Agenda Perayaan HUT Kedatangan Laksamana Cheng Ho


Tahun lalu, peringatan kedatangan Laksamana Cheng Ho dikemas selama dua hari dengan acara bertajuk 'arak-arakan Sam Poo' yang dilaksanakan bulan Juli. Kini acara rutin tahunan ini dilaksanakan Agustus, seperti apa tahun ini dikemasnya?

Timeline Twitter mendadak ramai sebelum acara dimulai yang diagendakan tanggal 9-19 Agustus 2018.  Selama 12 hari, acara ini dikemas dengan nuansa festival. 

Semenjak acara budaya Sam Poo Kong ini masuk kalender Nasional, gelaran ini terus diupayakan semenarik mungkin. Maka kami tak begitu kaget saat mendadak kampanye media sosial begitu aktif dari biasanya.

Festival Cheng Ho 2018

Hari minggu (5/8), gelaran ini yang seharusnya menjadi daya pikat agar semakin ramai masyarakat berkunjung, kami tak begitu melihat kampanye offline yang biasanya dipasang di baliho atau spanduk sepanjang jalan tertentu.

Foto tahun 2017

Tiba di kawasan Sam Poo Kong pun kami tak melihat promosi yang gencar, mengingat acara ini sudah masuk kalender kementrian pariwisata.

Saat kami bertanya pada orang yang menjadi juru parkir, biasanya hari ketiga sebelum acara baru ada spanduk. Dan sekalian kami bertanya, acara arak-arakan atau kirab budayanya dilaksanakan kapan. Orang tersebut menjawab hari minggu, itu tanggal 12 Agustus.

Karena dikemas dengan konsep festival, masyarakat bakal disuguhkan berbagai acara dan kegiatan. Seperti ritual sembayang,  Cheng Ho Night Fest dengan berbagai pertunjukkan, Bakti sosial, Napak Tilas Sejarah Cheng Ho dan sebagainya.

Acara yang dinanti, arak-arakan kirab budaya

Foto tahun 2016

Mengutip jateng.tribunnews.com (5/8), acara yang kami nantikan dan banyak masyarakat, yaitu prosesi arak-arakan atau kirab budaya rencananya digelar hari minggu (12/8). Dan biasanya pagi hari sebelum jam 6.

Puncak acara ini biasanya diikuti ribuan orang yang berpartisipasi. Rombongan kirab budaya akan dimulai dari Klenteng Tay Kak Sie (Pecinan Semarang) menuju Klenteng Sam Po Kong (Simongan) dan kembali lagi ke Klenteng Tay Kak Sie.

Rute yang dilewati antara lain Jalan Kranggan, Depok, Pemuda, Sugiopranoto, Jembatan Banjir Kanal, Simongan dan sampai ke Klenteng Sam Po Kong.

Setelah melakukan beberapa ritual setelah tiba, siang harinya arak-arakan kembali ke Klenteng Tay Kak Sie melintasi beberapa Klenteng yang ada di Semarang.

Informasi

Kamu yang masih penasaran dengan acara ini bisa membuka alamat websitenya di sampookong.co.id dan akun Instagram @wisata.sampookong. 

..

Kami sempat memasukkan daftar perayaan HUT Kedatangan Laksamana CHeng Ho ini dibulan Juli, ternyata waktunya berganti. Selengkapnya tentang kalender kota Semarang tahun 2018 bisa dilihat di bawah.

Selamat berakhir pekan di kota Semarang

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?