Langsung ke konten utama

Review Film Athirah


Film Athirah rilis serentak di bioskop tanah air tanggal 29 September 2016. Durasi yang dibawa sekitar 81 menit dengan bintang utamanya Cut Mini.

Keputusan berani memang bila melihat tren film Indonesia yang tengah buming saat ini yaitu Warkop Reborn dengan genre komedinya. Athirah yang bercerita tentang kisah ibunda wakil Presiden RI saat ini di masa mudanya begitu serius untuk ditonton.

Cerita

Hari pertama tayang di bioskop Semarang, film ini tak begitu menarik perhatian. Penontonnya bisa dihitung dengan jari. Bahkan, anak-anak pun turut menonton film ini.

Diangkat dari kisah nyata Ibunda Jusuf Kalla, Athirah muda yang sudah berkeluarga mengawali filmnya dengan kehidupan yang sedang berpindah. Mereka akhirnya menetap di Sulawesi Selatan.

Awalnya film Athirah sangat menyenangkan. Berbagai budaya dihadirkan untuk menunjang sisi lain dari film yang disutradarai Riri Riza. Sesekali dimasukan kehidupan Jusuf Kalla muda yang sering dipanggil Ucu. 

Seiring waktu berjalan, alur cerita yang terus maju mulai datar. Ada rasa khawatir juga apakah selain saya yang menonton tiba-tiba bosan, penonton lain yang bersama saya mengalami hal sama. Semoga tidak.


Pergolakan batin sebagai istri yang pada jamannya melihat sang suami menikah lebih dari sekali itu dianggap biasa menjadi cerita utama secara garis besarnya.

Upaya yang dilakukan untuk menjaga keutuhan rumah tangga menjadi inspirasi wanita yang pada akhirnya memenangkan petarungan batinnya sendiri.

Athirah tidak menyerah dan menyibukkan diri untuk tidak larut dalam kesedihan sebagai wanita dan ibu dari anak-anak yang dicintainya.

Gambar 

Jaminan nama Mira Lesmana sebagai producer membuat film Athirah memiliki gambar yang terbilang bagus. Setidaknya, film ini dapat dinikmati mulai dari usia 13 tahun ke atas.

Melengkapi cerita, berbagai sudut pandang dihadirkan seperti sisi budaya, bangunan jadul, dan lainnya sebagai penunjang penonton memahami secara utuh gambaran yang ingin dikisahkan.

Pemain

Cut Mini yang pernah sukses berkolaborasi dengan Riri Reza lewat film Laskar Pelangi memang tampil baik di film Athirah. Namun buat kofindo, akting Christoffer Nelwan sebagai Ucu (Jusuf Kalla muda) lah yang paling menarik.

Selain kedua nama di atas, film ini juga diperankan oleh Indah Permatasari, Tika Bravani, Jajang C Noor, Arman Dewanti dan sebagainya. Nama Arman yang berperan sebagai suami Athirah merupakan seorang sutradara. Aktingnya menarik juga diantara para pemain lainnya.

...

Di Semarang hingga tulisan ini dibuat filmnya sudah mengalami penurunan jumlah penayangan. Sebagai alternatif bila Anda bosan dengan genre komedi, Athirah adalah rekomendasinya. Sebaiknya nonton sendiri atau dengan sedikit orang.

Selain dapat melihat sisi kehidupan Wakil Presiden di masa Sekolahnya yang dibalut kisah Ibunya, penonton dapat menyaksikan beragam budaya yang dihadirkan dari Sulawesi.

Menutup postingan ini, sosok seorang Athirah diceritakan secara nyata bahwa ia adalah perempuan yang sangat tegar dimasanya, baik sebagai ibu rumah tangga, istri maupun pengusaha yang memasarkan sarung khas daerah sana.

Rating : 7 (1-10)

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Semarang November 2017

Selamat datang di bulan November. Bulan Oktober kami mencatat banyak event yang berlangsung masih didominasi properti, khususnya di mal. Apakah kira-kira bulan November akan kembali dengan tren properti? Atau sedang menunggu pameran komputer? Kami harap bisa segera memberi informasi tersebut di halaman agenda bulan November di sini.

Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [1 - 5 Nov] - Central Java Expo di Paragon Mall. Lihat fotonya di Facebook atau di sini.[1-5 Nov] - Semarang Tourism Craft and Investment expo 201…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Event Diponegoro Jazz Music Festival 2017 Siap Digelar 17 November, Datang yuk!

Tahun depan atau 2018, kota Semarang bakal punya 2 event besar skala nasional untuk kamu penyuka musik Jazz. Menarik, semua orang melakukan hal-hal baik untuk mengangkat kota mereka. Namun sebelum menuju ke sana, mari melihat bagaimana event perdana ini menarik perhatian kamu.
Dari judul postingan ini, pasti kamu penasaran tentang Diponegoro Jazz Music Festival 2017. Event ini digelar dalam rangka kemeriahan Dies Natalis Universitas Diponegoro yang ke-60 tahun ini. 
Dalam press conference yang diadakan hari jumat sore, 10 November, di Allstay hotel Semarang, panitia sangat berharap bantuan media menyampaikan informasi tentang acara ini yang akan diselenggarakan di Widya Puraya Undip.
Tema Diponegoro Jazz Music Festival 2017 (DJF) yang diusung sendiri adalah Jazz Embraces Us. Dan mereka juga menggandeng komunitas jazz lokal seperti Jazz Ngisoringin, dan DAC.
Lokasi DJF yang berada di kawasan Undip sendiri dipilih untuk menampilkan ikon Undip, mengingat acara yang dilaksanakan baru per…

Zenfone 4 Max, Smartphone Powerbank Dengan Harga Terjangkau

Varian lain dari Zenfone 4 Max yang sudah rilis di blog dotsemarang bulan September kemarin adalah ZenFone 4 Max Pro ZC554KL. Sedangkan yang kamu baca ini merupakan varian yang biasanya dan tentu harganya lebih terjangkau. Mau cari Smartphone dengan kapasitas baterai besar?

Seri Zenfone 4 Max ZC520KL atau versi biasa ini ikut dikenalkan kepada kami saat acara launching Zenfone 4 Selfie Series kemarin bulan Oktober bersamaan Zenfone 4 Selfie Pro dan Selfie (biasa).

Keunggulan Zenfone 4 Max ini terletak pada kapasitas baterainya yang lebih besar ketimbang Zenfone 4 Selfie namun lebih rendah sedikit dari saudaranya Zenfone 4 Max Pro. Bisa dikatakan, Zenfone 4 Max ini hadir sebagai alternatif untuk pengguna yang mengingingkan hemat kantong.

Smartphone kemampuan Powerbank

Bicara keunggulan, Smartphone yang berlayar 5,2 inc ini tentu unggul dari sisi baterai. Kapasitas yang dibenamkan, yaitu 4.100mAh.  Karena kapasitas ini, Smartphone ini bisa digunakan sebagai powerbank dengan kemampuan re…

Gastroversity, Konsep Baru dari Nestcology Untuk Memberikan Pengalaman Kuliner yang Berbeda

Bicara tempat nongkrong asik di Semarang, salah satunya Nestcology, selalu menyenangkan. Terlebih bisa ikut ambil bagian dari bagaimana mereka mempromosikan diri dan melibatkan kami sebagai bloger. Memasuki tahun kedua, Nestcology mengenalkan konsep kuliner baru yang menarik. Penasaran?
Jumat, 10 November, bertepatan hari pahlawan Nasional, kami turut hadir diantara undangan untuk awak media dan bloger, sepertinya ada juga Youtuber, di Nestcology. Tempat berlangsung acara bukan seperti biasanya saat kami beberapa kali datang ke sini. Berada di basement, tempat yang tak pernah kami pikirkan sebelumnya dan menarik bila digunakan untuk sebuah acara.
Gastroversity, perpaduan gastronomy dan diversity
Sebelum acara utama dimulai, kami diajak mengikuti acara syukuran 2 tahun Nestcology. Kami beruntung kali ini, dalam perayaan bisa melihat lebih dekat Anne Avantie dan keluarga, termasuk Ernest chef - founder Nestcology yang merupakan anak dari perancang busana yang terkenal di Indonesia terse…