Langsung ke konten utama

3 Gagasan Strategi Influencer Marketing di Tahun 2017 : Membangun Blogger Program


Anda yang menjalankan bisnis, harus membaca postingan ini. Ada 3 strategi yang ditawarkan yang menyesuaikan perkembangan digital saat ini khususnya media sosial. Soal biaya, strategi ini bisa dikatakan lebih murah dan masih sangat efektif. Tertarik?

Tahun 2017, dotsemarang memulai dengan istilah influencer, ada yang tahu dengan istilah ini? Ya, influencer adalah orang yang dianggap berpengaruh khususnya di media sosial seperti artis atau orang-orang yang memiliki banyak pengikut yang biasa disebut seleb.

Influencer marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan kekuatan orang-orang berpengaruh untuk menyebarkan kesadaran merek dan membangun kepercayaan di antara konsumen. (marketing.co.id)

Sebenarnya, ini sudah dilakukan di tahun 2016. Tapi buat Anda yang belum pernah, strategi yang diambil dari situs mix.co.id (19/12/2016) bisa dicoba tahun ini.

1. Membangun Blogger Program

Sebuah blogger program dibutuhkan untuk menciptakan engagement yang kuat dengan para blogger. Hal ini menjadi penting, karena para blogger terpilih akan turut terlibat dalam mempromosikan produk-produk maupun layanan perusahaan. 

Biasanya, perusahaan akan menawarkan sampel produk atau layanan kepada para blogger, untuk kemudian mereka me-review produk atau layanan tersebut. Setelah itu, para blogger pun akan mendapat bayaran dari perusahaan. Sejatinya, blogger program merupakan langkah awal bagi perusahaan ketika akan bekerja sama dengan influencers. 

Meski saat ini banyak influencer hanya menggunakan media sosial seperti YouTube, Instagram, dan Snapchat, bagi brand dan retailers—terutama e-commerce—blogger program masih menjadi media favorit mereka. Sebab, melalui blog, konten produk dan layanan lebih mudah dipahami, hingga berujung pada kenaikan trafik kunjungan maupun penjualan.

2. Menggunakan Platform Influencer

Saat ini, ada sejumlah paltform yang dapat digunakan pemasar untuk menjalankan strategi influencer marketing. Misalnya, menggunakan platform Tomoson, yang memungkinkan pemasar untuk menciptakan kampanye influencer marketing secara spesifik guna memperoleh ulasan atas produk yang disponsori. 

Sejumlah kampanye terdiri dari detil tentang produk yang akan diulas oleh para influencer, yang dikemas dalam bentuk link di landing pages.

Keuntungan dari platform influencers seperti itu adalah kemampuan untuk menjalankan kampanye sesuai dengan kebutuhan, tanpa terikat kontrak. Benefit lainnya, pemasar juga dapat mengkontrol detil kampanye, pembayaran, dan komunikasi lewat masing-masing influencer. 

Selain Tomoson, platform influencer lain yang juga menawarkan akses langsung ke para influencer adalah BabbleBoxx, Influenster, Insightpool, dan Linqia.

3. Jadikan Pelanggan Sebagai Influencer

Pelanggan adalah salah satu influencer potensial bagi brand. Selain menjalin kerja sama dengan macro influencer dengan bayaran yang juga cukup signifikan, pemasar dapat menggunakan micro influencer, yakni pelanggan loyal yang memiliki gairah sangat besar akan brand, untuk kemudian mengajak mereka menjadi brand ambassador. 

Hal itu telah dilakukan oleh Lululemon, sebuah perusahaan pakaian olahraga, yang terbukti berhasil menjalankan program Brand Ambassadors dengan melibatkan pelanggan mereka.

Baru-baru ini, ritel sepatu Lems, berhasil menggunakan pendekatan yang sama dengan Lululemon. Lems menawarkan kepada passionate customer mereka untuk berpartisipasi dalam program brand ambassador Lems, yakni dengan mempromosikan produk mereka di 2017. 

Hadiah menarik nan istimewa pun ditawarkan Lems untuk kustomer yang bersedia berpartisipasi. Antara lain, berpeluang memperoleh berita terbaru dari Lems yang memang tidak dirilis ke publik, memperoleh produk Lems secara gratis, ditampilkan di website dan social media Lems, dan masih banyak lagi.

Untuk menentukan siapa pelanggan loyal yang berpotensi menjadi micro influencer, maka pemasar dapat menggunakan solusi seperti MAVRCK. Software tersebut dimulai dengan menggunakan daftar email, loyalty program, mobile app, atau situs ecommerce untuk mengidentifikasi sekaligus mengaktifkan siapa kustomer protensial yang berpengaruh yang dapat dijadikan influencer.

Tentu saja, kriteria itu sesuai dengan kebutuhan brand. Setelah diaktifkan, pemasar dapat menciptakan tawaran yang unik untuk segmen yang berbeda. 

Tawaran tersebut termasuk produk untuk diulas, berpartisipasi dalam survey, hingga sharing konten tentang brand. Software ini juga sudah dilengkapi dengan pengukuran efektivitas dari masing-masing partisipan—dalam hal ini pelanggan yang menjadi influencer.

Sumber original klik di sini

...

dotsemarang sebagai bloger, tentu sangat menyarankan yang pertama. Seperti menjelang akhir tahun 2016, dotsemarang turut hadir setelah diajak ke sebuah cafe yang baru launching.

