Langsung ke konten utama

10 Peringkat Tertinggi Indeks Pariwisata Indonesia : Semarang Salah Satunya


Ada kabar gembira bagi warga kota Semarang terkait Pariwisata, dimana Semarang termasuk dalam peringkat 10 besar untuk penilaian indeks Pariwisata yang dikeluarkan Kemenpar. Ini bisa jadi motivasi sendiri untuk terus meningkatkan iklim wisata, berikut info lengkapnya.

Dilansir dari cnnindonesia.com (8/12), Semarang berada diurutan ke-5. Sedangkan peringkat teratas, ada Denpasar yang ditemani Surabaya dan Batam. Berikut daftar lengkapnya

  1. Kota Denpasar                3,81
  2. Kota Surabaya                3,74
  3. Kota Batam                    3,73
  4. Kab Sleman                    3,72
  5. Kota Semarang               3,59
  6. Kab Badung                    3,55
  7. Kota Bandung                 3,39
  8. Kab Banyuwangi             3,30
  9. Kab Bogor                      3,27
  10. Kab Bantul                      3,22

Bagaimana cara mereka menilai?

Ternyata Indeks Pariwisata Indonesia (IPI) ini pertama kali diluncurkan Kemenpar pada saat acara rakornas IV Pariwisata di Hotel Sultan, Jakarta pada 6-7 Desember yang digelar Kemenpar.

IPI sendiri melibatkan 505 kabupaten-kota se-Indonesia. Penyusunan ranking itu didapat melalui survei dan mengacu pada Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) yang dikeluarkan World Economic Forum (WEF) serta sudah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

“Gunakan global standard agar kita bisa berkompetisi di level global. Standar penilaiannya menggunakan TTCI – WEF yang sudah diakui dunia, dan semua Negara dipotret dengan analisa indikator serta kriteria yang mereka buat. Hasil itu bisa digunakan untuk mengukur kesiapan daerah tujuan pariwisata menjadi motor pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional,”  ujar Menpar Arief Yahya.

Pengukuran IPI berbasis data sekunder (data statistik) digunakan untuk menentukan skor indeks daya saing pariwisata di 505 kabupaten/kota. Empat aspek penopang pariwisata seperti aspek lingkungan pendukung bisnis, tata kelola, potensi wisata, dan infrastruktur semuanya dinilai. 

Keempat aspek inilah yang disusun sebagai basis konsep pengukuran IPI. Totalnya ada 78 indikator data yang dikelompokkan menjadi 14 pilar penilaian. Tiap pilar dikelompokkan lagi menjadi empat aspek pengukuran utama.

Pengukuran indeks persepsi juga dilakukan terhadap 25 daerah dengan skor tertinggi berdasarkan hasil pengukuran indeks daya saing pariwisata. Survei persepsi yang menggunakan model wawancara tatap muka ini bertujuan mengetahui bobot hasil pengukuran indeks daya saing dengan memasukkan penilaian masyarakat terkait pembangunan pariwisata di daerah masing-masing. “Tim penelitinya juga kredibel, terpercaya, yakni Kompas,” kata Arief Yahya.

Hasilnya, tingkat daya saing tertinggi industri pariwisata Indonesia masih didominasi kota-kota besar. Kota Denpasar menduduki peringkat tertinggi dalam Indeks Pariwisata Indonesia dengan skor 3,81 dari rentang skala indeks 0 – 5. 

Aspek lingkungan pendukung bisnis, tata kelola, dan infrastruktur menjadi penopang utama keunggulan ibu kota Provinsi Bali itu. Denpasar juga sukses menyambar posisi pertama untuk kategori Aspek Lingkungan Pendukung Bisnis dengan skor 3,71.

Selain memasukkan Semarang dalam 10 peringkat IPI, ibukota Provinsi Jawa Tengah ini juga masuk dalam peringkat Tertinggi Aspek Lingkungan Pendukung Bisnis Pariwisata.

