Langsung ke konten utama

Dilema Strategi City Branding


Istilah City Branding tidak asing ditelinga kami, hanya saja kami tidak sadar bahwa kami kehilangan konten tentang City Branding atau Citra kota ini di blog dotsemarang. Yang jelas, kami bukan pakar untuk menjelaskan secara terperinci soal membangun kota. Ini murni artikel yang sangat menarik dan sayang dilewatin begitu saja.

Buat yang ingin mencari tahu tentang pengertian City Branding, kami kasih sedikit pengertian yang dikutip dari situs kanal.web.id (30/8/2015). City branding adalah upaya strategi dari suatu kota untuk membuat positioning yang kuat di regional maupun global. 

Dengan adanya city branding dapat membentuk identitas kota yang berguna untuk memasarkan segala aktivitas kegiatan, saran serta budaya yang ada di kota tersebut.

Dilema City Branding Strategy

Kalimat di atas ini merupakan judul yang diangkat di majalah Mix edisi 04/XIV. Halaman yang ditulis Aruman ini sangat menarik untuk menambah konten kami yang mulai dari sini, kami akan mengulas City Branding.

Tulisan di halaman 28 tersebut dimulai dengan sebuah negara bagian Amerika Serikat Tengah yang bernama Michigan. Tahun 2008, kota ini meluncurkan kampanye merek mereka dengan sebutan Pure Michigan.  

Tulisan berikutnya mengenai Globalisasi dan tempat-tempat lokal. Ya, globalisasi menyiratkan sebuah perkembangan menuju interdependensi (hubungan saling ketergantungan) sistematik berskala dunia. 

Dalam proses itu, batas antara pertukaran dan hubungan interaktif menjadi kabur. Pada gilirannya, globalisasi mengubah secara dramatis konteks masyarakat lokal. Namun, tempat-tempat lokal tetap penting bahkan di dunia global. Ini karena pergerakan orang, modal, ekonomi dan sosial tetap berlabuh di tempat-tempat tertentu. 

Karena aliran sumber yang melintas batas wilayah makin meningkat. Beberapa pemerintah kota semkain khawatir dengan peran mereka dalam ekonomi global sehingga meningkatkan minat mereka terhadap pemasaran kota yang berorientasi Internasional. 

5 Hal yang kami petik dari tulisan dilema city branding tersebut

Hampir semua kota kini melakukan kampanye promosi bisnis kota untuk menarik investasi asing langsung. Mulai dari menyediakan tempat untuk lembaga Internasional, menyelenggarakan acara internasional besar atau mempromosikan pariwisata.

Dari tulisan yang dimuat di halaman 29 ini, kami mendapatkan kesimpulan sebagai berikut tentang dilemanya strategi city branding :

1. Strategi promosi yang berorientasi menarik investasi, memang sangat mahal dan sangat beresiko. Apalagi bila tidak didasarkan pada kekuatan lokal yang nyata, manfaat mungkin tidak bisa bertahan lama karena akan ada kota lain yang menawarkan proporsi serupa, malah lebih baik.

2. Tidak cocok buat kota dengan peringkat menengah dan bawah yang memiliki sedikit keunggulan khusus dalam kompetisi antar kota global. Untuk mengatasi ini, harus melakukan pendekatan lain yang lebih banyak mendukung menghidupkan ekonomi yang ada dan menarik sumber daya baru dari arus nilai global.

3. Tidak memiliki budaya yang kuat dalam penerapan city / place branding dalam konteks ekonomi global. Mengingat budaya dapat menyatukan produk dan memberikan nilai yang lebih besar bagi sebuah kota. 

Biar tidak ada kemiripan dengan kota lain, maka kota harus menampilkan sesuatu yang berbeda dalam budaya tersebut.

4. Tagline yang kuat. Meskipun tidak penting, tagline dapat membantu dalam menyampaikan makna kognitif (berhubungan dengan atau melibatkan kognisi) suatu simbol visual. Hal ini dapat menjadi sarana utama untuk menyampaikan pesan, yang memungkinkan seseorang membangun interpretasi lebih simbolis untuk sebuah visual. Slogan yang terbaik lebih baik kurang dari tiga kata yang menyiratkan arti.

5. Tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang.  Ada segmen tertentu yang memiliki kebutuhan tertentu. Karena itu, sebuah kota dianjurkan fokus pada keunggulan tertentu seperti alam, sungai, menara jam, tempat untuk sekolah, bisnis, pertemuan, warisan budaya dan sebagainya.

Setiap yang ditampilkan harus memberi ruang bagi pesan tunggal dengan dampak terbesar pada audience terbesar, baik penduduk dan pengunjung. 

...

Beberapa artikel kami tentang city branding sebenarnya ada, tapi telah terhapus saat kami berpindah paltform dari dotcom ke blogspot. Kami lupa untuk memback up konten tersebut.

