Langsung ke konten utama

10 Fakta Menarik Tentang Netizen di Indonesia


Berdasarkan studi kuantitatif terhadap lebih dari 3 ribu responden di 18 kota di Indonesia plus studi kualitatif focus Group Discussion (FGD) di Jakarta, telah ditemukan beberapa fakta menarik tentang pengguna Internet di Indonesia.


Ini adalah data yang disajikan majalah marketeers edisi Oktober 2014. Lewat kolom Main Story, berikut 10 fakta tentang Netizen tahun 2014 :


1. Internet : A Love or Hate Relationship


Internet sebagai "enabler" layaknya 2 sisi pedang. Alat yang mempermudah akses sehingga memampukan penggunanya mendapatkan informasi dari belahan dunia mana pun dan risiko yang mengancam mereka terutama terkait masalah security dan privacy.


Transaksi e-commerce yang dianggap sangat mudah dan tak terbatas juga memiliki risiko tinggi terkait keamanan transaksi perbankan. Marak sekali kasus yang muncul di publik terkait dengan fraud di bidang tranksasi online ini. Untungnya, konsumen punya pilihan sebagai tempat komplain, mulai dari media konvensional hingga media sosial.


Yang disayangkan, ketika terjadi fraud, hampir tidak ada kejelasan pihak mana yang seharusnya disalahkan. Apakah merchant, pemilik situs, atau pihak bank yang memfasilitasi transaksi tersebut?


Sebetulnya tingkat keamanan transaksi dapat ditingkatkan, misalnya dengan penggunaan 3D secure sebagai validasi. Aplikasi penggunaan 3D secure ini bukan hanya bagian dari tanggung jawab bank penerbit kartu saja, tetapi juga pemilik situs dan merchant.


2. Instant Generation : Easier and Faster


Kemudahan dan kecepatan akses yang ditimbulkan dari penggunaan internet melahirkan kenyamanan tersendiri bagi penggunanya. Akses birokrasi yang sebelumnya rumit dan panjang telah bertransformasi menjadi lebih mudah dan cepat.


Hal ini ternyata juga berpengaruh pada kebiasaan pemilihan dan penggunaan produk oleh para Netizen. Sebagai contoh, berdasarkan survei MarkPlus Insight di 18 kota besar, 1 dari 6 netizen adalah pengguna Internet Bangking.


Semakin akrabnya nasabah dengan pengguna Internet Bangking semakin mengeliminasi interaksi tatap muka dengan petugas bank. Keinginan para Netizen untuk melakukan transaksi perbankan lain secara online pun terus menanjak, misalnya pembelian reksadana atau saham melalui Internet Banking.


3. Tren Belanja Online : One Stop Shopping Solution


Hampir semua produk kini dapat dibeli dan diakses dari Internet. Di 18 kota besar di Indonesia, 1 dari 5 Netizen ternyata lebih suka belanja online.


Selain itu, terlihat pula bahwa jenis produk yang dibeli secara online menjadi kian beragam. Hasil survei menunjukkan bahwa lima jenis produk yang dibeli secara online adalah produk fashion.


Perinciannya dalam bentuk pakaian (57,2%), sepatu atau sandal (31,9%), tas atau dompet (28,6%), jam tangan (10,8%), dan juga produk elektronik seperti telepon seluler (9.9%).


Tren ini juga dengan sigap dimanfaatkan oleh pemain di berbagai industri, misal salah satu pemain industri asuransi yang mulai menjual produk mereka secara ritel melalui online marketplace. Hal ini menjadi suatu perubahan yang cukup revolusioner karena sebelumnya asuransi dianggap sebagai produk keuangan yang rumit.


4. Brand yang semakin dimanusiakan di dunia Internet


Interaksi brand dengan konsumennya menuntut sebuah merek untuk dapat membina komunikasi dengan konsumennya secara intensif. Netizen telah menganggap brand sebagai sebuah individu yang tentunya harus responsif, mau aktif menyapa, dan bukan hanya komunikasi satu arah demi mempromosikan produk semata.


Selanjutnya >>> 2


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Video] Peringatan Peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang Tahun 2017

Salah satu agenda bulan Oktober di Semarang yang berhubungan dengan sejarah adalah Peringatan Pertempuran 5 Hari di Semarang. Peringatan ini selalu digelar tiap tanggal 14 Oktober. Halaman ini berisi video dari Youtube.

Tahun lalu, tanggal 14 Oktober 2016 jatuh pada hari Jumat. Sedangkan tahun ini, tanggal 14 Oktober 2017 jatuh pada hari Sabtu. Selisih sehari saja. Seperti tahun lalu juga, tahun ini kami juga tidak dapat berpartisipasi langsung untuk melihat lebih dekat suasana yang digelar di kawasan Tugu Muda.

Kalau sudah event ini dilaksanakan, ruas jalan menuju Tugu Muda pasti ditutup. Selain ada panggung yang berada tepat di depan Museum Mandala Bhakti, kawasan ini memang harus bebas kendaraan. Dalam peringatan sejarah ini, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menjadi Inspektur Upacara.

Mewakili halaman ini untuk memberikan gambaran suasana selama acara, kami mengambil beberapa video dari Youtube. Sesekali memasukkan video ketimbang foto perlu dilakukan agar konten lebih menarik.



Ada Pusat Toko Handphone di Lantai Basement Java Mall

Java Mall yang kami kenal adalah salah satu tempat pameran handphone maupun komputer yang paling rutin dan konsisten. Animonya selalu bagus ketimbang mal-mal yang ada di Semarang. Dan baru-baru ini, kami mengetahui adanya pusat toko handphone di sini.

Bertepatan dengan pameran handphone yang berlangsung kemarin, Semarang Mobile Expo (Semox) yang digelar dari tanggal 10-16 Oktober, kami mampir ke lantai basement (akses parkir mobil paling bawah). Seperti gambar di atas, begitu suasana yang kami lihat waktu itu. Mungkin sudah kemalaman dan beberapa toko ada yang mengikuti pameran.

Ini kabar baik sebenarnya bila sedang mencari toko handphone saat sedang berkunjung ke mal yang berada di jalan MT. Haryono dan bersebelahan dengan Star hotel ini.

Sayang lokasinya kurang strategis untuk pengunjung seperti kami. Namun berbeda bagi pengunjung yang langsung mengakses mal dari tempat parkir menuju Hypermart.

Untuk mengunjungi pusat handphone di Java Mall yang tidak datang dari lantai basement, k…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Oktober 2017

Selamat datang, Oktober. Bulan ini ada yang sangat spesial buat bloger Indonesia. Kita akan merayakan semangat kebersamaan dengan memaknai hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober, besok. Di Semarang sendiri tentu tak kalah seru dengan berbagai acara, yuk datang ke Semarang.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.[Jumat - Minggu] - Sam Poo Kong Warak Ngendok Bazaar Kuliner selama Oktober. Mulai jam 9 pagi sampai 9 malam di Sam Poo Kong.Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [29 September - 1 Oktober] - BSB Property Expo 2017 di Paragon M…

Tips Naik Bus Wisata Semarang Agar Dapat Tempat Duduk

Ini adalah tips sederhana sebenarnya buat yang baru tahu atau memang belum tahu bagaimana mengakses informasi soal bus wisata Semarang yang sedang ramai bulan ini dibicarakan. Kalau kamu termasuk kategori di atas, mungkin bisa mencoba cara berikut ini.
Bus wisata 'Yuk Muter-muter Semarang' memang masih diberi gratis untuk kamu yang ingin mencobanya. Karena difokuskan pada promosi wisata, bus ini menjadi idola baru bagi warga.
Keterbatasan informasi sepertinya menjadi kendala bagi sebagian orang yang tidak tahu cara naik bus wisata ini. Kadang ada yang sudah menunggu, ternyata tidak bisa naik. Alasannya lebih karena kita belum memiliki co card, semacam tiket untuk askes.
Di sini untuk mendapatkan akses tiket dalam bentuk co card

Gambar ini diambil tanggal 10 Oktober, semisal ada perubahan lokasi, kami mohon maklum. Tapi awal-awal, lokasi untuk mendapatkan akses tempat duduk di dalam bus, datang ke sini. Sebelah museum Mandala Bhakti.
Buka mulai jam 7 pagi

Petugas di sini mulai m…