Langsung ke konten utama

Tren Blogger Semarang : Perempuan dan Emak-emak Blogger


Generasi penerus blogger Semarang ternyata tidak berhenti. Kini, keberadaan mereka sudah ada di mana-mana, terutama event. Dan menurut saya, generasi ini lebih banyak beban sebenarnya.

Harus saya akui, semakin memudarnya komunitas blogger di Indonesia (bisa dihitung yang masih aktif) saat ini, telah hadir berbagai komunitas blogger perempuan di beberapa kota. Keberadaan perempuan yang didominasi emak-emak ini semakin menarik buat saya.

Saya sangat senang dengan kehadiran blogger perempuan yang didominasi emak-emak. Istilah emak-emak ini sendiri terinspirasi dari komunitas blogger perempuan Indonesia (KEB) yang lebih dulu berdiri pada tahun 2012. Ya, mereka dapat dilihat di sini. KEB inilah yang menjadi inspirasi semua blogger perempuan di kota-kota lain, menurut saya.

Seiring waktu, anggota mereka juga terus bertambah. Pusatnya memang sepertinya di Jakarta bila melihat berbagai kegiatan mereka, dan mungkin karena banyak yang terinspirasi, makanya di beberapa kota banyak juga buat yang sama.

Gandjel Rel

Cikal bakal bertumbuhnya perempuan-perempuan di Semarang menyukai aktivitas blogging di mulai dari sini. Komunitas yang sudah setahun lebih berdiri ini menjadi wadah buat mereka terus bertemu dan berbagi. Saya sendiri pas acara ultah turut hadir tentunya.

Nama-nama seperti Rahmi, Dewi, dan Uniek, adalah ketiga nama yang cukup populer menurut saya. Kalau Dewi sendiri mungkin banyak yang lebih kenal mengingat karyanya lewat Anak Kos Dodol yang sudah pernah diangkat ke layar lebar. Yang pasti sebagian dari mereka ini sudah memiliki banyak karya yang keren-keren.


Semakin eksis

Mereka sama seperti blogger pada umumnya. Mereka menggunakan gadget untuk berbagai keperluan seperti memotret dan bersocial media. Mereka sering datang ke berbagai acara karna banyak brand yang tertarik kepada generasi ini.

Baru-baru ini saya mengikuti kegiatan mereka yang diundang untuk mencicipi menu kuliner dari 3 tempat sekaligus. Mereka sangat ramai dan sangat bersemangat. Namanya juga perempuan, soal makanan sepertinya memang mereka lebih baik dari saya.


Soal beban yang saya bahas di awal itu lebih soal kewajiban sebagian blogger perempuan dalam berumah tangga. Mereka masih bisa memanage waktu dan berkegiatan. Ini adalah semangat yang luar biasa menurut saya. 

Mereka semakin eksis tentu ini menjadi berita baik bahwa blogger Semarang terus beregenerasi. Bila biasanya generasi berganti dari yang tua ke muda, ini tidak dengan mereka. Sebagian memang ada yang muda dan sebagian lagi memang benar-benar emak-emak.

Blogger laki

Saya tidak melulu sendiri diantara para blogger perempuan di Semarang saat menghadiri acara. Ada Nuno, salah satu penyiar kondang radio di Semarang yang juga terus eksis. Beberapa teman komuntitas Loenpia juga sering turun gunung. Terakhir ada pakde Dwi yang ternyata masih bersemangat ikutan.

Meski begitu, blogger laki yang dari Semarang tidaklah banyak. Beberapa kali ada blogger laki yang ikutan acara, terkadang dari luar kota. Saya mengerti situasinya.

Saya berharap, semakin banyak blogger laki yang turut hadir meski saya tahu ini soal undangan. Banyak blogger di Semarang namun terkadang blognya yang kurang aktif. Atau memang sudah begitu sibuk dengan aktivitas masing-masing.

...

Saya melihat satu fenomena menarik yang berhubungan dengan blogger terutama di Indonesia dan khususnya juga di Semarang yaitu, semakin banyak blogger perempuan yang semakin eksis. Dan sebagian besar dihuni oleh perempuan yang sudah berumah tangga. Mau muda atau tua, yang pasti sangat antusias terhadap dunia blogging tanah air.

Seperti roda kehidupan yang terus berputar, kadang di atas dan kadang di bawah. Begitu pula komunitas blogger juga. Saat ini, mari kita dukung keberadaan mereka untuk terus menjadi blogger yang menghasilkan konten - konten yang bermanfaat. Tapi ingat, kewajiban jangan dilupakan ya mak.


Bagaimana dengan tempat tinggal Anda? Adakah komunitas blogger perempuan juga atau beberapa blogger perempuan yang sangat eksis. Oh ya, mereka sangat update lho dengan perkembangan Internet.

