Review Zenfone 3 (ZE520KL), Apa Kelebihan dan Kekurangannya?


Kesan pertama saat memegang Zenfone 3 dengan seri ZE520KL adalah licin, tipis dan mewah. Berbanding terbalik dengan produk sebelumnya, Zenfone 2, yang terlihat sangat tebal. Ada yang sedang mencari produk ini dipasaran?

Asus baru saja meluncurkan produk teranyarnya di Bali, 7 September 2016. Acara yang diberi nama 'Zenvolution' tersebut banyak mengundang media dan juga blogger. Dotsemarang turut hadir juga tentunya.

Manjakan pengguna yang menyukai fotografi

Saya sudah mencoba produk ini dan kameranya sangat memuaskan. Membawa spesifikasi 16 Megapixel untuk belakang (utama) dan 8MP untuk depan. Untuk memberi pengalaman lebih baik, Asus menaruh sensor Sony Exmor IMX289 dalam teknologi kameranya. Seperti diketahui, reputasi sensor kamera Sony sangat diakui di dunia smartphone saat ini.


Dengan sensor dari Sony ini, Zenfone 3 mendapatkan banyak kelebihan seperti kemampuan untuk mengunci fokus dalam waktu hanya 0.03 detik untuk kondisi pengambilan gambar tertentu. Image stabilization 3-axis yang memungkinkan pengambilan video yang baik. Sensor ini juga mendukung perekaman video hingga 120 fps di resolusi Full HD dan 30 fps di resolusi 4K UHD.

Untuk mendukung fotografi Anda, Asus Zenfone 3 juga sudah mendukung aperture 2.0 yang membuat cahaya yang dihasilkan oleh kamera cukup terang. Kolaborasi dengan software ASUS Pixelmaster 3.0 (terbaru), membuat semuanya lebih seru saat menggunakannya. dotsemarang sendiri sudah memposting tentang Pixelmaster 3.0 bulan Juni kemarin. 

Ada beberapa penambahan pada Pixelmaster 3.0 dengan sebelumnya seperti fitur Children dan HDR Pro. Untuk fitur panosphere, Pixelmaster 3.0 sepertinya tidak membawanya kali ini. Untuk detailnya, nanti saya bahas lain waktu deh.

Internetan

Sebagai blogger, Internet adalah pilihan utama untuk dapat mengakses berbagai informasi dan mengakses aplikasi semacam media sosial. Zenfone 3 ternyata lebih seru ketimbang Zenfone 2, pengguna dapat mengakses jaringan 4G di dua Sim Card. Tapi harus dipilih dulu, belum dapat bersamaan. Tapi bagus deh, meminimalisir penggunaan 2 smartphone sekaligus semisal dalam perjalanan yang kehilangan sinyal Internet.

Soal layar, menyesuaikan perkembangan internet juga yang banyak mengakses video, Zenfone 3 sudah dibekali layar dengan lebar 5.2 inc dan dilindungi Corning Gorilla Glass. Bukan hanya depan, tapi belakang juga. 

Lalu, bagaimana dengan ketahanan baterai semisal menonton video dengan durasi panjang. Harus diakui, Zenfone 2 lebih unggul di sini. Seri ZE520KL ini hanya dibekali dengan kapasitas 2600mAh. Tapi untungnya, baterai dilengkapi dengan fast charging dimana mencharger baterai hingga 60% hanya sekitar 49 menit saja.

Yang suka mengupload video atau yang ingin buat vlog, seperti disebut sebelumnya kalau kameranya bisa merekam hingga 4K, dukungan RAM sebesar 3GB dan Prosesor 2GHZ sudah terbilang besar. 

Ada yang menarik juga nih untuk kabel charger yang digunakan Zenfone 3 dan variannya saat ini. Mereka membawa USB Type C, yang artinya Anda harus menjaganya dengan baik agar tidak rusak. Karena bila rusak, Anda harus membeli baru dan tidak dapat menggunakannya dengan USB dari lainnya semisal Zenfone 2. 


Kelebihan USB Ttpe C adalah, baru saja dapat di Google, transfer data lebih cepat, Pengisian daya lebih cepat, bentuk lebih ramping dan anti terbalik, dan bisa tampilkan gambar beresolusi 4K.

OS Android 6.0 M

Akhirnya bisa merasakan juga Operating System (OS) terbaru Android Marshmallow. Belum melihat perbedaan dari sebelumnya karena semua aplikasi dilahap seperti biasa. Maksud saya adalah aplikasi yang saya gunakan di OS sebelumnya 5.0 ternyata bisa diinstal di OS 6.0. Itu yang saya rasakan saat ini.

Fingerprint, membuka berbagai akses

Ini juga sangat menarik buat seri Zenfone 3 dan variannya. Hadirnya fitur fingerprint bukan sekedar menjadi akses membuka lebih cepat smartphone yang kita miliki. Fitur ini bisa digunakan untuk menerima panggilan, menyalakan kamera dan mengambil gambar hanya dengan ketukan jari yang sudah terpilih. Posisinya juga ideal yang berada dibelakang bawah kamera.

Letak Sim Card ada di samping

Pengguna setia Zenfone mau tak mau harus merasakan dampak dari tipisnya smartphone edisi terbaru ini. Untuk menaruh Sim Card, pengguna harus menaruhnya dari samping. Dan itu harus menggunakan alat yang sudah tersedia di dalam kotak.


Model Sim Card yang disediakan terdiri dari 2, ada Micro dan Nano. Diantaranya ada ruang buat menaruh Micro SD yang mendukung penyimpanan hingga 2TB. Wow, besar sekali.

Casing tidak bisa dibuka

Baterainya ditanam dan casing belakang tidak bisa dibuka, itu yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. Ini lagi-lagi karna efek pemangkasan ketebalan desain yang diberikan Asus. Buat saya sendiri, itu tidak masalah. 


Prosesor

Kali ini, Zenfone tidak membawa Intel sebagai prosesornya. Zenfone 3 dibekali tenaga dari prosesor Qualcomm dengan tipe Snapdragon 625. Prosesor ini merupakan versi pertama dari lini produk Snapdragon 600 series yang diproduksi dengan teknologi proses FinFET 14 nanometer. 

Dengan prosesor tersebut, ZenFone 3 menawarkan efisiensi energi hingga 35 persen lebih tinggi. Ini artinya, peningkatan performa, masa aktif baterainya saat melakukan berbagai aktivitas multimedia juga menjadi jauh lebih panjang meski besaran kapasitas baterainya tetap.

...

Sebagai pengguna seri zenfone tentu Zenfone 3 seri ZE520KL bisa dibilang lebih sempurna ketimbang seri Zenfone 2. Meski RAM yang digunakan dari 4GB turun menjadi 3GB, harga kurang lebih sama, Zenfone 3 masih terbilang lebih menarik terutama soal pengalaman fotografi dan akses Internet.

Sedangkan sisi kenyamanan ditangan, Zenfone 3 terlihat lebih elegant dan bersinar. Sayangnya karena bagian belakang menggunakan kaca yang didesain sedemikian rupa, saat dipegang kadang bisa licin dan bisa jatuh.

Zenfone 3 memiliki banyak varian yang diluncurkan bersamaan pada waktu di Bali, seperti Zenfone 3 (standar), Zenfone 3 Ultra, Zenfone 3 Laser, Zenfone 3 Deluxe, dan Zenfone 3 Max.

Harga Hp Asus Zenfone 3 ZE520KL : Rp. 4.099.000 

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap  

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?