Favorit

Agenda Kota Semarang Bulan September 2025

Image
September tiba, dan vibes ceria ala Vina Panduwinata kayaknya pas banget buat nyanyi di hati warga Semarang. Bukan cuma soal lagu, tapi juga tentang suka cita menyambut event tahunan yang selalu bikin Kota Lunpia ini hidup. Penasaran apa aja yang bakal ngeramein September 2025? Yuk, kita intip! Bulan Agustus kemarin, Semarang kebanjiran 40 acara yang bikin kota ini nggak pernah sepi. Nah, September ini nggak kalah seru. Dua event besar udah antre buat ngajak kamu nostalgia, jalan-jalan, sampai nyanyi-nyanyi di tengah gemerlap kota. Apa aja sih? Festival Kota Lama Semarang 2025: Nostalgia di Little Netherlands Tanggal 4-14 September 2025, kawasan Kota Lama bakal disulap jadi panggung budaya super meriah dengan tema Color of Unity. Bayangin, Gedung Blenduk dan Marba yang ikonik itu jadi latar pertunjukan seni, kuliner legendaris, sampai pameran yang bikin kamu serasa jalan-jalan ke masa lalu.  Ada Pasar Sentiling yang siap manjain lidah dengan jajanan tempo dulu, dari lumpia legenda...

Inilah Trend Marketing Global 2014


Menurut Majalah Marketing edisi Desember 2013, trend marketing global masih berkutat pada pemanfaatan teknologi digital. Dan jika diamati lebih jauh, faktor konten dan media sosial menjadi fokus utama.

Sembrani menikmati kopi Anda dipagi hari mungkin artikel ini dapat memberikan gambaran peluang ditahun 2014. Informasi yang kami dapatkan dari majalah marketing ini memberikan kesimpulan sebagai berikut.

Meski dua kategori yang disebut diatas masih menjadi tren, namun masih belum cukup untuk meng-grab perhatian pelanggan. Disinilah muncul tren untuk menerapkan unsur fun atau game dalam setiap marketing.

Singkatnya media sosial adalah platformnya, konten adalah isi atau value-nya, lalu mekanisme game atau unsur fun adalah distribusinya.

Konten Marketing

Dilihat dari pengaplikasiannya dalam lingkup global, konten marketing adalah suatu teknik untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang relevan dan mempunya value agar menarik, mendapatkan dan melibatkan konsumen.

Semua itu bertujuan menggerakkan konsumen sehingga menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Dalam hal ini, tidak melakukan hard selling tapi memberikan informasi yang bersifat edukasi dan membuat konsumen semakin memahami benefit (manfaat), positioning, dan advantage (keuntungan) yang kita miliki.

Intinya membuat konsumen lebih pintar dan dengan sendirinya konsumen akan menghargai kita dengan order, profit dan loyality.

Mobile & Social

Dalam lingkup global, penetrasi internet sudah sangat tinggi sehingga aktivitas di dalam media sosial pun sangat tinggi. Selain diharuskan menciptakan konten, pemasar juga harus memperluas jaringan dan jangkauan.

Dan media sosial-lah yang dapat menjadi kunci jawabannya ditahun 2014. Media sosial mampu menjadi platform bagi perusahaan-perusahaan untuk menyuguhkan dan membagikan semua konten yang mereka ciptakan.

Jaringan sosial memang berfungsi layaknya channel atau pipa air (jaringan) yang bisa dengan cepat mengalirkan air (konten) ke semua konsumen.

Di era mobile marketing ini turut didukung dengan perkembangan teknologi smartphone dan kelengkapan apps yang menyertai dan inilah yang membuat pekerjaan dapat dilakukan dimana saja (mobile).

Gaming Mechanism

Tidak semua orang bisa disuguhi konten yang sama dengan cara yang sama. Itu jelas. Setiap orang memerlukan media yang cocok dengan kebiasaan mereka dan memerlukan konten yang relevan dengan kebutuhan mereka.

Sulitnya lagi, walau konten dan medianya sudah tepat pun, orang-orang belum tentu tertarik untuk melihat dan mengolah semua informasi yang diberikan perusahaan.

Untuk itulah diterapkan strategi baru. Membuat banyak orang terlibat langsung adalah salah satu caranya. Dengan memberikan games dalam aktivitas markerting.

Tujuan utama penerapan game untuk aktivitas marketing lebih sekedar membangun awareness (kesadaran). Lain dari itu harapannya adalah engagement (keterikatan) dan driving force (penggerak) dan teknik ini mampu melibatkan banyak orang, lalu menggerakkan mereka sesuai tujuan atau maksud perusahaan.

*Diedit kembali 4 Juli 2017

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

AMOLI, Laptop Buatan Mana?

Cara Menggunakan Kuota Pelanggan Baru XL yang Tidak Bisa Digunakan?

Agenda Kota Semarang Bulan September 2025

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?

Parkir di The Park Mall Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai