Langsung ke konten utama

Tren Agregator Berita yang Membuat Platform Menulis


Tahun 2017 ini, kami melihat sebuah tren yang sedang berkembang dan menarik untuk diketahui. Beberapa penyedia layanan  agregator berita seolah berbondong-bondong membuat platform menulis. Bagi kami atau kamu yang berprofesi sebagai bloger, tren ini bisa dimanfaatkan untuk mendulang rupiah. Kok bisa?

Masih ingat dengan Blogdetik atau Kompasiana? Kedua platform tersebut sangat buming beberapa tahun silam. Blogdetik sendiri yang dimiliki detikcom merupakan tempat kami pada saat masih aktif, baik sebagai komunitas maupun bloger.

Kedua platform tersebut kini coba kembali dihadirkan kembali oleh beberapa penyedia layanan agregator berita. Konsepnya sama, yang paling membedakan adalah penulis di sini dibayar. Menyesuaikan syarat yang sudah ditentukan, terutama jumlah pengunjung dan lain sebagainya.

Berlomba-lomba menarik perhatian

Paling menarik dan sudah memulainya terlebih dahulu adalah UC News. Semenjak mendapat investasi US$30 juta (sekitar Rp400 miliar) dari induk perusahaan mereka UCWeb, mereka terus mengajak banyak penulis, dan bloger untuk bergabung dengan mereka.

Pengguna yang sudah bergabung, mereka disuruh menulis layaknya menulis blog pribadi seperti biasa. Ada banyak pilihan kategori seperti Teknologi, kesehatan, dan sebagainya. Tinggal pilih, lalu menunggu persetujuan dari admin. Bila lolos, maka tulisan kita bisa terpublish. 

Di sini setelah publish, pengguna harus tahu seperti apa tulisan yang bisa menghasilkan rupiah. Kalau biasa saja, tentu viewersnya juga sedikit. Dan bila menarik, maka jangan heran nanti kamu bisa menarik rupiah dari situs ini.

Lalu, tak ingin kalah juga aplikasi Baca turut mengembangkan platform menulis yang dinamakan Nulis. Baca pada tanggal 25 Januari 2017 mendapatkan investasi sebesar US$10 juta (130 milyar).

Selain UC News dan Nulis, ada lainnya juga yang sama membayar penulisnya seperti Babe dan Vebma. Serta lainnya yang mungkin ada tapi belum kami lihat.

Membangun Konten sendiri

Bila melihat yang sudah dilakukan penyedia layanan agregator berita tersebut, mereka seakan membangun konten sendiri. Ini berbeda dengan Line atau saat membuka Google Chrome via mobile, dimana ada berita yang ditampilkan namun berasal dari situs-situs berita yang sudah terkenal.

Sedangkan tren saat ini, beberapa penyedia layanan berita memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menulis di platform mereka dan membayarnya.

Kesempatan mendapatkan rupiah

Bila kamu ingin mendapatkan penghasilan, tren ini bisa kamu manfaatkan. Meski bisa dikatakan ini peluang, ini juga bisa merugikan khususnya bloger yang sudah berpengalaman. Ya, menurut kami begitu.

Yang biasa menulis di blognya, tiba-tiba sangat aktif di platform berita dan mulai jarang menulis blog personalnya. Dan terkadang yang dishare di socmed bukan lagi tulisannya yang ada di blog, melainkan tulisan yang ada di platform lain. Tentu ini sangat berbeda dengan yang ditulis yang dulu, terutama sentuhan dan motif yang dibawanya.

Tapi kamu tidak perlu memikirkan ini. Bila tertarik, silahkan saja. Kesempatan berharga jangan disia-siakan. Tidak ada yang salah apabila kamu baru mencoba mencari penghasilan di Internet.

...

Kami sendiri melihat ini semacam 2 sisi mata uang. Satu sisi menguntungkan dari pemasukan, namun satu sisi ini merugikan. Khususnya bloger yang sangat berpengalaman. Karena motif yang diusung sangat berbeda dengan yang disajikan.

Tapi tidak salah untuk dicoba. Kami juga hadir disalah satu platform penyedia layanan agregator berita tersebut. Memang tidak mudah untuk meraup rupiah, karena kalau kamu buat tulisan dengan judul biasa, maka jumlah kunjungan sebagai syarat dibayar akan sulit didapatkan.

Tren ini bukan saja menjadi semacam kue yang menarik tapi juga melahirkan konten kreator yang lebih banyak. Akses informasi saaat ini bakal lebih besar akibat mudahnya mengakses Internet.

