Langsung ke konten utama

[Catatan] Ini Bukan Pesta Blogger, Tapi Incredible Race Asus


Lama tidak berkumpul dengan blogger se-Indonesia, saya pikir momen acara Zenvolution kemarin yang digelar di Bali merupakan ajang pesta blogger. Ternyata bukan. Hari kedua saya di Bali adalah acara Incredible Race, semua blogger yang hadir termasuk jurnalis dan lainnya mengikuti games yang dibuat oleh Asus. Seperti apa games tersebut?

Akhirnya saya menulis lewat catatan ini. Mungkin yang sudah memperhatikan acara Asus kemarin sudah mengerti apa yang sedang saya lakukan di Bali dari tanggal 7-8 September. Saya tidak sendiri, ada 7 blogger lain yang berasal dari Semarang. Selama di Bali, saya banyak bertemu blogger-blogger yang sudah lama kenal. 

Lebih ramai

Hari kedua, kawasan Nusa Dua Bali cuacanya berkali-kali menggoda peserta. Tiba-tiba hujan dan kadang malah super panas. Untung saja, semua sudah dipersiapkan hari sebelumnya saat kami tiba. Seperti jas hujan yang saya pikir ini buat apa, ternyata sangat berguna pada saat acara.

Setelah sarapan pagi, saya dan peserta lainnya yang sudah menggunakan kaos putih yang bertuliskan Incredible race menuju lokasi acara. Untuk diketahui, peserta yang mengikuti ada sekitar 500 orang dan menjadikan acara games ini masuk MURI Indonesia dengan jumlah peserta terbanyak.


Dengan view pantai yang indah, saya dan peserta berkumpul di lokasi. Sangat ramai suasananya sampai-sampai hujan turun membuat semua orang berlari mencari tempat berteduh. Tapi untunglah cuaca kembali terang benderang.


Semua peserta dibagi beberapa kelompok, saya sendiri termasuk kelompok 33. Ada beberapa teman blogger Pontianak yang termasuk dalam kelompok saya. Untuk satu nama, sosok blogger yang punya ciri khas tidak ada rambut alias gundul ini selalu bertemu di momen-momen tertentu. Makanya saya jadi ingat acara-acara yang berhubungan dengan blogger seperti pesta blogger. Tapi ya suasananya memang seperti pesta blogger. Berkumpul soalnya.

Amazing Race, menyelesaikan tiap tantangan

Satu grup terdiri dari 10 orang lebih. Tugasnya menemukan lokasi-lokasi yang ditentukan dengan bantuan teknologi di sini. Dengan bekal Zenfone 3 yang sudah diberikan satu-satu, peserta harus menyelesaikan semua tantangan setelah tiba di lokasi.

Lokasi pertama yang saya tuju lumayan jauh. Kekompakan tim menjadi hal penting dalam perjalanan kami saat itu. Setelah berhasil tiba, beberapa panitia memberi tantangan. Waktu di lokasi pertama kami diberi tantangan mencari Pokemon. 

Saya sangat percaya diri mencari Pokemon disekitar. Namun tidak mudah mengingat waktu yang dibatasi dan beberapa teman blogger ada yang belum pernah bermain. Ya, kita harus saling membantu satu dengan lainnya.


Waktu terus berjalan hingga sore hari. Itu benar-benar sangat lelah. Apalagi jarak lokasi satu dengan yang lain bisa ditempuh lebih dari 1 km dengan berjalan kaki. Satu-satunya waktu istirahat selama permainan itu adalah makan siang. Setelah itu kita lanjut sampai selesai.

Tim saya tidak beruntung kali ini. Banyak hal yang menentukan kami waktu itu. Meski begitu semangat dan nilai yang saya dapat  sungguh menyenangkan. Meski tubuh sangat lelah. Pada intinya, kami harus banyak-banyak mendapat poin dengan perhitungan 1 poin dikali 100 ribu. Lalu, berapa banyak poin yang didapat sang juara ?

Gala Dinner

Acara Amazing Race selesai juga akhirnya. Setiap peserta diberi medali seperti acara lari yang saat ini sedang digandrungi kota-kota besar. Semua dipersilahkan kembali ke penginapan menggunakan bus yang disediakan.


Suasana makan malam, semua posting acara bisa dicek di sini.

Selesai kegiatan dari pagi hingga sore, acara akan berlanjut dengan makan malam di lokasi utama saat launching Zenfone 3 di hari pertama. Kami punya waktu 2 jam setidaknya untuk istirahat dan mandi, lalu mempersiapkan diri.

Jam setengah 7 malam, saya sudah bergegas menuju bis yang menjemput kami menuju lokasi. Dalam kesempatan seperti inilah saya bisa menyapa teman-teman khususnya blogger. Mereka terlihat lelah tapi masih memiliki semangat untuk acara terakhir, mengingat kami besok sudah harus balik kembali ke kota asal masing-masing.

Gala Dinner selalu menjadi acara penting, termasuk buat saya yang sudah kedua kalinya mengikuti rangkaian acara dari Asus ini. Peserta bukan saja dijamu dengan berbagai menu makanan, para petinggi Asus yang mendatangi dari meja ke meja  mengajak kami minum bareng (chers).


Asus mendapatkan rekor Muri Indonesia 

Rangkaian makan malam tidak sekedar hanya makan dan minum, masih ada beberapa acara seperti pengumuman pemenang Amazing Race, Penyerahan Rekor Muri, penampilan Ambassador Asus oleh BCL dan Joe Taslim dan lain sebagainya.

...

Hari pertama, rangkaian acara lebih fokus pada acara launching Zenfone 3 beserta produk lainnya. Hari kedua, seperti yang saya ceritakan di sini.