Di sana, beberapa bloger terpilih disuruh mencicipi menu mereka dan diadakan semacam press conference dengan tambahan press release untuk menunjang promosi bisnis cafe tersebut.

Tertarik untuk mencoba salah satu di atas? Di Semarang sendiri ada banyak bloger dan komunitas bloger seperti Loenpia dan Gandjel Rel. Silahkan berkolaborasi dengan mereka

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

  1. program ini menarik untuk didalami dan dimanfaatkan oleh para blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seharusnya begitu.
      Semoga tahun ini khususnya pemasar lokal (daerah) bisa melihat blogger yang ada di sekitar juga

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Mei 2018

Selamat datang di bulan Mei 2018. Bulan ini, masyarakat Indonesia akan mulai berpuasa. Kami berharap dapat lebih banyak menghadirkan info seputar ramadhan di blog dotsemarang. Selamat berpuasa bagi yang menunaikan.

Agenda rutin :
[Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam)Agenda lainnya :
[20 April - 16 Mei] - Gebyar Pasar Rakyat Semarang 2018[2-3 Mei] - Smart City Forum di Balai Kota Semarang.[2-4 Mei] - Festival Ekonomi Syariah Regional Jawa di Majesty Convention Hall Semarang.[4-6 Mei] - Pameran Franchise di DP Mall Semarang.[5 Mei] - Resepsi Hari Jadi Ke-471 kota Semarang[5 Mei] - Semarang Night Carnival di Hala…

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Mei 2018

Pameran handphone bulan Mei diselenggarakan di Java Mall Semarang, dari tanggal 9-15 Mei 2018. Lama juga menanti pameran ini, apalagi kali ini datangnya menjelang puasa. Seperti apa suasananya?
Kami yakin, kamu sudah tidak sabar menanti pameran ini yang cukup lama absen. Apalagi tren Smartphone yang terus update yang benar-benar tidak terbendung.
Momen menjelang puasa benar-benar dimanfaatkan oleh penyelenggara untuk menarik minat masyarakat agar mau membeli.
Kami coba melihat langsung seperti apa suasana di sana. Rupanya tidak besar. Maksud kami, tidak seperti mengambil semua tempat yang biasa dilakukan untuk acara pameran.
Bagian separuh tempat, digunakan oleh penyelenggara acara lain yang bertajuk UKM. Soal gadget apa saja yang ditawarkan, tentu tujuan kami hanya Asus yang stan tidak begitu besar.


Saat kami cari produk terbarunya seperti Zenfone Max Pro M1 memang belum tersedia. Meski begitu tawaran untuk mencicil HP masih menjadi keuntungan buat kamu yang ingin membeli dengan bud…

Tips Memotret Makanan dengan Kamera Ponsel

Selamat berpuasa hari ini bagi yang menjalankan. Pas sekali kami mengeluarkan postingan tips memotret ini, yang mungkin bagi sebagian dari kamu sudah mengerti. Apakah kamu masih belum mendapatkan momen bagus buat mengambil objek makanan?

Ini adalah kelanjutan dari postingan sebelumnya saat kami mengikuti acara KEB Intimate "Talk About Food Photography" di Hotel Pessona Semarang. KEB sendiri berarti kumpulan Emak Blogger. Kepoin aja tentang acara ini di sini.

Dalam dunianya, maksud kami bidang profesinya, mas Hinu Indra Wardhana sudah sangat dikenal. Namun buat kami, ini pertemuan pertama kami dan baru mengenalnya.

Beliau mengisi acara yang dilaksanakan di hotel Pessona di akhir pekan, atau Sabtu - tanggal 5 Mei 2018. Peserta yang hadir sebagian besar merupakan perempuan semua.

Pacari ponselmu

Dengan segala kelebihannya, Smartphone sekarang memang sudah termasuk sangat baik dalam hal mengambil gambar. Selain praktis, kemampuannya hampir sama dengan kamera DSLR atau SLR. Maka …

[Review Event] International Semarang Night Carnival 2018

Cuaca kota Semarang hari ini sangat cerah. Entah kenapa, malam minggu seperti sudah menjadi hari rutin digunakan untuk pelaksanaan acara Semarang Night Carnival (SNC) yang tahun ini jatuh pada tanggal 5 Mei 2018. Apakah kamu pergi menonton?

Semarang Night Carnival 2018 datang kembali dengan mengusung tema 'Kemilau Semarang'. Acara setahun sekali ini yang sudah berjalan 8 kali memang harus ditunggu, apalagi kali ini acara tidak sekedar berskala nasional, melainkan Internasional.

Selain perubahan tema yang membuat semua kostum ikut berubah tahun ini dengan tahun sebelumnya, rute perjalanan peserta SNC pun turut berubah. Tidak ada kawasan sekitar titik nol kilometer yang biasa beberapa tahun terus dihidupkan.

Titik utama kali ini, untuk keberangkatan dan kembali, berada di Balai Kota. Peserta karnaval berjalan mengelilingi jalan Pemuda yang memutar ke kampus Udinus atau jalan Imam Bonjol. Lalu, memutar menuju Paragon Mal dan selesai kembali di Balai Kota.

Akses macet menuju lokas…