Bagaimana dengan penyedia platform lokal? Apakah mereka (blogdetik, kompasiana) bakal memberikan kesempatan kepada platform baru untuk terus berkembang?  

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sektor Unggulan Semarang Tahun 2017 Ini Bisa Menjadi Inspirasi Buat Konten

Ini kabar baik bagi untuk kami tentunya dalam hal produksi konten dan mendukung kota Semarang. Semenjak bulan Juli 2017, Badan Ekonomi Kreatif telah memverifikasi 4 sektor unggulan Semarang, diantaranya fesyen, arsitektur, game dan aplikasi. Selengkapnya.
Mengutip laman resmi kota Semarang, semarangkota.go.id, Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan bahwa di akhir bulan Juli, Pemerintah Kota Semarang mengusulkan kepada Badan Ekonomi Kreatif 3 sub sektor unggulan Kota Semarang. Arsitektur, game dan aplikasi, serta sub sektor fashion. Dan ketiga usulan tersebut telah diverifikasi dan ditetapkan.
Dari ke-4 sektor, fashion yang kami update sebelumnya di sini, sudah mendapatkan panggung yang dipromosikan pemerintah dengan membuat acara di Kota Lama. Dan tentu, ini akan terus dilakukan pemerintah untuk membuktikan apakah fashion merupakan sektor unggulan kali ini.
Dari dotsemarang, kami melihat ini adalah peluang baik untuk fokus pada konten yang berhubungan dengan sektor unggulan k…

Agenda Semarang September 2017

Selamat datang bulan September. Awal bulan ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 2017 yang diputuskan tanggal 1 September, hari jumat. Kami mengucapkan selamat hari Raya dan berikut daftar acara Semarang bulan.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [11 Agustus - 10 September] - Jateng Fair 2017 di PRPP. Info klik di sini.[30 Agustus - 3 September] - Acer Day di Paragon Mall Semarang.[30 Agustus -  9 September] - Pameran Handphone/Bazaar di Plasa Simpang Lima Semarang.[5 - 10 September] - Festival Kuliner Nusan…

Event Festival Kota Lama 2017

Event Festival Kota Lama kembali menyapa tahun ini, tepatnya tanggal 23 hingga 24 September 2017. Mari agendakan ke sini, karena acara diselenggarakan akhir pekan, Sabtu dan Minggu.
Festival Kota Lama yang diprakarsai oleh Oen Semarang Foundation dimulai sejak tahun 2012. Ini berarti, Festival Kota Lama 2017 sudah berjalan ke-6 kalinya (setahun sekali).
Untuk tema Festival Kota Lama tahun 2017 mengusung Sepanjang Jalan Kenangan. Dan lokasi acara berlangsung sekitar Polder Tawang, sama seperti tahun 2016. Acara yang diselenggarakan hari Sabtu dan Minggu ini tidak membuat panggung apung.

Tentang Festival Kota Lama 2017

[Press rilis] Melihat adanya berbagai kendala dalam pelestarian cagar budaya di Kota Lama, seperti kepemilikan bangunan, perawatan bangunan yang telah berusia tua, lingkungan sosial yang perlu ditingkatkan menjadi social capital, serta keterancaman lingkungan akibat iklim.

Kawasan Kota Lama menyimpan potensi yang luar biasa; termasuk masyarakatnya yang proaktif untuk teta…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Ikutan Lomba Blog Tentang Pesona Kabupaten Semarang, Yuk!

Kami punya kabar gembira buat kamu yang suka menulis lewat blog. Terutama segmen-segmen seperti wisata, kuliner, budaya dan sebagainya. Selain itu, hadiah bagi bloger yang menang nanti sangat menggiurkan. Tertarik?
Kabar baik ini bukan titipan sponsor maupun iklan. Kali ini, aktivitas dotsemarang bukan sebagai media partner atau blog partner, buzzer dan sebagainya. Namun aktivitas kami ini sebagai juri lomba blog yang diadakan dinas Pariwisata Kabupaten Semarang yang kantonya ada di Ungaran atau daerah Semarang atas (kami menyebutnya seperti itu).
Tema lomba blog
Yang terbiasa mengikuti kompetisi Liga Blogger Indonesia tentu lomba-lomba seperti ini makanan yang empuk. Karena kompetisi sedang libur, maka lomba ini bisa jadi alternatif buat diikuti.
Tema lomba blog dinas Pariwisata Kabupaten Semarang sendiri adalah tentang Pesona Kabupaten Semarang yang berhubungan dengan wisata, kuliner, budaya, minat khusus dan lain-lain.
Hadiah yang menggiurkan
Bagi kamu yang masuk kategori umum, hadi…