Favorit

Agenda Kota Semarang Bulan November 2025

Image
Salah satu acara menarik yang sukses mencuri perhatian kami di Kota Semarang pada bulan November ini adalah Padel masuk mal . Sebuah konsep yang terbilang unik dan anti-mainstream . Siapa sangka, olahraga yang sedang naik daun ini bisa dimainkan di tengah pusat perbelanjaan? Kami pun dibuat penasaran, seperti apa rancangan lapangan dan event yang disajikan nanti? Musim Hujan, Banjir, dan Tantangan Event Outdoor di Semarang November telah tiba, meninggalkan Oktober yang penuh dinamika. Khususnya, isu banjir yang kembali jadi perbincangan hangat. Entah mengapa, kali ini suaranya terasa lebih kencang, seolah menjadi jawaban atas keluh kesah para pengguna media sosial yang kerap mengeluhkan teriknya matahari Semarang. Jika berkaca pada kalender cuaca, Ibu Kota Jawa Tengah memang telah resmi memasuki musim penghujan. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para penyelenggara event , terutama yang masih mengandalkan ruang terbuka ( outdoor ). Tantangan ini juga berlaku bagi Anda,...

Manfaatkan WhatsApp, XL Axiata Berkolaborasi dengan Viamo dan Kemenkes Hadirkan Layanan Tanya321

Menutup bulan Agustus, PT XL Axiata, Tbk (XL Axiata) masih saja memperluas jangkauannya dengan kolaborasi. Setelah beberapa waktu lalu dengan Microsoft Indonesia, kali ini dengan Viamo Indonesia (Viamo) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. Luar biasa sekali! 🤞

Jumat siang (26/8) lewat online konferensi pers via Zoom, XL Axiata meresmikan kerja samanya dengan menayangkan acara seremoni peluncuran layanan yang dihadiri dr. Maria Endang Sumiwi, MPH, Country Director Viamo Indonesia, Patrick M Compau, dan Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir di Jakarta.

Dukungan nyata

Kerja sama kali ini rasanya lebih menarik karena terkait tentang kesehatan menurut kami. Apalagi memanfaatkan teknologi informasi yang banyak digunakan masyarakat.

Dalam keterangannya, Chief Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir mengatakan

Kami sangat senang bisa berkolaborasi dengan Viamo Indonesia mendukung Kementerian Kesehatan RI dengan menerapkan teknologi seluler untuk menyediakan layanan akses informasi kesehatan Tanya321 bagi masyarakat Indonesia. Kolaborasi ini sekaligus menjadi wujud nyata upaya kami mendukung gerakan inovasi dari penyediaan informasi secara digital yang inklusif dan dapat secara mudah diakses oleh pelanggan XL Axiata yang sebagian besar juga merupakan pengguna aktif whatsapp.”

80 juta jumlah pengguna WhatsApp di Indonesia

Data ini diambil dari Statista tahun 2021. Tentu ada rasa optimis untuk bisa menyebarkan informasi dan kemudahan akses yang lebih mudah. Apalagi informasi juga berasal dari pemerintah.

Untuk menggunakan layanannya, masyarakat hanya perlu menghubungi nomor WhatsApp di nomor 0819 - 0819 - 2 - 321 atau di link bit.ly/tanya321.

Layanan WhatsApp Chatbot 

Kami sudah mencoba layanan Tanya321. Seharusnya mudah digunakan untuk orang awam sekali pun. Layanan Tanya321 mencakup kesehatan ibu dan anak, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan pola hidup sehat, kesehatan mental, serta edukasi penyakit lainnya.

Dan tentunya melalui fasilitas Tanya321 ini, kita mendapat informasi secara langsung dari Kemenkes secara resmi. Tak hanya informasi COVID-19 dan vaksin saja tentunya.

Kerjasama ini merupakan bentuk langkah lanjutan untuk memberikan informasi penting yang dibutuhkan bagi masyarakat. Kami menghadirkan Tanya321, WhatsApp Chatbot yang berisi informasi vital yang dapat membantu masyarakat melindungi diri dan keluarganya, bagaimana mencegah penyakit stunting, dan melawan penyakit lain seperti COVID-19 dan sebagainya.”  Patrick M Compau, Country Director dari Viamo Indonesia.

Lawan misinformasi dan hoax 

Bagi Kemenkes, Layanan Tanya321 hadir sebagai salah satu bentuk usaha melawan misinformasi dan hoax dengan menghadirkan informasi resmi seperti informasi kesehatan dari Kementerian Kesehatan.

Kami senang sekali karena melalui kerjasama dengan XL Axiata dan Viamo Indonesia, kini sarana akses informasi Kemenkes memungkinkan menjangkau masyarakat Indonesia seluas mungkin. Peluncuran layanan Tanya321 ini searah dengan transformasi layanan primer yang sedang dijalankan oleh Kementerian Kesehatan untuk memperkuat aktivitas promotif preventif salah satunya adalah dengan memberikan edukasi agar menciptakan lebih banyak orang sehat, memperbaiki skrining kesehatan serta meningkatkan kapasitas layanan primer.” dr. Maria Endang Sumiwi, Direktur Jenderal Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

...

Kolaborasi ini merupakan lanjutan dari program kolaborasi pada Mei 2020 silam dengan meluncurkan layanan hotline 321, di mana seluruh pelanggan XL Axiata dapat mengakses berbagai rangkaian berita harian dan informasi penting seperti kesehatan, pertanian, cuaca, dan banyak informasi lainnya dari semua tipe ponsel apapun, termasuk ponsel sederhana. 

Lebih dari 430 ribu penelpon telah mengakses layanan ini dan mendengarkan lebih dari 280 ribu pesan penting yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. 

Diharapkan dengan adanya layanan ini dapat mendukung program pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI dalam mensosialiasikan berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

ASUS Gaming V16 (2025): Laptop Gaming Entry-Level yang Smart Budget, Lebih Power dari K16!

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?

Agenda Kota Semarang Bulan November 2025

Review Portal Resmi Pantau Banjir Semarang: Simpel, Resmi, dan Wajib Bookmark Warga Ibu Kota Jawa Tengah