Langsung ke konten utama

10 Fakta Menarik Tentang Netizen di Indonesia


Berdasarkan studi kuantitatif terhadap lebih dari 3 ribu responden di 18 kota di Indonesia plus studi kualitatif focus Group Discussion (FGD) di Jakarta, telah ditemukan beberapa fakta menarik tentang pengguna Internet di Indonesia.


Ini adalah data yang disajikan majalah marketeers edisi Oktober 2014. Lewat kolom Main Story, berikut 10 fakta tentang Netizen tahun 2014 :


1. Internet : A Love or Hate Relationship


Internet sebagai "enabler" layaknya 2 sisi pedang. Alat yang mempermudah akses sehingga memampukan penggunanya mendapatkan informasi dari belahan dunia mana pun dan risiko yang mengancam mereka terutama terkait masalah security dan privacy.


Transaksi e-commerce yang dianggap sangat mudah dan tak terbatas juga memiliki risiko tinggi terkait keamanan transaksi perbankan. Marak sekali kasus yang muncul di publik terkait dengan fraud di bidang tranksasi online ini. Untungnya, konsumen punya pilihan sebagai tempat komplain, mulai dari media konvensional hingga media sosial.


Yang disayangkan, ketika terjadi fraud, hampir tidak ada kejelasan pihak mana yang seharusnya disalahkan. Apakah merchant, pemilik situs, atau pihak bank yang memfasilitasi transaksi tersebut?


Sebetulnya tingkat keamanan transaksi dapat ditingkatkan, misalnya dengan penggunaan 3D secure sebagai validasi. Aplikasi penggunaan 3D secure ini bukan hanya bagian dari tanggung jawab bank penerbit kartu saja, tetapi juga pemilik situs dan merchant.


2. Instant Generation : Easier and Faster


Kemudahan dan kecepatan akses yang ditimbulkan dari penggunaan internet melahirkan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya. Akses birokrasi yang sebelumnya rumit dan panjang telah bertransformasi menjadi lebih mudah dan cepat.


Hal ini ternyata juga berpengaruh pada kebiasaan pemilihan dan penggunaan produk oleh para Netizen. Sebagai contoh, berdasarkan survei MarkPlus Insight di 18 kota besar, 1 dari 6 netizen adalah pengguna Internet Bangking.


Semakin akrabnya nasabah dengan pengguna Internet Bangking semakin mengeliminasi interaksi tatap muka dengan petugas bank. Keinginan para Netizen untuk melakukan transaksi perbankan lain secara online pun terus menanjak, misalnya pembelian reksadana atau saham melalui Internet Banking.


3. Tren Belanja Online : One Stop Shopping Solution


Hampir semua produk kini dapat dibeli dan diakses dari Internet. Di 18 kota besar di Indonesia, 1 dari 5 Netizen ternyata lebih suka belanja online.


Selain itu, terlihat pula bahwa jenis produk yang dibeli secara online menjadi kian beragam. Hasil survei menunjukkan bahwa lima jenis produk yang dibeli secara online adalah produk fashion.


Perinciannya dalam bentuk pakaian (57,2%), sepatu atau sandal (31,9%), tas atau dompet (28,6%), jam tangan (10,8%), dan juga produk elektronik seperti telepon seluler (9.9%).


Tren ini juga dengan sigap dimanfaatkan oleh pemain di berbagai industri, misal salah satu pemain industri asuransi yang mulai menjual produk mereka secara ritel melalui online marketplace. Hal ini menjadi suatu perubahan yang cukup revolusioner karena sebelumnya asuransi dianggap sebagai produk keuangan yang rumit.


4. Brand yang semakin dimanusiakan di dunia Internet


Interaksi brand dengan konsumennya menuntut sebuah merek untuk dapat membina komunikasi dengan konsumennya secara intensif. Netizen telah menganggap brand sebagai sebuah individu yang tentunya harus responsif, mau aktif menyapa, dan bukan hanya komunikasi satu arah demi mempromosikan produk semata.


Selanjutnya >>> 2


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Tahun 2018

Daftar acara atau agenda kota Semarang tahun 2018 sudah tersedia dalam bentuk PDF yang bisa diakses lewat website pariwisata.semarangkota.go.id. Kamu bisa mengunduh (download) atau sekedar membacanya sebagai panduan untuk berkunjung ke kota Semarang tahun ini. Berikut detailnya.

