Langsung ke konten utama

Tren Blogger Semarang : Perempuan dan Emak-emak Blogger


Generasi penerus blogger Semarang ternyata tidak berhenti. Kini, keberadaan mereka sudah ada di mana-mana, terutama event. Dan menurut saya, generasi ini lebih banyak beban sebenarnya.

Harus saya akui, semakin memudarnya komunitas blogger di Indonesia (bisa dihitung yang masih aktif) saat ini, telah hadir berbagai komunitas blogger perempuan di beberapa kota. Keberadaan perempuan yang didominasi emak-emak ini semakin menarik buat saya.

Saya sangat senang dengan kehadiran blogger perempuan yang didominasi emak-emak. Istilah emak-emak ini sendiri terinspirasi dari komunitas blogger perempuan Indonesia (KEB) yang lebih dulu berdiri pada tahun 2012. Ya, mereka dapat dilihat di sini. KEB inilah yang menjadi inspirasi semua blogger perempuan di kota-kota lain, menurut saya.

Seiring waktu, anggota mereka juga terus bertambah. Pusatnya memang sepertinya di Jakarta bila melihat berbagai kegiatan mereka, dan mungkin karena banyak yang terinspirasi, makanya di beberapa kota banyak juga buat yang sama.

Gandjel Rel

Cikal bakal bertumbuhnya perempuan-perempuan di Semarang menyukai aktivitas blogging di mulai dari sini. Komunitas yang sudah setahun lebih berdiri ini menjadi wadah buat mereka terus bertemu dan berbagi. Saya sendiri pas acara ultah turut hadir tentunya.

Nama-nama seperti Rahmi, Dewi, dan Uniek, adalah ketiga nama yang cukup populer menurut saya. Kalau Dewi sendiri mungkin banyak yang lebih kenal mengingat karyanya lewat Anak Kos Dodol yang sudah pernah diangkat ke layar lebar. Yang pasti sebagian dari mereka ini sudah memiliki banyak karya yang keren-keren.


Semakin eksis

Mereka sama seperti blogger pada umumnya. Mereka menggunakan gadget untuk berbagai keperluan seperti memotret dan bersocial media. Mereka sering datang ke berbagai acara karna banyak brand yang tertarik kepada generasi ini.

Baru-baru ini saya mengikuti kegiatan mereka yang diundang untuk mencicipi menu kuliner dari 3 tempat sekaligus. Mereka sangat ramai dan sangat bersemangat. Namanya juga perempuan, soal makanan sepertinya memang mereka lebih baik dari saya.


Soal beban yang saya bahas di awal itu lebih soal kewajiban sebagian blogger perempuan dalam berumah tangga. Mereka masih bisa memanage waktu dan berkegiatan. Ini adalah semangat yang luar biasa menurut saya. 

Mereka semakin eksis tentu ini menjadi berita baik bahwa blogger Semarang terus beregenerasi. Bila biasanya generasi berganti dari yang tua ke muda, ini tidak dengan mereka. Sebagian memang ada yang muda dan sebagian lagi memang benar-benar emak-emak.

Blogger laki

Saya tidak melulu sendiri diantara para blogger perempuan di Semarang saat menghadiri acara. Ada Nuno, salah satu penyiar kondang radio di Semarang yang juga terus eksis. Beberapa teman komuntitas Loenpia juga sering turun gunung. Terakhir ada pakde Dwi yang ternyata masih bersemangat ikutan.

Meski begitu, blogger laki yang dari Semarang tidaklah banyak. Beberapa kali ada blogger laki yang ikutan acara, terkadang dari luar kota. Saya mengerti situasinya.

Saya berharap, semakin banyak blogger laki yang turut hadir meski saya tahu ini soal undangan. Banyak blogger di Semarang namun terkadang blognya yang kurang aktif. Atau memang sudah begitu sibuk dengan aktivitas masing-masing.

...

Saya melihat satu fenomena menarik yang berhubungan dengan blogger terutama di Indonesia dan khususnya juga di Semarang yaitu, semakin banyak blogger perempuan yang semakin eksis. Dan sebagian besar dihuni oleh perempuan yang sudah berumah tangga. Mau muda atau tua, yang pasti sangat antusias terhadap dunia blogging tanah air.

Seperti roda kehidupan yang terus berputar, kadang di atas dan kadang di bawah. Begitu pula komunitas blogger juga. Saat ini, mari kita dukung keberadaan mereka untuk terus menjadi blogger yang menghasilkan konten - konten yang bermanfaat. Tapi ingat, kewajiban jangan dilupakan ya mak.


Bagaimana dengan tempat tinggal Anda? Adakah komunitas blogger perempuan juga atau beberapa blogger perempuan yang sangat eksis. Oh ya, mereka sangat update lho dengan perkembangan Internet.

