Langsung ke konten utama

Review Film Barakati


Sejatinya film ini sudah tayang tahun 2014, namun baru tanggal 10 November 2016, film Barakati secara resmi dirilis di bioskop Indonesia. Seperti apa filmnya?

Pekan ini, saya kembali bertemu dengan Fedi Nuril dan Acha Septriasa. Keduanya masih bermain di film Shy Shy Cat yang sepekan sebelumnya baru dirilis. Saya kira mereka memang sangat sibuk dengan jadwal syuting hingga harus ada 2 film yang tayang sebulan ini. 

Ternyata tidak, film Barakati yang disutradarai oleh Monty Tiwa, sutradara film Shy shy Cat juga, harus menunggu 2 tahun filmnya dirilis. Dalam penayangannya, film Barakati berdurasi 107 menit dengan kategori usia penonton yakni 13+ atau remaja.

Explore Buton

Film Barakati bercerita tentang pencarian sebuah misteri yang mengangkat tema kerajaan Majapahit. Apakah benar, Gajah Mada pernah tinggal di Buton, pulau yang berada di Sulawesi Tenggara.

Misteri inilah yang mencoba mengajak para penonton untuk tertarik menonton. Fedi Nuril yang berperan sebagai Abdul Manan adalah seorang arkeolog yang dikolaborasikan dengan Jono Armstrong yang berperan sebagai wartawan asing, dan karena dialah, Manan akhirnya pergi bersama mencari kebenaran.

Selama perjalanan yang dibumbui drama tentang anak dan ibu, hadir Acha Septriasa yang berperan sebagai Wa Ambe yang akan menjadi tur guide untuk menemukan misteri.


Film yang mengambil lokasi Yogyakarta ini akhirnya berpindah ke Buton sebagai lokasi utama. Yang belum pernah ke Buton tentu film ini bisa jadi semacam promosi wisata yang sangat menarik. Atau istilahnya mengexplore semua sisi yang ada.

Begitu saya menangkapnya, karena apa? Penonton bisa melihat berbagai keindahan mulai dari budaya, bahasa, masyarakat, laut, alam dan sebagainya. Sangat menarik.

Kangen film Kolosal

Alasan utama saya yang baru ngeh film ini sudah lama dibuat adalah dimasukkannya cerita kolosal yang bertema kerajaan Majapahit dengan nama-nama yang terkenal saat itu, salah satunya Patih Gajah Mada.

Untuk memaksimalkan dan biar tidak mirip dengan film yang ada di televisi, kemasan kolosalnya dibuat menarik. Fitur slow motion paling banyak digunakan dengan beberapa adegan membunuh secara sadis. Maksudnya itu nusuk lawannya keliatan banget goresan dan darahnya.

Gajah mada sendiri diperankan oleh om Tio Pakusadewo, aktor senior yang sangat cocok sekali dengan perannya di film ini. Gajah Mada diapit oleh pasukan yang mirip seperti tokoh Mortal Kombat, sangat berbeda dengan kemasan film televisi.

Namun sayangnya, film bertema kolosal ini hanya sebagai pemanis untuk membuka cerita sebenarnya yang ada di era modern. Di mana sosok Dwi Sasono turut hadir dan menjadi semacam penjahat berdarah dingin, tidak ragu melukai lawannya. Tapi tetap dengan gaya khasnya.

...

Dari segi cerita dan para pemain yang membintangi sebenarnya film ini sangat sangat menarik, namun lagi-lagi selera pasar tidak dapat diprediksi. Khususnya Semarang, kota di mana saya tinggal.

Film ini di awal perdana tayang di bioskop Semarang, jam pertama, hanya mendapat 3 penonton. Itu sudah termasuk kofindo sendiri. Hingga tulisan ini dibuat, jadwal tayang di bioskop untuk Semarang sudah mengalami penurunan pesat. Kofindo berharap film ini bisa bertahan hingga rabu besok.

Buat yang ingin ke Buton, film ini sangat rekomendasi untuk ditonton. Banyak hal yang bisa dilakuin di sana. Termasuk beriwisata.

Rating : 7

Artikel terkait :
... 

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Arak-arakan Sam Poo 2017

Sepertinya ini merupakan acara terakhir yang mengusung konsep kirab budaya atau arak-arakan tahun ini di kota Semarang. Arak-arakan Sam Poo tahun ini digelar tanggal 22 Juli 2017 atau hari Sabtu. Mari berakhir pekan di kota kami, Semarang.
Secara keseluruhan, acara kirab budaya di Semarang ada 5.  Seperti festival Ogoh-ogoh, Semarang Night Carnival, Karnaval dugderan, sesaji Rewanda dan lainnya yang sudah kami publish di awal tahun. Detailnya bisa dilihat di sini.
Memperingati Perayaan HUT Kedatangan Laksmana
Acara arak-arakan Sam Poo merupakan bagian acara dari perayaan HUT kedatangan Laksamana Cheng Ho. Acaranya biasanya dilaksanakan 2 hari, pertama biasanya ada beberapa acara seperti salah satunya bazar dan kedua arak-arakannya yang biasa dimulai pagi-pagi sekali.
Tahun 2016, acaranya dilaksanakan menjelang akhir bulan Juli. Namun kali ini, minggu ketiga di bulan Juli. Ya, kamu yang penasaran dengan acara arak-arakan ini bisa lihat review kami tahun kemarin di sini.
Jadwal lengkap a…

