Langsung ke konten utama

10 Peringkat Tertinggi Indeks Pariwisata Indonesia : Semarang Salah Satunya


Ada kabar gembira bagi warga kota Semarang terkait Pariwisata, dimana Semarang termasuk dalam peringkat 10 besar untuk penilaian indeks Pariwisata yang dikeluarkan Kemenpar. Ini bisa jadi motivasi sendiri untuk terus meningkatkan iklim wisata, berikut info lengkapnya.

Dilansir dari cnnindonesia.com (8/12), Semarang berada diurutan ke-5. Sedangkan peringkat teratas, ada Denpasar yang ditemani Surabaya dan Batam. Berikut daftar lengkapnya

  1. Kota Denpasar                3,81
  2. Kota Surabaya                3,74
  3. Kota Batam                    3,73
  4. Kab Sleman                    3,72
  5. Kota Semarang               3,59
  6. Kab Badung                    3,55
  7. Kota Bandung                 3,39
  8. Kab Banyuwangi             3,30
  9. Kab Bogor                      3,27
  10. Kab Bantul                      3,22

Bagaimana cara mereka menilai?

Ternyata Indeks Pariwisata Indonesia (IPI) ini pertama kali diluncurkan Kemenpar pada saat acara rakornas IV Pariwisata di Hotel Sultan, Jakarta pada 6-7 Desember yang digelar Kemenpar.

IPI sendiri melibatkan 505 kabupaten-kota se-Indonesia. Penyusunan ranking itu didapat melalui survei dan mengacu pada Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF) serta sudah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

“Gunakan global standard agar kita bisa berkompetisi di level global. Standar penilaiannya menggunakan TTCI – WEF yang sudah diakui dunia, dan semua Negara dipotret dengan analisa indikator serta kriteria yang mereka buat. Hasil itu bisa digunakan untuk mengukur kesiapan daerah tujuan pariwisata menjadi motor pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional,”  ujar Menpar Arief Yahya.

Pengukuran IPI berbasis data sekunder (data statistik) digunakan untuk menentukan skor indeks daya saing pariwisata di 505 kabupaten/kota. Empat aspek penopang pariwisata seperti aspek lingkungan pendukung bisnis, tata kelola, potensi wisata, dan infrastruktur semuanya dinilai. 

Keempat aspek inilah yang disusun sebagai basis konsep pengukuran IPI. Totalnya ada 78 indikator data yang dikelompokkan menjadi 14 pilar penilaian. Tiap pilar dikelompokkan lagi menjadi empat aspek pengukuran utama.

Pengukuran indeks persepsi juga dilakukan terhadap 25 daerah dengan skor tertinggi berdasarkan hasil pengukuran indeks daya saing pariwisata. Survei persepsi yang menggunakan model wawancara tatap muka ini bertujuan mengetahui bobot hasil pengukuran indeks daya saing dengan memasukkan penilaian masyarakat terkait pembangunan pariwisata di daerah masing-masing. “Tim penelitinya juga kredibel, terpercaya, yakni Kompas,” kata Arief Yahya.

Hasilnya, tingkat daya saing tertinggi industri pariwisata Indonesia masih didominasi kota-kota besar. Kota Denpasar menduduki peringkat tertinggi dalam Indeks Pariwisata Indonesia dengan skor 3,81 dari rentang skala indeks 0 – 5. 

Aspek lingkungan pendukung bisnis, tata kelola, dan infrastruktur menjadi penopang utama keunggulan ibu kota Provinsi Bali itu. Denpasar juga sukses menyambar posisi pertama untuk kategori Aspek Lingkungan Pendukung Bisnis dengan skor 3,71.

Selain memasukkan Semarang dalam 10 peringkat IPI, ibukota Provinsi Jawa Tengah ini juga masuk dalam peringkat Tertinggi Aspek Lingkungan Pendukung Bisnis Pariwisata.

5 Peringkat Tertinggi Aspek Lingkungan Pendukung Bisnis Pariwisata

No          KAB/KOTA           SKOR         PERINGKAT
1           Kota Denpasar       3,71               1
2              Sleman              3,42               2
3           Kota Semarang      3,26               3
4           Kota Surabaya       3,21               4
5           Bantul                   3,19               5

5 Peringkat Tertinggi Aspek Tata Kelola Pariwisata

No          KAB/KOTA              SKOR     PERINGKAT
1              Kota Surakarta      3,99        1
2              Kota Denpasar      3,79        2
3              Badung                3,68        3
4              Kota Makassar      3,59        4
5              Kota Yogyakarta   3,54        5

5 Peringkat Tertinggi Aspek Infrastruktur Pendukung Pariwisata

No          KAB/KOTA              SKOR     PERINGKAT
1              Kota Makassar      4,39        1
2              Kota Denpasar      4,12        2
3              Kota Bandung       4,12        3
4              Kota Surabaya      3,89        4
5              Kota Palembang   3,75        5

5 Peringkat Tertinggi Aspek Potensi Wisata Alam dan Wisata Buatan 

No          KAB/KOTA             SKOR     PERINGKAT
1             Sukabumi             3,79        1
2             Badung                 3,45        2
3             Bogor                   3,39        3
4             Wakatobi              3,29        4
5             Raja Ampat           3,25        5


...

