Langsung ke konten utama

Daftar Kota Destinasi Millenials di Indonesia, Semarang?


Beberapa tahun ini bicara Millenials tak lepas dari mereka yang lahir setelah 1980 atau berada di usia produktif 18-34 tahun. Ya, mereka merupakan raja saat ini menurut kami. Semua dikaitkan dengan mereka dan melayani sesuai minat dan keingan mereka. Termasuk destinasi mereka tentang kota-kota menarik di Indonesia. 

Kami yang selalu update tentang perkembangan kota Semarang lewat tulisan di blog, sangat senang dengan kemajuan yang dibuat kota kami. Baik yang dilakukan Pemkot Semarang, swasta, dan Pemerintah Pusat maupun lewat media sosial yang membuat Semarang semakin sering dibicarakan.

Yang terbaru tentu saja tentang Kampung Pelangi yang bukan saja viral di media sosial tapi juga dibicarakan di media-media Internasional. Kami berharap segera mengunjungi kampung tersebut yang berada di kawasan Semarang Selatan.

Kota-kota di Indonesia yang masuk dalam 20 destinasi Millenials

Viralnya Kampung Pelangi dan Masjid Kapal yang sudah kami kunjungi tak lepas dari mereka, generasi Millenials yang menyukai media sosial. Generasi ini memang tanpa didorong pun akan selalu membagikan sesuatu yang dirasa menarik bagi mereka.

Majalah Mix edisi 04/XIV yang terbit antara bulan April dan Mei mengeluarkan tema tentang Top 20 Kota Destinasi Millenials di Indonesia. Tentu saja ini sangat menarik buat kami. Kira-kira Semarang apakah masuk di sana, dan berada diperingkat berapa?


Survei yang dilakukan Majalah MIX bersama JAKPAT Mobile Survey tentang kota-kota destinasi Millenials Indonesia secara umum menunjukkan kota-kota yang masuk dalam top 20 destinasi adalah ibukota-ibukota propinsi seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Makassar, Padang dan Medan.

Kota-kota setingkat Kotamadya seperti Solo, Salatiga, Batu, Bogor, Depok, Bukittinggi, dan sejumlah kecil kota-kota setingkat kabupaten. Kota-kota tersebut menempati posisi top di lima kategori destinasi, yaitu wisata, pendidikan, belanja dan kuliner, bisnis dan investasi dan MICE (ini nanti kami bahas).

Menurut tulisan majalah MIX di halaman 40 tersebut, ini bukan sesuatu yang istimewa ketika kota-kota besar ibukota propinsi atau kotamadya masuk ke dalam top 20 kota destinasi pilihan generasi millenials Indonesia.

Namun menjadi luar biasa ketika kota-kota setingkat kabupaten seperti Banyuwangi, Gresik, Jember, Kudus, Magelang, Belitung, dan Raja Ampat menyeruak dalam percakapan tentang destinasi generasi millenials.

Kesimpulan dari 5 kategori destinasi
(Wisata, pendidikan, belanja dan kuliner, bisnis dan investasi dan MICE)

Dari sisi bobot index, data top 20 kota-kota destinasi di Indonesia ini menunjukkan bahwa index paling tinggi hanya mencapai 60% diraih oleh Jakarta sebagai kota Bisnis dan Investasi. Kategori ini ada di halaman yang lain.

Index di kategori lainnya pada umumnya hanya berkisah 45%-50%. Index kota-kota yang masuk dalam Top 10 pun sebagian besar single digit - hanya Top 3 kota index-nya double digit. Bahkan kota-kota yang berada diurutan 11 sampai ke-20, index di bawah 1%. 

Fakta ini menunjukkan bahwa kota-kota di Indonesia masih membutuhkan kerja keras untuk membangun destination branding yang kuat. Menurut MIX, banyak Pemerintah Kota yang merasa sudah maksimal membangun brand kotanya dan bangga dengan pencapaiannya, meskipun ukuran keberhasilan tidak jelas. Faktanya, pengamat branding justru menilai hanya segelintir kota yang on the right track dalam membangun strategi ini. 

Hasil data ini ada di majalan MIX edisi 04/XIV yang diambil berdasarkan responden berjumlah 2.920 melalui aplikasi mobile survey JAKPAT pada 13-15 Maret 2017. Kalau kamu sangat penasaran dengan survey mereka, bisa cari majalahnya dengan cover seperti di bawah ini.

Review klik di sini

...

Kesimpulan kami tentang gambaran ini adalah Semarang termasuk dalam destinasi top kota yang disukai generasi Millenials. Kami harap demikian juga. 

Soal data gambar yang kami sematkan dipostingan, sepertinya bukan tentang urutan Top 20 kota-nya. Bila melihat abjad yang diurutkan dan jumlahnya ada 35 kota, itu hanya daftar kota yang termasuk dalam top 20 saja. Itu sekali lagi bukan peringkat.

Ada 5 kategori destinasi yang ada di dalam majalah namun belum kami publish di sini. Sepertinya itulah yang paling menarik untuk membahas tema ini. Seperti destinasi wisata, kuliner dan belanja, pendidikan dan lainnya.

Meski Semarang termasuk di dalam Top destinasi millenials, menurut MIX, branding kota belumlah maksimal. Ini jadi PR sendiri, termasuk kota-kota yang ada di Indonesia lainnya. Bagaimana pendapatmu?

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Juli 2018

Selamat datang bulan Juli di kota Semarang. Ada rencana apa saja selama di kota kami. Bila belum, halaman ini akan sedikit membantu tentang apa saja yang ramai di sini. Informasi akan terus kami perbarui.

Setelah libur lebaran, kita semua kembali ke rutinitas seperti biasanya. Sibuk dan sibuk. Bila sedang mengadakan perjalanan ke Semarang, tak salah melihat tempat-tempat menarik, berburu kuliner atau swafoto.

Berikut daftar agenda yang ada di Semarang, yang kami bagi dua:

Agenda rutin :
[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam)[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda lain
[2 Juli] - Jazz Reguler by Komunitas Jazz Ngisoringin di gedung event media creative space, jalan Ki Mangunsarkoro no. 18. Mulai jam 7 malam. Info Twitter @JAZZNGiSORiNGiN.[6-11 Juli] - Pameran komputer di Java Mall. Info klik di sini.[6-8 Juli] - Kejuaraan Motorcross Internasional MXGP 2018 di sirku…

[Review] #BuatNyataTujuanmu Roadshow Semarang

Bertajuk networking day, kami hadir di Impala Space Kamis malam (12/7) yang menjadi tempat berlangsungnya acara dari program yang digelar oleh Kapal Api dengan segmen kalangan muda yang ingin berminat menjadi pegiat sociopreneur.

Kota tercinta kami turut dimasukkan dalam program roadshow beberapa kota dari “Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu”. Selain Semarang, kota lainnya seperti Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta juga sudah dilaksanakan. Tinggal Surabaya dan Malang berikutnya.

Ini bukan pesta anak muda

Tidak banyak di Semarang, tempat yang menyediakan view sebuah acara dengan konsep anak muda banget. Impala Space yang bangunannya berada di lantai 2 gedung Spigel ini,  Kota Lama, memang memberikan tawaran menarik untuk view.


Saat kami tiba, banyak anak muda yang sudah hadir. Ruangan terasa sesak dengan mereka yang ingin mengikuti acara. Brand kopi sebagai penggagas acara tak mau ketinggalan dengan turut menyemarakkan lokasi yang membagi-bagikan kopi kepada peserta.

Ya, ini bukan sem…

Sukses MXGP di Semarang, Seperti Apa Statistiknya di Media Sosial?

Gelaran MXGP di kota Semarang sukses digelar. Harapan mas Hendi (Wali Kota Semarang) berikutnya yang ingin menjadikan kota Semarang sebagai tuan rumah MotoGP patut kami dukung, mengingat nilai potensi yang bisa didapat bila itu benar-benar terealisasi. Lalu, seperti apa statistik di media sosial tentang acara Internasional MX GP ini?

Kami telah membuat statistik Twitter dengan tagar #MXGPSemarang yang menggunakan alat pengukur media sosial yang biasa kami gunakan, yaitu tweetbinder.com. Data ini kami buat pada tanggal 9 Juli, setelah acara berlangsung.
Statistik via Slideshare
Data ini kami taruh di situs Slideshare, dan ditaruh secara umum. Kamu dapat mengambilnya, bila ingin. Meski kami beri cuma-cuma, kami harap bisa dinotifikasi atau bilang ke kami bahwa kamu menggunakan data tersebut.

Statistik MXGP Semarang from Dot Semarang
Tentang statistik
Saat postingan ini kami buat, pengaruh tagar #MXGPSemarang di Instagram mendapatkan 2.282 posting yang dibagikan di sana. Tentu data ini aka…