Langsung ke konten utama

Review Film Athirah


Film Athirah rilis serentak di bioskop tanah air tanggal 29 September 2016. Durasi yang dibawa sekitar 81 menit dengan bintang utamanya Cut Mini.

Keputusan berani memang bila melihat tren film Indonesia yang tengah buming saat ini yaitu Warkop Reborn dengan genre komedinya. Athirah yang bercerita tentang kisah ibunda wakil Presiden RI saat ini di masa mudanya begitu serius untuk ditonton.

Cerita

Hari pertama tayang di bioskop Semarang, film ini tak begitu menarik perhatian. Penontonnya bisa dihitung dengan jari. Bahkan, anak-anak pun turut menonton film ini.

Diangkat dari kisah nyata Ibunda Jusuf Kalla, Athirah muda yang sudah berkeluarga mengawali filmnya dengan kehidupan yang sedang berpindah. Mereka akhirnya menetap di Sulawesi Selatan.

Awalnya film Athirah sangat menyenangkan. Berbagai budaya dihadirkan untuk menunjang sisi lain dari film yang disutradarai Riri Riza. Sesekali dimasukan kehidupan Jusuf Kalla muda yang sering dipanggil Ucu. 

Seiring waktu berjalan, alur cerita yang terus maju mulai datar. Ada rasa khawatir juga apakah selain saya yang menonton tiba-tiba bosan, penonton lain yang bersama saya mengalami hal sama. Semoga tidak.


Pergolakan batin sebagai istri yang pada jamannya melihat sang suami menikah lebih dari sekali itu dianggap biasa menjadi cerita utama secara garis besarnya.

Upaya yang dilakukan untuk menjaga keutuhan rumah tangga menjadi inspirasi wanita yang pada akhirnya memenangkan petarungan batinnya sendiri.

Athirah tidak menyerah dan menyibukkan diri untuk tidak larut dalam kesedihan sebagai wanita dan ibu dari anak-anak yang dicintainya.

Gambar 

Jaminan nama Mira Lesmana sebagai producer membuat film Athirah memiliki gambar yang terbilang bagus. Setidaknya, film ini dapat dinikmati mulai dari usia 13 tahun ke atas.

Melengkapi cerita, berbagai sudut pandang dihadirkan seperti sisi budaya, bangunan jadul, dan lainnya sebagai penunjang penonton memahami secara utuh gambaran yang ingin dikisahkan.

Pemain

Cut Mini yang pernah sukses berkolaborasi dengan Riri Reza lewat film Laskar Pelangi memang tampil baik di film Athirah. Namun buat kofindo, akting Christoffer Nelwan sebagai Ucu (Jusuf Kalla muda) lah yang paling menarik.

Selain kedua nama di atas, film ini juga diperankan oleh Indah Permatasari, Tika Bravani, Jajang C Noor, Arman Dewanti dan sebagainya. Nama Arman yang berperan sebagai suami Athirah merupakan seorang sutradara. Aktingnya menarik juga diantara para pemain lainnya.

...

Di Semarang hingga tulisan ini dibuat filmnya sudah mengalami penurunan jumlah penayangan. Sebagai alternatif bila Anda bosan dengan genre komedi, Athirah adalah rekomendasinya. Sebaiknya nonton sendiri atau dengan sedikit orang.

Selain dapat melihat sisi kehidupan Wakil Presiden di masa Sekolahnya yang dibalut kisah Ibunya, penonton dapat menyaksikan beragam budaya yang dihadirkan dari Sulawesi.

Menutup postingan ini, sosok seorang Athirah diceritakan secara nyata bahwa ia adalah perempuan yang sangat tegar dimasanya, baik sebagai ibu rumah tangga, istri maupun pengusaha yang memasarkan sarung khas daerah sana.

Rating : 7 (1-10)

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Tahun 2018

Daftar acara atau agenda kota Semarang tahun 2018 sudah tersedia dalam bentuk PDF yang bisa diakses lewat website pariwisata.semarangkota.go.id. Kamu bisa mengunduh (download) atau sekedar membacanya sebagai panduan untuk berkunjung ke kota Semarang tahun ini. Berikut detailnya.

Sepertinya tahun 2018, kami libur dulu berkunjung ke kantor Dinas Pariwisata Kota Semarang yang terletak di gedung Pandanaran. Aktivitas rutin tiap tahun sekedar mendapatkan daftar acara kini bisa dengan mudah diakses via Internet.

