Langsung ke konten utama

Tantangan UMKM yang Ikut Acara di Mal


Pekan kedua Bulan Januari sedang berlangsung pameran bertajuk UMKM Jateng Expo 2017 di Java Supermall, Semarang. Pameran ini sendiri dilaksanakan dari tanggal 6-11 Januari.

dotsemarang mengunjungi pameran yang berada di lantai utama mal yang terletak di jalan MT. Haryono ini. Saat berada di sana, saya ingin tahu berapa banyak media sosial yang membicarakan pameran ini, termasuk para pelaku UMKM sendiri. Apakah mereka memanfaatkannya atau tidak.

Instagram dan Twitter sepertinya tidak ada yang membicarakan. Kemudian beralih ke facebook, dan menemukan kata kunci yang digunakan untuk mencari acara ini yaitu UMKM Jateng Expo 2017. Akhirnya dapat.

Pemiliknya yang mengupdate di Facebook ternyata sedang berada di lokasi. Saya bertemu dan mengobrol dengan beliau, wanita paruh baya yang sudah menggunakan Facebook cukup lama untuk menunjang bisnisnya.

Saya tertarik mengunjungi stannya karena ia adalah salah satu orang yang cukup update di FB. Apakah ini berarti situs jejaring sosial biru ini sangat digemari oleh mereka dengan segmentasi wanita dan yang berumur? Mungkin saja.

Tantangan pemilik bisnis UMKM saat acara

Banyak penyelenggara lupa memaksimalkan media sosial untuk berpromosi. Dan mengingat tahun 2017 ini masih awal, dotsemarang sedikit mengingatkan betapa pentingnya peranan media sosial. 


Bagi pihak penyelenggara mungkin saja sedikit terlena karena acara yang diadakan di tempat khalayak umum, khususnya mal, pasti menarik perhatian. Apalagi partner media juga yang digandeng sangat berpengaruh.

Bila bagi sebagian penyelenggara sudah puas untuk berpromosi, maka berbeda  dengan pemilik bisnis UMKM. Mal yang buka dari sekitar jam 9 pagi hingga tutup, rata-rata 9 atau 10 malam, tidak semua waktu bisa selalu dikunjungi banyak orang.

Apalagi pemilik UMKM tidak sendiri saat mengikuti acara. Banyak persaingan dari kompetitor dan inilah tantangan pemilik bisnis UMKM saat acara. Dibutuhkan kreativitas dan seni menjual, baik secara offline maupun online. 

Belajar dari salah satu owner yang saya temui di lokasi acara, beliau sangat jeli memanfaatkan Facebook untuk meningkatkan penjualannya dengan cara mengunggah beberapa foto menarik. Termasuk salah satu foto yang menguatkan lokasinya yang dihubungkan dengan stan dan backdrop acara.

Saat tahu itu, saya pun yakin bahwa ini benar yang dilakukan. Kami berbincang di sana dan ia mengatakan sangat terbantu dengan beberapa konsumen yang datang karena pengaruh promosi di Facebook.

Butuh admin atau manajer Media Sosial

Tantangan lain yang dihadapi pelaku UMKM saat acara, terutama di mal yang saya temui ini adalah pemilik terkadang kesulitan mengupdate karena pekerjaan utamanya adalah offline.


Saat bertanya tentang akun media sosial selain Facebook, maka sangat sulit untuk menambahkan akun lain yang dimiliki seperti Instagram, Twitter, atau pun Snacpchat.

Saya pikir, para pelaku UMKM semisal merasa kesulitan sebaiknya mempekerjakan admin atau manajer yang tugasnya mengelola media sosial selama pameran berlangsung.

Memang untuk pekerjaan ini tidak murah semisal berpatokan dengan kondisi yang ada di Jakarta. Cara mudahnya adalah mengajak keluarga, adik, atau anak yang setidaknya mau mengerjakan dan sedikit upah bayaran.

Tapi kalau mau profesional, apalagi harga sewa stan tidak murah, memang perlu jasa media sosial yang setidaknya profesional juga. Itu saran semisal ingin lebih besar memanfaatkan peluang di Internet.

Terakhir, Anda dapat mengendorse atau mengajak kerjasama dengan admin-admin media sosial yang kredible di kota tempat Anda berada, semisalnya akun kota. dotsemarang sendiri punya statistik dan review beberapa akun kota yang mungkin bisa direkomendasikan, tapi khusus Semarang. Silahkan cek di sini, Daftar Akun Twitter Semarang Tahun 2017.

...

Melihat perkembangan teknologi sekarang yang terus berkembang, UMKM atau UKM, ownernya bisa memanfaatkan dengan jeli Internet khususnya Media Sosial. 

Anda butuh mengupgrade smartphone bila perlu dan menggunakan jasa manajer media sosial untuk meningkatkan persaingan dan kemampuan menjangkau khalayak lebih luas.

Namun bila ingin yang sederhana, melakukan sendiri dengan merangkap admin, itu tidak masalah. Mungkin memanfaatkan waktu senggang saat tidak ada pengunjung untuk bisa mengupdate. Atau juga mengajak keluarga membantu menggunakan media sosial brand sendiri.

Yuk, mumpung masih awal tahun. Terus memperbarui informasi seputar perkembangan media sosial dan promosi. Jangan terlalu berharap pada penyelenggara disebuah acara, Anda bisa melakukan lebih lagi untuk menarik orang-orang yang berada di rumah untuk datang ke stan Anda sekarang.

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Februari 2018

Tahun baru Imlek di Semarang kali ini dijadikan momen mengadakan pameran handphone awal tahun 2018. Bila dilihat rentang waktu terakhir pameran diadakan, desember, ini berarti ada jeda 1 bulan kosong yang biasanya awal tahun selalu ada pameran. Ingin ganti hape?

Tuan rumah pameran hape di Semarang kali ini jatuh pada Paragon Mall dan Plasa Simpang Lima Semarang. Tidak ada Java Mall yang identik dengan pameran kali ini. Mungkin tempatnya sedang dipakai pameran lainnya.

Gadget Super Sale by Sinar Mas Selluler (SMS)

Pameran handphone di Paragon Mall digelar dari tanggal 14 Februari - 18 Februari 2018. Sepertinya mengambil momen hari Valentine mengawali pameran ini berlangsung.


Harga Asus Zenfone di Pameran Handphone Semarang Februari 2018
Pameran di Paragon sendiri sudah kami lihat. Saat kami kunjungi hari ini (16/2), mereka berbagi tempat dengan acara dari sebuah Bank yang sedang mengadakan roadshow dengan program menariknya.

Selain berkunjung ke stan ASUS, kami juga mengunjungi stan Nok…

Review The Cannibal Bistro & Bar

Bicara tentang tempat nongkrong di salah satu kawasan Semarang atas, Tembalang, tak ada habisnya. Kawasan yang menjadi pusat mahasiswa Universitas Diponegoro atau Undip ini memang sangat terkenal bagi kami yang tinggal di Semarang.

Generasi millenials yang sedang berkuliah di sana sangat beruntung dengan banyaknya ragam pilihan tempat melepaskan penat setelah belajar di bangku kelas. Bila malas keluar pun, ada layanan pesan antar yang juga bisa dimanfaatkan.

Sabtu kemarin (10/2) kami sedang berkunjung ke salah satu tempat nongkrong yang berada di jalan Mulawarman. Kami sadar bahwa lokasinya terbilang jauh untuk kami yang kebanyakan menghabiskan aktivitas di Semarang bawah.


Namun semua terbayar saat kunjungan pertama kali kami ke sini mendapati pemandangan yang indah, yaitu pematang sawah.

Apakah ini andalan view dari the cannibal? Sepertinya iya, bila membandingkan dengan beberapa tempat nongkrong yang pernah kami kunjungi sebelumnya.

Cannibal? Alasan dibalik nama

Ini bagian dalam sete…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Review Film Terjebak Nostalgia

Film Terjebak Nostalgia rilis di bioskop tanggal 1 desember 2016. Membawa durasi waktu sekitar 95 menit, film sutradara Rako Prijanto ini memiliki Raisa sebagai pemeran utamanya yang diduetkan dengan aktor ganteng Chicco Jerikho.
Saya sengaja memutuskan nonton film yang dibintangi Raisa Andriana ketimbang film Cinta Laki-laki Biasa yang sebenarnya saya sudah menandai film ini untuk ditonton. Hadirnya Raisa adalah salah satu faktor utama yang membuat saya tertarik, apalagi ini debutnya di layar lebar. 
Cerita
Selama nonton film ini suasana yang dibangun selalu menyenangkan. Saya pikir ceritanya akan mudah ditebak dengan awal ceritanya yang mirip-mirip film Drama Korea atau India.

Ternyata tidak, film yang mengambil syuting di Jabotabek dan New York ini ternyata penuh teka-teki. Rekan saya, kali ini saya berdua, bahkan sudah menebak ceritanya dan seolah biasa. Tapi buat saya tetap menarik.
Jatuh cinta, tema yang selalu menarik untuk diangkat. Dikemas dengan menarik, Raisa menemukan puja…

Agenda Semarang Februari 2018

Selamat datang bulan Februari. Bulan yang dianggap sebagian orang bulan penuh cinta ini bertepatan dengan salah satu acara di kota Semarang, Pasar Imlek Semawis. Berikut daftar acara di kota Semarang selama bulan Februari.

Agenda rutin :
[Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan.Agenda lainnya :
[1-12 Feb] - Pameran Otomotif Plasa 2018 di atrium Plasa Simpang Lima Semarang.[7-19 Feb] - Pameran Batik & Craft 'Harmoni Batik Indonesia' di Java Mall.[12-14 Feb] - Pasar Imlek Semawis 2018. Detail informasi klik di sini.[14-18 Feb] - Pameran Handphone di Paragon Mall.[15-25 Feb] - Pameran Handphone di Plasa Simpang Lima Semarang.[1…