Langsung ke konten utama

Tantangan UMKM yang Ikut Acara di Mal


Pekan kedua Bulan Januari sedang berlangsung pameran bertajuk UMKM Jateng Expo 2017 di Java Supermall, Semarang. Pameran ini sendiri dilaksanakan dari tanggal 6-11 Januari.

dotsemarang mengunjungi pameran yang berada di lantai utama mal yang terletak di jalan MT. Haryono ini. Saat berada di sana, saya ingin tahu berapa banyak media sosial yang membicarakan pameran ini, termasuk para pelaku UMKM sendiri. Apakah mereka memanfaatkannya atau tidak.

Instagram dan Twitter sepertinya tidak ada yang membicarakan. Kemudian beralih ke facebook, dan menemukan kata kunci yang digunakan untuk mencari acara ini yaitu UMKM Jateng Expo 2017. Akhirnya dapat.

Pemiliknya yang mengupdate di Facebook ternyata sedang berada di lokasi. Saya bertemu dan mengobrol dengan beliau, wanita paruh baya yang sudah menggunakan Facebook cukup lama untuk menunjang bisnisnya.

Saya tertarik mengunjungi stannya karena ia adalah salah satu orang yang cukup update di FB. Apakah ini berarti situs jejaring sosial biru ini sangat digemari oleh mereka dengan segmentasi wanita dan yang berumur? Mungkin saja.

Tantangan pemilik bisnis UMKM saat acara

Banyak penyelenggara lupa memaksimalkan media sosial untuk berpromosi. Dan mengingat tahun 2017 ini masih awal, dotsemarang sedikit mengingatkan betapa pentingnya peranan media sosial. 


Bagi pihak penyelenggara mungkin saja sedikit terlena karena acara yang diadakan di tempat khalayak umum, khususnya mal, pasti menarik perhatian. Apalagi partner media juga yang digandeng sangat berpengaruh.

Bila bagi sebagian penyelenggara sudah puas untuk berpromosi, maka berbeda  dengan pemilik bisnis UMKM. Mal yang buka dari sekitar jam 9 pagi hingga tutup, rata-rata 9 atau 10 malam, tidak semua waktu bisa selalu dikunjungi banyak orang.

Apalagi pemilik UMKM tidak sendiri saat mengikuti acara. Banyak persaingan dari kompetitor dan inilah tantangan pemilik bisnis UMKM saat acara. Dibutuhkan kreativitas dan seni menjual, baik secara offline maupun online. 

Belajar dari salah satu owner yang saya temui di lokasi acara, beliau sangat jeli memanfaatkan Facebook untuk meningkatkan penjualannya dengan cara mengunggah beberapa foto menarik. Termasuk salah satu foto yang menguatkan lokasinya yang dihubungkan dengan stan dan backdrop acara.

Saat tahu itu, saya pun yakin bahwa ini benar yang dilakukan. Kami berbincang di sana dan ia mengatakan sangat terbantu dengan beberapa konsumen yang datang karena pengaruh promosi di Facebook.

Butuh admin atau manajer Media Sosial

Tantangan lain yang dihadapi pelaku UMKM saat acara, terutama di mal yang saya temui ini adalah pemilik terkadang kesulitan mengupdate karena pekerjaan utamanya adalah offline.


Saat bertanya tentang akun media sosial selain Facebook, maka sangat sulit untuk menambahkan akun lain yang dimiliki seperti Instagram, Twitter, atau pun Snacpchat.

Saya pikir, para pelaku UMKM semisal merasa kesulitan sebaiknya mempekerjakan admin atau manajer yang tugasnya mengelola media sosial selama pameran berlangsung.

Memang untuk pekerjaan ini tidak murah semisal berpatokan dengan kondisi yang ada di Jakarta. Cara mudahnya adalah mengajak keluarga, adik, atau anak yang setidaknya mau mengerjakan dan sedikit upah bayaran.

Tapi kalau mau profesional, apalagi harga sewa stan tidak murah, memang perlu jasa media sosial yang setidaknya profesional juga. Itu saran semisal ingin lebih besar memanfaatkan peluang di Internet.

Terakhir, Anda dapat mengendorse atau mengajak kerjasama dengan admin-admin media sosial yang kredible di kota tempat Anda berada, semisalnya akun kota. dotsemarang sendiri punya statistik dan review beberapa akun kota yang mungkin bisa direkomendasikan, tapi khusus Semarang. Silahkan cek di sini, Daftar Akun Twitter Semarang Tahun 2017.

...

