eksistensi kami, khususnya di Kota Semarang . Tak hanya itu, kabar baik berembus kencang dari Semarang: sebuah pusat keramaian yang sempat rehat sejenak, kini sudah kembali dibuka! Semarang memang tak pernah kehabisan cerita. Awal bulan ini jatuh di hari Rabu. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila seakan menarik kami kembali pada gejolak masa lalu negeri ini. Kami diajak untuk meresapi kembali nilai-nilai dasar yang menjadi fondasi kita berbangsa dan bernegara. Berlanjut ke hari berikutnya, jiwa nasionalisme kami kembali diketuk untuk memperingati Hari Batik Nasional . Bahkan, Semarang sendiri, masih di bulan yang sama, akan merayakan sejarah besar Pertempuran Lima Hari . Semangat patriotisme kami akan selalu diingatkan untuk tak pernah melupakan nilai-nilai luhur masa lalu. Agenda Semarang Gara-gara disuruh menengok ke belakang, kami jadi ikutan untuk membuka halaman ...

Perkuat Branding, Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Kembali Ngadain Famtrip

Kekhawatiran kami tentang media-media yang selalu menulis judul tentang salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Semarang, akhirnya mendapatkan ruang yang langsung dari pemerintah. Meski sama-sama satu provinsi, Kabupaten dan Kota Semarang tetaplah berbeda. Itu karena masing-masing punya administrasi atau pemerintahan sendiri-sendiri.

Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang kembali mengajak sejumlah bloger maupun Vloger yang kali ini dikombinasikan dengan Genpi, Kamis kemarin (22 September). Ternyata Genpi yang berbasis komunitas wisata ini masih eksis hingga sekarang meski sudah berganti menteri.

Branding Kabupaten Semarang

Kami berkumpul di kantor Dinas Pariwisata sebelum berangkat famtrip yang dilakukan selama 1 hari. Beberapa tujuan ada yang baru dan ada yang sudah sangat familiar untuk kami kembali kunjungi.

Kegiatan yang langsung diterima Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang ini, Drs. Heru Subroto, M.M, tidak sekedar melepas keberangkatan dan memberi arahan kepada seluruh peserta. Tapi juga menyuarakan branding Kabupaten Semarang yang ingin lebih ditegaskan atau diperkuat.

Kami mengerti maksud beliau. Memang ini cukup mengkhawatirkan buat kami juga yang sudah beberapa kali mengikuti kegiatan famtrip. Branding tempat wisata Kabupaten Semarang kebanyakan oleh media ditulis hanya dengan 'SEMARANG' saja. Tidak ada embel-embel 'Kabupaten Semarang'. 

Tanpa sadar, judul artikel yang ditulis media mempersepsikan ke masyarakat bahwa tempat wisata di Kabupaten adalah Kota Semarang.

Dengan 50 destinasi wisata dan 74 desa wisata, potensi wisata di Kabupaten Semarang sangatlah besar. Namun karena persepsi tersebut, itu terasa kurang maksimal. Membuat keliru masyarakat.

Saat kami mewancari Kepala Dinas terkait branding Kabupaten yang disamaratakan, Pak Heru mengatakan bahwa dampaknya tentu pada kunjungan tempat wisata dan perekonomian masyarakat. 

Beliau malah mengajak kerja sama atau kolaborasi antara Kota dan Kabupaten. Sehingga tidak mengarah pada persaingan hanya karena soal penyebutan nama.

3 Tempat dalam 1 hari

Dampak lainnya juga dalam masalah administasi semisal ada kegiatan dari pemerintah pusat. Terkadang hanya ada nama Semarang saja yang ditulis, tidak ada embel-embel Kota atau Kabupaten. namun saat realisasi, malah diambil salah satunya. Ya, itu terkadang membuat bingung juga.

Akhirnya waktu keberangkatan kami sudah tiba. Kehadiran para pembuat konten diharapkan juga tidak sekedar mengeksplore tempat-tempat wisata, tapi juga membangun persepsi tentang destinasi wisata di Kabupaten Semarang.

Ada 4 tempat yang akan dikunjungi para peserta kegiatan famtrip bertajuk 'Ayo Dolan Nang Kabupaten Semarang' ini, yakni :

  1. Watu Gajah Park
  2. Pesona Garda, Candirejo Pringapus
  3. Bukit Cinta Rawa Pening
  4. Waterpark Muncul Banyubiru

Tiga nama baru, yaitu Watu Gajah Park, Pesona Garda dan Waterpark Muncul membuat antusias kami bertambah mengikuti famtrip. Sedangkan Bukit Cinta, ini kesekian kalinya kami datangin.

Cukup di sini dulu halaman ini sebagai pembuka untuk cerita berikutnya yang bakal banyak tentang tempat wisata. Seberapa menarik dan potensi apa saja yang ditawarkan kali ini? Ditunggu saja.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

BREAKING: Fitur Catatan (Teks Panjang) Threads Resmi Tersedia untuk Pengguna Indonesia!

Blogger sebagai Entitas Industri: Refleksi Hari Blogger Nasional ke-18 dan Kontribusi dalam Ekonomi Kreatif

Hari Ekonomi Kreatif Nasional 2025: Rayakan Kreativitas, Gaungkan OktoberKreasi!

Resmi! Polytron Luxia, Laptop Perdana "Ultralight di Bawah 1KG" Meluncur di Semarang, Pas Buat Gen Z dan Kreator!