Melihat Potensial Produk Halal Semarang Lewat Event?


Ada yang menarik sebelum penetapan Ramadan tanggal 6 Juni 2016 di Semarang. Dua event bertema halal digelar di dua tempat berbeda . Apakah acara ini menarik, dan bagaimana keduanya dikemas?

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Semarang adalah kota dengan beragam etnis dan agama. Ini bisa dilihat dengan tempat-tempat ibadah yang menjadi objek wisata dan selalu ramai dikunjungi.

Tidak salah, saat momen Ramadan tiba, acara yang berkonsep halal pun hadir. Sesuatu yang dotsemarang jarang temui untuk event yang memasukkan unsur Halal sebagai dasar tema.

Tren pariwisata halal

Beberapa tahun terakhir, tren pariwisata halal memang sudah sangat familiar ditelinga. Negara-negara tetangga dan dunia pun sudah sangat serius menggarap tren ini seperti yang pernah dilakukan event Singapore fair yang memasukkan unsur-unsur halal dalam buku agenda mereka.

Tentu, mereka melihat bahwa Indonesia sebagai salah satu negara muslim terbesar di dunia harus mereka tawarkan untuk datang berwisata. Dalam buku yang pernah diulas di sini, selain kuliner halal yang dimasukkan, ada tempat ibadah yang turut dicantumkan. 

Potensial produk halal

Bila mengacu dengan tren wisata halal, maka event yang diselenggarakan ini di Semarang seharusnya sangat potensial. Selain dapat mengenalkan secara dekat produk-produk halal seperti kuliner, pakaian dan lainnya, event ini bisa jadi roll model untuk menjadikan Semarang sebagai salah satu destinasi wisata halal di Indonesia.

Ada 2 event yang dilaksanakan sebelum umat muslim melaksanakan ibadah puasa, Moslem Fashion Art & Halal Expo di mal Ciputra dan festival halal di Sri Ratu. Keduanya sama-sama menarik pastinya.


Festival halal yang dilaksanakan di Sri Ratu Pemuda memang fokus pada kuliner. Acara yang dimulai dari tanggal 1-5 Juni ini juga memasukkan unsur edukasi dan entertainment sebagai pelengkap acara. Jadi pengunjung tidak sekedar berburu kuliner karena jaminan halal di sana.



Sedikit berbeda dengan yang digelar di Mal Ciputra, event Moslem Fashion Art & Halal Expo lebih fokus pada produk dan jasa. Produk-produk ini memang lebih mirip pameran UMKM, namun hadirnya travel untuk melayani Umroh dan Haji dapat dilihat bagaimana event ini digarap.



Keduanya dilaksanakan bersamaan waktunya, namun berbeda dari segi lokasi yang digunakan. Bila festival halal dilaksanakan di ruang terbuka atau halaman parkir, maka Moslem fashion art dilaksanakan di auditorium lantai dasar mal atau indoor.

...

Ramadan memang menjadi momentum yang tepat untuk gelaran acara tersebut. Keduanya juga punya segmen berbeda terutama pengunjung. Tapi keduanya punya tujuan sama yang perlu digaris bawahi yaitu, Semarang punya banyak pelaku industri potensial yang ramah terhadap wisatawan muslim baik lokal maupun luar.

Kini, tinggal bagaimana menggarap semua aspek yang berhubungan dengan wisata halal untuk menarik perhatian. Semarang punya tempat wisata buat muslim seperti Masjid Agung Jawa Tengah yang selalu ramai dikunjungi.

Semarang punya gelaran yang tiap tahun rutin digelar sebelum puasa yaitu Dugderan. Dan kini, saat acara Halal diselenggarakan, masyarakat semakin tahu bahwa Semarang banyak produk yang berlabel halal yang dapat dibawa pulang saat mereka mengunjungi ibukota Jawa Tengah ini.

Artikel terkait Marketing:
...
Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?