Melihat perkembangan teknologi sekarang yang terus berkembang, UMKM atau UKM, ownernya bisa memanfaatkan dengan jeli Internet khususnya Media Sosial. 

Anda butuh mengupgrade smartphone bila perlu dan menggunakan jasa manajer media sosial untuk meningkatkan persaingan dan kemampuan menjangkau khalayak lebih luas.

Namun bila ingin yang sederhana, melakukan sendiri dengan merangkap admin, itu tidak masalah. Mungkin memanfaatkan waktu senggang saat tidak ada pengunjung untuk bisa mengupdate. Atau juga mengajak keluarga membantu menggunakan media sosial brand sendiri.

Yuk, mumpung masih awal tahun. Terus memperbarui informasi seputar perkembangan media sosial dan promosi. Jangan terlalu berharap pada penyelenggara disebuah acara, Anda bisa melakukan lebih lagi untuk menarik orang-orang yang berada di rumah untuk datang ke stan Anda sekarang.

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Juli 2018

Selamat datang bulan Juli di kota Semarang. Ada rencana apa saja selama di kota kami. Bila belum, halaman ini akan sedikit membantu tentang apa saja yang ramai di sini. Informasi akan terus kami perbarui.

Setelah libur lebaran, kita semua kembali ke rutinitas seperti biasanya. Sibuk dan sibuk. Bila sedang mengadakan perjalanan ke Semarang, tak salah melihat tempat-tempat menarik, berburu kuliner atau swafoto.

Berikut daftar agenda yang ada di Semarang, yang kami bagi dua:

Agenda rutin :
[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam)[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda lain
[2 Juli] - Jazz Reguler by Komunitas Jazz Ngisoringin di gedung event media creative space, jalan Ki Mangunsarkoro no. 18. Mulai jam 7 malam. Info Twitter @JAZZNGiSORiNGiN.[6-11 Juli] - Pameran komputer di Java Mall. Info klik di sini.[6-8 Juli] - Kejuaraan Motorcross Internasional MXGP 2018 di sirku…

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Sukses MXGP di Semarang, Seperti Apa Statistiknya di Media Sosial?

Gelaran MXGP di kota Semarang sukses digelar. Harapan mas Hendi (Wali Kota Semarang) berikutnya yang ingin menjadikan kota Semarang sebagai tuan rumah MotoGP patut kami dukung, mengingat nilai potensi yang bisa didapat bila itu benar-benar terealisasi. Lalu, seperti apa statistik di media sosial tentang acara Internasional MX GP ini?

Kami telah membuat statistik Twitter dengan tagar #MXGPSemarang yang menggunakan alat pengukur media sosial yang biasa kami gunakan, yaitu tweetbinder.com. Data ini kami buat pada tanggal 9 Juli, setelah acara berlangsung.
Statistik via Slideshare
Data ini kami taruh di situs Slideshare, dan ditaruh secara umum. Kamu dapat mengambilnya, bila ingin. Meski kami beri cuma-cuma, kami harap bisa dinotifikasi atau bilang ke kami bahwa kamu menggunakan data tersebut.

Statistik MXGP Semarang from Dot Semarang
Tentang statistik
Saat postingan ini kami buat, pengaruh tagar #MXGPSemarang di Instagram mendapatkan 2.282 posting yang dibagikan di sana. Tentu data ini aka…

[Review] Semarang Computer Expo 2018 : Perang Komputer Gaming

Pameran komputer Semarang ini diadakan di Java Mall, dari tanggal 6-11 Juli 2018. Yang menarik dari sini adalah kampanye promosi perang perangkat jinjing yang ditujukan kepada segmen pengguna yang menyukai game.

Bagaimana kabar kamu yang selalu bertanya pada kami tentang pameran komputer? Kami harap, kamu senang dan sudah membeli perangkat yang dicari.

Karena pameran komputer di Semarang hanya terlihat seperti yang sudah-sudah, postingan kami untuk ulasan event ini adalah melihat promosi yang ada di stan peserta. Apalagi stan yang berada di tengah-tengah adalah stan besar dengan promo yang tentu harus keren.

Komputer gaming yang mencuri perhatian

Ada pemandangan berbeda kali ini setelah sekian lama vakum pameran komputer yang sudah kami tunggu. Pameran komputer Juli ini didominasi perangkat yang memanjakan para gamers.


Acer hadir dengan brand Predatornya. Harga yang dibanderol untuk produk mereka mulai dari 11 jutaan. Selain melakukan promosi secara offline dengan menjadi salah satu p…