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

  1. Hedew...mbahas mamah-mamah muda nih :p

    BalasHapus
  2. Ndak semua mamah loh...
    Ada yg amah juga... Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya,
      tapi generasi emak2 yang lebih bisa membangkitkan semangat blogger perempuan

      Hapus
  3. Wah ini tinggal nunggu di kota malang :D semoga aja cepet cepet ada hohoh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Februari 2018

Tahun baru Imlek di Semarang kali ini dijadikan momen mengadakan pameran handphone awal tahun 2018. Bila dilihat rentang waktu terakhir pameran diadakan, desember, ini berarti ada jeda 1 bulan kosong yang biasanya awal tahun selalu ada pameran. Ingin ganti hape?

Tuan rumah pameran hape di Semarang kali ini jatuh pada Paragon Mall dan Plasa Simpang Lima Semarang. Tidak ada Java Mall yang identik dengan pameran kali ini. Mungkin tempatnya sedang dipakai pameran lainnya.

Gadget Super Sale by Sinar Mas Selluler (SMS)

Pameran handphone di Paragon Mall digelar dari tanggal 14 Februari - 18 Februari 2018. Sepertinya mengambil momen hari Valentine mengawali pameran ini berlangsung.


Harga Asus Zenfone di Pameran Handphone Semarang Februari 2018
Pameran di Paragon sendiri sudah kami lihat. Saat kami kunjungi hari ini (16/2), mereka berbagi tempat dengan acara dari sebuah Bank yang sedang mengadakan roadshow dengan program menariknya.

Selain berkunjung ke stan ASUS, kami juga mengunjungi stan Nok…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Review The Cannibal Bistro & Bar

Bicara tentang tempat nongkrong di salah satu kawasan Semarang atas, Tembalang, tak ada habisnya. Kawasan yang menjadi pusat mahasiswa Universitas Diponegoro atau Undip ini memang sangat terkenal bagi kami yang tinggal di Semarang.

Generasi millenials yang sedang berkuliah di sana sangat beruntung dengan banyaknya ragam pilihan tempat melepaskan penat setelah belajar di bangku kelas. Bila malas keluar pun, ada layanan pesan antar yang juga bisa dimanfaatkan.

Sabtu kemarin (10/2) kami sedang berkunjung ke salah satu tempat nongkrong yang berada di jalan Mulawarman. Kami sadar bahwa lokasinya terbilang jauh untuk kami yang kebanyakan menghabiskan aktivitas di Semarang bawah.


Namun semua terbayar saat kunjungan pertama kali kami ke sini mendapati pemandangan yang indah, yaitu pematang sawah.

Apakah ini andalan view dari the cannibal? Sepertinya iya, bila membandingkan dengan beberapa tempat nongkrong yang pernah kami kunjungi sebelumnya.

Cannibal? Alasan dibalik nama

Ini bagian dalam sete…

Review Film Terjebak Nostalgia

Film Terjebak Nostalgia rilis di bioskop tanggal 1 desember 2016. Membawa durasi waktu sekitar 95 menit, film sutradara Rako Prijanto ini memiliki Raisa sebagai pemeran utamanya yang diduetkan dengan aktor ganteng Chicco Jerikho.
Saya sengaja memutuskan nonton film yang dibintangi Raisa Andriana ketimbang film Cinta Laki-laki Biasa yang sebenarnya saya sudah menandai film ini untuk ditonton. Hadirnya Raisa adalah salah satu faktor utama yang membuat saya tertarik, apalagi ini debutnya di layar lebar. 
Cerita
Selama nonton film ini suasana yang dibangun selalu menyenangkan. Saya pikir ceritanya akan mudah ditebak dengan awal ceritanya yang mirip-mirip film Drama Korea atau India.

Ternyata tidak, film yang mengambil syuting di Jabotabek dan New York ini ternyata penuh teka-teki. Rekan saya, kali ini saya berdua, bahkan sudah menebak ceritanya dan seolah biasa. Tapi buat saya tetap menarik.
Jatuh cinta, tema yang selalu menarik untuk diangkat. Dikemas dengan menarik, Raisa menemukan puja…

Agenda Semarang Februari 2018

Selamat datang bulan Februari. Bulan yang dianggap sebagian orang bulan penuh cinta ini bertepatan dengan salah satu acara di kota Semarang, Pasar Imlek Semawis. Berikut daftar acara di kota Semarang selama bulan Februari.

Agenda rutin :
[Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan.Agenda lainnya :
[1-12 Feb] - Pameran Otomotif Plasa 2018 di atrium Plasa Simpang Lima Semarang.[7-19 Feb] - Pameran Batik & Craft 'Harmoni Batik Indonesia' di Java Mall.[12-14 Feb] - Pasar Imlek Semawis 2018. Detail informasi klik di sini.[14-18 Feb] - Pameran Handphone di Paragon Mall.[15-25 Feb] - Pameran Handphone di Plasa Simpang Lima Semarang.[1…