Langsung ke konten utama

3 Gagasan Strategi Influencer Marketing di Tahun 2017 : Membangun Blogger Program


Anda yang menjalankan bisnis, harus membaca postingan ini. Ada 3 strategi yang ditawarkan yang menyesuaikan perkembangan digital saat ini khususnya media sosial. Soal biaya, strategi ini bisa dikatakan lebih murah dan masih sangat efektif. Tertarik?

Tahun 2017, dotsemarang memulai dengan istilah influencer, ada yang tahu dengan istilah ini? Ya, influencer adalah orang yang dianggap berpengaruh khususnya di media sosial seperti artis atau orang-orang yang memiliki banyak pengikut yang biasa disebut seleb.

Influencer marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan kekuatan orang-orang berpengaruh untuk menyebarkan kesadaran merek dan membangun kepercayaan di antara konsumen. (marketing.co.id)

Sebenarnya, ini sudah dilakukan di tahun 2016. Tapi buat Anda yang belum pernah, strategi yang diambil dari situs mix.co.id (19/12/2016) bisa dicoba tahun ini.

1. Membangun Blogger Program

Sebuah blogger program dibutuhkan untuk menciptakan engagement yang kuat dengan para blogger. Hal ini menjadi penting, karena para blogger terpilih akan turut terlibat dalam mempromosikan produk-produk maupun layanan perusahaan. 

Biasanya, perusahaan akan menawarkan sampel produk atau layanan kepada para blogger, untuk kemudian mereka me-review produk atau layanan tersebut. Setelah itu, para blogger pun akan mendapat bayaran dari perusahaan. Sejatinya, blogger program merupakan langkah awal bagi perusahaan ketika akan bekerja sama dengan influencers. 

Meski saat ini banyak influencer hanya menggunakan media sosial seperti YouTube, Instagram, dan Snapchat, bagi brand dan retailers—terutama e-commerce—blogger program masih menjadi media favorit mereka. Sebab, melalui blog, konten produk dan layanan lebih mudah dipahami, hingga berujung pada kenaikan trafik kunjungan maupun penjualan.

2. Menggunakan Platform Influencer

Saat ini, ada sejumlah paltform yang dapat digunakan pemasar untuk menjalankan strategi influencer marketing. Misalnya, menggunakan platform Tomoson, yang memungkinkan pemasar untuk menciptakan kampanye influencer marketing secara spesifik guna memperoleh ulasan atas produk yang disponsori. 

Sejumlah kampanye terdiri dari detil tentang produk yang akan diulas oleh para influencer, yang dikemas dalam bentuk link di landing pages.

Keuntungan dari platform influencers seperti itu adalah kemampuan untuk menjalankan kampanye sesuai dengan kebutuhan, tanpa terikat kontrak. Benefit lainnya, pemasar juga dapat mengkontrol detil kampanye, pembayaran, dan komunikasi lewat masing-masing influencer. 

Selain Tomoson, platform influencer lain yang juga menawarkan akses langsung ke para influencer adalah BabbleBoxx, Influenster, Insightpool, dan Linqia.

3. Jadikan Pelanggan Sebagai Influencer

Pelanggan adalah salah satu influencer potensial bagi brand. Selain menjalin kerja sama dengan macro influencer dengan bayaran yang juga cukup signifikan, pemasar dapat menggunakan micro influencer, yakni pelanggan loyal yang memiliki gairah sangat besar akan brand, untuk kemudian mengajak mereka menjadi brand ambassador. 

Hal itu telah dilakukan oleh Lululemon, sebuah perusahaan pakaian olahraga, yang terbukti berhasil menjalankan program Brand Ambassadors dengan melibatkan pelanggan mereka.

Baru-baru ini, ritel sepatu Lems, berhasil menggunakan pendekatan yang sama dengan Lululemon. Lems menawarkan kepada passionate customer mereka untuk berpartisipasi dalam program brand ambassador Lems, yakni dengan mempromosikan produk mereka di 2017. 