Oh ya, saya lupa memberitahu kalau juara pertama berhasil mengumpulkan poin yang dirupiahkan sebesar 19 juta lebih. Wow,, itu menggiurkan. Tapi harus dibagi-bagi dengan jumlah peserta yang lebih dari 15 orang.

Serangkaian acara Asus benar-benar membuat saya teringat dengan ajang Pesta Blogger yang kini sudah tidak ada lagi. Sebuah wadah berkumpul semua blogger dari Indonesia. Dan Asus melakukannya dengan catatatan itu acara pemasaran mereka tentunya.

Sebagai blogger yang turut hadir tentu saya seperti membanggakan Asus tapi kenyataannya brand yang cukup baik buat saya yang buat acara begini ya Asus. Lalu, apa yang bisa kita petik dari rangkaian acara ini?

Asus memahami bahwa saat ini di era Internet yang serba cepat, mereka harus memanfaatkan momentum perkembangannya. Blogger sebagai masyarakat yang melek Internet dengan kelebihannya yaitu penghasil konten masih menarik untuk digaet. 

Memang ada jurnalis yang punya kekuatan lebih besar karena didukung lembaganya, namun setidaknya dari sisi blogger itulah yang bisa saya tangkap.

Catatan lainnya :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Semarang September 2017

Selamat datang bulan September. Awal bulan ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 2017 yang diputuskan tanggal 1 September, hari jumat. Kami mengucapkan selamat hari Raya dan berikut daftar acara Semarang bulan.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [11 Agustus - 10 September] - Jateng Fair 2017 di PRPP. Info klik di sini.[30 Agustus - 3 September] - Acer Day di Paragon Mall Semarang.[30 Agustus -  9 September] - Pameran Handphone/Bazaar di Plasa Simpang Lima Semarang.[5 - 10 September] - Festival Kuliner Nusan…

4 Sektor Unggulan Semarang Tahun 2017 Ini Bisa Menjadi Inspirasi Buat Konten

Ini kabar baik bagi untuk kami tentunya dalam hal produksi konten dan mendukung kota Semarang. Semenjak bulan Juli 2017, Badan Ekonomi Kreatif telah memverifikasi 4 sektor unggulan Semarang, diantaranya fesyen, arsitektur, game dan aplikasi. Selengkapnya.
Mengutip laman resmi kota Semarang, semarangkota.go.id, Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan bahwa di akhir bulan Juli, Pemerintah Kota Semarang mengusulkan kepada Badan Ekonomi Kreatif 3 sub sektor unggulan Kota Semarang. Arsitektur, game dan aplikasi, serta sub sektor fashion. Dan ketiga usulan tersebut telah diverifikasi dan ditetapkan.
Dari ke-4 sektor, fashion yang kami update sebelumnya di sini, sudah mendapatkan panggung yang dipromosikan pemerintah dengan membuat acara di Kota Lama. Dan tentu, ini akan terus dilakukan pemerintah untuk membuktikan apakah fashion merupakan sektor unggulan kali ini.
Dari dotsemarang, kami melihat ini adalah peluang baik untuk fokus pada konten yang berhubungan dengan sektor unggulan k…

Agenda Festival Kota Lama 2017

Event Festival Kota Lama kembali menyapa tahun ini, tepatnya tanggal 23 hingga 24 September 2017. Mari agendakan ke sini, karena acara diselenggarakan akhir pekan, Sabtu dan Minggu.
Festival Kota Lama yang diprakarsai oleh Oen Semarang Foundation dimulai sejak tahun 2012. Ini berarti, Festival Kota Lama 2017 sudah berjalan ke-6 kalinya (setahun sekali).
Untuk tema Festival Kota Lama tahun 2017 mengusung Sepanjang Jalan Kenangan. Dan lokasi acara berlangsung sekitar Polder Tawang, sama seperti tahun 2016. Acara yang diselenggarakan hari Sabtu dan Minggu ini tidak membuat panggung apung.

Tentang Festival Kota Lama 2017

[Press rilis] Melihat adanya berbagai kendala dalam pelestarian cagar budaya di Kota Lama, seperti kepemilikan bangunan, perawatan bangunan yang telah berusia tua, lingkungan sosial yang perlu ditingkatkan menjadi social capital, serta keterancaman lingkungan akibat iklim.

Kawasan Kota Lama menyimpan potensi yang luar biasa; termasuk masyarakatnya yang proaktif untuk teta…

[Photoblog] Festival Kuliner Nusantara Lezaatnesia 2017

September, event kuliner Semarang ini kembali digelar. Lokasinya, masih seperti sebelumnya yaitu Sri Ratu. Apakah kamu sudah mampir ke sini? Kira-kira ada apa saja yang ditawarkan?

Kami mohon maaf bila event ini sudah selesai saat kamu tertarik ingin berkunjung. Kami sarankan bila ingin tahu info acara yang ada di Semarang, sebelum terlambat datang, sebaiknya kunjungi halaman daftar agenda Semarang yang tiap bulan kami buat, atau klik di sini.


Event kuliner ini bertajuk Festival Kuliner Nusantara Lezaatnesia. Ada 60 stand kuliner yang mengikuti yang semuanya bertema sesuai tajuk festival.


Selain panggung hiburan yang menyemangati acara, terutama pengunjung, ada salah satu kuliner yang menurut kami mencuri perhatian di sini, yaitu Nasi Glewo. Kuliner khas Semarang ini populer di era 80-an, sayang keberadaannya sangat sulit ditemui. Alasannya karena banyak generasi penerusnya yang memilih tidak meneruskan usaha leluhurnya.

Nasi Glewo Khas SemarangšŸ‘ A post shared by @wirawan_aw on Sep 1…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…