Mengunjungi Museum Jamu Nyonya Meneer


Semarang mempunyai banyak museum yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Museum Jamu Nyonya Meneer yang berada didaerah Kaligawe Semarang.

Museum Jamu Nyonya Meneer merupakan museum jamu pertama di Indonesia yang berdiri pada tanggal 18 Januari 1984. Diresmikan oleh Ibu Ismail. Isteri Gubernur Jawa Tengah pada tahun itu.

Hari senin kemarin (05/01) saya mengunjungi Museum Jamu Nyonya Meneer. Dan saya datang satu jam sebelum museum dibuka. Beruntung, saya boleh langsung masuk ke museum untuk belajar tentang jamu dan melihat peninggalan Nyonya Meneer.

Memasuki pintu masuk saya diminta untuk mengisi buku tamu dan bertemu dengan ibu Lulis yang memandu saya dan menjelaskan tentang sosok Nyonya Meneer dan sejarah pabrik jamu Nyonya Meneer berdiri.


Google image

Ada banyak hal menarik yang bisa ditemukan disini. Mulai dari foto-foto yang menceritakan bagaimana Nyonya Meneer mempromosikan produknya ke pelanggan hingga punya mobil untuk promosi jamu keliling dan foto kemasan produk pertama Nyonya Meneer.


Nyonya Meneer menggunakan foto sendiri untuk produknya agar pelanggan percaya bahwa jamu buatannya mudah dikenali dan untuk membedakan dengan produk jamu yang palsu.

Selain itu ada beberapa benda - benda bersejarah disini. Mesin untuk membuat pil, mesin ketik dan alat pembuatan jamu secara tradisional.

Di Museum Jamu Nyonya Meneer juga terdapat baju yang pernah di pakai Nyonya Meneer, benda - benda antik seperti piring kesayangan Nyonya Meneer, lepek (alas gelas), gelas kuningan dan set betekan (tempat menyimpan jamu), betekan bersusun dan masih banyak lagi.

Nah jika kamu berwisata ke Semarang, saya rekomendasikan anda untuk berkunjung ke Museum Jamu Nyonya Meneer dan belajar tentang jamu dan manfaatnya.

Jika anda ingin berkunjung ke Museum Jamu Nyonya Meneer disarankan ada harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Alamat : Jl. Kaligawe KM. 4 Semarang
Jam buka : Senin - Jum'at pukul 09.00 - 16.00

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?