Masjid Agung Jawa Tengah, Wisata Religi di Semarang


Salah satu masjid kebanggaan warga Semarang adalah Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Selain menjadi masjid terbesar di Jawa Tengah, Masjid ini juga menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Tengah.


Masjid yang dibangun mulai 2001 dan selesai 2006 itu menawarkan sejumlah venue yang cukup bagus, selain keindahan masjid yang merupakan corak perpadu antara Islam (Arab), Jawa dan Barat. Masjid yang dibangun di atas lahan 10 hektare itu berkonsep dua lantai.


Masjid ini juga dilengkapi dengan perkantoran, tempat ibadah berkapasitas 10.000 orang, enam payung seperti di Masjid Madinah, dan beberapa ruang pertemuan yang eksklusif. Kunjungan wisatawan selalu meningkat tiap tahunnya, sekitar 5 persen. Pendapatan masjid diperoleh dari infak dan kegiatan komersial. Untuk infak rata-rata Rp 35 juta per bulan. Dari pendapatan yang ada kami bisa menutup biaya operasional,’’ ungkap Direktur Operasional MAJT Slamet Prayitno.


Dia menjelaskan, sektor-sektor komersial yang mendatangkan pendapatan bagi MAJT antara lain, hotel yang terdiri atas 22 kamar bertarif dari 300.000 sampai Rp 1 juta, persewaan convention hall, lahan parkir dan kios pedagang. Jadi, tak berlebihan kalau fasilitas itu layak digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event-event skala lokal, nasional maupun internasional.


Satu hal yang menjadi unggulan MAJT adalah Menara Alhusna. Dari menerara yang memiliki ketinggian 99 meter (manivestasi asmaulhusna)itu, pengunjung bisa menikmati pemandangan kota semarang dan indahnya Gunung Ungaran di lantai teratas 19.


Pengunjung juga bisa mencicipi sejumlah menu ditawarkan di restoran yang disiapkan di lantai 18. Uniknya, restoran itu bisa memutar pelan searah jarum jam. Pengunjung bisa menikmati sajian dengan melihat pemandangan Kota Semarang ke segala arah.


Sayangnya, pengelolaan restoran itu kurang maksimal. Interior kurang menarik dan terkesan apa adanya. Bahkan, jauh dari kesan berkelas. Terlihat kusen kusen yang sudah termakan cuaca dan kaca jendela yang kurang bersih. Ya, sepertinya masih perlu sentuhan dan perawatan lebih serius agar objek wisata andalan Jateng itu lebih laku dijual.


Original PostingBerharap Wisatawan Betah di Semarang 
Sumber : suaramerdeka.com

...


Kontak kami via email : dotsemarang [at] gmail.com

Comments

  1. tulisan yang menginspirasi dan saya sangat mengaguminya apa yang telah anda sampaikan, semoga anda terus memberikan ide ide yang baru buat kita semua dan salam sukses selalu buat anda!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?