Mengoptimalkan Kota Lama Semarang Lewat #SNC2016


Tahun ini, gelaran Semarang Night Carnival dilakukan di kawasan Kota Lama. Tidak seperti sebelum-sebelumnya, yang menjadikan jalan pemuda dan Balaikota sebagai titik acara.

Acara berjalan lancar meski pada akhirnya diguyur hujan kembali. Maklum, beberapa tahun terakhir gelaran ini masih tidak lepas dari hujan yang selalu menemani saat acara segera berakhir.

Branding Kota Lama

Dengan menempatkan acara ini di Kota lama, dapat terlihat bagaimana gelaran ini diharapkan lebih ngebranding kawasan Kota Lama Semarang. Semua dikemas dengan sangat wah dan menghibur.

Kota Lama butuh sesuatu yang wah, gelaran yang rutin digelar yang dijadikan patokan wisatawan untuk datang kembali, sesuatu yang menarik dan sebagainya.

Apalagi tahun 2016 dijadikan tahun infrastruktur pariwisata, yang selalu didengungkan juga oleh Gubernur Jawa Tengah. Beberapa acara sebelumnya pun ditaruh di Kota Lama.

Kota Lama merupakan aset destinasi wisata Semarang yang tidak semua kota di Indonesia memilikinya. Kawasan ini tidak pernah sepi, baik mereka yang berkunjung atau acara-acara yang dihadirkan.

Gandeng blogger

Rasanya Twitter tidak butuh lama menempatkan gelaran hashtag #SNC2016 menjadi trending topik. Antusias acara ini memang sangat tinggi, apalagi kemasan dan durasi waktu promosi sudah dilakukan jauh-jauh hari.

Namun ada yang menarik dari acara ini. Lewat Badan Promosi Pariwisata Kota Semarang (BP2KS), ada 20 blogger yang diundang turut mempromosikan acara yang sudah 6 kali digelar ini melalui media sosial mereka.

"Mereka dari Jakarta, Surabaya, Jogja, Batam, Denpasar, Makasar, Bogor dan Bekasi." kata Ketua BP2KS, Benita Arijani (rakyatmuria.com).

Keberadaan mereka sudah beberapa hari di kota Lunpia sebelum acara, sangat jelas bagaimana peranan blogger bagi dunia pariwisata. Meski disayangkan juga, blogger lokal tidak turut disertakan (blogger Semarang).

Mengenalkan Kota Lama lewat acara SNC kepada blogger yang diundang tentu punya nilai plus tersendiri. Apalagi yang sama sekali belum pernah menginjakkan kaki di Semarang.



...

Parade budaya, karnaval malam hari, kawasan yang punya sejarah dan aset berharga kota Semarang, siapa tidak tergiur untuk hadir dan meramaikan.

Meski beberapa sindiran tentang acara SNC lewat media sosial turut mewarnai, setidaknya masyarakat sudah memberi masukan kepada pemerintah kota maupun panitia untuk lebih baik kedepannya.

Ada 20 ribu lebih masyarakat yang hadir hanya 1 malam gelaran Semarang Night Carnival tahun ini, menurut klaim panita lewat twitter. Itu baru 1 malam, lho. Gimana kalau beberapa hari? Mungkin hanya soal kemasan lagi.

Sayang kita tidak tahu siapa yang benar-benar wisatawan luar kota, atau luar negeri semisal ingin dihitung jumlahnya. Paling mudah menghitung jumlah blogger Nusantara yang hadir yaitu 20 blogger.

Mari kita tunggu kabar selanjutnya tentang Kota Lama Semarang.

Artikel terkait :
...


Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?