Langsung ke konten utama

Dilema Strategi City Branding


Istilah City Branding tidak asing ditelinga kami, hanya saja kami tidak sadar bahwa kami kehilangan konten tentang City Branding atau Citra kota ini di blog dotsemarang. Yang jelas, kami bukan pakar untuk menjelaskan secara terperinci soal membangun kota. Ini murni artikel yang sangat menarik dan sayang dilewatin begitu saja.

Buat yang ingin mencari tahu tentang pengertian City Branding, kami kasih sedikit pengertian yang dikutip dari situs kanal.web.id (30/8/2015). City branding adalah upaya strategi dari suatu kota untuk membuat positioning yang kuat di regional maupun global. 

Dengan adanya city branding dapat membentuk identitas kota yang berguna untuk memasarkan segala aktivitas kegiatan, saran serta budaya yang ada di kota tersebut.

Dilema City Branding Strategy

Kalimat di atas ini merupakan judul yang diangkat di majalah Mix edisi 04/XIV. Halaman yang ditulis Aruman ini sangat menarik untuk menambah konten kami yang mulai dari sini, kami akan mengulas City Branding.

Tulisan di halaman 28 tersebut dimulai dengan sebuah negara bagian Amerika Serikat Tengah yang bernama Michigan. Tahun 2008, kota ini meluncurkan kampanye merek mereka dengan sebutan Pure Michigan.  

Tulisan berikutnya mengenai Globalisasi dan tempat-tempat lokal. Ya, globalisasi menyiratkan sebuah perkembangan menuju interdependensi (hubungan saling ketergantungan) sistematik berskala dunia. 

Dalam proses itu, batas antara pertukaran dan hubungan interaktif menjadi kabur. Pada gilirannya, globalisasi mengubah secara dramatis konteks masyarakat lokal. Namun, tempat-tempat lokal tetap penting bahkan di dunia global. Ini karena pergerakan orang, modal, ekonomi dan sosial tetap berlabuh di tempat-tempat tertentu. 

Karena aliran sumber yang melintas batas wilayah makin meningkat. Beberapa pemerintah kota semkain khawatir dengan peran mereka dalam ekonomi global sehingga meningkatkan minat mereka terhadap pemasaran kota yang berorientasi Internasional. 

5 Hal yang kami petik dari tulisan dilema city branding tersebut

Hampir semua kota kini melakukan kampanye promosi bisnis kota untuk menarik investasi asing langsung. Mulai dari menyediakan tempat untuk lembaga Internasional, menyelenggarakan acara internasional besar atau mempromosikan pariwisata.

Dari tulisan yang dimuat di halaman 29 ini, kami mendapatkan kesimpulan sebagai berikut tentang dilemanya strategi city branding :

1. Strategi promosi yang berorientasi menarik investasi, memang sangat mahal dan sangat beresiko. Apalagi bila tidak didasarkan pada kekuatan lokal yang nyata, manfaat mungkin tidak bisa bertahan lama karena akan ada kota lain yang menawarkan proporsi serupa, malah lebih baik.

2. Tidak cocok buat kota dengan peringkat menengah dan bawah yang memiliki sedikit keunggulan khusus dalam kompetisi antar kota global. Untuk mengatasi ini, harus melakukan pendekatan lain yang lebih banyak mendukung menghidupkan ekonomi yang ada dan menarik sumber daya baru dari arus nilai global.

3. Tidak memiliki budaya yang kuat dalam penerapan city / place branding dalam konteks ekonomi global. Mengingat budaya dapat menyatukan produk dan memberikan nilai yang lebih besar bagi sebuah kota. 

Biar tidak ada kemiripan dengan kota lain, maka kota harus menampilkan sesuatu yang berbeda dalam budaya tersebut.

4. Tagline yang kuat. Meskipun tidak penting, tagline dapat membantu dalam menyampaikan makna kognitif (berhubungan dengan atau melibatkan kognisi) suatu simbol visual. Hal ini dapat menjadi sarana utama untuk menyampaikan pesan, yang memungkinkan seseorang membangun interpretasi lebih simbolis untuk sebuah visual. Slogan yang terbaik lebih baik kurang dari tiga kata yang menyiratkan arti.

5. Tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang.  Ada segmen tertentu yang memiliki kebutuhan tertentu. Karena itu, sebuah kota dianjurkan fokus pada keunggulan tertentu seperti alam, sungai, menara jam, tempat untuk sekolah, bisnis, pertemuan, warisan budaya dan sebagainya.

Setiap yang ditampilkan harus memberi ruang bagi pesan tunggal dengan dampak terbesar pada audience terbesar, baik penduduk dan pengunjung. 

...

Beberapa artikel kami tentang city branding sebenarnya ada, tapi telah terhapus saat kami berpindah paltform dari dotcom ke blogspot. Kami lupa untuk memback up konten tersebut.

Halaman ini merupakan perdana artikel tentang City Branding dan akan diupdate seterusnya. Kamu bisa mencari tulisan ini nantinya lewat searching di blog kami atau lewat label/kategori yang kami buat dengan nama city branding.

Sekali lagi, kami menempatkan diri sebagai penyedia dan pembuat konten, bukan seorang pakar atau ahli yang bicara soal city branding. 

Majalah Mix edisi bulan April - Mei 2017 ini sangat menarik. Selain konten ini, ada konten lain yang juga kami masukkan dalam blog dotsemarang.

Kamu yang tertarik dengan City Branding, semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Februari 2018

Tahun baru Imlek di Semarang kali ini dijadikan momen mengadakan pameran handphone awal tahun 2018. Bila dilihat rentang waktu terakhir pameran diadakan, desember, ini berarti ada jeda 1 bulan kosong yang biasanya awal tahun selalu ada pameran. Ingin ganti hape?

Tuan rumah pameran hape di Semarang kali ini jatuh pada Paragon Mall dan Plasa Simpang Lima Semarang. Tidak ada Java Mall yang identik dengan pameran kali ini. Mungkin tempatnya sedang dipakai pameran lainnya.

Gadget Super Sale by Sinar Mas Selluler (SMS)

Pameran handphone di Paragon Mall digelar dari tanggal 14 Februari - 18 Februari 2018. Sepertinya mengambil momen hari Valentine mengawali pameran ini berlangsung.


Harga Asus Zenfone di Pameran Handphone Semarang Februari 2018
Pameran di Paragon sendiri sudah kami lihat. Saat kami kunjungi hari ini (16/2), mereka berbagi tempat dengan acara dari sebuah Bank yang sedang mengadakan roadshow dengan program menariknya.

Selain berkunjung ke stan ASUS, kami juga mengunjungi stan Nok…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Review The Cannibal Bistro & Bar

Bicara tentang tempat nongkrong di salah satu kawasan Semarang atas, Tembalang, tak ada habisnya. Kawasan yang menjadi pusat mahasiswa Universitas Diponegoro atau Undip ini memang sangat terkenal bagi kami yang tinggal di Semarang.

Generasi millenials yang sedang berkuliah di sana sangat beruntung dengan banyaknya ragam pilihan tempat melepaskan penat setelah belajar di bangku kelas. Bila malas keluar pun, ada layanan pesan antar yang juga bisa dimanfaatkan.

Sabtu kemarin (10/2) kami sedang berkunjung ke salah satu tempat nongkrong yang berada di jalan Mulawarman. Kami sadar bahwa lokasinya terbilang jauh untuk kami yang kebanyakan menghabiskan aktivitas di Semarang bawah.


Namun semua terbayar saat kunjungan pertama kali kami ke sini mendapati pemandangan yang indah, yaitu pematang sawah.

Apakah ini andalan view dari the cannibal? Sepertinya iya, bila membandingkan dengan beberapa tempat nongkrong yang pernah kami kunjungi sebelumnya.

Cannibal? Alasan dibalik nama

Ini bagian dalam sete…

Review Film Terjebak Nostalgia

Film Terjebak Nostalgia rilis di bioskop tanggal 1 desember 2016. Membawa durasi waktu sekitar 95 menit, film sutradara Rako Prijanto ini memiliki Raisa sebagai pemeran utamanya yang diduetkan dengan aktor ganteng Chicco Jerikho.
Saya sengaja memutuskan nonton film yang dibintangi Raisa Andriana ketimbang film Cinta Laki-laki Biasa yang sebenarnya saya sudah menandai film ini untuk ditonton. Hadirnya Raisa adalah salah satu faktor utama yang membuat saya tertarik, apalagi ini debutnya di layar lebar. 
Cerita
Selama nonton film ini suasana yang dibangun selalu menyenangkan. Saya pikir ceritanya akan mudah ditebak dengan awal ceritanya yang mirip-mirip film Drama Korea atau India.

Ternyata tidak, film yang mengambil syuting di Jabotabek dan New York ini ternyata penuh teka-teki. Rekan saya, kali ini saya berdua, bahkan sudah menebak ceritanya dan seolah biasa. Tapi buat saya tetap menarik.
Jatuh cinta, tema yang selalu menarik untuk diangkat. Dikemas dengan menarik, Raisa menemukan puja…

Agenda Semarang Februari 2018

Selamat datang bulan Februari. Bulan yang dianggap sebagian orang bulan penuh cinta ini bertepatan dengan salah satu acara di kota Semarang, Pasar Imlek Semawis. Berikut daftar acara di kota Semarang selama bulan Februari.

Agenda rutin :
[Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan.Agenda lainnya :
[1-12 Feb] - Pameran Otomotif Plasa 2018 di atrium Plasa Simpang Lima Semarang.[7-19 Feb] - Pameran Batik & Craft 'Harmoni Batik Indonesia' di Java Mall.[12-14 Feb] - Pasar Imlek Semawis 2018. Detail informasi klik di sini.[14-18 Feb] - Pameran Handphone di Paragon Mall.[15-25 Feb] - Pameran Handphone di Plasa Simpang Lima Semarang.[1…