5 Peringkat Tertinggi Aspek Lingkungan Pendukung Bisnis Pariwisata

No          KAB/KOTA           SKOR         PERINGKAT
1           Kota Denpasar       3,71               1
2              Sleman              3,42               2
3           Kota Semarang      3,26               3
4           Kota Surabaya       3,21               4
5           Bantul                   3,19               5

5 Peringkat Tertinggi Aspek Tata Kelola Pariwisata

No          KAB/KOTA              SKOR     PERINGKAT
1              Kota Surakarta      3,99        1
2              Kota Denpasar      3,79        2
3              Badung                3,68        3
4              Kota Makassar      3,59        4
5              Kota Yogyakarta   3,54        5

5 Peringkat Tertinggi Aspek Infrastruktur Pendukung Pariwisata

No          KAB/KOTA              SKOR     PERINGKAT
1              Kota Makassar      4,39        1
2              Kota Denpasar      4,12        2
3              Kota Bandung       4,12        3
4              Kota Surabaya      3,89        4
5              Kota Palembang   3,75        5

5 Peringkat Tertinggi Aspek Potensi Wisata Alam dan Wisata Buatan 

No          KAB/KOTA             SKOR     PERINGKAT
1             Sukabumi             3,79        1
2             Badung                 3,45        2
3             Bogor                   3,39        3
4             Wakatobi              3,29        4
5             Raja Ampat           3,25        5


...

Menarik melihat data ini yang sebentar lagi kalender akan berubah ke tahun 2017. Apakah dengan data ini, Semarang lebih terpacu lagi untuk mengembangkan potensi dan sektor-sektor wisata guna menarik kunjungan wisatawan lokal dan luar.

Original konten klik di sini.

Artikel terkait :

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Arak-arakan Sam Poo 2017

Sepertinya ini merupakan acara terakhir yang mengusung konsep kirab budaya atau arak-arakan tahun ini di kota Semarang. Arak-arakan Sam Poo tahun ini digelar tanggal 22 Juli 2017 atau hari Sabtu. Mari berakhir pekan di kota kami, Semarang.
Secara keseluruhan, acara kirab budaya di Semarang ada 5.  Seperti festival Ogoh-ogoh, Semarang Night Carnival, Karnaval dugderan, sesaji Rewanda dan lainnya yang sudah kami publish di awal tahun. Detailnya bisa dilihat di sini.
Memperingati Perayaan HUT Kedatangan Laksmana
Acara arak-arakan Sam Poo merupakan bagian acara dari perayaan HUT kedatangan Laksamana Cheng Ho. Acaranya biasanya dilaksanakan 2 hari, pertama biasanya ada beberapa acara seperti salah satunya bazar dan kedua arak-arakannya yang biasa dimulai pagi-pagi sekali.
Tahun 2016, acaranya dilaksanakan menjelang akhir bulan Juli. Namun kali ini, minggu ketiga di bulan Juli. Ya, kamu yang penasaran dengan acara arak-arakan ini bisa lihat review kami tahun kemarin di sini.
Jadwal lengkap a…

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Juni 2017

Kami punya kabar baik menjelang Lebaran. Pameran handphone bulan Juni di Semarang sudah hadir. Buat kamu yang menanti-nanti info ini dari blog dotsemarang, terima kasih sudah berkunjung hari ini. Pameran ini berlangsung di Java mall, catat tanggalnya yang dilaksanakan 20 Juni sampai 4 Juli 2017. 
Tanpa terasa sebentar lagi lebaran. Ini waktunya berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Kami sadar bahwa tren selfie maupun welfie tak bisa dihindari, terutama kamu yang termasuk golongan generasi millenials.
Telkomsel Ramadhan Fair
Pameran handphone di Java Mall ini bertajuk Parsell Lebaran, dimana kata Parcell mengacu singkatan dari Parade Selluler. Untuk menarik pengunjung, pameran seperti gadget ini masih menawarkan cara pembayaran secara angsuran dan tukar tambah.
Yang menarik kali ini adalah hadirnya Telkomsel yang membuka stan secara khusus selama pameran. Bila melihat branding dengan nama mereka sendiri, maka stan mereka akan lebih besar sendiri diantara yang lain.

Terak…

Tanggal 16 Juni, Bioskop Cinema XXI The Premiere Semarang Mulai Dibuka di DP Mall

Ada kabar gembira lagi dari bioskop di Semarang. Setelah Java Supermall membuka bioskop, kini giliran DP Mall yang segera buka bioskop Cinema XXI the Premiere di sana pada tanggal 16 Juni 2017. Semakin banyak saja, apa kelebihan Premiere ini?
Oktober 2016, kami sudah memposting tentang rencana DP Mall yang bakal buka bioskop. Akhirnya setelah hampir setengah tahun dari postingan kami yang telah dipublish, bioskop itu akan buka beberapa hari lagi.
Kelebihan The Premiere XXI
Menurut kabar angin yang berhembus (lebay), bioskop yang ada di DP Mall ini akan punya studio yang istimewa. Ya, sesuai namana yaitu studio Premiere. Kami sendiri belum pernah merasakan seperti apa di dalamnya (menunggu undangan). Tapi kami coba berikan beberapa sedikit bocoran berikut ini.
Mengutip situs bookmyshow.com (5/1/2016), bioskop Premiere berbeda dengan bioskop Cinema XXI biasanya. Di dalam teater Premiere, suasananya lebih ekslusif. Tempat duduknya lebih nyaman, sepertinya sangat nyaman kalau kamu lihat g…

Sudah Tahu Cara Nambah Masa Aktif XL Hingga 1 Tahun?

Ada yang menggunakan kartu XL? Sudah tahu, operator dengan dominasi biru ini dapat menambah masa aktif hingga 1 tahun. Dengan masa aktif 1 tahun, Anda tidak perlu takut kartu Anda hangus tiba-tiba. Berikut cara aktivasinya.
Saya baru menggunakan kartu XL beberapa bulan ini setelah acara launching 4G XL LTE di Semarang bulan Juni 2016. Saat itu juga saya mengaktifkan fitur XL Tunai, sebuah layanan keuangan digital atau trennya dompet digital.
Karena saya pikir jarang menggunakan XL untuk keperluan hari-hari saya seperti koneksi Internet, saya tidak ingin XL Tunai saya mati begitu saja. Dan setelah mencari sana-sini informasi tentang layanan keuangan digital ini, saya baru tahu tentang masa aktif XL hingga 1 tahun.
Layanan Perpanjang Masa Aktif 
Ada 2 cara sebenarnya untuk menggunakan layanan ini. Bisa menggunakan nomor *123# atau lewat online dengan mengakses web 
1) *123#
Anda tinggal menekan angka diatas atau mau yang cepat ketik *123*8484#.  Ikuti petunjuknya dan silahkan pilih. Cont…

Semarang Hobby Centre Ternyata Sudah Tidak Dibuka Lagi

Juni kemarin, kami baru tahu kalau Semarang Hobby Centre yang terletak di lantai 5 Sri Ratu jalan Pemuda Semarang sudah tidak beroperasi lagi alias tutup. Terakhir kami memposting tempat ini pada tahun 2015. Sayang sekali sebenarnya. 
Pertama kali ke sini, kami berharap tempat ini akan menjadi ikon menarik di kota Semarang terkait minat dan berbagai hal yang berhubungan dengan mainan. Namun seiring waktu, tidak bisa dipungkiri bahwa ketika bersentuhan dengan bisnis, pasti sangat sulit.
Beberapa gambar yang kami publish tahun 2015, memperlihatkan suasananya yang waktu itu pelan tapi pasti akan segera terisi berbagai hal menarik. Seperti konter mainan yang identik dengan figura-figura mungil yang saat ini sering digunakan dalam Toys Photography.,
Tapi ada kabar baiknya, outlet yang berhubungan dengan mainan masih ada di lantai 4. Di lantai tersebut juga saat ini sudah ada wahana permainan yang saat kami kunjungi begitu ramai dikunjungi keluarga. Ada permainan boom-boom car dan sebagain…