Langsung ke konten utama

Berwisata di Perkebunan Teh Tambi


Pagi menjelang, sinar matahari sudah menyapa kami. Kehangatan yang terpancar tidak bisa menutupi suasana dingin di area perkebunan teh Tambi. Hari ini (27/3), kami akan berwisata alam Pengunungan yang berada di dataran tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo.

Jaket tebal yang kami gunakan setidaknya bisa menutupi tubuh ini. Namun, tidak bisa menutupi rasa kagum dan bahagia kami setelah melihat pemandangan hijau tepat didepan kami. Semua tampak teratur dan rapi. Untuk luas sendiri, kawasan ini memiliki luas lahan 829,14 hektar. Dan pastinya dilengkapi fasilitas dengan penginapan.

Menyusuri jalan setapak demi setapak, kami berhenti di area yang cukup cantik untuk mengabadikan moment disini. Pemandu kami begitu semangat memberikan informasi seputar Tambi, begitu pula romobongan kami yang sebagian besar sudah tidak sabar memotret tiap sudut.

Pemandu kami banyak bercerita tentang sejarah tempat ini. Dimulai dari tahun 1885 perkebunan ini merupakan milik Belanda dengan nama Bagelen Thee & Kina Maatschappij yang dikelola oleh NV John Peet berkantor di Jakarta.

Setelah Indonesia merdeka, diambil alih oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang selanjutnya setelah Konferensi Meja Bundar kembali diserahkan kepada pemilik semula. Tahun 1954 perkebunan dijual kepada NV Eks PPN (Pegawai Perkebunan Negara) Sindoro Sumbing.

Tahun 1954 NV Eks PPN Sindoro Sumbing bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Wonosobo mendirikan sebuah perusahaan baru bernama NV Tambi dan yang sekarang telah berganti nama menjadi PT Tambi. Panjang yah, kalau diceritakan. Selanjutnya adalah memetik teh.


Setelah mendapat intruksi, mereka mulai berjajar untuk mencoba mempraktekkan bagaimana memetik teh langsung dari pohonya. Rombongan kami yang sebagian besar adalah mahasiswa asing tentu sangat senang mendapatkan pengalaman ini. Jepretan kamera para jurnalis saat itu seolah mendapatkan sasaran empuknya, mengabadikan setiap ekspresi yang mereka dapatkan.

Perkebunan Teh Tambi diapit 6 pegunungan. Nama dua gunung yang cukup terkenal seperti Dieng dan Sumbing adalah nama-nama yang begitu akrab ditelinga kami. Untuk kemari sekitar 16 km arah utara Kota Wonosobo, Jawa tengah atau kurang lebih 20 menit perjalanan dengan mobil.

Pabrik Teh

Puas dengan pemandangan yang serba hijau, tea Walk atau berjalan- jalan mengelilingi kebun teh dilanjutkan ke sebuah pabrik yang sangat besar disini. Biasanya yang kami tahu teh itu dipetik dan tahu-tahu jadi minuman, di pabrik inilah kami dapat melihat lebih dekat bagaimana proses teh tersebut menjadi apa yang kami minum.


Namanya juga baru pertama, rombongan kami seolah terbuai dengan suasana. Berkali-kali mereka begitu senang memamerkan kenarsisan diri mereka melalui kamera. Sangat fun dan seru melihat mereka.

Ada beberapa ruangan yang kami kunjungi disini. Sampai diruangan terkahir, kami melihat beberapa white board yang bertuliskan negara tujuan export. Mulai dari negara USA, Rusia, Belanda, Arab, India dan Jepang. Bangga sekali bukan, orang Indonesia ini memang hebat-hebat.

Akhirnya, wisata kami disini ditutup dengan photo bersama. Lega rasanya mendapatkan pengalaman dan informasi baru dari perkebuanan Teh Tambi. Dan tak lupa kami juga mendapatkan buah tangan atau oleh-oleh dari sini langsung.

Alamat Perkebunan Teh Tambi

Terletak di Desa tambi Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah yang untuk menuju lokasi Agrowisata Kebun Teh Tambi yang dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi yang berjarak 16 km dari kota Wonosobo atau dapat menempuh dengan kendaraan umum dengan mengunakan Trasportasi Bus jurusan Wonosobo- Dieng dan turung di Desa Tambi di lanjutkan dengan berjalan kaki ke lokasi sejauh kurang lebih 200 meter.

Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

  1. I’m not that much of a online reader to be honest but your blogs really nice, keep it up! I'll go ahead and bookmark your website to come back later on. Cheers

    BalasHapus
  2. Right now it appears like BlogEngine is the best blogging platform out there right now. (from what I've read) Is that what you are using on your blog?

    BalasHapus
  3. Music started playing as soon as I opened up this internet site, so frustrating!

    BalasHapus
  4. I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you make this website yourself or did you hire someone to do it for you? Plz respond as I'm looking to construct my own blog and would like to know where u got this from. thanks a lot

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Juli 2018

Selamat datang bulan Juli di kota Semarang. Ada rencana apa saja selama di kota kami. Bila belum, halaman ini akan sedikit membantu tentang apa saja yang ramai di sini. Informasi akan terus kami perbarui.

Setelah libur lebaran, kita semua kembali ke rutinitas seperti biasanya. Sibuk dan sibuk. Bila sedang mengadakan perjalanan ke Semarang, tak salah melihat tempat-tempat menarik, berburu kuliner atau swafoto.

Berikut daftar agenda yang ada di Semarang, yang kami bagi dua:

Agenda rutin :
[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam)[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda lain
[2 Juli] - Jazz Reguler by Komunitas Jazz Ngisoringin di gedung event media creative space, jalan Ki Mangunsarkoro no. 18. Mulai jam 7 malam. Info Twitter @JAZZNGiSORiNGiN.[6-11 Juli] - Pameran komputer di Java Mall. Info klik di sini.[6-8 Juli] - Kejuaraan Motorcross Internasional MXGP 2018 di sirku…

[Review] #BuatNyataTujuanmu Roadshow Semarang

Bertajuk networking day, kami hadir di Impala Space Kamis malam (12/7) yang menjadi tempat berlangsungnya acara dari program yang digelar oleh Kapal Api dengan segmen kalangan muda yang ingin berminat menjadi pegiat sociopreneur.

Kota tercinta kami turut dimasukkan dalam program roadshow beberapa kota dari “Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu”. Selain Semarang, kota lainnya seperti Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta juga sudah dilaksanakan. Tinggal Surabaya dan Malang berikutnya.

Ini bukan pesta anak muda

Tidak banyak di Semarang, tempat yang menyediakan view sebuah acara dengan konsep anak muda banget. Impala Space yang bangunannya berada di lantai 2 gedung Spigel ini,  Kota Lama, memang memberikan tawaran menarik untuk view.


Saat kami tiba, banyak anak muda yang sudah hadir. Ruangan terasa sesak dengan mereka yang ingin mengikuti acara. Brand kopi sebagai penggagas acara tak mau ketinggalan dengan turut menyemarakkan lokasi yang membagi-bagikan kopi kepada peserta.

Ya, ini bukan sem…

Sukses MXGP di Semarang, Seperti Apa Statistiknya di Media Sosial?

Gelaran MXGP di kota Semarang sukses digelar. Harapan mas Hendi (Wali Kota Semarang) berikutnya yang ingin menjadikan kota Semarang sebagai tuan rumah MotoGP patut kami dukung, mengingat nilai potensi yang bisa didapat bila itu benar-benar terealisasi. Lalu, seperti apa statistik di media sosial tentang acara Internasional MX GP ini?

Kami telah membuat statistik Twitter dengan tagar #MXGPSemarang yang menggunakan alat pengukur media sosial yang biasa kami gunakan, yaitu tweetbinder.com. Data ini kami buat pada tanggal 9 Juli, setelah acara berlangsung.
Statistik via Slideshare
Data ini kami taruh di situs Slideshare, dan ditaruh secara umum. Kamu dapat mengambilnya, bila ingin. Meski kami beri cuma-cuma, kami harap bisa dinotifikasi atau bilang ke kami bahwa kamu menggunakan data tersebut.

Statistik MXGP Semarang from Dot Semarang
Tentang statistik
Saat postingan ini kami buat, pengaruh tagar #MXGPSemarang di Instagram mendapatkan 2.282 posting yang dibagikan di sana. Tentu data ini aka…