Selain kami sertakan di halaman ini dengan link langsung ke situs yang berisi buku event 2018 kota Semarang, kami tetap rutin juga memberikan agenda Semarang tiap bulan yang bisa kamu jumpai di bawah ini. Selamat berkunjung dan terima kasih udah mampir ke kota tercinta kami, Semarang.
Download buku event kota Semarang dalam bentuk PDF di sini.

Berikut, daftar Agenda Semarang perbulan tahun 2018
Januari (Tersedia)FebruariMaretAprilMeiJuniJuliAgustusSeptemberOktoberNovember Desember Daf…

Si Cepat, Layanan Mobil Ambulance Gratis di Semarang

Ternyata sudah setahun Ambulance Hebat Si Cepat diluncurkan, terhitung dari tanggal 4 Januari 2017. Salah satu layanan kesehatan di kota Semarang ini menarik untuk diketahui. Apakah kamu pernah lihat mobil ini di jalan?
Akhirnya, kami bisa membawa Si cepat ke blog dotsemarang meski sudah mendapatkan informasi ini dari acara temu bloger bareng Dinas Kesehatan Kota Semarang pada bulan desember 2017 di The Wujil Resort & Conventions. Si cepat adalah layanan reaksi cepat bagi masyarakat yang membutuhkan ambulan Sebenarnya beberapa teman bloger kami ada yang sudah menjumpai Si Cepat ini yang berada di Puskesmas Halmahera. Waktu itu kami dibagi dalam dua kelompok, dan sayangnya kami kebagian ke Puskesmas Gayamsari yang waktu itu belum ada si Cepat ini.
Foto by Nia Nurdiansyah bareng bloger Semarang dan Dinas Kesehatan Semarang
Alasan kami baru membawa Si Ambulance Hebat  ke blog dotsemarang hari ini karena media sosial mereka sangat aktif. Di Twitter dengan id ambulancehebat, kicauan mer…

[Ebook] Daftar Acara di Semarang Tahun 2017

Halaman ini berisi kumpulan daftar acara kota Semarang selama tahun 2017 yang kami ambil dari blog dotsemarang dan kemudian kami kemas dalam bentuk ebook yang berformat PDF. Silahkan di download bila tertarik.
Terkahir kami memposting tentang kategori ebook pada bulan September 2016. Sangat lama dan tidak konsisten ternyata apa yang kami lakukan. 
Untuk itu, perdana tahun ini kami coba kembali membawa konten ebook ke dalam blog dotsemarang. Selain menjadi konten, cara membuat halaman blog dotsemarang yang dapat diakses secara offline ini merupakan cara kami untuk menyelamatkan file kami suatu hari nanti. Istilah back up data.
Berikut ebook daftar acara selama tahun 2017 di kota Semarang yang kami taruh di bawah ini.

Agenda semarang 2017 from Dot Semarang
Halaman ini hanya berisi daftar acara, bukan review acara. Daftar ini berasal dari kumpulan acara resmi dan acara tidak resmi yang kami kumpulin sendiri. Beberapa info ada tanggal yang lupa kami update. Mohon maklum untuk ketidaksempur…

Layanan Storify Akan Dinonaktifkan Mei 2018, Mari selamatkan Datamu

Tanggal 16 Mei 2018, Storify mengumumkan layanannya akan berhenti. Tentu ini kabar buruk buat kami yang merupakan salah satu penggunanya. Layanan yang pada dasarnya adalah alat untuk mencari posting dari berbagai media sosial dan menambahkan ke dalam satu cerita kini harus ditutup. Mari selamatkan data yang tersimpan di sana.
Juli 2017, kami membawa layanan yang diluncurkan 2010 ini ke blog dotsemarang. Dalam postingan yang kami kategorikan dalam aplikasi tersebut kami menulis tentang cara menggunakannya hingga keuntungan menggunakan aplikasi yang diakusisi oleh Livefyre pada tahun 2013.
Untuk seorang bloger, Storify sangat cocok untuk digunakan. Fungsinya sebagai pengumpul tersebut, sangat menarik bagi pengguna yang mencari konten yang sedang dilangsungkan dalam sebuah event atau acara.
Sebenarnya pengguna bisa menggunakan layanan versi berbayar, yaitu Storify 2. Layanan ini mengharuskan pengguna pindah ke halaman Livefyer yang merupakan perusahaan dimiliki Adobe semenjak diakusisi …