6 Cara Mengoptimalkan Promosi Acara PKRJT 2016


Pertunjukan Kesenian Rakyat Jawa Tengah atau PKRJT pekan ini kembali diselenggarakan di kawasan Kota Lama. Acara ini memang rutin tiap akhir pekan. Menurut dotsemarang, acara ini masih sedikit memanfaatkan Internet untuk berpromosi. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan.

Bila melihat potensi Kota Lama Semarang, maka seharusnya kawasan ini akan selalu ramai. Berbagai aktivitas, tempat nongkrong, dan acara ditaruh di sini. Lalu, bagaimana dengan promosi di Internet?

1. Live video streaming

Masyarakat sekarang sangat berteman dengan media sosial. Segmennya bisa dari remaja hingga orang dewasa. Untuk generasi remaja, mereka benar-benar aktif sekali. Cobalah memanfaatkan video live streaming untuk menyiarkan langsung guna menyasar segmen pengguna Internet.

Dengan berbagi di Internet, semua orang di dunia bisa mengetahui acara PKRJT. Berbeda dengan televisi yang pelan-pelan ditinggalkan, TV tidak semua belahan di dunia lain yang dapat mengakses. Kecuali mereka menggunakan media sosial juga untuk penyebarannya.

Salah satu operator Internet yang menyediakan paket unlimited sebulan bisa digunakan. Apalagi jaringannya sudah 4G. Beberapa operator di Semarang sebagian besar sudah 4G. Untuk aplikasi, rekomendasinya bisa gunain Periscope atau Youtube.

2. Live tweet

Butuh seorang admin yang dapat menulis di media sosial seperti live tweet. Acara ini seharusnya sudah menggunakan jasa admin dalam hal promosi secara langsung saat acara. Apakah kesulitan untuk mendapatkan admin? Coba kerjasama dengan beberapa akun kota Semarang di twitter. Asal deal kerjasaman, mereka pasti dapat mengerjakannya.

3. Gunakan blog sebagai pendamping website

Bedanya hanya cara mengemasnya saja. Website diisi dengan poster, jadwal acara, keterangan, video dan lainnya. Sedangkan blog, diisi dengan review acara, hal menarik yang dapat direkam, kerja dibalik layar kru, foto-foto seru dan mengumumkan acara selanjutnya dengan iming-iming menggiurkan. Intinya blog lebih tentang sudut pandang yang berbeda.

4. Kolaborasi

Dotsemarang mencatat beberapa media sosial yang sangat berpengaruh, mulai dari instagram (exploreSemarang), twitter (admin kota Semarang yang diprakarsai akun wisata Semarang) dan komunitas (kampus maupun semacam organisasi).

Ajak mereka berkolaborasi dan tentu dengan kesepakatan-kesepakatan yang menarik. Ingat, pengikut mereka sangat besar dan tentu tidak gratis. Asal deal saja, pasti mereka akan mencoba.

5. Hashtag

Sebenarnya ini jadi satu paket dengan poin nomor 2. Kekuatan menggunakan ini adalah kita dapat mengukur seperti apa pengaruh acara tersebut. Berikan tantangan kepada pengguna media sosial, ini juga dapat menarik perhatian guna mendapatkan hashtak berlimpah.

6. Instagram official

Saat mencari acara ini di Instagram, dotsemarang menemukan akun yang ngadain acara (semacam EO). Sayangnya, akun tersebut bukan official PKRJT. Bedanya, akun official akan berisi foto-foto acara saja. Bukan foto personal dan yang tidak berhubungan.

Usahakan foto yang ditaruh di Instagram adalah foto terbaik. Bedanya dengan blog maupun twitter, instagram adalah situs berbagi tentang foto. Jadi jangan lupakan itu

...

Mungkin ini sudah sebagian dilakukan, tapi kadang tidak mudah. Dotsemarang melihat akun VisitJawaTengah yang sering berbagi, sayangnya hashtag yang digunakan kurang menarik bila untuk menggiring masyarakat ke acara.

Pertunjukkan Kesenian Rakyat Jawa Tengah 2016 diselenggarakan tiap sabtu malam di kawasan Kota Lama mulai jam 7 malam. Tiap pekan temanya selalu berganti. Info lebih lanjut dapat mengikuti akun abgproindonesia (instagram).

Artikel terkait :
...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?