Langsung ke konten utama

Tren Layanan Keuangan Digital di Indonesia


Layanan Keuangan Digital (LKD) di Indonesia dalam 3 tahun terakhir ini berkembang sangat pesat. Tidak hanya perbankan, industri lain berbasis teknologi seperti industri telekomunikasi pun masuk ke pasar LKD yang potensinya sangat besar. Prediksi kedepannya, semua transaksi akan dilakukan melalui digital, terutama mobile.

Paragraf pembuka di atas saya kutip dari majalah Mix edisi Juli 2016. Karena waktu itu covernya tentang LKD Indonesia, saya harus membelinya dan benar saja, tren tersebut kini begitu terus dikampanyekan seperti baru-baru ini yang dilaksanakan di kota Semarang.

Masuknya BCA lewat Acara blogger

Akhir Agustus kemarin, diadakan acara yang mengundang blogger Semarang di Nestcology. Review acara masih belum saya publish. Di sana, berkumpul banyak blogger yang sebagian besar didominasi perempuan. Bahkan yang hadir pun berasal dari luar kota. Mungkin untuk memenuhi kuota mengingat mengumpulkan blogger Semarang lebih dari 40, itu tidak mudah saat ini.


Segmen yang saya soroti adalah hadirnya BCA yang memperkenalkan Sakuku dibagian akhir rangkaian acara. Produk LKD milik BCA ini memang tak asing buat saya, mengingat beberapa acara di kota lain, juga melakukan hal yang sama.

Tentu saja, saya tidak terkejut sama sekali. Apalagi setelah membaca majalah Mix mengentai tren digital. Saya memahami tren LKD yang sekarang sedang popular, mau tidak mau harus dipromosikan dengan gencar. Ini karena persaingan bukan lagi hanya pada dunia perbankan, tapi sudah berhadapan dengan perusahaan telekomunikasi.

Apa kelebihan Sakuku dan bagaimana menggunakannya? Saya masih menyimpannya juga, dan belum saya publish di blog. Yang pasti, produk BCA ini adalah yang terbaru dan sudah berbasis aplikasi yang bisa diunduh oleh pengguna Android maupun Apple.

XL Tunai

Untuk produk telekomunikasi yang saya sudah coba adalah XL Tunai. Saya menggunakannya setelah acara launching XL 4G bulan Juni kemarin. Berbeda dengan Sakuku, XL Tunai saat ini belum berbasis aplikasi berbasis smartphone. Masih program sederhana yang dapat digunakan dengan cara mengetik tanda pagar dan bintang (#*) serta angka.

Untuk fungsinya, XL Tunai masih paling baik menurut saya ketimbang Sakuku. Tapi sekali lagi, itu hanya pendapat personal saja. Silahkan dicoba sendiri.

Tidak melulu soal e-money maupun uang elektronik

Produk LKD tidak melulu fokus pada kedua layanan yang saya sebut di atas. Perbankan maupun perusahaan telekomunikasi memanfaatkan kemajuan teknologi informatika dengan memberikan aneka layanan.

Seperti cek saldo, transfer uang ke bank maupun sesama LKD, bayar pulsa, bayar air hingga listrik, bayar telepon, parabola, dan masih banyak lagi.

Penyelenggara LKD lainnya

Selain BCA lewat Sakuku dan XL lewat XL Tunai, ada LKD lainnya yang sudah beredar di Indonesia sekarang ini. Informasi ini saya masih ambil dari majalah Mix, sebagai berikut :
  • Tcash - Telkomsel
  • E-cash - Mandiri
  • Bank Cimb - Niaga
  • Dompetku - Indosat
  • BCA/Flazz BCA
  • E-toll Mandiri
  • D-Cash - Danamon
  • dll

...

Bagaimana soal kendalanya sendiri maupun pengaruhnya di masyarakat? Tentu, saya kembalikan lagi kepada penggunanya. Untuk yang belum gunakan, referensi di mesin pencari juga sudah banyak. Saya berharap akan menuliskannya di sini, tapi lain waktu saja.

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, khususnya mobile, industri perbankan dituntut untuk siap menghadapi perubahan pasar yang kini cenderung lebih menyukai hal-hal yang serba praktis.

Untuk itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator industri jasa keuangan, mendorong industri layanan seperti ini. Prediksi mereka kedepan tentang hal ini adalah semua transaksi akan dilakukan melalui digital, terutama mobile, dan jumlah penggunanya semakin banyak yang berasal dari pengguna smartphone.

Apakah Anda menggunakan salah satu produk LKD yang sudah beredar saat ini? Beritahu saya pengalaman Anda lewat komentar di bawah ini.

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Mei 2018

Selamat datang di bulan Mei 2018. Bulan ini, masyarakat Indonesia akan mulai berpuasa. Kami berharap dapat lebih banyak menghadirkan info seputar ramadhan di blog dotsemarang. Selamat berpuasa bagi yang menunaikan.

Agenda rutin :
[Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam)Agenda lainnya :
[20 April - 16 Mei] - Gebyar Pasar Rakyat Semarang 2018[2-3 Mei] - Smart City Forum di Balai Kota Semarang.[2-4 Mei] - Festival Ekonomi Syariah Regional Jawa di Majesty Convention Hall Semarang.[4-6 Mei] - Pameran Franchise di DP Mall Semarang.[5 Mei] - Resepsi Hari Jadi Ke-471 kota Semarang[5 Mei] - Semarang Night Carnival di Hala…

2 Film Indonesia yang Tayang Awal Puasa, Salah Satunya Tidak Tayang di Semarang

Kamis (17/5) pekan ini saat waktunya film Indonesia dirilis, ternyata waktunya bersamaan hari pertama puasa. Mudah ketebak genre apa film yang tayang menyambut bulan Ramadan kali ini. Meski begitu, ada satu film yang masuk daftar film tidak tayang kami untuk Semarang. Film apa?

Hanya ada 1 film Indonesia sebenarnya yang rilis kamis ini menurut catatan kami. Dan banyaknya kekosongan film saat menyambut puasa tak lepas dari pengaruh hadirnya film Deadpool 2, yang dianggap akan mengeruk penonton.

Itu artinya, film Indonesia yang rilis barengan film Box Office Hollywood nasibnya akan kehilangan jumlah penonton karena kurangnya daya tarik.

Film 5 PM (Lima Penjuru Masjid)

Dilihat dari judulnya, film ini membawa genre religi sepertinya. Sangat cocok menemani minggu pertama puasa. Film tentang pencuri kotak amal masjid berubah menjadi sosok baik. Berikut trailernya.



Film 5 PM sendiri yang ditayangkan di bioskop Semarang, bisa ditonton di bioskop Java Mall dan Mal Ciputra (Sedang tayang hingga…

[Review Event] International Semarang Night Carnival 2018

Cuaca kota Semarang hari ini sangat cerah. Entah kenapa, malam minggu seperti sudah menjadi hari rutin digunakan untuk pelaksanaan acara Semarang Night Carnival (SNC) yang tahun ini jatuh pada tanggal 5 Mei 2018. Apakah kamu pergi menonton?

Semarang Night Carnival 2018 datang kembali dengan mengusung tema 'Kemilau Semarang'. Acara setahun sekali ini yang sudah berjalan 8 kali memang harus ditunggu, apalagi kali ini acara tidak sekedar berskala nasional, melainkan Internasional.

Selain perubahan tema yang membuat semua kostum ikut berubah tahun ini dengan tahun sebelumnya, rute perjalanan peserta SNC pun turut berubah. Tidak ada kawasan sekitar titik nol kilometer yang biasa beberapa tahun terus dihidupkan.

Titik utama kali ini, untuk keberangkatan dan kembali, berada di Balai Kota. Peserta karnaval berjalan mengelilingi jalan Pemuda yang memutar ke kampus Udinus atau jalan Imam Bonjol. Lalu, memutar menuju Paragon Mal dan selesai kembali di Balai Kota.

Akses macet menuju lokas…

Ini Harga Zenfone 5, 5Z dan Live L1 di Indonesia

Resmi sudah Asus Indonesia membawa semua keluarga Zenfone 5 ke Indonesia. Debut pertama generasi kelima ini sudah ditandai dengan hadirnya Zenfone 5Q atau Lite. Berikut daftar harga Zenfone 5, plus satu produk anyar yang turut dibawa, yaitu Zenfone Live L1.

Semenjak diperkenalkan secara global bulan Februari di ajang Mobile World Congress (MWC) 2018, kami sudah terkesima dengan Zenfone 5.

Sayang setelah di launching secara global tersebut, kami yang mendapatkan rilis spesifikasi Zenfone 5 masih sangat penasaran dengan harga yang ditawarkan, mengingat produk belum dibawa ke Indonesia.

Kini, di acara launching Zenfone 5 bertajuk Backto5, BacktoLive tanggal 17 Mei kemarin di Jakarta, kami mendapatkan harga lengkapnya.

Yang menarik adalah tren penjualan dengan memanfaatkan pihak lain seperti yang dilakukan pada saat launching yang juga dilakukan di Jakarta, Asus Limitless Gaming Max Series.

Berikut daftar harga Zenfone 5 dan Live L1 :

Harga Zenfone 5Q/Lite yang lebih dulu hadir di bulan A…