Langsung ke konten utama

4 Film Indonesia Ini Tidak Tayang di Semarang Bulan Agustus


Kabar kurang menyenangkan datang kembali dari bioskop Semarang yang tidak menayangkan 2 film Indonesia pada bulan Agustus ini. Dua film tersebut adalah 3 Dara dan film Lasjkar Di Tapal Batas

Momok kekurangan layar sepertinya menjadi alasan tersendiri dalam bisnis perfilman tanah air. Mengutip situs marketeers.com (11/8), jumlah bioskop di Indonesia hanya punya 1.100 layar.

Bila menghitung rasio dengan populasi penduduk di Indonesia, negara kita terhitung paling rendah. Data dari Badan Ekonomi Kreatif menyebutkan hanya 100.000:0,4. Bandingkan dengan Amerika Serikat yang rasionya sudah 100.000:14 atau Cina 100.000:1,8. Bahkan, negara tetangga seperti Malaysia sudah 100.000:2,4.

Apakah ini soal jumlah layar?

Saat beberapa daerah warganya harus menempuh perjalanan 1 jam hanya untuk mendapatkan tiket nonton atau tidak ada bioskop sama sekali, di Semarang sebenarnya malah sebaliknya. Akses mudah dan terdapat 3 bioskop, 2 dari XXI dan 1 bioskop lokal - Eplaza.

Ketidakhadiran film 3 Dara yang merupakan film restorasi, dan film Lasjkar Di Tapal Batas yang mengangkat tema kemerdekaan seperti mengulang postingan-postingan sebelumnya. Bulan Juni kemarin, 2 film Indonesia juga tidak tayang di Semarang. Padahal film tersebut tayang di beberapa kota.


Apakah ini soal jumlah layar terbatas, dimana konsen tayangan film Indonesia di Semarang adanya di bioskop Cinema XXI (Simpang Lima). Padahal film Hollywood bisa masuk? 

Apakah ini soal bisnis?

Saat momen lebaran kemarin, saya menyaksikan bioskop Cinema XXI begitu luar biasa dari segi jumlah penonton. Saya pikir, momen tersebut akan berlanjut dari waktu ke waktu. Ternyata itu tidak.

Setelah momen tersebut berlalu, rupanya minat terhadap film Indonesia beberapa pekan terakhir kembali normal. Film Indonesia kembali sepi peminat meski beberapa film yang dibintangi nama-nama besar tetap menarik perhatian.


Andai film yang tidak tayang ini tayang di Semarang, mungkinkah ketakutan jumlah penonton yang sepi menjadi masalah. Bukankah ingin mendukung perfilman tanah air. Atau ini soal bisnis, bila tidak menguntungkan kedua belah pihak, maka akan sulit dinaikkan ke layar.

...

Saya tidak mampu menjawab mengapa film Indonesia yang seharusnya tayang ternyata di kota Semarang malah tidak tayang. Semua kembali kepada kebijakan pengelola pemilik bioskop. Apalagi masih banyak di daerah yang malah tidak memiliki bioskop, tentu mengeluh ini tidak akan memberikan solusi.

Berapa banyak orang yang mengeluh ketimbang orang yang mau menonton film Indonesia? Mungkin hanya Kofindo yang mengeluh. Dan memang dibutuhkan waktu untuk menunggu perubahan.

Yang pasti, saya akan tetap mendukung perfilman tanah air melalui berita dan review film. Semoga tahun selanjutnya, bioskop di Semarang semakin bertambah dan perusahaan lain juga turut meramaikan.

*Maaf, tidak ada review film 3 Dara pekan ini, termasuk review film Lasjkar Di Tapal Batas.
*** Update : Film Mimpi Anak Pulau dan Pantja Sila : Cita-cita & Realita juga tidak tayang di bioskop Semarang.

Referensi : Marketeers

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Arak-arakan Sam Poo 2017

Sepertinya ini merupakan acara terakhir yang mengusung konsep kirab budaya atau arak-arakan tahun ini di kota Semarang. Arak-arakan Sam Poo tahun ini digelar tanggal 22 Juli 2017 atau hari Sabtu. Mari berakhir pekan di kota kami, Semarang.
Secara keseluruhan, acara kirab budaya di Semarang ada 5.  Seperti festival Ogoh-ogoh, Semarang Night Carnival, Karnaval dugderan, sesaji Rewanda dan lainnya yang sudah kami publish di awal tahun. Detailnya bisa dilihat di sini.
Memperingati Perayaan HUT Kedatangan Laksmana
Acara arak-arakan Sam Poo merupakan bagian acara dari perayaan HUT kedatangan Laksamana Cheng Ho. Acaranya biasanya dilaksanakan 2 hari, pertama biasanya ada beberapa acara seperti salah satunya bazar dan kedua arak-arakannya yang biasa dimulai pagi-pagi sekali.
Tahun 2016, acaranya dilaksanakan menjelang akhir bulan Juli. Namun kali ini, minggu ketiga di bulan Juli. Ya, kamu yang penasaran dengan acara arak-arakan ini bisa lihat review kami tahun kemarin di sini.
Jadwal lengkap a…