Halaman ini merupakan perdana artikel tentang City Branding dan akan diupdate seterusnya. Kamu bisa mencari tulisan ini nantinya lewat searching di blog kami atau lewat label/kategori yang kami buat dengan nama city branding.

Sekali lagi, kami menempatkan diri sebagai penyedia dan pembuat konten, bukan seorang pakar atau ahli yang bicara soal city branding. 

Majalah Mix edisi bulan April - Mei 2017 ini sangat menarik. Selain konten ini, ada konten lain yang juga kami masukkan dalam blog dotsemarang.

Kamu yang tertarik dengan City Branding, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang November 2017

Selamat datang di bulan November. Bulan Oktober kami mencatat banyak event yang berlangsung masih didominasi properti, khususnya di mal. Apakah kira-kira bulan November akan kembali dengan tren properti? Atau sedang menunggu pameran komputer? Kami harap bisa segera memberi informasi tersebut di halaman agenda bulan November di sini.

Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [1 - 5 Nov] - Central Java Expo di Paragon Mall. Lihat fotonya di Facebook atau di sini.[1-5 Nov] - Semarang Tourism Craft and Investment expo 201…

Ini 5 Foto Like Terbanyak Instagram dotsemarang

Kami sangat menyukai Instagram, begitu pun kamu juga sepertinya. Apabila kamu salah satu pengikut kami, maka ada alasan untuk melihat statistik posting foto kami berikut ini yang kami buat dengan daftar teratas untuk foto yang paling banyak disukai.
Instagram tak sekedar media sosial atau pun alat yang menarik untuk para penggunanya dalam bisnis. Instagram mengajari kita bagaimana cara berinovasi dan mencoba berbagai hal-hal untuk berkembang.
Sebagai pengguna, kami melihat hal tersebut. Dan lewat halaman ini, kami menggunakannya untuk berbagi foto-foto kami yang telah diunggah dengan level tertinggi yang kami dapat.
Berikut 5 foto dengan like terbanyak
1. Spot Kota Lama baru yang memikat 
Selamat hari kamis. #Semarang #dotsemarang A post shared by Dot Semarang (@dotsemarang) on Aug 2, 2017 at 4:11pm PDT
2. Pedestrian di jalan Ahmad Yani

Selamat hari Senin. Selamat beraktivitas kembali, terima kasih sudah mampir ke Kota Lama akhir pekan kemarin. #Blogger #Semarang #Zenfone3 #dotsemarang A …

Mencoba Firefox Rocket

Hadir dengan keunggulan seperti mode turbo, hemat data hingga si pembuat membawa namanya (Mozilla), peramban web ini bisa dikatakan sebagai alternatif browser mobile yang sudah ada. Apakah kamu sudah mencobanya?
Kami tertarik mencobanya dan mencoba memberikan pengalaman kami tentang browser yang katanya khusus buat Indonesia saat diluncurkan pada bulan November 2017. 
Ukuran filenya sangat kecil, sekitar 2,39 MB dan sudah tersedia ditoko aplikasi Android Google Playstore, khusus untuk wilayah Indonesia saja.
Menurut kami tentang Firefox Rocket
Rocket tidak mendukung tab baru, sehingga kami sedikit kesulitan untuk membuka halaman lain. Untuk memasukkan alamat baru, mode home yang berada di sisi kiri adalah alternatif selain tombol bulat search yang ada di tengah. Paling mudah mengklik tombol search dan tersedia halaman kosong untuk kamu masukkan alamat baru atau mencari sesuatu di sana.
Mode download yang biasa tersedia di UC browser, tidak tersedia di Rocket. Biasanya di UC saat kami …

Melihat Sam Poo Kong Malam Hari Lewat Festival Kuliner

Sudah pernah ke Sam Poo Kong malam hari? Jika kamu jawab belum, maka kita sama. Sepertinya menyenangkan malam hari berada di sana, mengingat tempat ini buka hingga malam. Lewat acara festival kuliner, akhirnya kami bisa ke sini malam hari. Tertarik suasananya?
Selain dijadikan sebagai tempat sembahyang atau berziarah, Sam Poo Kong yang kami ketahui merupakan satu diantara tempat-tempat wisata yang ada di Semarang yang wajib kamu kunjungi bila sedang berada di kota kami ini.
Setahun belakangan, kami mengamati bahwa bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho ini sering mengadakan event. 

Salah satunya yang sedang kami kunjung di hari penutupan, minggu malam (12/11). Acara yang bertema kuliner bersama energi baik, PGN, sayangnya saat kami kunjungi sedang turun hujan. Cuaca memang tidak bisa diprediksi.
Meski begitu, malam hari di sini tidaklah begitu menakutkan. Bangunan-bangunan Klenteng yang dibalut berba…