Menarik melihat data ini yang sebentar lagi kalender akan berubah ke tahun 2017. Apakah dengan data ini, Semarang lebih terpacu lagi untuk mengembangkan potensi dan sektor-sektor wisata guna menarik kunjungan wisatawan lokal dan luar.

Original konten klik di sini.

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Sektor Unggulan Semarang Tahun 2017 Ini Bisa Menjadi Inspirasi Buat Konten

Ini kabar baik bagi untuk kami tentunya dalam hal produksi konten dan mendukung kota Semarang. Semenjak bulan Juli 2017, Badan Ekonomi Kreatif telah memverifikasi 4 sektor unggulan Semarang, diantaranya fesyen, arsitektur, game dan aplikasi. Selengkapnya.
Mengutip laman resmi kota Semarang, semarangkota.go.id, Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan bahwa di akhir bulan Juli, Pemerintah Kota Semarang mengusulkan kepada Badan Ekonomi Kreatif 3 sub sektor unggulan Kota Semarang. Arsitektur, game dan aplikasi, serta sub sektor fashion. Dan ketiga usulan tersebut telah diverifikasi dan ditetapkan.
Dari ke-4 sektor, fashion yang kami update sebelumnya di sini, sudah mendapatkan panggung yang dipromosikan pemerintah dengan membuat acara di Kota Lama. Dan tentu, ini akan terus dilakukan pemerintah untuk membuktikan apakah fashion merupakan sektor unggulan kali ini.
Dari dotsemarang, kami melihat ini adalah peluang baik untuk fokus pada konten yang berhubungan dengan sektor unggulan k…

Agenda Semarang September 2017

Selamat datang bulan September. Awal bulan ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 2017 yang diputuskan tanggal 1 September, hari jumat. Kami mengucapkan selamat hari Raya dan berikut daftar acara Semarang bulan.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [11 Agustus - 10 September] - Jateng Fair 2017 di PRPP. Info klik di sini.[30 Agustus - 3 September] - Acer Day di Paragon Mall Semarang.[30 Agustus -  9 September] - Pameran Handphone/Bazaar di Plasa Simpang Lima Semarang.[5 - 10 September] - Festival Kuliner Nusan…

Agenda Festival Kota Lama 2017

Event Festival Kota Lama kembali menyapa tahun ini, tepatnya tanggal 23 hingga 24 September 2017. Mari agendakan ke sini, karena acara diselenggarakan akhir pekan, Sabtu dan Minggu.
Festival Kota Lama yang diprakarsai oleh Oen Semarang Foundation dimulai sejak tahun 2012. Ini berarti, Festival Kota Lama 2017 sudah berjalan ke-6 kalinya (setahun sekali).
Untuk tema Festival Kota Lama tahun 2017 mengusung Sepanjang Jalan Kenangan. Dan lokasi acara berlangsung sekitar Polder Tawang, sama seperti tahun 2016. Acara yang diselenggarakan hari Sabtu dan Minggu ini tidak membuat panggung apung.

Tentang Festival Kota Lama 2017

[Press rilis] Melihat adanya berbagai kendala dalam pelestarian cagar budaya di Kota Lama, seperti kepemilikan bangunan, perawatan bangunan yang telah berusia tua, lingkungan sosial yang perlu ditingkatkan menjadi social capital, serta keterancaman lingkungan akibat iklim.

Kawasan Kota Lama menyimpan potensi yang luar biasa; termasuk masyarakatnya yang proaktif untuk teta…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Ini Dia Acara Menarik Selama Festival Kota Lama 2017

Bernostalgia menikmati suasana Tempoe Doeloe rasanya seperti kembali dengan mesin waktu. Festival Kota Lama menawarkan hal tersebut diakhir pekan besok, apakah kamu tidak ingin menghabiskan waktu di Semarang?
Acara Festival Kota Lama Tahun ini sudah memasuki tahun keenam. Mungkin buat kamu yang baru pertama kali, acara tahunan ini bisa jadi rekomendasi kemana menghabiskan akhir pekanmu besok. 
Festival Kota Lama, merupakan salah satu acara yang rutin digelar tiap tahun. Karena lokasinya Kota Lama, acara ini tentu sangat bagus buat kamu, apalagi hobi traveling. Detail event ini, selengkapnya bisa kamu baca di sini.
Apa saja yang menarik di Acara Festival Kota Lama 2017?
Midden Java Reuni Next Generation, bekerja sama dengan Budi Santoso Foundation yang telah diresmikan di Festival Kota Lama 2015. Acara temu kangen warga Jawa dan Belanda yang sama-sama tertarik dengan Kota Lama.
Ada Henny Purwonegoro, artis legendaris dari Indonesia
Bagi kamu yang termasuk generasi Z, mungkin nama artis …