Hadiah menarik nan istimewa pun ditawarkan Lems untuk kustomer yang bersedia berpartisipasi. Antara lain, berpeluang memperoleh berita terbaru dari Lems yang memang tidak dirilis ke publik, memperoleh produk Lems secara gratis, ditampilkan di website dan social media Lems, dan masih banyak lagi.

Untuk menentukan siapa pelanggan loyal yang berpotensi menjadi micro influencer, maka pemasar dapat menggunakan solusi seperti MAVRCK. Software tersebut dimulai dengan menggunakan daftar email, loyalty program, mobile app, atau situs ecommerce untuk mengidentifikasi sekaligus mengaktifkan siapa kustomer protensial yang berpengaruh yang dapat dijadikan influencer.

Tentu saja, kriteria itu sesuai dengan kebutuhan brand. Setelah diaktifkan, pemasar dapat menciptakan tawaran yang unik untuk segmen yang berbeda. 

Tawaran tersebut termasuk produk untuk diulas, berpartisipasi dalam survey, hingga sharing konten tentang brand. Software ini juga sudah dilengkapi dengan pengukuran efektivitas dari masing-masing partisipan—dalam hal ini pelanggan yang menjadi influencer.

Sumber original klik di sini

...

dotsemarang sebagai bloger, tentu sangat menyarankan yang pertama. Seperti menjelang akhir tahun 2016, dotsemarang turut hadir setelah diajak ke sebuah cafe yang baru launching.

Di sana, beberapa bloger terpilih disuruh mencicipi menu mereka dan diadakan semacam press conference dengan tambahan press release untuk menunjang promosi bisnis cafe tersebut.

Tertarik untuk mencoba salah satu di atas? Di Semarang sendiri ada banyak bloger dan komunitas bloger seperti Loenpia dan Gandjel Rel. Silahkan berkolaborasi dengan mereka

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

  1. program ini menarik untuk didalami dan dimanfaatkan oleh para blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya begitu.
      Semoga tahun ini khususnya pemasar lokal (daerah) bisa melihat blogger yang ada di sekitar juga

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Film The Doll 2

Film The Doll 2 rilis tanggal 20 Juli 2017 di bioskop-bioskop tanah air. Membawa durasi 116 menit dengan batas usia penonton 17 tahun ke atas, film produksi Hitmaker Studios ini membawa wajah-wajah baru seperti Luna Maya dan Herjunot Ali.
Sukses yang pertama dengan pencapaian setengah juta penonton, membuat The Doll diharapkan mampu menembus angka 1 juta di versi keduanya. Apalagi genre film Horor Indonesia sedang mendapatkan panggung tahun ini yang sudah mendapatkan lebih 1 juta, bahkan 2 jutaan.
Setelah menyaksikan film ini saat rilis pertama kali, The Doll 2 tidak bercerita yang berkaitan dengan yang pertama. Ibaratnya berganti cerita namun sedikit bumbu-bumbu film sebelumnya yang tetap dimasukkan.
Kehilangan ikon
Entah apa yang dipikirkan sutradara merangkap penulis dan juga produser, Rocky Soraya mengganti pemeran utamanya yang bermain di film The Doll pertama. Shandy Aulia bagi kami merupakan ikon film Horor yang dinanti karna aktingnya yang selalu terlihat lugu tapi manis. Dan …

Semarang Thal Cake Gelar Pre-Launching, Ngundang Bloger Hingga Komunitas Semarang

Semarang Thal Cake yang beralamat di jalan Sriwijaya No.4 ini menambah daftar tren oleh-oleh kekinian yang sedang menarik dilakukan para artis saat ini. Menarik kiat strategi yang dilakukan Ruben Onsu sebagai owner untuk memperkenalkan bisnisnya ini di Semarang. Penasaran?
Bertempat di lokasi Semarang Thal Cake, Sabtu pagi (15/7), kami turut hadir di acara Pre-Launching yang turut dihadiri pemiliknya, Ruben Onsu. Selain kami, ada beberapa bloger dan komunitas Semarang juga yang diundang untuk hadir, seperti Gandjel Rel, Kompakers, Hijabers, dan Foodgram. 

