Langsung ke konten utama

Tantangan UMKM yang Ikut Acara di Mal


Pekan kedua Bulan Januari sedang berlangsung pameran bertajuk UMKM Jateng Expo 2017 di Java Supermall, Semarang. Pameran ini sendiri dilaksanakan dari tanggal 6-11 Januari.

dotsemarang mengunjungi pameran yang berada di lantai utama mal yang terletak di jalan MT. Haryono ini. Saat berada di sana, saya ingin tahu berapa banyak media sosial yang membicarakan pameran ini, termasuk para pelaku UMKM sendiri. Apakah mereka memanfaatkannya atau tidak.

Instagram dan Twitter sepertinya tidak ada yang membicarakan. Kemudian beralih ke facebook, dan menemukan kata kunci yang digunakan untuk mencari acara ini yaitu UMKM Jateng Expo 2017. Akhirnya dapat.

Pemiliknya yang mengupdate di Facebook ternyata sedang berada di lokasi. Saya bertemu dan mengobrol dengan beliau, wanita paruh baya yang sudah menggunakan Facebook cukup lama untuk menunjang bisnisnya.

Saya tertarik mengunjungi stannya karena ia adalah salah satu orang yang cukup update di FB. Apakah ini berarti situs jejaring sosial biru ini sangat digemari oleh mereka dengan segmentasi wanita dan yang berumur? Mungkin saja.

Tantangan pemilik bisnis UMKM saat acara

Banyak penyelenggara lupa memaksimalkan media sosial untuk berpromosi. Dan mengingat tahun 2017 ini masih awal, dotsemarang sedikit mengingatkan betapa pentingnya peranan media sosial. 


Bagi pihak penyelenggara mungkin saja sedikit terlena karena acara yang diadakan di tempat khalayak umum, khususnya mal, pasti menarik perhatian. Apalagi partner media juga yang digandeng sangat berpengaruh.

Bila bagi sebagian penyelenggara sudah puas untuk berpromosi, maka berbeda  dengan pemilik bisnis UMKM. Mal yang buka dari sekitar jam 9 pagi hingga tutup, rata-rata 9 atau 10 malam, tidak semua waktu bisa selalu dikunjungi banyak orang.

Apalagi pemilik UMKM tidak sendiri saat mengikuti acara. Banyak persaingan dari kompetitor dan inilah tantangan pemilik bisnis UMKM saat acara. Dibutuhkan kreativitas dan seni menjual, baik secara offline maupun online. 

Belajar dari salah satu owner yang saya temui di lokasi acara, beliau sangat jeli memanfaatkan Facebook untuk meningkatkan penjualannya dengan cara mengunggah beberapa foto menarik. Termasuk salah satu foto yang menguatkan lokasinya yang dihubungkan dengan stan dan backdrop acara.

Saat tahu itu, saya pun yakin bahwa ini benar yang dilakukan. Kami berbincang di sana dan ia mengatakan sangat terbantu dengan beberapa konsumen yang datang karena pengaruh promosi di Facebook.

Butuh admin atau manajer Media Sosial

Tantangan lain yang dihadapi pelaku UMKM saat acara, terutama di mal yang saya temui ini adalah pemilik terkadang kesulitan mengupdate karena pekerjaan utamanya adalah offline.


Saat bertanya tentang akun media sosial selain Facebook, maka sangat sulit untuk menambahkan akun lain yang dimiliki seperti Instagram, Twitter, atau pun Snacpchat.

Saya pikir, para pelaku UMKM semisal merasa kesulitan sebaiknya mempekerjakan admin atau manajer yang tugasnya mengelola media sosial selama pameran berlangsung.

Memang untuk pekerjaan ini tidak murah semisal berpatokan dengan kondisi yang ada di Jakarta. Cara mudahnya adalah mengajak keluarga, adik, atau anak yang setidaknya mau mengerjakan dan sedikit upah bayaran.

Tapi kalau mau profesional, apalagi harga sewa stan tidak murah, memang perlu jasa media sosial yang setidaknya profesional juga. Itu saran semisal ingin lebih besar memanfaatkan peluang di Internet.

Terakhir, Anda dapat mengendorse atau mengajak kerjasama dengan admin-admin media sosial yang kredible di kota tempat Anda berada, semisalnya akun kota. dotsemarang sendiri punya statistik dan review beberapa akun kota yang mungkin bisa direkomendasikan, tapi khusus Semarang. Silahkan cek di sini, Daftar Akun Twitter Semarang Tahun 2017.

...

Melihat perkembangan teknologi sekarang yang terus berkembang, UMKM atau UKM, ownernya bisa memanfaatkan dengan jeli Internet khususnya Media Sosial. 

Anda butuh mengupgrade smartphone bila perlu dan menggunakan jasa manajer media sosial untuk meningkatkan persaingan dan kemampuan menjangkau khalayak lebih luas.

Namun bila ingin yang sederhana, melakukan sendiri dengan merangkap admin, itu tidak masalah. Mungkin memanfaatkan waktu senggang saat tidak ada pengunjung untuk bisa mengupdate. Atau juga mengajak keluarga membantu menggunakan media sosial brand sendiri.

Yuk, mumpung masih awal tahun. Terus memperbarui informasi seputar perkembangan media sosial dan promosi. Jangan terlalu berharap pada penyelenggara disebuah acara, Anda bisa melakukan lebih lagi untuk menarik orang-orang yang berada di rumah untuk datang ke stan Anda sekarang.