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Juni 2017

Kami punya kabar baik menjelang Lebaran. Pameran handphone bulan Juni di Semarang sudah hadir. Buat kamu yang menanti-nanti info ini dari blog dotsemarang, terima kasih sudah berkunjung hari ini. Pameran ini berlangsung di Java mall, catat tanggalnya yang dilaksanakan 20 Juni sampai 4 Juli 2017. 
Tanpa terasa sebentar lagi lebaran. Ini waktunya berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Kami sadar bahwa tren selfie maupun welfie tak bisa dihindari, terutama kamu yang termasuk golongan generasi millenials.
Telkomsel Ramadhan Fair
Pameran handphone di Java Mall ini bertajuk Parsell Lebaran, dimana kata Parcell mengacu singkatan dari Parade Selluler. Untuk menarik pengunjung, pameran seperti gadget ini masih menawarkan cara pembayaran secara angsuran dan tukar tambah.
Yang menarik kali ini adalah hadirnya Telkomsel yang membuka stan secara khusus selama pameran. Bila melihat branding dengan nama mereka sendiri, maka stan mereka akan lebih besar sendiri diantara yang lain.

Terak…

Tanggal 16 Juni, Bioskop Cinema XXI The Premiere Semarang Mulai Dibuka di DP Mall

Ada kabar gembira lagi dari bioskop di Semarang. Setelah Java Supermall membuka bioskop, kini giliran DP Mall yang segera buka bioskop Cinema XXI the Premiere di sana pada tanggal 16 Juni 2017. Semakin banyak saja, apa kelebihan Premiere ini?
Oktober 2016, kami sudah memposting tentang rencana DP Mall yang bakal buka bioskop. Akhirnya setelah hampir setengah tahun dari postingan kami yang telah dipublish, bioskop itu akan buka beberapa hari lagi.
Kelebihan The Premiere XXI
Menurut kabar angin yang berhembus (lebay), bioskop yang ada di DP Mall ini akan punya studio yang istimewa. Ya, sesuai namana yaitu studio Premiere. Kami sendiri belum pernah merasakan seperti apa di dalamnya (menunggu undangan). Tapi kami coba berikan beberapa sedikit bocoran berikut ini.
Mengutip situs bookmyshow.com (5/1/2016), bioskop Premiere berbeda dengan bioskop Cinema XXI biasanya. Di dalam teater Premiere, suasananya lebih ekslusif. Tempat duduknya lebih nyaman, sepertinya sangat nyaman kalau kamu lihat g…

Sudah Tahu Cara Nambah Masa Aktif XL Hingga 1 Tahun?

Ada yang menggunakan kartu XL? Sudah tahu, operator dengan dominasi biru ini dapat menambah masa aktif hingga 1 tahun. Dengan masa aktif 1 tahun, Anda tidak perlu takut kartu Anda hangus tiba-tiba. Berikut cara aktivasinya.
Saya baru menggunakan kartu XL beberapa bulan ini setelah acara launching 4G XL LTE di Semarang bulan Juni 2016. Saat itu juga saya mengaktifkan fitur XL Tunai, sebuah layanan keuangan digital atau trennya dompet digital.
Karena saya pikir jarang menggunakan XL untuk keperluan hari-hari saya seperti koneksi Internet, saya tidak ingin XL Tunai saya mati begitu saja. Dan setelah mencari sana-sini informasi tentang layanan keuangan digital ini, saya baru tahu tentang masa aktif XL hingga 1 tahun.
Layanan Perpanjang Masa Aktif 
Ada 2 cara sebenarnya untuk menggunakan layanan ini. Bisa menggunakan nomor *123# atau lewat online dengan mengakses web 
1) *123#
Anda tinggal menekan angka diatas atau mau yang cepat ketik *123*8484#.  Ikuti petunjuknya dan silahkan pilih. Cont…

Semarang Hobby Centre Ternyata Sudah Tidak Dibuka Lagi

Juni kemarin, kami baru tahu kalau Semarang Hobby Centre yang terletak di lantai 5 Sri Ratu jalan Pemuda Semarang sudah tidak beroperasi lagi alias tutup. Terakhir kami memposting tempat ini pada tahun 2015. Sayang sekali sebenarnya. 
Pertama kali ke sini, kami berharap tempat ini akan menjadi ikon menarik di kota Semarang terkait minat dan berbagai hal yang berhubungan dengan mainan. Namun seiring waktu, tidak bisa dipungkiri bahwa ketika bersentuhan dengan bisnis, pasti sangat sulit.
Beberapa gambar yang kami publish tahun 2015, memperlihatkan suasananya yang waktu itu pelan tapi pasti akan segera terisi berbagai hal menarik. Seperti konter mainan yang identik dengan figura-figura mungil yang saat ini sering digunakan dalam Toys Photography.,
Tapi ada kabar baiknya, outlet yang berhubungan dengan mainan masih ada di lantai 4. Di lantai tersebut juga saat ini sudah ada wahana permainan yang saat kami kunjungi begitu ramai dikunjungi keluarga. Ada permainan boom-boom car dan sebagain…