Langsung ke konten utama

Tren Blogger Semarang : Perempuan dan Emak-emak Blogger


Generasi penerus blogger Semarang ternyata tidak berhenti. Kini, keberadaan mereka sudah ada di mana-mana, terutama event. Dan menurut saya, generasi ini lebih banyak beban sebenarnya.

Harus saya akui, semakin memudarnya komunitas blogger di Indonesia (bisa dihitung yang masih aktif) saat ini, telah hadir berbagai komunitas blogger perempuan di beberapa kota. Keberadaan perempuan yang didominasi emak-emak ini semakin menarik buat saya.

Saya sangat senang dengan kehadiran blogger perempuan yang didominasi emak-emak. Istilah emak-emak ini sendiri terinspirasi dari komunitas blogger perempuan Indonesia (KEB) yang lebih dulu berdiri pada tahun 2012. Ya, mereka dapat dilihat di sini. KEB inilah yang menjadi inspirasi semua blogger perempuan di kota-kota lain, menurut saya.

Seiring waktu, anggota mereka juga terus bertambah. Pusatnya memang sepertinya di Jakarta bila melihat berbagai kegiatan mereka, dan mungkin karena banyak yang terinspirasi, makanya di beberapa kota banyak juga buat yang sama.

Gandjel Rel

Cikal bakal bertumbuhnya perempuan-perempuan di Semarang menyukai aktivitas blogging di mulai dari sini. Komunitas yang sudah setahun lebih berdiri ini menjadi wadah buat mereka terus bertemu dan berbagi. Saya sendiri pas acara ultah turut hadir tentunya.

Nama-nama seperti Rahmi, Dewi, dan Uniek, adalah ketiga nama yang cukup populer menurut saya. Kalau Dewi sendiri mungkin banyak yang lebih kenal mengingat karyanya lewat Anak Kos Dodol yang sudah pernah diangkat ke layar lebar. Yang pasti sebagian dari mereka ini sudah memiliki banyak karya yang keren-keren.


Semakin eksis

Mereka sama seperti blogger pada umumnya. Mereka menggunakan gadget untuk berbagai keperluan seperti memotret dan bersocial media. Mereka sering datang ke berbagai acara karna banyak brand yang tertarik kepada generasi ini.

Baru-baru ini saya mengikuti kegiatan mereka yang diundang untuk mencicipi menu kuliner dari 3 tempat sekaligus. Mereka sangat ramai dan sangat bersemangat. Namanya juga perempuan, soal makanan sepertinya memang mereka lebih baik dari saya.


Soal beban yang saya bahas di awal itu lebih soal kewajiban sebagian blogger perempuan dalam berumah tangga. Mereka masih bisa memanage waktu dan berkegiatan. Ini adalah semangat yang luar biasa menurut saya. 

Mereka semakin eksis tentu ini menjadi berita baik bahwa blogger Semarang terus beregenerasi. Bila biasanya generasi berganti dari yang tua ke muda, ini tidak dengan mereka. Sebagian memang ada yang muda dan sebagian lagi memang benar-benar emak-emak.

Blogger laki

Saya tidak melulu sendiri diantara para blogger perempuan di Semarang saat menghadiri acara. Ada Nuno, salah satu penyiar kondang radio di Semarang yang juga terus eksis. Beberapa teman komuntitas Loenpia juga sering turun gunung. Terakhir ada pakde Dwi yang ternyata masih bersemangat ikutan.

Meski begitu, blogger laki yang dari Semarang tidaklah banyak. Beberapa kali ada blogger laki yang ikutan acara, terkadang dari luar kota. Saya mengerti situasinya.

Saya berharap, semakin banyak blogger laki yang turut hadir meski saya tahu ini soal undangan. Banyak blogger di Semarang namun terkadang blognya yang kurang aktif. Atau memang sudah begitu sibuk dengan aktivitas masing-masing.

...

Saya melihat satu fenomena menarik yang berhubungan dengan blogger terutama di Indonesia dan khususnya juga di Semarang yaitu, semakin banyak blogger perempuan yang semakin eksis. Dan sebagian besar dihuni oleh perempuan yang sudah berumah tangga. Mau muda atau tua, yang pasti sangat antusias terhadap dunia blogging tanah air.

Seperti roda kehidupan yang terus berputar, kadang di atas dan kadang di bawah. Begitu pula komunitas blogger juga. Saat ini, mari kita dukung keberadaan mereka untuk terus menjadi blogger yang menghasilkan konten - konten yang bermanfaat. Tapi ingat, kewajiban jangan dilupakan ya mak.


Bagaimana dengan tempat tinggal Anda? Adakah komunitas blogger perempuan juga atau beberapa blogger perempuan yang sangat eksis. Oh ya, mereka sangat update lho dengan perkembangan Internet.

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

  1. Hedew...mbahas mamah-mamah muda nih :p

    BalasHapus
  2. Ndak semua mamah loh...
    Ada yg amah juga... Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya,
      tapi generasi emak2 yang lebih bisa membangkitkan semangat blogger perempuan

      Hapus
  3. Wah ini tinggal nunggu di kota malang :D semoga aja cepet cepet ada hohoh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Arak-arakan Sam Poo 2017