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film The Doll 2

Film The Doll 2 rilis tanggal 20 Juli 2017 di bioskop-bioskop tanah air. Membawa durasi 116 menit dengan batas usia penonton 17 tahun ke atas, film produksi Hitmaker Studios ini membawa wajah-wajah baru seperti Luna Maya dan Herjunot Ali.
Sukses yang pertama dengan pencapaian setengah juta penonton, membuat The Doll diharapkan mampu menembus angka 1 juta di versi keduanya. Apalagi genre film Horor Indonesia sedang mendapatkan panggung tahun ini yang sudah mendapatkan lebih 1 juta, bahkan 2 jutaan.
Setelah menyaksikan film ini saat rilis pertama kali, The Doll 2 tidak bercerita yang berkaitan dengan yang pertama. Ibaratnya berganti cerita namun sedikit bumbu-bumbu film sebelumnya yang tetap dimasukkan.
Kehilangan ikon
Entah apa yang dipikirkan sutradara merangkap penulis dan juga produser, Rocky Soraya mengganti pemeran utamanya yang bermain di film The Doll pertama. Shandy Aulia bagi kami merupakan ikon film Horor yang dinanti karna aktingnya yang selalu terlihat lugu tapi manis. Dan …

Sudah Tahu Cara Nambah Masa Aktif XL Hingga 1 Tahun?

Ada yang menggunakan kartu XL? Sudah tahu, operator dengan dominasi biru ini dapat menambah masa aktif hingga 1 tahun. Dengan masa aktif 1 tahun, Anda tidak perlu takut kartu Anda hangus tiba-tiba. Berikut cara aktivasinya.
Saya baru menggunakan kartu XL beberapa bulan ini setelah acara launching 4G XL LTE di Semarang bulan Juni 2016. Saat itu juga saya mengaktifkan fitur XL Tunai, sebuah layanan keuangan digital atau trennya dompet digital.
Karena saya pikir jarang menggunakan XL untuk keperluan hari-hari saya seperti koneksi Internet, saya tidak ingin XL Tunai saya mati begitu saja. Dan setelah mencari sana-sini informasi tentang layanan keuangan digital ini, saya baru tahu tentang masa aktif XL hingga 1 tahun.
Layanan Perpanjang Masa Aktif 
Ada 2 cara sebenarnya untuk menggunakan layanan ini. Bisa menggunakan nomor *123# atau lewat online dengan mengakses web 
1) *123#
Anda tinggal menekan angka diatas atau mau yang cepat ketik *123*8484#.  Ikuti petunjuknya dan silahkan pilih. Cont…

Agenda Semarang Juli 2017

Selamat datang di bulan Juli 2017. Selamat Hari Lebaran Idul Fitri 1438H, kami ucapkan. Berikut ini daftar agenda acara di kota Semarang yang berlangsung selama bulan Juli. Agenda ini akan terus diupdate, bila ada kekurangan, mohon dimaklumi.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [15 Juni - 3 Juli] - Lebaran Great Sale di Mal Ciputra.[26 Juni - 5 Juli] -  Pameran Handphone di Plasa Simpang Lima. Review Klik.[25 Juni - 2 Juli] - Festival Makanan 'Pulang Semarang 2' di Sri Ratu. Review klik.[20 Juni - 4 Juli…

Syuting Perdana, Film Wage Syukuran di Semarang

Film Wage direncanakan rilis bulan Oktober 2017. Film biopik ini mengangkat perjalanan masa muda WR. Soepratman yang merupakan Pahlawan Nasional dan juga pencipta Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Menariknya, syuting pertama dilakukan di Semarang dan berikut bocoran tentang film Wage selengkapnya.
Kami sangat senang bisa terlibat dan hadir di acara syukuran syuting film berjudul Wage hari jumat kemarin (21/7), di Tekodeko, kawasan Kota Lama Semarang. Sebagai bloger, kami selalu berharap bisa dilibatkan langsung dalam penyampaian informasi seperti launching maupun Konferensi Pers.
Syukuran sekaligus memperkenalkan para pemain film Wage

Untuk ruangan yang digunakan, memang tidak begitu luas. Namun acara berlangsung dengan hangat. Selain kami yang hadir, ada wartawan, bloger dari komunitas Gandjel rel dan beberapa perwakilan dari komunitas dan penggiat film.
Sebelum memotong tumpeng yang sudah tersedia di meja depan kami, pihak film yang diwakili Fachrul Muchsin (kritikus film dan penggaga…

Semarang Thal Cake Gelar Pre-Launching, Ngundang Bloger Hingga Komunitas Semarang

Semarang Thal Cake yang beralamat di jalan Sriwijaya No.4 ini menambah daftar tren oleh-oleh kekinian yang sedang menarik dilakukan para artis saat ini. Menarik kiat strategi yang dilakukan Ruben Onsu sebagai owner untuk memperkenalkan bisnisnya ini di Semarang. Penasaran?
Bertempat di lokasi Semarang Thal Cake, Sabtu pagi (15/7), kami turut hadir di acara Pre-Launching yang turut dihadiri pemiliknya, Ruben Onsu. Selain kami, ada beberapa bloger dan komunitas Semarang juga yang diundang untuk hadir, seperti Gandjel Rel, Kompakers, Hijabers, dan Foodgram. 

Alasan Ruben memilih Semarang sebagai kota pertama
Kami masih ingat pada November 2015, Semarang ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan wisata kuliner unggulan di Indonesia oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam acara  Dialog Gastronomi Nasional dan Peluncuran Destinasi Wisata Kuliner - Indonesia Spice Up The World. Ulasannya bisa kamu lihat di sini.
Semarang dianggap sudah memiliki standar kelayakan: produk dan daya t…