Optimalkan Pariwisata Indonesia, Kemenpar Bentuk Genpi Jateng


GenPI atau Generasi Pesona Indonesia adalah komunitas yang langsung dibentuk Kementrian Pariwisata Indonesia yang diharapkan dapat mengoptimalkan pasar pariwisata Indonesia. GenPI Jateng sendiri adalah komunitas keenam yang dibentuk, seperti apa komunitas ini dibentuk?

Tanggal 13 Maret 2017, bertempat di Hotel Aston Semarang, komunitas GenPI Jateng resmi dibentuk. Jateng mengikuti GenPI sebelumnya yang lebih dulu dibentuk seperti GenPI Lombok, Jawa Barat, Sumatera Barat, D.I Aceh dan Maluku. 

GenPI Jateng

Kami turut hadir dalam pembentukan GenPI ini yang dikemas dengan konsep FGD (Focus Group Discussion). Mereka yang hadir dan kemudian menjadi anggota kebanyakan adalah bloger dan penggiat media sosial yang sangat aktif di Jateng.

Dalam kegiatannya, acara ini juga dibahas peran strategis komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) dalam rangka penyusunan Strategi Pemasaran Wisata Tematik Jalur Rempah.

Hadir beberapa pembicara seperti Taufik Rahzen, Budayawan dan Staf Khusus Menteri Pariwisata dan Bidang Budaya yang membawakan tema Potensi dan Pengembangan Wisata Tematik Jalur Rempah.

Kemudian, Don Kardono dari Staf Khusus Pariwisata Bidang Media dan Komunikasi yang membawakan tema peran komunitas anak muda dalam perkembangan pemasaran Pariwisata Go Digital. 

Setelah makan siang, pembicara yang mengisi adalah Taufan Rahmadi dari anggota tim percepatan wisata halal dan tim percepatan 10 destinasi wisata pioritas. Tema yang dibawakan adalah membangun komunitas Netizen Pariwisata Indonesia.

Koordinator GenPI Lombok yang merupakan cikal bakal komunitas GenPI berdiri, Siti Chotijah turut dihadirkan dengan banyak berbagi pengalaman awal mula komunitas mereka berdiri. Beberapa prestasi yang didapat pun sangat luar biasa, dan ini tentu diharapkan sebagai pematik semangat komunitas lainnya.

Terkahir, ada Shafigh Pahlevi Lontoh dari Pegiat Pariwisata Jateng yang didaulat membawakan tema tentang peran komunitas komunitas anak muda Semarang sebagai pegiat Pariwisata di Jawa Tengah.

Setelah semua pembicara selesai, akhirnya dilakukan pemilihan anggota GenPI Jateng. Semua yang hadir dimasukkan dalam bagian komunitas, dan saat itu juga, Shafigh Pahlevi Lontoh dan Dedew Dewi Rieka sebagai ketua dan wakil GenPI wilayah Jawa Tengah.


Shafigh Pahlevi Lontoh (kiri) - foto by momtraveler.com


Peserta acara dan komunitas GenPI Jateng - foto by momtraveler.com

...

Kami turut senang dengan dibentuknya komunitas ini. Apalagi langsung dari Kementrian, mengingat kota dan provinsi sering melibatkan para penggiat Socmed dan bloger dalam mempromosikan Pariwisata Jawa Tengah. 

Selain membangun komunitas GenPI yang diharapkan dapat mengoptimalkan Pariwisata Indonesia, kegiatan ini juga diharapkan peran komunitas dalam mempromosikan wisata jalur rempah di daerahnya sebagai langkah awal perencanaan dan pengembangan strategi pemasaran wisata tematik jalur rempah dalam meningkatkan kunjungan pariwisata.

Sekali lagi selamat buat Jateng yang terpilih sebagai komunitas ke-6 Gerakan Pesona Indonesia (GenPI). 

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?