Jadwal Pameran Handphone di Semarang Bulan Juni 2017

Kami punya kabar baik menjelang Lebaran. Pameran handphone bulan Juni di Semarang sudah hadir. Buat kamu yang menanti-nanti info ini dari blog dotsemarang, terima kasih sudah berkunjung hari ini. Pameran ini berlangsung di Java mall, catat tanggalnya yang dilaksanakan 20 Juni sampai 4 Juli 2017. 
Tanpa terasa sebentar lagi lebaran. Ini waktunya berkumpul bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Kami sadar bahwa tren selfie maupun welfie tak bisa dihindari, terutama kamu yang termasuk golongan generasi millenials.
Telkomsel Ramadhan Fair
Pameran handphone di Java Mall ini bertajuk Parsell Lebaran, dimana kata Parcell mengacu singkatan dari Parade Selluler. Untuk menarik pengunjung, pameran seperti gadget ini masih menawarkan cara pembayaran secara angsuran dan tukar tambah.
Yang menarik kali ini adalah hadirnya Telkomsel yang membuka stan secara khusus selama pameran. Bila melihat branding dengan nama mereka sendiri, maka stan mereka akan lebih besar sendiri diantara yang lain.

Terak…

Tanggal 16 Juni, Bioskop Cinema XXI The Premiere Semarang Mulai Dibuka di DP Mall

Ada kabar gembira lagi dari bioskop di Semarang. Setelah Java Supermall membuka bioskop, kini giliran DP Mall yang segera buka bioskop Cinema XXI the Premiere di sana pada tanggal 16 Juni 2017. Semakin banyak saja, apa kelebihan Premiere ini?
Oktober 2016, kami sudah memposting tentang rencana DP Mall yang bakal buka bioskop. Akhirnya setelah hampir setengah tahun dari postingan kami yang telah dipublish, bioskop itu akan buka beberapa hari lagi.
Kelebihan The Premiere XXI
Menurut kabar angin yang berhembus (lebay), bioskop yang ada di DP Mall ini akan punya studio yang istimewa. Ya, sesuai namana yaitu studio Premiere. Kami sendiri belum pernah merasakan seperti apa di dalamnya (menunggu undangan). Tapi kami coba berikan beberapa sedikit bocoran berikut ini.
Mengutip situs bookmyshow.com (5/1/2016), bioskop Premiere berbeda dengan bioskop Cinema XXI biasanya. Di dalam teater Premiere, suasananya lebih ekslusif. Tempat duduknya lebih nyaman, sepertinya sangat nyaman kalau kamu lihat g…

Sudah Tahu Cara Nambah Masa Aktif XL Hingga 1 Tahun?

Ada yang menggunakan kartu XL? Sudah tahu, operator dengan dominasi biru ini dapat menambah masa aktif hingga 1 tahun. Dengan masa aktif 1 tahun, Anda tidak perlu takut kartu Anda hangus tiba-tiba. Berikut cara aktivasinya.
Saya baru menggunakan kartu XL beberapa bulan ini setelah acara launching 4G XL LTE di Semarang bulan Juni 2016. Saat itu juga saya mengaktifkan fitur XL Tunai, sebuah layanan keuangan digital atau trennya dompet digital.
Karena saya pikir jarang menggunakan XL untuk keperluan hari-hari saya seperti koneksi Internet, saya tidak ingin XL Tunai saya mati begitu saja. Dan setelah mencari sana-sini informasi tentang layanan keuangan digital ini, saya baru tahu tentang masa aktif XL hingga 1 tahun.
Layanan Perpanjang Masa Aktif 
Ada 2 cara sebenarnya untuk menggunakan layanan ini. Bisa menggunakan nomor *123# atau lewat online dengan mengakses web 
1) *123#
Anda tinggal menekan angka diatas atau mau yang cepat ketik *123*8484#.  Ikuti petunjuknya dan silahkan pilih. Cont…

Semarang Hobby Centre Ternyata Sudah Tidak Dibuka Lagi

Juni kemarin, kami baru tahu kalau Semarang Hobby Centre yang terletak di lantai 5 Sri Ratu jalan Pemuda Semarang sudah tidak beroperasi lagi alias tutup. Terakhir kami memposting tempat ini pada tahun 2015. Sayang sekali sebenarnya. 
Pertama kali ke sini, kami berharap tempat ini akan menjadi ikon menarik di kota Semarang terkait minat dan berbagai hal yang berhubungan dengan mainan. Namun seiring waktu, tidak bisa dipungkiri bahwa ketika bersentuhan dengan bisnis, pasti sangat sulit.
Beberapa gambar yang kami publish tahun 2015, memperlihatkan suasananya yang waktu itu pelan tapi pasti akan segera terisi berbagai hal menarik. Seperti konter mainan yang identik dengan figura-figura mungil yang saat ini sering digunakan dalam Toys Photography.,
Tapi ada kabar baiknya, outlet yang berhubungan dengan mainan masih ada di lantai 4. Di lantai tersebut juga saat ini sudah ada wahana permainan yang saat kami kunjungi begitu ramai dikunjungi keluarga. Ada permainan boom-boom car dan sebagain…