Langsung ke konten utama

Melihat Jurusan Pemasaran SMK di Acara Gebyar SMK 2018


Dunia pendidikan rupanya ikut juga dalam perkembangan di era sekarang. Wajar bagi kami yang masih awam, sangat kaget dengan pelajaran yang didapat pelajar SMK yang mendapatkan pelajaran tentang pemasaran.

Bulan Mei tanggal 13, hari minggu pagi, Semarang seperti biasa sedang menggelar Car Free Day. Kebenaran ada acara bertajuk Gebyar SMK 2018 yang digelar di halaman Gedung DPRD Jateng mulai hari Sabtu (12/5).

Kami pikir, di sana akan menemukan berbagai hasil karya pelajar SMK dan daftar Sekolah dari seluruh kota Semarang yang dapat dijadikan informasi menarik buat blog kami. Ternyata, kami malah kepincut dengan jurusan SMK, yaitu Pemasaran. Atau bahasa kerennya marketing.

Tentu tahun 2018 bicara tentang jurusan ini yang baru kami tahu, kami pasrah dibilang jadoel. Tapi benaran kami tidak tahu bahwa jurusan ini masuk dalam kurikulum SMK sekarang.

Berarti acara Gebyar SMK yang digelar oleh paguyuban Kepala Sekolah Swasta (PKKS) Semarang sukses menarik perhatian kami yang saat itu sempat berkeliling melihat acara yang tengah berlangsung.

Dunia pemasaran yang semakin akrab


Bagi kami, dunia pemasaran sendiri sangat akrab. Apalagi di era informasi sekarang yang sangat mudah menemukan berbagai konten yang berhubungan dengan hal tersebut.

Beberapa acara, bertemu dengan pakarnya langsung dan melakukan aktivitas pemasaran (meski dalam lingkungan pemasaran internet), kami sudah melakukannya. Bahkan, konsen pemasaran semakin luas dalam dunia kerja, seperti pemerintahan hingga perusahaan.

Meski kami akrab dengan dunia pemasaran, kami tetap saja tak berada seperti para pelajar yang banyak mendapatkan pelajaran pemasaran yang kami pikir, itu hanya ada di perguruan tinggi. Mengingat pelajar SMA, rasanya di era kami tidak ada pelajaran itu.

Jurusan pemasaran SMK, kami pikir itu sangat bagus


Kami sempat mengobrol dengan beberapa teman pelajar tentang apa yang sudah mereka dapatkan. Jujur, pemahaman pemasaran yang mereka dapatkan ternyata berbeda dengan apa yang kami kerjakan. Kami benar-benar harus mencoba melihat mata pelajarannya sepertinya.

Salah satu stan yang kami lihat, SMK Antonius Semarang, di sana jurusan pemasaran sudah ada. Saat kami mendapatkan, semacam buklet, untuk jurusan pemasaran dalam dunia kerja setelah mereka lulus, bisa mencoba di bagian Social Media Marketing salah satunya.

Wah, keren sekali semisal para pelajar yang lulus ahli dibidang tersebut. Ini mengingat, era media sosial dan apa yang kami geluti, Pemasaran di bidang media sosial sangat dibutuhkan. Bila bicara pekerjaan dan gajinya, ini bisa dibilang menggiurkan. *Kembali lagi pada kompetisi yang diperoleh.

Berikut beberapa foto suasana saat acara kemarin yang kami kunjungi saat CFD.


 Media sosial benar-benar tidak bisa diabaikan sekarang

Bukan hanya perusahaan atau pemerintah yang memiliki aplikasi, SMK juga.

Kira-kira, jurusan pemasaran di SMK itu apa saja pelajarannya?

Karena rasa penasaran, kami coba mencari di mesin pencari Google tentang pelajaran SMK jurusan pemasaran. Kami yang awam, tentu melihat informasi ini sangat menarik.

Pencarian kami terhenti pada sebuah blog yang beralamat vanillachocho.blogspot.com. Dengan judulnya Apasih jurusan PEMASARAN di SMK itu?, dipublish pada Maret 2016, kami menemukan 18 pelajaran di sana.

Ada Komunikasi bisnis,  melakukan pemasaran barang dan jasa, negosiasi dan masih banyak lagi. Silahkan lihat di sini bila penasaran. Semua pelajaran itu bagi kami, benar-benar di luar apa yang kami kerjakan. Ternyata begitu. Andai kami pelajar SMK dengan jurusan tersebut, kami pasti sangat tertarik.

...

Era sekarang, pengetahuan dalam bidang pemasaran sangatlah penting. Bahkan seluruh aspek. Jangan berpikir bahwa pemasaran itu condong menjadi sales atau penjual. Pemasar buat kami bagaimana lebih melihat sesuatu yang biasa dapat diubah menjadi luar biasa, semacam membuat kemasan, mengatur strategi, melihat peluang dan sebagainya.

Meski begitu, keahlian yang memang di era sekarang paling diperlukan, kadang berbenturan dengan tingkat pendidikan berikutnya. Itu bila ingin merambah dunia kerja yang lebih tinggi. Karena beberapa perusahaan besar, kadang juga meminimalkan syarat pekerjanya memiliki ijasah S1.

Beruntung rasanya kami tidak ketinggalan informasi meski sangat terlambat mengetahui jurusan pemasaran sudah ada di SMK-SMK. Tak harus bekerja di sebuah perusahaan besar, UMKM dan Startup bisa dijadikan pijakan untuk menerapkan pengetahuan bidang pemasaran. Karena semua berawal dari yang kecil, kemudian menjadi besar.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Juli 2018

Selamat datang bulan Juli di kota Semarang. Ada rencana apa saja selama di kota kami. Bila belum, halaman ini akan sedikit membantu tentang apa saja yang ramai di sini. Informasi akan terus kami perbarui.

Setelah libur lebaran, kita semua kembali ke rutinitas seperti biasanya. Sibuk dan sibuk. Bila sedang mengadakan perjalanan ke Semarang, tak salah melihat tempat-tempat menarik, berburu kuliner atau swafoto.

Berikut daftar agenda yang ada di Semarang, yang kami bagi dua:

Agenda rutin :
[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam)[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda lain
[2 Juli] - Jazz Reguler by Komunitas Jazz Ngisoringin di gedung event media creative space, jalan Ki Mangunsarkoro no. 18. Mulai jam 7 malam. Info Twitter @JAZZNGiSORiNGiN.[6-11 Juli] - Pameran komputer di Java Mall. Info klik di sini.[6-8 Juli] - Kejuaraan Motorcross Internasional MXGP 2018 di sirku…

[Review] #BuatNyataTujuanmu Roadshow Semarang

Bertajuk networking day, kami hadir di Impala Space Kamis malam (12/7) yang menjadi tempat berlangsungnya acara dari program yang digelar oleh Kapal Api dengan segmen kalangan muda yang ingin berminat menjadi pegiat sociopreneur.

Kota tercinta kami turut dimasukkan dalam program roadshow beberapa kota dari “Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu”. Selain Semarang, kota lainnya seperti Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta juga sudah dilaksanakan. Tinggal Surabaya dan Malang berikutnya.

Ini bukan pesta anak muda

Tidak banyak di Semarang, tempat yang menyediakan view sebuah acara dengan konsep anak muda banget. Impala Space yang bangunannya berada di lantai 2 gedung Spigel ini,  Kota Lama, memang memberikan tawaran menarik untuk view.


Saat kami tiba, banyak anak muda yang sudah hadir. Ruangan terasa sesak dengan mereka yang ingin mengikuti acara. Brand kopi sebagai penggagas acara tak mau ketinggalan dengan turut menyemarakkan lokasi yang membagi-bagikan kopi kepada peserta.

Ya, ini bukan sem…

Sukses MXGP di Semarang, Seperti Apa Statistiknya di Media Sosial?

Gelaran MXGP di kota Semarang sukses digelar. Harapan mas Hendi (Wali Kota Semarang) berikutnya yang ingin menjadikan kota Semarang sebagai tuan rumah MotoGP patut kami dukung, mengingat nilai potensi yang bisa didapat bila itu benar-benar terealisasi. Lalu, seperti apa statistik di media sosial tentang acara Internasional MX GP ini?

Kami telah membuat statistik Twitter dengan tagar #MXGPSemarang yang menggunakan alat pengukur media sosial yang biasa kami gunakan, yaitu tweetbinder.com. Data ini kami buat pada tanggal 9 Juli, setelah acara berlangsung.
Statistik via Slideshare
Data ini kami taruh di situs Slideshare, dan ditaruh secara umum. Kamu dapat mengambilnya, bila ingin. Meski kami beri cuma-cuma, kami harap bisa dinotifikasi atau bilang ke kami bahwa kamu menggunakan data tersebut.

Statistik MXGP Semarang from Dot Semarang
Tentang statistik
Saat postingan ini kami buat, pengaruh tagar #MXGPSemarang di Instagram mendapatkan 2.282 posting yang dibagikan di sana. Tentu data ini aka…