Sepertinya tahun 2018, kami libur dulu berkunjung ke kantor Dinas Pariwisata Kota Semarang yang terletak di gedung Pandanaran. Aktivitas rutin tiap tahun sekedar mendapatkan daftar acara kini bisa dengan mudah diakses via Internet.

Selain kami sertakan di halaman ini dengan link langsung ke situs yang berisi buku event 2018 kota Semarang, kami tetap rutin juga memberikan agenda Semarang tiap bulan yang bisa kamu jumpai di bawah ini. Selamat berkunjung dan terima kasih udah mampir ke kota tercinta kami, Semarang.
Download buku event kota Semarang dalam bentuk PDF di sini.

Berikut, daftar Agenda Semarang perbulan tahun 2018
Januari (Tersedia)FebruariMaretAprilMeiJuniJuliAgustusSeptemberOktoberNovember Desember Daf…

Si Cepat, Layanan Mobil Ambulance Gratis di Semarang

Ternyata sudah setahun Ambulance Hebat Si Cepat diluncurkan, terhitung dari tanggal 4 Januari 2017. Salah satu layanan kesehatan di kota Semarang ini menarik untuk diketahui. Apakah kamu pernah lihat mobil ini di jalan?
Akhirnya, kami bisa membawa Si cepat ke blog dotsemarang meski sudah mendapatkan informasi ini dari acara temu bloger bareng Dinas Kesehatan Kota Semarang pada bulan desember 2017 di The Wujil Resort & Conventions. Si cepat adalah layanan reaksi cepat bagi masyarakat yang membutuhkan ambulan Sebenarnya beberapa teman bloger kami ada yang sudah menjumpai Si Cepat ini yang berada di Puskesmas Halmahera. Waktu itu kami dibagi dalam dua kelompok, dan sayangnya kami kebagian ke Puskesmas Gayamsari yang waktu itu belum ada si Cepat ini.
Foto by Nia Nurdiansyah bareng bloger Semarang dan Dinas Kesehatan Semarang
Alasan kami baru membawa Si Ambulance Hebat  ke blog dotsemarang hari ini karena media sosial mereka sangat aktif. Di Twitter dengan id ambulancehebat, kicauan mer…

[Ebook] Daftar Acara di Semarang Tahun 2017

Halaman ini berisi kumpulan daftar acara kota Semarang selama tahun 2017 yang kami ambil dari blog dotsemarang dan kemudian kami kemas dalam bentuk ebook yang berformat PDF. Silahkan di download bila tertarik.
Terkahir kami memposting tentang kategori ebook pada bulan September 2016. Sangat lama dan tidak konsisten ternyata apa yang kami lakukan. 
Untuk itu, perdana tahun ini kami coba kembali membawa konten ebook ke dalam blog dotsemarang. Selain menjadi konten, cara membuat halaman blog dotsemarang yang dapat diakses secara offline ini merupakan cara kami untuk menyelamatkan file kami suatu hari nanti. Istilah back up data.
Berikut ebook daftar acara selama tahun 2017 di kota Semarang yang kami taruh di bawah ini.

Agenda semarang 2017 from Dot Semarang
Halaman ini hanya berisi daftar acara, bukan review acara. Daftar ini berasal dari kumpulan acara resmi dan acara tidak resmi yang kami kumpulin sendiri. Beberapa info ada tanggal yang lupa kami update. Mohon maklum untuk ketidaksempur…

[Photoblog] Event Urban GiGs Discover Dubai

Acara yang dilangsungkan akhir pekan, Sabtu (13/1), di lapangan parkir Gedung Rimba Graha Semarang ini cukup menarik bagi kami yang sebelumnya sudah mengepost acaranya. Selain banyaknya aktivitas selama acara, postingan event ini merupakan kali pertama di tahun 2018.

Kami menikmati akhir pekan ini dengan mengunjungi acara Urban GiGs Discover Dubai yang acaranya dimulai pukul 4 sore. Ini kali pertama pengalaman kami datang ke acara yang seperti ini dan kebanyakan generasi millenials.


Acaranya memang gratis, namun pengunjung harus registrasi dengan mengisi beberapa nama. Entah buat apa, mengingat kami juga tak begitu memikirkan hal tersebut.



Salah satu konten acaranya yang menarik minat kami adalah workshop Brush Calligraphy. Seperti yang terlihat pada gambar, peserta yang sudah mendaftar sebelumnya sepertinya sangat antusias.



Dicover Dubai yang menjadi nama acara kami melihatnya seperti gambar di atas, sebuah ikon gedung pencakar langit yang terkenal di negeri sana. Selain kegiatan in…