Langsung ke konten utama

Fashion Blogger dan Influencer, Apa Bedanya?


Tahun ini, kami sangat senang dengan perkembangan konten yang ada di Semarang terkait Wisata. Banyak bloger sedang rajin menulis tempat-tempat wisata Semarang meski kami tahu, mereka sudah sering berkunjung. Bicara bloger, hari Senin ini kami ingin mengangkat artikel yang sedikit menambah wawasan. Tertarik?

Selamat beraktivitas kembali hari ini buat kamu yang bekerja, Sekolah, Kuliah maupun aktivitas lainnya. Kami sarankan untuk memulainya dengan sarapan, agar konsentrasimu tidak menganggu aktivtas hari ini.

Apa Perbedaan Antara Fashion Blogger dan Influencer?

Terakhir kami mengupdate konten bloger di blog dotsemarang pada bulan April 2017. Masih lumayan, cuma 3 bulan kami absen. Konten waktu itu tentang tren bloger tahun ini. Kalau kamu penasaran, kami sudah siapkan linknya dibagian akhir tulisan ini.

Istilah fashion blogger saat ini memang sangat familiar. Di Semarang, beberapa tahun lalu kami mengenal beberapa bloger yang benar-benar menunjukkan minat terhadap perkembangan fashion. Bukan hanya perempuan, tapi pria juga. Namun sekarang kami tak mendengarnya, mungkin mereka eksis di kota lain. 

Situs harpersbazaar.co.id pada bulan Juni 2017, membuat konten yang menarik tentang perbedaan fashion bloger dan influencer. Sebutan keduanya, bloger dan influencer, saat ini sudah sangat akrab ditelinga kami. Semoga kamu juga.

Di dunia maya yang memiliki informasi tak terbatas, tidak banyak yang menguraikan perbedaan antara masing-masing peran dan siapa yang mendefinisikan mode. Seperti yang mungkin telah kamu baca, kedatangan pemain baru seperti blogger dan influencer di lapangan fashion telah melahirkan rasa ketegangan di industri tersebut.

Situs yang berisi konten-konten kecantikan dan fashion ini menjelaskan sedikit tentang perbedaan blogger dan inluencer sebagai berikut :

Blogger

Cara mudah menggambarkan seorang bloger adalah melewati situs web mereka. Konten yang dipublish ada yang bebasis foto maupun tulisan. Bila foto, kita dapat melihat milik Tommy Ton atau The Sartorialist. Jujur, sebagai bloger kami benar-benar sangat asing dengan nama ini. Meski ia begitu terkenal dalam tren fashion bloger.

Saat mengunjungi situs yang beralamat tommyton.com, kami melihat banyak gallery foto yang memang berhubungan dengan fashion. Hampir 98% postingannya adalah foto.

Berpindah ke Susannah Lau dari Style Bubble, bloger yang kontennya lebih banyak tulisan, situs blognya tetap menghadirkan gambar-gambar yang sangat menarik di dunia fashion. Bisa dibilang perbandingan tulisan dan foto sekitar 40:60%.

Kehadiran bloger dalam industri fashion sama seperti bloger pada umumnya. Mereka dicari dan disukai karna sudut pandangnya yang berbeda. Ya, kekuatan utama bloger memang terletak pada sudut pandang mereka saat berbicara, baik lewat foto maupun tulisan.

Bloger yang sukses di dunia fashion, mereka tahu bagaimana menghasilkan uang dari situs mereka. Caranya adalah dengan iklan, kampanye maupun proyek kerjasama dengan sebuah brand.

Beberapa bloger juga dikenal sebagai influencer karna keberhasilan blog mereka. Contohnya dalam industri ini adalah Ferragni, yang namanya telah menjadi merek milik sendiri.

Ada sisi yang kurang menyenangkan untuk kamu ketahui bahwa masa depan ngeblog/blogging masih tidak pasti. Beberapa bloger seperti Pernille Teisbaek menutup situsnya karna pengunjung yang menurun dari tahun ke tahun. Ini diduga akibat naiknya pamor Instagram.

Influencer

Dikatakan bahwa influencer tidak memiliki blog atau platform di luar media sosial. Dulu mereka pastinya disebut sebagai 'It girls' – mereka dibayar untuk menghadiri peragaan busana, pesta makan malam desainer dan after-party.

Tapi sekarang, nilai seorang influencer dilihat dari berapa jumlah pengikut/followers yang mereka miliki dan seberapa penting followers mereka. Jika insight Instagram menunjukkan bahwa pengikut mereka setia, berharta banyak, dan berusia antara 25 dan 35 tahun, akan lebih mudah bagi influencer untuk menghasilkan uang.

Sebuah merek membayar para influencer untuk mengiklankan busana mereka dengan cara meng-upload di sosial media – biasanya merek tersebut berani membayar antara $2500 sampai $5500 per post, namun influencer yang memiliki jutaan followers bisa mengenakan biaya lebih dari $30,000.