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

  1. Hedew...mbahas mamah-mamah muda nih :p

    BalasHapus
  2. Ndak semua mamah loh...
    Ada yg amah juga... Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya,
      tapi generasi emak2 yang lebih bisa membangkitkan semangat blogger perempuan

      Hapus
  3. Wah ini tinggal nunggu di kota malang :D semoga aja cepet cepet ada hohoh

    BalasHapus
  4. Kapan nih ada lagi, hehe.. pengen banget ikutan, asal masih di area jawa timur sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di sana, kami kurang tahu. Terima kasih sudah berkunjung

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Jadwal Pameran Komputer di Semarang Bulan September 2018

Kabar baik bulan September ini yang sedang nyari pameran komputer di Semarang. Kami pikir ini kejutan, karena pameran serupa sudah dilaksanakan di bulan Juli kemarin. Dan mungkin akhir tahun, baru ada kembali. Ternyata tidak.

Bertempat di Paragon Mall, pameran komputer bertajuk Semarkomtek atau Semarang komputer expo ini dilaksanakan. Silahkan catat waktunya, yaitu tanggal 14-18 September 2018.

Dalam kampanye promosinya yang kami lihat, penawaran tukar tambah atau trade in notebook up to 4 juta rupiah adalah salah satunya.

Pameran komputer kedua tahun ini

Pameran komputer yang akan berlangsung beberapa hari ke depan ini merupakan pameran kedua tahun 2018. Bila pameran komputer pertama butuh waktu hampir setengah tahun, maka yang kedua ini hanya butuh kurang dari 2 bulan.

Gambar : Ilustrasi
Artikel terkait : [Review] Semarang Computer Expo 2018 : Perang Komputer GamingSudah Ada Nih! Jadwal Pameran Komputer Bulan Juli di SemarangJadwal Pameran Komputer Bulan November - Desember 2017 : Ters…

Agenda Semarang September 2018

Selamat datang bulan September. Ada satu agenda menarik yang akan berlangsung di bulan kesembilan ini. Kami menantikan acara tersebut yang rutin digelar satu tahun sekali. Ada yang tahu?

Berikut daftar acara di kota Semarang yang kami bagi dua. Agenda lain akan terus ditambahkan saat kami mengetahuinya. Waktu acara dapat berubah-ubah, tanpa pemberitahuan.
Agenda Rutin : [Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam). Lihat di sini foto-fotonya.[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda Lain : [17 Agustus-9 September] - Jateng Fair 2018. Selengkapnya klik di sini.[31 Agustus - 2 September] - Pazaar Seni #5 di TBRS. Selengkapnya klik di sini.[31 Agustus - 2 September] - Semarang Youth Festival 2018 di Ex Wonderia.[1-12 September] - Pameran handphone dengan tema 'Bazaar Handphone' di Plasa Simpang Lima.[5-9 September] - Semarang Hijab & Craft Expo 2018 di Paragon.[…

Agenda Festival Kota Lama 2018

Akun official Instagram Festival Kota Lama sudah merilis beberapa materi promosi acara mereka bulan September ini. Bila tahun 2017, di bulan yang sama, acara dilaksanakan di atas tanggal 20-an, maka tahun 2018 masihkah sama? 
Ya, masih sama. Silahkan catat waktunya, yaitu tanggal 20-23 September 2018. Informasi ini sebenarnya sudah kami bagikan di daftar acara bulan September yang bisa kamu lihat di sini.
Ada apa saja di Festival Kota Lama 2018
Gambar : Instagram/festivalkotalama
Tahun ini, tema yang dibawa adalah 'Beda Masa Satu Rasa'. Beberapa kegiatan sudah dibocorkan lewat instagram mereka, seperti : Pasar SentilingPekan Film SemarangPameran Ekonomi KreatifTemu Pusaka IndonesiaJelajah Kota Lamadsb. Bintang tamu pun sudah diumumkan lewat Instagram yang hingga tulisan ini kami buat sudah mendapatkan 706 pengikut, yaitu Toh Pati dan Nial Djuliarso.
Kamu yang ingin jadi volunteer, bisa menghubungi mereka di akun Instagram yang tertera dipostingannya.

Lihat postingan ini di Instag…

Agenda Semarang Agustus 2018

Selamat datang bulan Agustus di kota Semarang. Bulan ini negara kita akan merayakan hari Kemerdekaan yang berusia 73 tahun. Kira-kira ada keramaian apa saja selama Agustus di Ibu Kota Jawa Tengah ini.

Berikut daftar agenda yang ada di Semarang, yang kami bagi dua:

Agenda Rutin :
[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam). Lihat di sini foto-fotonya.[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda Lain :
[1-5 Agustus] - Batik Craft di Paragon Mall Semarang.[9-19 Agustus] - Festival Cheng Ho 2018. Selengkapnya di sini.[9-12 Agustus] - Silkair-BCA Travel Fair 2018 di Paragon Mall.[10-13 Agustus] - Jateng Smesco Expo 2018, Pameran Produk Unggulan Koperasi dan UMKM di Java Mall.[10 Agustus] - Mberock Fest di Hutan Wisata Tinjomoyo mulai jam 2 siang.[14-22 Agustus] - Pameran handphone di Java Mall Semarang.[15-26 Agustus] - Pameran properti Semarang 'Property Expo Semarang 6'…