Langsung ke konten utama

Tantangan UMKM yang Ikut Acara di Mal


Pekan kedua Bulan Januari sedang berlangsung pameran bertajuk UMKM Jateng Expo 2017 di Java Supermall, Semarang. Pameran ini sendiri dilaksanakan dari tanggal 6-11 Januari.

dotsemarang mengunjungi pameran yang berada di lantai utama mal yang terletak di jalan MT. Haryono ini. Saat berada di sana, saya ingin tahu berapa banyak media sosial yang membicarakan pameran ini, termasuk para pelaku UMKM sendiri. Apakah mereka memanfaatkannya atau tidak.

Instagram dan Twitter sepertinya tidak ada yang membicarakan. Kemudian beralih ke facebook, dan menemukan kata kunci yang digunakan untuk mencari acara ini yaitu UMKM Jateng Expo 2017. Akhirnya dapat.

Pemiliknya yang mengupdate di Facebook ternyata sedang berada di lokasi. Saya bertemu dan mengobrol dengan beliau, wanita paruh baya yang sudah menggunakan Facebook cukup lama untuk menunjang bisnisnya.

Saya tertarik mengunjungi stannya karena ia adalah salah satu orang yang cukup update di FB. Apakah ini berarti situs jejaring sosial biru ini sangat digemari oleh mereka dengan segmentasi wanita dan yang berumur? Mungkin saja.

Tantangan pemilik bisnis UMKM saat acara

Banyak penyelenggara lupa memaksimalkan media sosial untuk berpromosi. Dan mengingat tahun 2017 ini masih awal, dotsemarang sedikit mengingatkan betapa pentingnya peranan media sosial. 


Bagi pihak penyelenggara mungkin saja sedikit terlena karena acara yang diadakan di tempat khalayak umum, khususnya mal, pasti menarik perhatian. Apalagi partner media juga yang digandeng sangat berpengaruh.

Bila bagi sebagian penyelenggara sudah puas untuk berpromosi, maka berbeda  dengan pemilik bisnis UMKM. Mal yang buka dari sekitar jam 9 pagi hingga tutup, rata-rata 9 atau 10 malam, tidak semua waktu bisa selalu dikunjungi banyak orang.

Apalagi pemilik UMKM tidak sendiri saat mengikuti acara. Banyak persaingan dari kompetitor dan inilah tantangan pemilik bisnis UMKM saat acara. Dibutuhkan kreativitas dan seni menjual, baik secara offline maupun online. 

Belajar dari salah satu owner yang saya temui di lokasi acara, beliau sangat jeli memanfaatkan Facebook untuk meningkatkan penjualannya dengan cara mengunggah beberapa foto menarik. Termasuk salah satu foto yang menguatkan lokasinya yang dihubungkan dengan stan dan backdrop acara.

Saat tahu itu, saya pun yakin bahwa ini benar yang dilakukan. Kami berbincang di sana dan ia mengatakan sangat terbantu dengan beberapa konsumen yang datang karena pengaruh promosi di Facebook.

Butuh admin atau manajer Media Sosial

Tantangan lain yang dihadapi pelaku UMKM saat acara, terutama di mal yang saya temui ini adalah pemilik terkadang kesulitan mengupdate karena pekerjaan utamanya adalah offline.


Saat bertanya tentang akun media sosial selain Facebook, maka sangat sulit untuk menambahkan akun lain yang dimiliki seperti Instagram, Twitter, atau pun Snacpchat.

Saya pikir, para pelaku UMKM semisal merasa kesulitan sebaiknya mempekerjakan admin atau manajer yang tugasnya mengelola media sosial selama pameran berlangsung.

Memang untuk pekerjaan ini tidak murah semisal berpatokan dengan kondisi yang ada di Jakarta. Cara mudahnya adalah mengajak keluarga, adik, atau anak yang setidaknya mau mengerjakan dan sedikit upah bayaran.

Tapi kalau mau profesional, apalagi harga sewa stan tidak murah, memang perlu jasa media sosial yang setidaknya profesional juga. Itu saran semisal ingin lebih besar memanfaatkan peluang di Internet.

Terakhir, Anda dapat mengendorse atau mengajak kerjasama dengan admin-admin media sosial yang kredible di kota tempat Anda berada, semisalnya akun kota. dotsemarang sendiri punya statistik dan review beberapa akun kota yang mungkin bisa direkomendasikan, tapi khusus Semarang. Silahkan cek di sini, Daftar Akun Twitter Semarang Tahun 2017.

...

Melihat perkembangan teknologi sekarang yang terus berkembang, UMKM atau UKM, ownernya bisa memanfaatkan dengan jeli Internet khususnya Media Sosial. 

Anda butuh mengupgrade smartphone bila perlu dan menggunakan jasa manajer media sosial untuk meningkatkan persaingan dan kemampuan menjangkau khalayak lebih luas.