Alasan Ruben memilih Semarang sebagai kota pertama
Kami masih ingat pada November 2015, Semarang ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan wisata kuliner unggulan di Indonesia oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam acara  Dialog Gastronomi Nasional dan Peluncuran Destinasi Wisata Kuliner - Indonesia Spice Up The World. Ulasannya bisa kamu lihat di sini.
Semarang dianggap sudah memiliki standar kelayakan: produk dan daya t…

Jadwal Pameran Komputer Bulan Agustus 2017 : Sudah Ada

Pameran komputer di Semarang untuk bulan Agustus sudah ada ada infonya berikut ini. Menurut dotsemarang, pameran komputer ini merupakan pameran yang kedua sepanjang tahun 2017. Berikut detail jadwal dan lokasi tempatnya.
Info jadwal pameran yang dotsemarang posting rata-rata didapat dari baliho yang ada di jalan. Jadi untuk pertanyaan detail acara, kami tak bisa memberitahu karna kami bukan panitia atau EO pelaksana acara. dotsemarang hanya berbagi info saja.

Bertajuk Semarang Computer Expo 2017, pameran komputer ini berlangsung bulan Agustus, atau tepatnya tanggal 3-7 Agustus, hanya 5 hari dan dimulai hari Kamis. Lokasinya seperti biasa, Java Super Mall Semarang.
Terkahir kami mencatat tentang jadwal pameran handphone adalah bulan Maret 2017, review singkat pameran yang juga dilaksanakan di Java Mall bisa kamu lihat di sini
Sekali lagi, untuk detail info event kami tidak bisa memberitau lebih lengkap. Kami tidak bekerjasama dengan pihak acara. 
Artikel terkait : Jadwal Pameran Kompu…

Sudah Tahu Cara Nambah Masa Aktif XL Hingga 1 Tahun?

Ada yang menggunakan kartu XL? Sudah tahu, operator dengan dominasi biru ini dapat menambah masa aktif hingga 1 tahun. Dengan masa aktif 1 tahun, Anda tidak perlu takut kartu Anda hangus tiba-tiba. Berikut cara aktivasinya.
Saya baru menggunakan kartu XL beberapa bulan ini setelah acara launching 4G XL LTE di Semarang bulan Juni 2016. Saat itu juga saya mengaktifkan fitur XL Tunai, sebuah layanan keuangan digital atau trennya dompet digital.
Karena saya pikir jarang menggunakan XL untuk keperluan hari-hari saya seperti koneksi Internet, saya tidak ingin XL Tunai saya mati begitu saja. Dan setelah mencari sana-sini informasi tentang layanan keuangan digital ini, saya baru tahu tentang masa aktif XL hingga 1 tahun.
Layanan Perpanjang Masa Aktif 
Ada 2 cara sebenarnya untuk menggunakan layanan ini. Bisa menggunakan nomor *123# atau lewat online dengan mengakses web 
1) *123#
Anda tinggal menekan angka diatas atau mau yang cepat ketik *123*8484#.  Ikuti petunjuknya dan silahkan pilih. Cont…

Agenda Semarang Juli 2017

Selamat datang di bulan Juli 2017. Selamat Hari Lebaran Idul Fitri 1438H, kami ucapkan. Berikut ini daftar agenda acara di kota Semarang yang berlangsung selama bulan Juli. Agenda ini akan terus diupdate, bila ada kekurangan, mohon dimaklumi.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [15 Juni - 3 Juli] - Lebaran Great Sale di Mal Ciputra.[26 Juni - 5 Juli] -  Pameran Handphone di Plasa Simpang Lima. Review Klik.[25 Juni - 2 Juli] - Festival Makanan 'Pulang Semarang 2' di Sri Ratu. Review klik.[20 Juni - 4 Juli…