Favorit

Agenda Kota Semarang Bulan September 2025

Image
September tiba, dan vibes ceria ala Vina Panduwinata kayaknya pas banget buat nyanyi di hati warga Semarang. Bukan cuma soal lagu, tapi juga tentang suka cita menyambut event tahunan yang selalu bikin Kota Lunpia ini hidup. Penasaran apa aja yang bakal ngeramein September 2025? Yuk, kita intip! Bulan Agustus kemarin, Semarang kebanjiran 40 acara yang bikin kota ini nggak pernah sepi. Nah, September ini nggak kalah seru. Dua event besar udah antre buat ngajak kamu nostalgia, jalan-jalan, sampai nyanyi-nyanyi di tengah gemerlap kota. Apa aja sih? Festival Kota Lama Semarang 2025: Nostalgia di Little Netherlands Tanggal 4-14 September 2025, kawasan Kota Lama bakal disulap jadi panggung budaya super meriah dengan tema Color of Unity. Bayangin, Gedung Blenduk dan Marba yang ikonik itu jadi latar pertunjukan seni, kuliner legendaris, sampai pameran yang bikin kamu serasa jalan-jalan ke masa lalu.  Ada Pasar Sentiling yang siap manjain lidah dengan jajanan tempo dulu, dari lumpia legenda...

Ada Ikon Unik di Yogyakarta International Airport (YIA), Party Wisata?

Akhir bulan Maret kemarin, kami kembali lagi ke bandara Jogja yang berada di Kulon Progo. Tampak ikon baru yang beberapa bulan sebelumnya tak pernah kami lihat. Party Wisata, apakah itu?

Sabtu menjelang sore (30/3), masih seperti sebelum-sebelumnya, yaitu menjemput kerabat. Kami menunggu di gedung kedatangan seperti biasanya.

Dari lantai atas, pandangan kami menemukan ikon baru yang sebelumnya tidak ada di sana (gambar). Desainnya lucu dan menarik, apakah targetnya keluarga dan anak-anak?

Strategi pihak bandara?

Ternyata itu adalah program yang dihadirkan pihak bandara, PT Angkara Pura dengan Infia Corp sejak tanggal 14 Desember hingga Maret 2024. Pantes saja itu masih ada saat kami tiba.

Tujuannya, mengutip website rri.co.id yang dirilis tanggal 15 Desember 2023 adalah bagian strategi untuk meningkatkan trafik kunjungan di bandara.

Strategi ini dilakukan karena jumlah penumpang di YIA hanya berkisar 5-6 juta per-tahunnya. Sedangkan kapasitas di tahap 1, mencapai 14 juta penumpang per-tahun.

Branding wisata

Menarik mengetahui ini yang memilik tujuan menarik kunjungan masyarakat. Kami jadi ingat bandara lama Kota Semarang yang juga memiliki tempat wisata di bandara. 

Langkah pihak bandara patut diapresiasi dan dicontoh tentunya. Ikon Party Wisata yang ditonjolkan dengan karakter ikonik 'Hai Dudu' sebagai instalasai visual adalah caranya.

Jika melihat upaya branding wisata yang dilakukan pihak bandara, kira-kira gimana hasilnya? Entahlah, kami tidak tahu. Kedatangan kami juga hanya pengunjung biasa saat mengetahui ikon tersebut, bukan undangan media seperti biasanya.

Akan diterapkan ke bandara lain di Indonesia

Oh begitu. YIA jadi lokasi pertama penerapan konsep #PartyWisata ini. Itu berarti konsep ini bukan pihak bandara yang membuatnya, melainkan INFIA Corp ( Intellectual Property (IP) di Indonesia).

Yah, mari kita tunggu apakah akan turut hadir juga di bandara Kota Semarang. Semoga saja pihak INFIA melirik kami untuk mengundang. Seperti apa sih infonya secara langsung dan bagaimana cara mereka membangun konsepnya tersebut.

Saat di Jogja, kami hanya melihat sekilas dari gambar yang kami unggah di halaman ini. Selain ikon Party Wisata, beberapa kereta kencana juga terlihat di sana (YIA).

Menarik!

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

Cara Menggunakan Kuota Pelanggan Baru XL yang Tidak Bisa Digunakan?

Agenda Kota Semarang Bulan September 2025

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?

Parkir di The Park Mall Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai