Langsung ke konten utama

Daftar Kota Destinasi Millenials di Indonesia, Semarang?


Beberapa tahun ini bicara Millenials tak lepas dari mereka yang lahir setelah 1980 atau berada di usia produktif 18-34 tahun. Ya, mereka merupakan raja saat ini menurut kami. Semua dikaitkan dengan mereka dan melayani sesuai minat dan keingan mereka. Termasuk destinasi mereka tentang kota-kota menarik di Indonesia. 

Kami yang selalu update tentang perkembangan kota Semarang lewat tulisan di blog, sangat senang dengan kemajuan yang dibuat kota kami. Baik yang dilakukan Pemkot Semarang, swasta, dan Pemerintah Pusat maupun lewat media sosial yang membuat Semarang semakin sering dibicarakan.

Yang terbaru tentu saja tentang Kampung Pelangi yang bukan saja viral di media sosial tapi juga dibicarakan di media-media Internasional. Kami berharap segera mengunjungi kampung tersebut yang berada di kawasan Semarang Selatan.

Kota-kota di Indonesia yang masuk dalam 20 destinasi Millenials

Viralnya Kampung Pelangi dan Masjid Kapal yang sudah kami kunjungi tak lepas dari mereka, generasi Millenials yang menyukai media sosial. Generasi ini memang tanpa didorong pun akan selalu membagikan sesuatu yang dirasa menarik bagi mereka.

Majalah Mix edisi 04/XIV yang terbit antara bulan April dan Mei mengeluarkan tema tentang Top 20 Kota Destinasi Millenials di Indonesia. Tentu saja ini sangat menarik buat kami. Kira-kira Semarang apakah masuk di sana, dan berada diperingkat berapa?


Survei yang dilakukan Majalah MIX bersama JAKPAT Mobile Survey tentang kota-kota destinasi Millenials Indonesia secara umum menunjukkan kota-kota yang masuk dalam top 20 destinasi adalah ibukota-ibukota propinsi seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Padang dan Medan.

Kota-kota setingkat Kotamadya seperti Solo, Salatiga, Batu, Bogor, Depok, Bukittinggi, dan sejumlah kecil kota-kota setingkat kabupaten. Kota-kota tersebut menempati posisi top di lima kategori destinasi, yaitu wisata, pendidikan, belanja dan kuliner, bisnis dan investasi dan MICE (ini nanti kami bahas).

Menurut tulisan majalah MIX di halaman 40 tersebut, ini bukan sesuatu yang istimewa ketika kota-kota besar ibukota propinsi atau kotamadya masuk ke dalam top 20 kota destinasi pilihan generasi millenials Indonesia.

Namun menjadi luar biasa ketika kota-kota setingkat kabupaten seperti Banyuwangi, Gresik, Jember, Kudus, Magelang, Belitung, dan Raja Ampat menyeruak dalam percakapan tentang destinasi generasi millenials.

Kesimpulan dari 5 kategori destinasi
(Wisata, pendidikan, belanja dan kuliner, bisnis dan investasi dan MICE)

Dari sisi bobot index, data top 20 kota-kota destinasi di Indonesia ini menunjukkan bahwa index paling tinggi hanya mencapai 60% diraih oleh Jakarta sebagai kota Bisnis dan Investasi. Kategori ini ada di halaman yang lain.

Index di kategori lainnya pada umumnya hanya berkisah 45%-50%. Index kota-kota yang masuk dalam Top 10 pun sebagian besar single digit - hanya Top 3 kota index-nya double digit. Bahkan kota-kota yang berada diurutan 11 sampai ke-20, index di bawah 1%. 

Fakta ini menunjukkan bahwa kota-kota di Indonesia masih membutuhkan kerja keras untuk membangun destination branding yang kuat. Menurut MIX, banyak Pemerintah Kota yang merasa sudah maksimal membangun brand kotanya dan bangga dengan pencapaiannya, meskipun ukuran keberhasilan tidak jelas. Faktanya, pengamat branding justru menilai hanya segelintir kota yang on the right track dalam membangun strategi ini. 

Hasil data ini ada di majalan MIX edisi 04/XIV yang diambil berdasarkan responden berjumlah 2.920 melalui aplikasi mobile survey JAKPAT pada 13-15 Maret 2017. Kalau kamu sangat penasaran dengan survey mereka, bisa cari majalahnya dengan cover seperti di bawah ini.

Review klik di sini

...

Kesimpulan kami tentang gambaran ini adalah Semarang termasuk dalam destinasi top kota yang disukai generasi Millenials. Kami harap demikian juga. 

Soal data gambar yang kami sematkan dipostingan, sepertinya bukan tentang urutan Top 20 kota-nya. Bila melihat abjad yang diurutkan dan jumlahnya ada 35 kota, itu hanya daftar kota yang termasuk dalam top 20 saja. Itu sekali lagi bukan peringkat.

Ada 5 kategori destinasi yang ada di dalam majalah namun belum kami publish di sini. Sepertinya itulah yang paling menarik untuk membahas tema ini. Seperti destinasi wisata, kuliner dan belanja, pendidikan dan lainnya.

Meski Semarang termasuk di dalam Top destinasi millenials, menurut MIX, branding kota belumlah maksimal. Ini jadi PR sendiri, termasuk kota-kota yang ada di Indonesia lainnya. Bagaimana pendapatmu?

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang November 2017

Selamat datang di bulan November. Bulan Oktober kami mencatat banyak event yang berlangsung masih didominasi properti, khususnya di mal. Apakah kira-kira bulan November akan kembali dengan tren properti? Atau sedang menunggu pameran komputer? Kami harap bisa segera memberi informasi tersebut di halaman agenda bulan November di sini.

Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [1 - 5 Nov] - Central Java Expo di Paragon Mall. Lihat fotonya di Facebook atau di sini.[1-5 Nov] - Semarang Tourism Craft and Investment expo 201…

Event Diponegoro Jazz Music Festival 2017 Siap Digelar 17 November, Datang yuk!

Tahun depan atau 2018, kota Semarang bakal punya 2 event besar skala nasional untuk kamu penyuka musik Jazz. Menarik, semua orang melakukan hal-hal baik untuk mengangkat kota mereka. Namun sebelum menuju ke sana, mari melihat bagaimana event perdana ini menarik perhatian kamu.
Dari judul postingan ini, pasti kamu penasaran tentang Diponegoro Jazz Music Festival 2017. Event ini digelar dalam rangka kemeriahan Dies Natalis Universitas Diponegoro yang ke-60 tahun ini. 
Dalam press conference yang diadakan hari jumat sore, 10 November, di Allstay hotel Semarang, panitia sangat berharap bantuan media menyampaikan informasi tentang acara ini yang akan diselenggarakan di Widya Puraya Undip.
Tema Diponegoro Jazz Music Festival 2017 (DJF) yang diusung sendiri adalah Jazz Embraces Us. Dan mereka juga menggandeng komunitas jazz lokal seperti Jazz Ngisoringin, dan DAC.
Lokasi DJF yang berada di kawasan Undip sendiri dipilih untuk menampilkan ikon Undip, mengingat acara yang dilaksanakan baru per…

Zenfone 4 Max, Smartphone Powerbank Dengan Harga Terjangkau

Varian lain dari Zenfone 4 Max yang sudah rilis di blog dotsemarang bulan September kemarin adalah ZenFone 4 Max Pro ZC554KL. Sedangkan yang kamu baca ini merupakan varian yang biasanya dan tentu harganya lebih terjangkau. Mau cari Smartphone dengan kapasitas baterai besar?

Seri Zenfone 4 Max ZC520KL atau versi biasa ini ikut dikenalkan kepada kami saat acara launching Zenfone 4 Selfie Series kemarin bulan Oktober bersamaan Zenfone 4 Selfie Pro dan Selfie (biasa).

Keunggulan Zenfone 4 Max ini terletak pada kapasitas baterainya yang lebih besar ketimbang Zenfone 4 Selfie namun lebih rendah sedikit dari saudaranya Zenfone 4 Max Pro. Bisa dikatakan, Zenfone 4 Max ini hadir sebagai alternatif untuk pengguna yang mengingingkan hemat kantong.

Smartphone kemampuan Powerbank

Bicara keunggulan, Smartphone yang berlayar 5,2 inc ini tentu unggul dari sisi baterai. Kapasitas yang dibenamkan, yaitu 4.100mAh.  Karena kapasitas ini, Smartphone ini bisa digunakan sebagai powerbank dengan kemampuan re…

Gastroversity, Konsep Baru dari Nestcology Untuk Memberikan Pengalaman Kuliner yang Berbeda

Bicara tempat nongkrong asik di Semarang, salah satunya Nestcology, selalu menyenangkan. Terlebih bisa ikut ambil bagian dari bagaimana mereka mempromosikan diri dan melibatkan kami sebagai bloger. Memasuki tahun kedua, Nestcology mengenalkan konsep kuliner baru yang menarik. Penasaran?
Jumat, 10 November, bertepatan hari pahlawan Nasional, kami turut hadir diantara undangan untuk awak media dan bloger, sepertinya ada juga Youtuber, di Nestcology. Tempat berlangsung acara bukan seperti biasanya saat kami beberapa kali datang ke sini. Berada di basement, tempat yang tak pernah kami pikirkan sebelumnya dan menarik bila digunakan untuk sebuah acara.
Gastroversity, perpaduan gastronomy dan diversity
Sebelum acara utama dimulai, kami diajak mengikuti acara syukuran 2 tahun Nestcology. Kami beruntung kali ini, dalam perayaan bisa melihat lebih dekat Anne Avantie dan keluarga, termasuk Ernest chef - founder Nestcology yang merupakan anak dari perancang busana yang terkenal di Indonesia terse…