Namun bila ingin yang sederhana, melakukan sendiri dengan merangkap admin, itu tidak masalah. Mungkin memanfaatkan waktu senggang saat tidak ada pengunjung untuk bisa mengupdate. Atau juga mengajak keluarga membantu menggunakan media sosial brand sendiri.

Yuk, mumpung masih awal tahun. Terus memperbarui informasi seputar perkembangan media sosial dan promosi. Jangan terlalu berharap pada penyelenggara disebuah acara, Anda bisa melakukan lebih lagi untuk menarik orang-orang yang berada di rumah untuk datang ke stan Anda sekarang.

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sektor Unggulan Semarang Tahun 2017 Ini Bisa Menjadi Inspirasi Buat Konten

Ini kabar baik bagi untuk kami tentunya dalam hal produksi konten dan mendukung kota Semarang. Semenjak bulan Juli 2017, Badan Ekonomi Kreatif telah memverifikasi 4 sektor unggulan Semarang, diantaranya fesyen, arsitektur, game dan aplikasi. Selengkapnya.
Mengutip laman resmi kota Semarang, semarangkota.go.id, Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan bahwa di akhir bulan Juli, Pemerintah Kota Semarang mengusulkan kepada Badan Ekonomi Kreatif 3 sub sektor unggulan Kota Semarang. Arsitektur, game dan aplikasi, serta sub sektor fashion. Dan ketiga usulan tersebut telah diverifikasi dan ditetapkan.
Dari ke-4 sektor, fashion yang kami update sebelumnya di sini, sudah mendapatkan panggung yang dipromosikan pemerintah dengan membuat acara di Kota Lama. Dan tentu, ini akan terus dilakukan pemerintah untuk membuktikan apakah fashion merupakan sektor unggulan kali ini.
Dari dotsemarang, kami melihat ini adalah peluang baik untuk fokus pada konten yang berhubungan dengan sektor unggulan k…

Agenda Semarang September 2017

Selamat datang bulan September. Awal bulan ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 2017 yang diputuskan tanggal 1 September, hari jumat. Kami mengucapkan selamat hari Raya dan berikut daftar acara Semarang bulan.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [11 Agustus - 10 September] - Jateng Fair 2017 di PRPP. Info klik di sini.[30 Agustus - 3 September] - Acer Day di Paragon Mall Semarang.[30 Agustus -  9 September] - Pameran Handphone/Bazaar di Plasa Simpang Lima Semarang.[5 - 10 September] - Festival Kuliner Nusan…

Agenda Festival Kota Lama 2017

Event Festival Kota Lama kembali menyapa tahun ini, tepatnya tanggal 23 hingga 24 September 2017. Mari agendakan ke sini, karena acara diselenggarakan akhir pekan, Sabtu dan Minggu.
Festival Kota Lama yang diprakarsai oleh Oen Semarang Foundation dimulai sejak tahun 2012. Ini berarti, Festival Kota Lama 2017 sudah berjalan ke-6 kalinya (setahun sekali).
Untuk tema Festival Kota Lama tahun 2017 mengusung Sepanjang Jalan Kenangan. Dan lokasi acara berlangsung sekitar Polder Tawang, sama seperti tahun 2016. Acara yang diselenggarakan hari Sabtu dan Minggu ini tidak membuat panggung apung.

Tentang Festival Kota Lama 2017

[Press rilis] Melihat adanya berbagai kendala dalam pelestarian cagar budaya di Kota Lama, seperti kepemilikan bangunan, perawatan bangunan yang telah berusia tua, lingkungan sosial yang perlu ditingkatkan menjadi social capital, serta keterancaman lingkungan akibat iklim.

Kawasan Kota Lama menyimpan potensi yang luar biasa; termasuk masyarakatnya yang proaktif untuk teta…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Ini Dia Acara Menarik Selama Festival Kota Lama 2017

Bernostalgia menikmati suasana Tempoe Doeloe rasanya seperti kembali dengan mesin waktu. Festival Kota Lama menawarkan hal tersebut diakhir pekan besok, apakah kamu tidak ingin menghabiskan waktu di Semarang?
Acara Festival Kota Lama Tahun ini sudah memasuki tahun keenam. Mungkin buat kamu yang baru pertama kali, acara tahunan ini bisa jadi rekomendasi kemana menghabiskan akhir pekanmu besok. 
Festival Kota Lama, merupakan salah satu acara yang rutin digelar tiap tahun. Karena lokasinya Kota Lama, acara ini tentu sangat bagus buat kamu, apalagi hobi traveling. Detail event ini, selengkapnya bisa kamu baca di sini.
Apa saja yang menarik di Acara Festival Kota Lama 2017?
Midden Java Reuni Next Generation, bekerja sama dengan Budi Santoso Foundation yang telah diresmikan di Festival Kota Lama 2015. Acara temu kangen warga Jawa dan Belanda yang sama-sama tertarik dengan Kota Lama.
Ada Henny Purwonegoro, artis legendaris dari Indonesia
Bagi kamu yang termasuk generasi Z, mungkin nama artis …