Langsung ke konten utama

Berpuasa Sambil Berwisata di Masjid Kapal Semarang


Tempat Wisata baru di Semarang ini, Masjid Kapal, menemukan momentumnya saat bulan puasa. Banyak orang yang berkunjung tanpa ragu, mulai dari anak muda, remaja hingga mereka yang sudah berkeluarga. Apakah kamu juga ingin berkunjung ke sini?

Sebelum kamu tertarik untuk datang, kamu bisa lihat dulu postingan kami sebelumnya tentang video suasana Masjid Kapal Semarang yang kami publish bulan April kemarin di sini. Waktu itu tempat ini sangat viral di dunia maya.  

Ada apa saja di bulan Ramadan?

Saat kami ke sini siang hari, banyak wisatawan yang berkunjung dengan memanfaatkan berfoto-foto. Mereka seakan menghiraukan panasnya terik matahari siang itu. Mungkin sudah terlalu antusias dan memang menyenangkan mendapatkan spot foto bagus seperti ini.


Masuk ke dalam, ruangan lebih adem dan nyaman. Lantai pertama oleh pihak pengurus dijadikan tempat untuk pengunjung beristirahat. Mereka mungkin sadar yang berkunjung bukan hanya dari warga Semarang saja, tapi dari luar kota.

Masih di lantai pertama, mata kami memandang, ada tempat yang dibuat untuk dijadikan balai pengobatan. Lumayan ramai juga yang ngatri. Tempat tersebut buka dihari tertentu saja, seperti hari Minggu yang kami datangi hari ini, lalu Senin, Selasa dan Sabtu.

Naik ke lantai 2, tempat ini lebih digunakan buat kegiatan ibadah. Beberapa pengunjung memanfaatkan waktu mereka dengan shalat yang kebenaran sudah waktu salat Ashar.

Apakah Masjid Kapal ini sudah digunakan buat kegiatan bulan Ramadan? Ternyata belum. Mengutip situs Solopos.com (28/5/2017), bulan Ramadan di sini seperti buka bersama, salat tarawih dan sebagainya, memang belum ada. 

Mungkin sambil menunggu bangunannya selesai 100%, mengingat saat kami ke sini, banyak perbaikan yang dilakukan beberapa orang.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan di sini?

Kalau melihat banyak aktivitas yang dilakukan pengunjung, mereka paling suka foto selfie atau swafoto. Foto-foto dengan background kapal sangat menarik, terutama kamu yang eksis di Instagram.

Lurus mata memandang ke depan, di sana sebagian orang sedang berobat
Dikelilingi pematang sawah, tempat ini sangat menarik buat diabadikan di Instagram
Menjelang sore, lapak-lapak para pedagang mulai terisi. Terutama kuliner
Ada 3 lantai sebenarnya, namun saat kami ke sini, masih dalam tahap renovasi.

Beberapa keluarga yang datang, ada juga yang melaksanakan ibadah di sini, seperti shalat. Mungkin air wudhu dan ruangan yang sejuk di sini bisa membuat rasa nyaman saat kamu merasa lelah setelah berkeliling karna rasa penasaran melihat dari dekat bangunan masjid di sini.

Kalau kamu datang akhir pekan, kamu bisa berpuasa sambil berwisata. Menghabiskan waktu di sini sepertinya tak terasa, dan tahu-tahu sudah waktunya berbuka. Soal menu buka nanti, jangan khawatir. Para pedagang yang ada di luar komplek masjid sudah ramai menjual makanan mereka sebelum waktu berbuka tentunya.

Kalau kamu mau bersedekah, mungkin kamu bisa menyisihkan sedikit materi dengan memasukkan uang di kotak yang tersedia. Atau seperti yang kami tulis sebelumnya, kamu tertarik dengan pengobatan, bisa lihat juga di sini. Biasanya orang tua tertarik melihatnya.

...

Postingan selanjutnya, kami akan menceritakan bagaimana menuju ke lokasi Masjid Kapal. Seperti apa suasananya dan ada apa saja selama perjalanan. Mungkin kamu ingin mencoba menggunakan beberapa transportasi semisal tidak memiliki kendaraan.
Baca lanjutan perjalanan kami ke Masjid Kapal 

Alamat Masjid Kapal Semarang sendiri sangat mudah kamu temukan semisal kamu mencarinya di mesin pencari atau google Map. Berada di jalan Kyai Padak, Podorejo, atau daerah Ngaliyan.

Selama bulan puasa ini, Masjid Kapal Semarang bisa kamu jadikan alternatif menghabiskan waktu dan sekaligus tempat berwisata. Namun yang perlu diperhatikan, jangan buka sebelum waktunya buka. Haha... siapa tahu kehausan karna saking asyiknya mengeksplore seluruh bangunan.

