Seperti Apa Berbuka Puasa di Masjid Kauman Semarang?


Masjid Kauman Semarang atau Masjid Agung Semarang, punya sejarah panjang juga di Semarang. Lokasinya yang berada di sebelah barat pasar Johar ini merupakan lokasi ketiga kami berbuka kali ini. Seperti apa berbuka puasa di sini?

Selasa sore (6/6), kami melaksanakan berbuka puasa di Masjid Kauman Semarang. Suasana di sini lebih ramai ketimbang Masjid Jami Pekojan, yang kami kunjungi sebelumnya. Maklum saja, kawasan di sini memang menjadi salah satu pusat keramaian di Semarang.

Sebelum masuk masjid dan menunggu waktu buka, kamu bisa berkeliling sejenak melihat bazar yang ada disekitar masjid. Mulai dari kuliner hingga aksesoris ibadah, pakaian dan sebagainya. Beberapa brand juga ikut ambil bagian, sepertinya mereka memahami betapa menariknya lokasi di sini.

Ini menu buka puasanya

Bunyi sirine menandakan ceramah yang digelar sebelumnya harus diakhiri. Beberapa orang yang sudah lalu-lalang memberikan makanan dan minuman dari tadi membuat kami dan masyarakat yang berbuka juga langsung menyantap menu yang sudah tersaji di depan mereka.

Kalau kamu kangen suara bedug, di sini kamu bisa mendengarkan dan melihat langsung orang yang memukulnya. Tempat makan sendiri berada di teras masjid, tidak ada ruang khusus seperti Masjid Agung Jawa Tengah.




Menurut penceramah tadi yang kami dengar, buka puasa yang pertama sebaiknya makan kurma (sunnah). Kami pun mengikuti anjuran tersebut sebelum menyantap nasi bungkus dan kue yang tadi diberikan.

Berbeda dengan Masjid Jami yang sebelumnya yang punya menu khusus, di sini sepertinya menunya lebih beragam. Beberapa orang yang buka bersama kami juga ada yang berbeda dengan kami. Wah, ini menyenangkan. Kira-kira besok ada menu apa lagi di sini?

 Suasana dalam masjid. Diambil sebelum berbuka puasa
Suasana masjid dari luar. Ada bazar yang meramaikan.
...

Masjid Agung Semarang atau Masjid Kauman merupakan salah satu destinasi wisata religi Semarang selain masjid Agung dan Jami Pekojan. Karna kami fokus pada konten puasa, kami tak banyak bicara soal sejarah yang tentu sudah banyak di mesin pencari bila kamu tertarik menguliknya.

Sedikit bocoran, Masjid ini menjadi satu-satunya masjid di Indonesia yang mengumumkan kemerdekaan bangsa Indonesia secara terbuka hanya beberapa saaat setelah diproklamirkan.

Kalau kamu ingin ke sini besok atau tahun depan, mencari lokasinya tidaklah sulit. Arahkan GPS Smartphone kamu dan ikuti petunjuknya. Kalau tidak pakai GPS, kamu bisa bertanya ke masyarakat yang pasti tahu keberadaannya. Ancer-ancernya pokoknya sekitar Pasar Johar.

Selanjutnya kami akan melihat langsung berbuka puasa di Masjid Layur Semarang.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?