Beberapa tahun sebelumnya, saat twitter buming, Semarang adalah salah satu kota yang terkena dampak dari trend situs berlogo burung biru tersebut. Berbagai gerakan lahir disini. Mulai dari komunitas, pemanfaatan komunikasi hingga berbagi informasi. Kini, fase itu diambil alih oleh situs berbagi foto milik facebook ini.
Mungkin kami telat memanfaatkan situs sharing foto ini. Seiring pertumbuhan smartphone yang semakin terjangkau, pameran ponsel dan pameran komputer yang rutin digelar, penggunanya pun ikut bertambah.
Bermodal smartphone dibawah 1 juta, Anda sekarang sudah dapat smartphone yang berkapasitas kamera mumpuni dengan mesin yang sempurna. Sayang, tiap bulan ada saja yang baru. Makanya forum jual beli di grup facebook semakin ramai anggotanya.
Komunitas instagram Semarang
Kami mengenal salah satu komunitas Instagram di Semarang yang bernama ExploreSemarang. Dari event akbar yang diikuti berbagai kota, setahun lalu, komunitas ini semakin eksis dan konsisten berbagi hal menarik lewat kegiatan mereka. Terakhir, kami mengikuti acara #blusukanJohar bareng mereka.
Tidak ketinggalan, komunitas video instagram pun menjadi komunitas yang juga tak kalah menarik. Melihat eksistensi mereka, komunitas ini sudah menggunakan kaos yang bertuliskan nama komunitas mereka.
Pusat oleh-oleh khas Semarang
Lumpia sebagai salah satu makanan khas Semarang rupanya juga memanfaatkan trend instagram. Kami mencatat ada beberapa tempat oleh-oleh yang sudah menggunakannya. Bahkan, memajangnya dibeberapa alat promosi seperti brosur, dan papan iklan besar di tempat mereka.
Mal hingga barbershop
Dua mal terbesar di kota Semarang sangat aktif memanfaatkan situs ini untuk berpromosi acara mereka hingga produk yang ada disana. Bila hotel memanfaatkan sebagai promosi, maka sama persis dengan tempat cukur rambut pria atau barbershop.
Jeli menggunakan hashtag
Semua serba dimudahkan sekarang. Tapi terkadang kita malas menggunakan. Entah berapa foto yang disebar setiap hari yang dapat kita telusurui dengan kata kunci atau hashtag.
Hati-hati bila tidak ingin terjebak dengan promosi jualan. Seperti hashtag #Semarang, hashtag ini seakan menjadi lahan empuk bagi mereka yang sedang berpromosi untuk berjualan.
Mendapatkan uang disana
Istilah selebgram rupanya tidak milik mereka yang ada di kota besar. Semarang ternyata memiliki orang-orang yang memang suka mendapatkan hadiah dari sana, termasuk dibayar atau mengikuti lomba. Kami pernah melihat promosi jitu dari maskapai penerbangan yang memanfaatkan situs sharing foto ini dan diikuti beberapa pengguna dari kota Semarang.
*Postingan diperbarui tanggal 21 Oktober 2017
Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap
Comments
Post a Comment