Langsung ke konten utama

Storify, Layanan Berbasis Web Pengumpul Konten Media Sosial


Sebagai bloger, menghasilkan konten orisinil merupakan kewajiban. Namun seiring waktu, tuntutan membuat konten tidak lagi harus datang dari si bloger. Tapi lebih bagaimana cara mengelola konten yang tersebar lalu merajutnya menjadi informasi yang lebih segar, lengkap dan lebih menarik. Kami punya jawaban atas berikut ini.

Yang sudah mengenal Storify mungkin sudah tak asing dengan layanan berbasis website ini. Kami sendiri pun sudah lama menggunakannya, hanya saja baru sempat sekarang menuliskannya. Kami sadar sekarang ini orang-orang yang hidup di era media sosial adalah orang-orang yang aktif berbagi konten. 

Entah apakah mereka menyadari atau tidak, informasi yang mereka bagi benar-benar menarik perhatian seperti kami. Tentu dengan filter atau batasan tertentu, yang juga menyesuaikan dengan media kami, dotsemarang.

Storify hadir untuk merajut informasi yang berharga tersebut yang tersebar dimana-mana, baik lewat Facebook, Twitter, Instagram maupun lainnya. Semua media sosial yang ada sekarang sudah menjadi alat yang siap pakai yang disediakan oleh Storify. Kita hanya disuruh memanfaatkannya saja.

Mengenal Storify 

Buat yang baru tahu, selamat kamu mengenalnya sekarang lewat tulisan kami di sini. Seperti kami ceritakan diawal, Storify merupakan layanan berbasis web yang digunakan untuk mengumpulkan konten yang tersebar di media sosial. Tidak hanya media sosial, beberapa layanan seperti gif, flickr, getty images, google, soundcloud, Tumblr, RSS, Google+, Disqus, dan Stocktwits juga tersedia di sana.

Hingga saat ini kami menggunakan layanan mereka, kami memanfaatkan versi gratisnya. Ya, Storify gratis. Bila ingin profesional, layanan versi berbayarnya juga ada. Terserah mau pilih yang mana.

Cara menggunakan Storify 

Kamu hanya perlu mengunjungi layanan ini di alamat.. Karena kamu masih baru, silahkan buat akun dulu. Tidak sulit, kamu hanya perlu mengikuti instruksinya saja. Namun bila belum berminat, berikut kami jelaskan via gambar bagaimana cara kerja Storify 


Setelah mendaftar, kamu akan diberikan tampilan layaknya halaman media sosial yang kamu gunakan, Twitter. Halaman di atas adalah contoh dari halaman dotsemarang.
Karna baru, tentu punya kamu masih kosong. Tapi kalau sudah ada, maka tampilannya seperti halaman kami di atas. Setelah itu, mari kita klik NEW STORY untuk memulainya.
Setelah klik, maka tampilannya seperti di atas. Kamu bisa menggunakan berbagai layanan media sosial yang tersedia. Semisal Twitter, kamu bisa masukkan nama pengguna atau hashtag. Lalu drag atau tarik ke halaman sebelah kiri. Jangan lupa beri judul, setelah dirasa cukup, klik publish.
Ini adalah contoh hasil dari publish yang kami buat. Menariknya dari aplikasi ini adalah kamu bisa melihatnya di bawah ini.
Pilih dulu template yang kamu akan gunakan. Ini nantinya bisa kamu embed untuk ditaruh di blog atau website yang kamu punyai.
Ada dua pilihan embed di atas. Kalau kamu pilih mini, maka hasilnya akan dibagi-bagi semisal konten yang kamu buat sangat panjang. Dan sebaliknya, kalau ngambil yang full, maka hasilnya juga panjang yang ada di blog.
Selesai kamu embed dan taruh di blog, silahkan kembali ke halaman profil. Dari kotak merah yang kami buat, kamu bisa melihat jumlah orang yang melihat.

Kelebihan Storify 

Untuk bloger, ini sangat bagus terutama saat live event atau live tweet. Kadang rasa malas datang tak terduga yang membuat niat awalnya ingin menulis buyar seketika. Dengan aplikasi ini, kamu yang malas tinggal mengumpulkan kicauan yang kamu tweet sebelumnya datang ke sebuah acara. 

Dibanding membuat twitter Momen, Storify juga lebih baik semisal untuk tweet panjang. Ini karna Moment saat diembed kadang menampilkan semacam galeri yang tidak berurutan. Di Storify bisa, dan bahkan bisa dibuat slideshow.

Untuk melengkapi tulisan, aplikasi web ini juga sangat berguna. Semisal kamu ingin mencari konten yang sama saat datang ke acara, kamu bisa menambahkan konten dari pengguna lain. Kelebihan Storify masih banyak tentunya.

...

Selain berguna buat bloger atau pembuat konten, bagi pekerja dibidang media sosial semacam admin, ini juga bermanfaat. Kami melihat banyak akun pemerintah sudah menggunakan media sosial, dan ini bisa dimanfaatkan.

Tertarik, langsung kunjungi halamannya saja di storify.com atau lihat punya dotsemarang di sini.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Jateng Fair 2017

Tahun ini, Jateng Fair 2017 akan digelar mulai tanggal 11 Agustus - 10 September dengan mengusung tema Paradise of Karimunjawa. Gelaran tahunan ini seperti biasa dilaksanakan di kawasan PRPP.

Kepastian tanggal ini sudah dicantumkan dalam spanduk-spanduk yang tersebar di jalan-jalan kota Semarang. Yang menarik dari Jateng Fair 2017 adalah tema yang diusung. Ini artinya pengunjung nanti akan disuguhi nuansa Karimun Jawa.

Bila yang terbiasa datang mengunjungi Jateng Fair, maka konsep acara juga tak beda-beda amat. Seperti panggung hiburan yang bakal dimeriahkan artis-artis. Untuk band yang tampil, kami harap bisa cepat mendapatkan kabar informasi secepatnya.

Lalu, stan-stan yang akan menghiasai. Baik indoor maupun outdoor. Dan tak kalah menarik bagi generasi milenial nanti adalah taman lampion dan wahana permainan. Buat keluarga, destinasi kuliner tentu tak akan terlewatkan.

Mari kita tunggu, seperti apa nuansa dan suasana yang disuguhkan kepada pengunjung besok, saat acara dimulai.

[Upd…

Agenda Semarang Agustus 2017

Selamat datang bulan Agustus. Bulan ini, kita bersiap menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang berusia 72 tahun. Buat kamu yang berkunjung ke Semarang, berikut agenda yang ada di kota kami. 
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [2 - 6 Agustus] - Batik Kraft Vaganza 2017 di Paragon Mall Semarang.[3 - 7 Agustus] - Pameran Komputer di Java Mall. Info klik di sini.[4 - 6 Agustus] - Pameran Pernikahan Tradisional di Gedung UTC.[4 - 6 Agustus] -  BCA Silkair Travel Fair 2017 di DP Mall[5 - 6 Agustus] - Javape …

Jadwal Pameran Komputer Bulan Agustus 2017 : Sudah Ada

Pameran komputer di Semarang untuk bulan Agustus sudah ada ada infonya berikut ini. Menurut dotsemarang, pameran komputer ini merupakan pameran yang kedua sepanjang tahun 2017. Berikut detail jadwal dan lokasi tempatnya.
Info jadwal pameran yang dotsemarang posting rata-rata didapat dari baliho yang ada di jalan. Jadi untuk pertanyaan detail acara, kami tak bisa memberitahu karna kami bukan panitia atau EO pelaksana acara. dotsemarang hanya berbagi info saja.

Bertajuk Semarang Computer Expo 2017, pameran komputer ini berlangsung bulan Agustus, atau tepatnya tanggal 3-7 Agustus, hanya 5 hari dan dimulai hari Kamis. Lokasinya seperti biasa, Java Super Mall Semarang.
Terkahir kami mencatat tentang jadwal pameran handphone adalah bulan Maret 2017, review singkat pameran yang juga dilaksanakan di Java Mall bisa kamu lihat di sini
Sekali lagi, untuk detail info event kami tidak bisa memberitau lebih lengkap. Kami tidak bekerjasama dengan pihak acara.

Update :Ada Apa Saja di Semarang Compu…

Semarang Thal Cake Gelar Pre-Launching, Ngundang Bloger Hingga Komunitas Semarang

Semarang Thal Cake yang beralamat di jalan Sriwijaya No.4 ini menambah daftar tren oleh-oleh kekinian yang sedang menarik dilakukan para artis saat ini. Menarik kiat strategi yang dilakukan Ruben Onsu sebagai owner untuk memperkenalkan bisnisnya ini di Semarang. Penasaran?
Bertempat di lokasi Semarang Thal Cake, Sabtu pagi (15/7), kami turut hadir di acara Pre-Launching yang turut dihadiri pemiliknya, Ruben Onsu. Selain kami, ada beberapa bloger dan komunitas Semarang juga yang diundang untuk hadir, seperti Gandjel Rel, Kompakers, Hijabers, dan Foodgram. 

Alasan Ruben memilih Semarang sebagai kota pertama
Kami masih ingat pada November 2015, Semarang ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan wisata kuliner unggulan di Indonesia oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam acara  Dialog Gastronomi Nasional dan Peluncuran Destinasi Wisata Kuliner - Indonesia Spice Up The World. Ulasannya bisa kamu lihat di sini.
Semarang dianggap sudah memiliki standar kelayakan: produk dan daya t…

[Moment] Event Asus The Edge of Beyond di Jakarta

Asus menggelar acara bertajuk The Edge of Beyond yang mengusung tema Tema Less is the New Luxury. Halaman ini, berisikan gambar-gambar yang kami abadikan selama acara dari hotel Pullman, Jakarta. Berikut keseruannya.

Ini adalah halaman dengan format Twitter Moment yang kami buat. Tentang penjelasan moment sendiri, bisa kamu lihat di sini. Saat ini, postingan masih terus diperbarui.

Artikel terkait : [Live Blog] The Edge of Beyond, Lihat Lebih Dekat Acara Asus Ini Di siniMenanti Kejutan Gelaran Asus Bertajuk The Edge of Beyond[Moment] Suasana Launching Acara Zenfinity 2017Foto : Pameran Handphone di Java Mall Bulan April 2017Lainnya dari momentInformasi Kerjasama Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap