Langsung ke konten utama

Tips Melancong Murah dan Ramah Lingkungan


Industri wisata masal ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi, ia mendatangkan dampak positif karena mendukung ekonomi rakyat lokal. Disisi lain, ia menyebabkan imbas negatif, antara lain peningkatan emisi karbon, sampah, serta kerusakan situs alam dan arkeologi.

Dikutip dari majalah Candi, ada beberapa tips yang bisa dilakuin untuk mengurangi dampak buruk kegiatan wisata terhadap bumi kita tanpa menghentikan kegiatan melancong. Tips yang murah sekaligus ramah lingkungan

1. Kurangi bawaan

Nah, ini yang perlu diperhatikan kalau anda menumpang pesawat terbang. Makin berat barang bawaan anda, makin banyak bahan bakar diperlukan untuk menerbangkan pesawat. Seperti kita ketahui, pesawat terbang merupakan alat transportasi yang paling tidak bersahabat dengan lingkungan.

Bayangkan, berapa banyak energi yang bisa dihemat kalau semua penumpang membawa barang dengan numlah minimal.

2. Gunakan transportasi umum

Apa jadinya kalau semua wisatawan menggunakan mobil pribadi dan taksi? Macetttt... liat tv kemarin di puncak. Dan tentunya tingkat polusi juga akan meningkat. Supaya tidak lebih banyak lagi karbondioksida yang lepas di atmosfer, sudah saatnya anda lebih menggunakan transportasi umum seperti bus dan metro saat berwisata.

3. Dukung ekonomi lokal

Pastikan keberadaaan anda sebagai wisatawan memberi manfaat bagi masyarakat lokal. Menginaplah di hostel atau wisma yang dikelola masyarakat setempat, bukan hotel berjejaring Internasional yang dimodali orang asing.

Pilih juga rumah makan dan toko cenderamata yang jelas-jelas dimiliki orang lokal supaya bisnis mereka makin maju. Kalau masyarakat lokal lebih sejahtera, ini akan mengurangi aktivitas mereka yang merusak lingkungan, seperti pemburuan hewan-hewan langka untuk dijual kepada wisatawan.

4. Tekan produksi Sampah

Sadarkah anda, kita memproduksi sampah yang sangat banyak saat jalan-jalan. Contoh paling gampang adalah botol minum. Saat bepergian, kita sering meminum air dalam kemasan yang menghasilkan sampah botol plastik yang sangat banyak.

Untuk mengurangi sampah, cobalah membawa botol yang bisa diisi ulang. Coba bayangkan berapa banyak sampah yang bisa dikurangi kalau semua wisatawan melakukan hal ini.

5. Pelihara lingkungan

Anda datang ke suatu lokasi wisata untuk menikmati keindahan, bukan untuk merusak. Sebisa mungkin, jangan tinggalkan bekas apapun setelah mengunjungi objek wisata. Situs alam maupun arkeologi rentan terhadap jamahan tangan manusia.

Jangan menyentuhnya, apalagi mengambilnya hanya untuk dijadikan cenderamata. Pastikan pengunjung berikutnya bisa menikmati keindahan objek wisata tersebut, sama seperti yang anda nikmati

Sumber : Majalah Candi edisi 48/tahun II

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Pameran Komputer Bulan November - Desember 2017 : Tersedia

Buat kamu yang mencari info pameran komputer bulan November sepertinya sekarang sudah ada, lebih tepatnya pameran ketiga tahun 2017 ini dilaksanakan 30 November - 4 Desember di Java Mall.

Sepertinya pameran kali ini akan menjadi pameran terakhir di tahun ini. Rentang waktu dari satu event ke event lainnya menjadi alasan membuat kami mengatakan hal tersebut.

Java Mall masih menjadi daya pikat. Apalagi menjelang akhir tahun ini, mal yang berada di jalan MT. Haryono ini banyak berbenah yang bisa dilihat dari desain depan. Untuk kali ini, pameran komputer membawa nama ''Semarang Computer Fair 2017'.





Pameran Komputer bulan Desember 2017 sudah ada. Selengkapnya di blog @dotsemarang #Semarang #dotsemarang #pamerankomputer #pamerankomputersemarang A post shared by dotsemarang (@livedotsemarang) on Dec 1, 2017 at 3:25am PST
Untuk yang mencari notebook maupun Smartphone, beberapa postingan terkait produk ASUS bisa kamu lihat di blog kami.

Artikel terkait : Ada Apa Saja di Semarang Com…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Desember 2017

Selamat datang di bulan desember. Bulan penghujung akhir tahun ini disambut dengan hujan. Kami percaya bahwa ini merupakan berkah. Semoga agenda bulan  ini bisa menemanimu menikmati kota Semarang.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.Agenda umum (Akan terus ditambahkan [23 Nov - 3 Des] - Pameran Otomotif  'Sauto Expo ' di Mal Ciputra.[28 Nov - 3 Des] - Festival Makanan Pedas di Sri Ratu Semarang. [30 Nov - 4 Des] - Pameran komputer 'Semarang Computer Fair 2017' di Java Mall Semarang. Info klik di sini.[1 - 3 Des] - Jack Cloth 2017 G…

IM3 Ooredoo Luncurkan Paket Internet Yellow, Begini Aktivasinya

[Halaman ini berisi konten press release] Ini tentu kabar gembira bagi pengguna Indosat yang berharap tarif internet semakin murah. Paket Yellow yang dihadirkan, memberikan akses pengguna menikmati 1 GB hanya dengan Rp.1000 per hari. Sudah mencobanya?

Dalam rilis yang kami terima via email, paket Yellow diluncurkan awal Desember 2017. Paket Yellow memberikan 100% kuota utama, 100% tanpa ribet, dan 100% tanpa trik.

Yellow menawarkan paket internet 1GB dimulai dari harga Rp1.000 per hari. Terdapat juga 2 paket 1GB dengan masa aktif 3 hari dan 10 hari, semua dengan harga terjangkau. Kuota internet Yellow berlaku selama 24 jam tanpa batasan, dan dapat digunakan di semua jaringan, baik 2G, 3G, maupun 4G.

Begini aktivasi paket Yellow Indosat

Pengguna hanya perlu menekan *123*111# dan kemudian memilih paket yang ditawarkan. Bagi pelanggan baru yang ingin mendapatkan keuntungan ini dapat memulainya dengan menjadi pelanggan Indosat Ooredoo.

Caranya mudah, pelanggan baru dapat membeli Kartu Per…

Chirpstory, Lebih dari Sekedar Pengumpul Live Tweet

Chirpstory benar-benar mengalihkan aktivitas kami dengan live blogging menggunakan 24liveblog belakangan ini. Selain lebih menyenangkan dan beberapa alasan 24liveblog sering bermasalah saat diakses via mobile, Chirpstory adalah alat terbaik untuk live blogging kami saat ini.
Menurut situs resminya sendiri, chirpstory.com, Chirpstory adalah platform perangkai tweet dan unggahan sosial media. Mereka disusun menjadi satu cerita dalam bentuk kultwit (istilah umum untuk cerita berupa rentetan sejumlah tweet berseri dari satu akun) maupun kurasi (berisi tweet dari banyak akun dan juga konten lain selain tweet).
Tentang Chirpstory sendiri kami menemukan bahwa platform ini dibuat oleh developer Android yang berasal dari Jepang, Togetter Inc. Tokyo. Selain tersedia dalam bentuk aplikasi, Chirpstory bisa digunakan lewat PC/Desktop version, Mobile version.
Bila di Indonesia, platform milik Togetter Inc ini disebut Chirpstory, maka untuk versi Jepangnya si pengembang yang sudah aktif sejak tahun…