Sepertinya ini merupakan acara terakhir yang mengusung konsep kirab budaya atau arak-arakan tahun ini di kota Semarang. Arak-arakan Sam Poo tahun ini digelar tanggal 22 Juli 2017 atau hari Sabtu. Mari berakhir pekan di kota kami, Semarang.
Secara keseluruhan, acara kirab budaya di Semarang ada 5.  Seperti festival Ogoh-ogoh, Semarang Night Carnival, Karnaval dugderan, sesaji Rewanda dan lainnya yang sudah kami publish di awal tahun. Detailnya bisa dilihat di sini.
Memperingati Perayaan HUT Kedatangan Laksmana
Acara arak-arakan Sam Poo merupakan bagian acara dari perayaan HUT kedatangan Laksamana Cheng Ho. Acaranya biasanya dilaksanakan 2 hari, pertama biasanya ada beberapa acara seperti salah satunya bazar dan kedua arak-arakannya yang biasa dimulai pagi-pagi sekali.
Tahun 2016, acaranya dilaksanakan menjelang akhir bulan Juli. Namun kali ini, minggu ketiga di bulan Juli. Ya, kamu yang penasaran dengan acara arak-arakan ini bisa lihat review kami tahun kemarin di sini.
Jadwal lengkap a…

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Juni 2017

Kami punya kabar baik menjelang Lebaran. Pameran handphone bulan Juni di Semarang sudah hadir. Buat kamu yang menanti-nanti info ini dari blog dotsemarang, terima kasih sudah berkunjung hari ini. Pameran ini berlangsung di Java mall, catat tanggalnya yang dilaksanakan 20 Juni sampai 4 Juli 2017. 
Tanpa terasa sebentar lagi lebaran. Ini waktunya berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Kami sadar bahwa tren selfie maupun welfie tak bisa dihindari, terutama kamu yang termasuk golongan generasi millenials.
Telkomsel Ramadhan Fair
Pameran handphone di Java Mall ini bertajuk Parsell Lebaran, dimana kata Parcell mengacu singkatan dari Parade Selluler. Untuk menarik pengunjung, pameran seperti gadget ini masih menawarkan cara pembayaran secara angsuran dan tukar tambah.
Yang menarik kali ini adalah hadirnya Telkomsel yang membuka stan secara khusus selama pameran. Bila melihat branding dengan nama mereka sendiri, maka stan mereka akan lebih besar sendiri diantara yang lain.

Terak…

Tanggal 16 Juni, Bioskop Cinema XXI The Premiere Semarang Mulai Dibuka di DP Mall

Ada kabar gembira lagi dari bioskop di Semarang. Setelah Java Supermall membuka bioskop, kini giliran DP Mall yang segera buka bioskop Cinema XXI the Premiere di sana pada tanggal 16 Juni 2017. Semakin banyak saja, apa kelebihan Premiere ini?
Oktober 2016, kami sudah memposting tentang rencana DP Mall yang bakal buka bioskop. Akhirnya setelah hampir setengah tahun dari postingan kami yang telah dipublish, bioskop itu akan buka beberapa hari lagi.
Kelebihan The Premiere XXI
Menurut kabar angin yang berhembus (lebay), bioskop yang ada di DP Mall ini akan punya studio yang istimewa. Ya, sesuai namana yaitu studio Premiere. Kami sendiri belum pernah merasakan seperti apa di dalamnya (menunggu undangan). Tapi kami coba berikan beberapa sedikit bocoran berikut ini.
Mengutip situs bookmyshow.com (5/1/2016), bioskop Premiere berbeda dengan bioskop Cinema XXI biasanya. Di dalam teater Premiere, suasananya lebih ekslusif. Tempat duduknya lebih nyaman, sepertinya sangat nyaman kalau kamu lihat g…

Sudah Tahu Cara Nambah Masa Aktif XL Hingga 1 Tahun?

Ada yang menggunakan kartu XL? Sudah tahu, operator dengan dominasi biru ini dapat menambah masa aktif hingga 1 tahun. Dengan masa aktif 1 tahun, Anda tidak perlu takut kartu Anda hangus tiba-tiba. Berikut cara aktivasinya.
Saya baru menggunakan kartu XL beberapa bulan ini setelah acara launching 4G XL LTE di Semarang bulan Juni 2016. Saat itu juga saya mengaktifkan fitur XL Tunai, sebuah layanan keuangan digital atau trennya dompet digital.
Karena saya pikir jarang menggunakan XL untuk keperluan hari-hari saya seperti koneksi Internet, saya tidak ingin XL Tunai saya mati begitu saja. Dan setelah mencari sana-sini informasi tentang layanan keuangan digital ini, saya baru tahu tentang masa aktif XL hingga 1 tahun.
Layanan Perpanjang Masa Aktif 
Ada 2 cara sebenarnya untuk menggunakan layanan ini. Bisa menggunakan nomor *123# atau lewat online dengan mengakses web 
1) *123#
Anda tinggal menekan angka diatas atau mau yang cepat ketik *123*8484#.  Ikuti petunjuknya dan silahkan pilih. Cont…

Semarang Hobby Centre Ternyata Sudah Tidak Dibuka Lagi

Juni kemarin, kami baru tahu kalau Semarang Hobby Centre yang terletak di lantai 5 Sri Ratu jalan Pemuda Semarang sudah tidak beroperasi lagi alias tutup. Terakhir kami memposting tempat ini pada tahun 2015. Sayang sekali sebenarnya. 
Pertama kali ke sini, kami berharap tempat ini akan menjadi ikon menarik di kota Semarang terkait minat dan berbagai hal yang berhubungan dengan mainan. Namun seiring waktu, tidak bisa dipungkiri bahwa ketika bersentuhan dengan bisnis, pasti sangat sulit.
Beberapa gambar yang kami publish tahun 2015, memperlihatkan suasananya yang waktu itu pelan tapi pasti akan segera terisi berbagai hal menarik. Seperti konter mainan yang identik dengan figura-figura mungil yang saat ini sering digunakan dalam Toys Photography.,
Tapi ada kabar baiknya, outlet yang berhubungan dengan mainan masih ada di lantai 4. Di lantai tersebut juga saat ini sudah ada wahana permainan yang saat kami kunjungi begitu ramai dikunjungi keluarga. Ada permainan boom-boom car dan sebagain…