Post yang disponsor harus secara legal ditandai di caption (biasanya mereka menggunakan #ad, #promo atau #spon).

Influencer yang dinilai sukses saat ini termasuk Camille Charriere, Caroline Vreeland, Olivia Palermo, dan Harley Viera Newton. Baik blogger maupun influencer – jika mereka sangat tenar – akan menjadi sebuah merek, dan dapat meluncurkan koleksi fashion dan aksesori dengan nama mereka sendiri (Palermo, Ferragni, dan Viera Newton sebagai contohnya).

Di Indonesia tentu sangat banyak seseorang yang disebut influencer, tapi karna keterbatasan informasi yang kami dapatkan, nama-nama tersebut tidak bisa kami kaitkan di sini.

...

Kabar terbaru tentang Influencer adalah nama C.Ronaldo yang berada 3 besar diantara selebriti yang dibayar miliaran sekali upload di Instagram. Ketika bicara selebriti, tentu nama mereka sangat menjual. Terlebih lagi pengikut mereka.

Kami harap artikel penambah wawasan ini bisa menyemangati aktivitasmu hari ini. Jangan lupa beri tanda centang di kotak reaksi di bawah ini.  Tapi kalau mau berkomentar, kami persilahkan.

Original konten klik di sini.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Juli 2018

Selamat datang bulan Juli di kota Semarang. Ada rencana apa saja selama di kota kami. Bila belum, halaman ini akan sedikit membantu tentang apa saja yang ramai di sini. Informasi akan terus kami perbarui.

Setelah libur lebaran, kita semua kembali ke rutinitas seperti biasanya. Sibuk dan sibuk. Bila sedang mengadakan perjalanan ke Semarang, tak salah melihat tempat-tempat menarik, berburu kuliner atau swafoto.

Berikut daftar agenda yang ada di Semarang, yang kami bagi dua:

Agenda rutin :
[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam)[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda lain
[2 Juli] - Jazz Reguler by Komunitas Jazz Ngisoringin di gedung event media creative space, jalan Ki Mangunsarkoro no. 18. Mulai jam 7 malam. Info Twitter @JAZZNGiSORiNGiN.[6-11 Juli] - Pameran komputer di Java Mall. Info klik di sini.[6-8 Juli] - Kejuaraan Motorcross Internasional MXGP 2018 di sirku…

Sukses MXGP di Semarang, Seperti Apa Statistiknya di Media Sosial?

Gelaran MXGP di kota Semarang sukses digelar. Harapan mas Hendi (Wali Kota Semarang) berikutnya yang ingin menjadikan kota Semarang sebagai tuan rumah MotoGP patut kami dukung, mengingat nilai potensi yang bisa didapat bila itu benar-benar terealisasi. Lalu, seperti apa statistik di media sosial tentang acara Internasional MX GP ini?

Kami telah membuat statistik Twitter dengan tagar #MXGPSemarang yang menggunakan alat pengukur media sosial yang biasa kami gunakan, yaitu tweetbinder.com. Data ini kami buat pada tanggal 9 Juli, setelah acara berlangsung.
Statistik via Slideshare
Data ini kami taruh di situs Slideshare, dan ditaruh secara umum. Kamu dapat mengambilnya, bila ingin. Meski kami beri cuma-cuma, kami harap bisa dinotifikasi atau bilang ke kami bahwa kamu menggunakan data tersebut.

Statistik MXGP Semarang from Dot Semarang
Tentang statistik
Saat postingan ini kami buat, pengaruh tagar #MXGPSemarang di Instagram mendapatkan 2.282 posting yang dibagikan di sana. Tentu data ini aka…

[Review] Semarang Computer Expo 2018 : Perang Komputer Gaming

Pameran komputer Semarang ini diadakan di Java Mall, dari tanggal 6-11 Juli 2018. Yang menarik dari sini adalah kampanye promosi perang perangkat jinjing yang ditujukan kepada segmen pengguna yang menyukai game.

Bagaimana kabar kamu yang selalu bertanya pada kami tentang pameran komputer? Kami harap, kamu senang dan sudah membeli perangkat yang dicari.

Karena pameran komputer di Semarang hanya terlihat seperti yang sudah-sudah, postingan kami untuk ulasan event ini adalah melihat promosi yang ada di stan peserta. Apalagi stan yang berada di tengah-tengah adalah stan besar dengan promo yang tentu harus keren.

Komputer gaming yang mencuri perhatian

Ada pemandangan berbeda kali ini setelah sekian lama vakum pameran komputer yang sudah kami tunggu. Pameran komputer Juli ini didominasi perangkat yang memanjakan para gamers.


Acer hadir dengan brand Predatornya. Harga yang dibanderol untuk produk mereka mulai dari 11 jutaan. Selain melakukan promosi secara offline dengan menjadi salah satu p…