Favorit
Perkuat Branding, Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Kembali Ngadain Famtrip
- Get link
- X
- Other Apps
Kekhawatiran kami tentang media-media yang selalu menulis judul tentang salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Semarang, akhirnya mendapatkan ruang yang langsung dari pemerintah. Meski sama-sama satu provinsi, Kabupaten dan Kota Semarang tetaplah berbeda. Itu karena masing-masing punya administrasi atau pemerintahan sendiri-sendiri.
Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang kembali mengajak sejumlah bloger maupun Vloger yang kali ini dikombinasikan dengan Genpi, Kamis kemarin (22 September). Ternyata Genpi yang berbasis komunitas wisata ini masih eksis hingga sekarang meski sudah berganti menteri.
Branding Kabupaten Semarang
Kami berkumpul di kantor Dinas Pariwisata sebelum berangkat famtrip yang dilakukan selama 1 hari. Beberapa tujuan ada yang baru dan ada yang sudah sangat familiar untuk kami kembali kunjungi.
Kegiatan yang langsung diterima Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang ini, Drs. Heru Subroto, M.M, tidak sekedar melepas keberangkatan dan memberi arahan kepada seluruh peserta. Tapi juga menyuarakan branding Kabupaten Semarang yang ingin lebih ditegaskan atau diperkuat.
Kami mengerti maksud beliau. Memang ini cukup mengkhawatirkan buat kami juga yang sudah beberapa kali mengikuti kegiatan famtrip. Branding tempat wisata Kabupaten Semarang kebanyakan oleh media ditulis hanya dengan 'SEMARANG' saja. Tidak ada embel-embel 'Kabupaten Semarang'.
Tanpa sadar, judul artikel yang ditulis media mempersepsikan ke masyarakat bahwa tempat wisata di Kabupaten adalah Kota Semarang.
Dengan 50 destinasi wisata dan 74 desa wisata, potensi wisata di Kabupaten Semarang sangatlah besar. Namun karena persepsi tersebut, itu terasa kurang maksimal. Membuat keliru masyarakat.
Saat kami mewancari Kepala Dinas terkait branding Kabupaten yang disamaratakan, Pak Heru mengatakan bahwa dampaknya tentu pada kunjungan tempat wisata dan perekonomian masyarakat.
Beliau malah mengajak kerja sama atau kolaborasi antara Kota dan Kabupaten. Sehingga tidak mengarah pada persaingan hanya karena soal penyebutan nama.
3 Tempat dalam 1 hari
Dampak lainnya juga dalam masalah administasi semisal ada kegiatan dari pemerintah pusat. Terkadang hanya ada nama Semarang saja yang ditulis, tidak ada embel-embel Kota atau Kabupaten. namun saat realisasi, malah diambil salah satunya. Ya, itu terkadang membuat bingung juga.
Akhirnya waktu keberangkatan kami sudah tiba. Kehadiran para pembuat konten diharapkan juga tidak sekedar mengeksplore tempat-tempat wisata, tapi juga membangun persepsi tentang destinasi wisata di Kabupaten Semarang.
Ada 4 tempat yang akan dikunjungi para peserta kegiatan famtrip bertajuk 'Ayo Dolan Nang Kabupaten Semarang' ini, yakni :
- Watu Gajah Park
- Pesona Garda, Candirejo Pringapus
- Bukit Cinta Rawa Pening
- Waterpark Muncul Banyubiru
Tiga nama baru, yaitu Watu Gajah Park, Pesona Garda dan Waterpark Muncul membuat antusias kami bertambah mengikuti famtrip. Sedangkan Bukit Cinta, ini kesekian kalinya kami datangin.
Cukup di sini dulu halaman ini sebagai pembuka untuk cerita berikutnya yang bakal banyak tentang tempat wisata. Seberapa menarik dan potensi apa saja yang ditawarkan kali ini? Ditunggu saja.
Artikel terkait :
- [Tweet] Field Trip Ayo Dolan Nang Kabupaten Semarang Bersama Bloger Milenial, Jurnalis dan Asosiasi Pariwisata Tahun 2021
- Punya Peran Penting Saat Pandemi, Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Ajak Media dan Bloger Kunjungi 4 Destinasi Wisata
- Kabupaten Semarang Ditetapkan Jadi Salah Satu Smart City
- Desa Wisata Branjang Adakan Acara Haul Ki Ageng Panjawi dan Mbah Sunang Geseng
- Lainnya
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment