[Survei] Tentang Instagram TV: Pilih Kuota atau Kualitas Unggahan


Survei ini dibuat dengan stories dari aplikasi Instagram. Hasil yang didapat, mungkin sesuai prediksimu atau juga tidak. Kami hanya melakukannya dalam skala kecil. Kalau tertarik, silahkan dilanjut membacanya.

Instagram TV mencuri perhatian. Maka tak salah kami ikut ambil bagian di sana. Hingga tulisan ini kami buat, sudah ada 4 video yang berhasil nongkrong di IGTV kami. Buka Instagram dotsemarang.

Dengan kehadiran tren baru ini, mau tidak mau cara menonton video pun ikut berubah. Layar 16:9 yang dari dulu sudah disukai, kini diubah menjadi 19:6. Sebaliknya. Dampaknya?

Bukan saja cara menonton, tapi jumlah beban ukuran video yang sangat berdampak pada koneksi internet. Kami melakukan unggahan video berdurasi 1 menit dengan kualitas HD. Hasilnya? Kapasitas video yang dihasilkan sekitar 100MB.

Bila dipikir lagi, ini menjadi pemborosan kuota yang dimiliki pengguna yang hanya mengandalkan kuota internet dari provider. Kalau kuotanya banyak sih, tidak masalah. Kalau pas-pasan, jangankan mikir sebulan. Seminggu bisa selesai.

Survei yang kami lakukan

Pertanyaan sederhana kami berikan kepada pengguna yang melihat instagram stories dotsemarang. Pilih hemat Kuota atau kualitas?

Hasil dari survei yang melibatkan sekitar 200 pemilih ini adalah 115 pemilih memilih kuota ketimbang memilih kualitas yang dipilih 98 pengguna di sana. (lihat dibawah).

Ya, 54% hasil yang didapat memang mewakili kemenangan pengguna yang merasakan bahwa kuota lebih penting ketimbang harus mengupload video dengan ukuran besar yang mementingkan kualitas.

Kami sadari ini bisa jadi bahan menarik untuk para provider dalam membuat kampanye berikutnya dalam hal promosi. Masyarakat kita masih berpikir dua kali untuk itu.


Padahal jika dipikir lagi dengan pengembangan Smart City Semarang yang telah menyediakan fasilitas Wifi gratis, mengupload video dengan ukuran besar tidak masalah. Mungkin tidak ingin ribet sepertinya.

Bagaimana pendapatmu?
*Survei stories ini dilakukan bulan Juni 2018

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?