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film The Doll 2

Film The Doll 2 rilis tanggal 20 Juli 2017 di bioskop-bioskop tanah air. Membawa durasi 116 menit dengan batas usia penonton 17 tahun ke atas, film produksi Hitmaker Studios ini membawa wajah-wajah baru seperti Luna Maya dan Herjunot Ali.
Sukses yang pertama dengan pencapaian setengah juta penonton, membuat The Doll diharapkan mampu menembus angka 1 juta di versi keduanya. Apalagi genre film Horor Indonesia sedang mendapatkan panggung tahun ini yang sudah mendapatkan lebih 1 juta, bahkan 2 jutaan.
Setelah menyaksikan film ini saat rilis pertama kali, The Doll 2 tidak bercerita yang berkaitan dengan yang pertama. Ibaratnya berganti cerita namun sedikit bumbu-bumbu film sebelumnya yang tetap dimasukkan.
Kehilangan ikon
Entah apa yang dipikirkan sutradara merangkap penulis dan juga produser, Rocky Soraya mengganti pemeran utamanya yang bermain di film The Doll pertama. Shandy Aulia bagi kami merupakan ikon film Horor yang dinanti karna aktingnya yang selalu terlihat lugu tapi manis. Dan …

Sudah Tahu Cara Nambah Masa Aktif XL Hingga 1 Tahun?

Ada yang menggunakan kartu XL? Sudah tahu, operator dengan dominasi biru ini dapat menambah masa aktif hingga 1 tahun. Dengan masa aktif 1 tahun, Anda tidak perlu takut kartu Anda hangus tiba-tiba. Berikut cara aktivasinya.
Saya baru menggunakan kartu XL beberapa bulan ini setelah acara launching 4G XL LTE di Semarang bulan Juni 2016. Saat itu juga saya mengaktifkan fitur XL Tunai, sebuah layanan keuangan digital atau trennya dompet digital.
Karena saya pikir jarang menggunakan XL untuk keperluan hari-hari saya seperti koneksi Internet, saya tidak ingin XL Tunai saya mati begitu saja. Dan setelah mencari sana-sini informasi tentang layanan keuangan digital ini, saya baru tahu tentang masa aktif XL hingga 1 tahun.
Layanan Perpanjang Masa Aktif 
Ada 2 cara sebenarnya untuk menggunakan layanan ini. Bisa menggunakan nomor *123# atau lewat online dengan mengakses web 
1) *123#
Anda tinggal menekan angka diatas atau mau yang cepat ketik *123*8484#.  Ikuti petunjuknya dan silahkan pilih. Cont…

Agenda Semarang Juli 2017

Selamat datang di bulan Juli 2017. Selamat Hari Lebaran Idul Fitri 1438H, kami ucapkan. Berikut ini daftar agenda acara di kota Semarang yang berlangsung selama bulan Juli. Agenda ini akan terus diupdate, bila ada kekurangan, mohon dimaklumi.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [15 Juni - 3 Juli] - Lebaran Great Sale di Mal Ciputra.[26 Juni - 5 Juli] -  Pameran Handphone di Plasa Simpang Lima. Review Klik.[25 Juni - 2 Juli] - Festival Makanan 'Pulang Semarang 2' di Sri Ratu. Review klik.[20 Juni - 4 Juli…

Syuting Perdana, Film Wage Syukuran di Semarang

Film Wage direncanakan rilis bulan Oktober 2017. Film biopik ini mengangkat perjalanan masa muda WR. Soepratman yang merupakan Pahlawan Nasional dan juga pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Menariknya, syuting pertama dilakukan di Semarang dan berikut bocoran tentang film Wage selengkapnya.
Kami sangat senang bisa terlibat dan hadir di acara syukuran syuting film berjudul Wage hari jumat kemarin (21/7), di Tekodeko, kawasan Kota Lama Semarang. Sebagai bloger, kami selalu berharap bisa dilibatkan langsung dalam penyampaian informasi seperti launching maupun Konferensi Pers.
Syukuran sekaligus memperkenalkan para pemain film Wage

Untuk ruangan yang digunakan, memang tidak begitu luas. Namun acara berlangsung dengan hangat. Selain kami yang hadir, ada wartawan, bloger dari komunitas Gandjel rel dan beberapa perwakilan dari komunitas dan penggiat film.
Sebelum memotong tumpeng yang sudah tersedia di meja depan kami, pihak film yang diwakili Fachrul Muchsin (kritikus film dan penggaga…

Semarang Thal Cake Gelar Pre-Launching, Ngundang Bloger Hingga Komunitas Semarang

Semarang Thal Cake yang beralamat di jalan Sriwijaya No.4 ini menambah daftar tren oleh-oleh kekinian yang sedang menarik dilakukan para artis saat ini. Menarik kiat strategi yang dilakukan Ruben Onsu sebagai owner untuk memperkenalkan bisnisnya ini di Semarang. Penasaran?
Bertempat di lokasi Semarang Thal Cake, Sabtu pagi (15/7), kami turut hadir di acara Pre-Launching yang turut dihadiri pemiliknya, Ruben Onsu. Selain kami, ada beberapa bloger dan komunitas Semarang juga yang diundang untuk hadir, seperti Gandjel Rel, Kompakers, Hijabers, dan Foodgram. 

Alasan Ruben memilih Semarang sebagai kota pertama
Kami masih ingat pada November 2015, Semarang ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan wisata kuliner unggulan di Indonesia oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam acara  Dialog Gastronomi Nasional dan Peluncuran Destinasi Wisata Kuliner - Indonesia Spice Up The World. Ulasannya bisa kamu lihat di sini.
Semarang dianggap sudah memiliki standar kelayakan: produk dan daya t…