Wisata Sejarah - Museum Ronggowarsito


Mengunjungi kota Semarang tentu tak afdol jika tak menyambangi museum Ronggowarsito. Terletak di daerah simpang kalibanteng, dekat dengan bandara ahmad yani, kawasan museum Ronggowarsito sangatlah mudah dijangkau.

Mengapa disebut museum Ronggowarsito dan ada apa saja disana? Yang pasti sangat menarik, kawan. Yang ingin ke Semarang, wisata sejarah ini perlu dicoba deh.

Mengapa museum ini dinamakan Ronggowarsito? Mungkin pertanyaan ini bukan saja menjadi pertanyaaan kita saat itu. Tentu kalian pun ingin bertanya, mengapa? Salah satu petugas yang memeriksa tiket saat itu menjelaskan sedikit tentang sejarah museum ini yang ternyata dulu namanya adalah Museum Persiapan Jawa Tengah.

Ronggowarsito adalah seorang tokoh pujangga Jawa. Beliau banyak meninggalkan buku-buku yang sangat berguna bagi Indonesia.

Banyak sejarah dari beliau ini yang lahir pada tahun 1802. Untuk mengenang jasanya, nama Ronggowarsito akhirnya dijadikan nama museum ini. Museum Ronggowarsito diresmikan tanggal 5 juli 1989.

Isi Museum


Pertama masuk, kita langsung melihat banyak objek-objek seperti patung dan lukisan. Salah satunya yang unik adalah lukisan Gunungan Blumbungan.

Mungkin kalian sering melihat objek seperti ini di pementasan pewayangan. Yah, itulah yang dinamanak gunungan. Untuk diketahui, Museum Ronggowarsito terdiri dari 2 lantai dan 4 gedung utama tetap yang terdiri dari gedung A, B, C dan D. Disini tersimpan tidak kurang dari 40.000 koleksi.


Lukisan ini menggambarkan alam semesta isi lingkungan manusia. Tradisi gunungan blumbangan pertama kali dirancang oleh R. Patah, Raja Demak abad ke-15. Gunungan ini merupakan simbol filosofis bagi masyarakat Jawa dalam rangka menegakkan sendi-sendi perkembangan dan proses pembentukan budaya masyarakat Jawa.

Gunungan blumbangan mempunyai makna yang sangat mendalam, antara gambar-gambar tersebut mempunyai makna dalam kehidupan. Gunungan blumbangan diyakini mempunyai falsafah bahwa untuk mencapapi tujuan yang mulia akan selalu mendapat rintangan.

Gedung A - Ruang Sejarah Alam

Setelah tadi melihat gununungan, kita mulai menelusuri ruangan ini. Disini banyak sekali lukisan alam semesta yang terdiri dari galaksi-galaksi dan juga proses terjadinya alam semesta ini. Bahkan, ada batu meteorit yang menjadi koleksi museum ini yang ditemukan di Mojogedang, Karangayar.

Lanjut lagi, didalam ruangan ini banyak sekali batu-batuan. Dan beberapa koleksi dari geologi, geografika dan ekologi. Bila ingin belajar mengenai sejarah terbentuknya bumi, sepertinya disini sangat menarik khususnya bagi para pelajar.

Gedung A lantai 2

Ruangan ini lebih mengarah ke mahkluk hidup. Dimana ruangan ini banyak sekali sejarah-sejarah yang mengenalkan kita terhadap bentuk kehidupan masa lampau, terutama proses evolusi kehidupan tumbuh-tumbuhan, hewan dan manusia pada jutaan tahun yang lalu, yang telah mengalami proses pembatuan.

Apakah kalian sering mendengar istilah fosil? Dan pernah melihatnya? Jika belum, disini bisa kalian lihat langsung. Karena disini ada beberapa koleksi fosil yang disimpan disini yang berumur 2-3 juta tahun yang lalu.

Gajah raksasa tersebut hanyalah sebuah patung yang memberi gambaran bahwa ada ditemukan fosil gading gajah yang panjangnya kira-kira 4 m yang ditemukan di desa Treban, Jekulo Kudus.

Dan inilah yang unik, dalam ruangan ini. Dua patung manusia yang hidup pada jaman purba. Bagaimana kehidupan kita dulu dan seperti apa kita pada jaman purba. Serem apa unik?

Selain itu disini juga banyak ditemukan fosil-fosil tulang belulang Pithecanthropus Erectus, batok kepala, terdapat juga pembandingan tengkorak antara manusia modern dengan tengkorak manusia purba.


Gedung B lantai 1



Disini adalah ruang sejarah peradaban kebudayaan dimana banyak terdapat peradaban klasik (Hindu/Budha), peradaban Islam, dan benda-benda purbakala.

Meski disini adalah ruang peradaban kebudayaan, ternyata pihak pengelola museum juga tak mau ketinggalakan peradaban modern lho. Buktinya sepasang LCD layar sentuh dipasang disini. Yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui tentang sejarah Jawa Tengah khususnya.

Gedung C lantai 1

Museum ini benar-benar banyak menyimpan cerita bangsa Indonesia. Di ruangan ini, kita diingatkan pada perjuangan bangsa. Seperti diaroma perjuangan jenderal Sudirman dalam bergirlya, pemberontakan PKI di Cepu, gerakan tri tura di Solo, serangan umum 1 maret 1949.

Selain itu ada juga senjata tradisional dalam perjuangan melawan penjajah seperti tombak, panah, pedang, bambu dan sebagainya. Ada pula tokoh wanita Indonesia yaitu R.A. Kartini

Gedung D lantai 1

Ternyata, museum ini benar-benar  menguras tenaga. Kita kewalahan juga ternyata. Baiklah, kita harus tetap semangat. Disini terdapat koleksi poterti dinamika pembangunan di Jawa Tengah, baik pembanguna fisik maupun non fisik dalam bentuk foto, data benda, relief, tiruan dan market. Mulai dari pembangunan fisik dan pembangunan non fisik.

Gedung D lantai 2

Tempatnya galeri kesenian. Disini banyak menampilkan koleksi dan peralatan kesenian yang dipisahkan menjadi Seni Pergelaran, Seni Pertunjukan dan Seni Musik. Kita bisa melihat secara langsung belasan jenis wayang yang ditampilkan disini.

Dan dua jenis lainnya yaitu wayang kayu dan wayang kontemporer. Oh ya disini ada seperti kesenian dari Jawa Timur, reog ponorogo. Tapi setelah dilihat-lihat ternyata bukan.

Gedung E

Gedung terakhir namun sayangnya masih ditutup. Adalah ruangan yang banyak menampilkan koleksi emas.

Itulah #OTS kali ini yang sangat puanjang dan melelahkan. Intinya disini, kita bisa berwisata dan juga banyak belajar tentang negara Indonesia khususnya budaya Jawa Tengah. Mulai dari sejarah, peradaban, dan perjuangan bangsa ini yang sangat kaya raya.

Museum Ronggowarsito bukan saja menyimpan warisan budaya bangsa kita, tapi juga memberikan banyak pengetahuan, rasa cinta tanah air dan memupuk rasa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia. Dan juga untuk menghormati dan menghargai serta mengenang kepada para pahlawan.

*Artikel diperbarui 13 Oktober 2017

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

  1. Ya cukup bagus sih , tapi kalau ingin amasing tolong bisa diperdetail lagi .

    ...

    Terimakasih kritiknya, segera dicari informasi lagi

    ReplyDelete
  2. buka dari jam brpa?
    tutup mulai jam brpa?

    ...

    Buka jam 8 pagi - tutup jam 4 sore

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?