Langsung ke konten utama

Media Sosial dan Kelas Menengah


Menurut survei dari  Twitter Mass Study yang diadakan Oktober 2015, menunjukkan bahwa rata-rata pengguna internet berasal dari kelas menengah. Survei dengan sampel 500 hingga 1.000 responden ini menggambarkan bahwa para pengguna media sosial punya kecenderungan untuk membeli barang-barang mewah 1,3 kali lebih tinggi.

Apa yang Anda pikirkan dengan data ini? Mungkin saja buat yang terjun menjadi marketeers sudah ancang-ancang strategi apa yang dapat dilakukan. Namun buat dotsemarang, ini sebuah info buat acara-acara yang belum banyak memanfaatkan media sosial di kota Semarang.

Prediksi pengguna Internet tahun 2016

Mengutip dari situs kontan.co.id (27/11), Operator media sosial semakin tergiur melihat pangsa pasar pengguna internet di Indonesia yang terus mekar. Dalam prediksinya pengguna internet di Indonesia bakal melonjak hingga 50% pada tahun depan.

Tianyu Xu, Social Analytics Lead Twitter Asia Pasifik Kamis (26/11) menyebutkan, dari pengguna media sosial di Indonesia menunjukkan, bahwa semakin besar pendapatan yang diperoleh, semakin besar belanja untuk internetnya.

Sedangkan penetrasi mobile internet terus tumbuh. Pada 2014 pertumbuhannya 42%. Tahun ini presentasenya naik menjadi 48%. Tahun depan proyeksinya naik menjadi 50%. Lalu menjadi 54% pada 2018. Sebagai gambaran dalam catatan Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia, pengguna internet Indonesia ada 88 juta. (eMarketer pada Juni 2015)

Produk yang dicari

Jenis produk yang paling diminati adalah retail dan otomotif. Selama 12 bulan terakhir, sebanyak 81% responden menyatakan beli rumah dan interior, 80% membeli pakaian, dan 72% membeli kendaraan bermotor.

Saat hendak membeli satu produk, konsumen kerap melibatkan media sosial. Sebanyak 92% pelanggan mencari situs belanja melalui media sosial tersebut. Lalu, 93% dari mereka melakukan riset produk dan mendaftar merek yang diharapkan.

Apa yang bisa kita petik disini?

Di Semarang sendiri, dotsemarang melihat pameran seperti otomotif, rumah dan interior, pakaian dan lainnya sangat sering digelar. Namun kurang bergeliat di media sosial.

Apalagi pameran komputer yang sudah punya daya tarik sendiri ketika dotsemarang mempublishkannya. Entah salah siapa atau memang kurang menarik pengguna media sosial bagi mereka.

Yang jelas melihat data ini sudah seharusnya bisa dimasukkan dalam strategi marketing sebuah acara bagi mereka, pelaku acara maupun pembuat acara. Manfaatkan media sosial untuk memperoleh pengaruh dan daya beli masyarakat khususnya kelas menengah yang sedang buming.

Semua butuh usaha dan berusaha. Selamat Desember, buat semuanya.

Original post klik disini.
Gambar : Ilustrasi



Informasi Pemasangan Iklan

Hubungi @dotsemarang
Email : dotsemarang [@] gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Semarang September 2017

Selamat datang bulan September. Awal bulan ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 2017 yang diputuskan tanggal 1 September, hari jumat. Kami mengucapkan selamat hari Raya dan berikut daftar acara Semarang bulan.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.
Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [11 Agustus - 10 September] - Jateng Fair 2017 di PRPP. Info klik di sini.[30 Agustus - 3 September] - Acer Day di Paragon Mall Semarang.[30 Agustus -  9 September] - Pameran Handphone/Bazaar di Plasa Simpang Lima Semarang.[5 - 10 September] - Festival Kuliner Nusan…

Agenda Festival Kota Lama 2017

Event Festival Kota Lama kembali menyapa tahun ini, tepatnya tanggal 23 hingga 24 September 2017. Mari agendakan ke sini, karena acara diselenggarakan akhir pekan, Sabtu dan Minggu.
Festival Kota Lama yang diprakarsai oleh Oen Semarang Foundation dimulai sejak tahun 2012. Ini berarti, Festival Kota Lama 2017 sudah berjalan ke-6 kalinya (setahun sekali).
Untuk tema Festival Kota Lama tahun 2017 mengusung Sepanjang Jalan Kenangan. Dan lokasi acara berlangsung sekitar Polder Tawang, sama seperti tahun 2016. Acara yang diselenggarakan hari Sabtu dan Minggu ini tidak membuat panggung apung.

Tentang Festival Kota Lama 2017

[Press rilis] Melihat adanya berbagai kendala dalam pelestarian cagar budaya di Kota Lama, seperti kepemilikan bangunan, perawatan bangunan yang telah berusia tua, lingkungan sosial yang perlu ditingkatkan menjadi social capital, serta keterancaman lingkungan akibat iklim.

Kawasan Kota Lama menyimpan potensi yang luar biasa; termasuk masyarakatnya yang proaktif untuk teta…

4 Sektor Unggulan Semarang Tahun 2017 Ini Bisa Menjadi Inspirasi Buat Konten

Ini kabar baik bagi untuk kami tentunya dalam hal produksi konten dan mendukung kota Semarang. Semenjak bulan Juli 2017, Badan Ekonomi Kreatif telah memverifikasi 4 sektor unggulan Semarang, diantaranya fesyen, arsitektur, game dan aplikasi. Selengkapnya.
Mengutip laman resmi kota Semarang, semarangkota.go.id, Walikota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan bahwa di akhir bulan Juli, Pemerintah Kota Semarang mengusulkan kepada Badan Ekonomi Kreatif 3 sub sektor unggulan Kota Semarang. Arsitektur, game dan aplikasi, serta sub sektor fashion. Dan ketiga usulan tersebut telah diverifikasi dan ditetapkan.
Dari ke-4 sektor, fashion yang kami update sebelumnya di sini, sudah mendapatkan panggung yang dipromosikan pemerintah dengan membuat acara di Kota Lama. Dan tentu, ini akan terus dilakukan pemerintah untuk membuktikan apakah fashion merupakan sektor unggulan kali ini.
Dari dotsemarang, kami melihat ini adalah peluang baik untuk fokus pada konten yang berhubungan dengan sektor unggulan k…

[Photoblog] Festival Kuliner Nusantara Lezaatnesia 2017

September, event kuliner Semarang ini kembali digelar. Lokasinya, masih seperti sebelumnya yaitu Sri Ratu. Apakah kamu sudah mampir ke sini? Kira-kira ada apa saja yang ditawarkan?

Kami mohon maaf bila event ini sudah selesai saat kamu tertarik ingin berkunjung. Kami sarankan bila ingin tahu info acara yang ada di Semarang, sebelum terlambat datang, sebaiknya kunjungi halaman daftar agenda Semarang yang tiap bulan kami buat, atau klik di sini.


Event kuliner ini bertajuk Festival Kuliner Nusantara Lezaatnesia. Ada 60 stand kuliner yang mengikuti yang semuanya bertema sesuai tajuk festival.


Selain panggung hiburan yang menyemangati acara, terutama pengunjung, ada salah satu kuliner yang menurut kami mencuri perhatian di sini, yaitu Nasi Glewo. Kuliner khas Semarang ini populer di era 80-an, sayang keberadaannya sangat sulit ditemui. Alasannya karena banyak generasi penerusnya yang memilih tidak meneruskan usaha leluhurnya.

Nasi Glewo Khas Semarang👍 A post shared by @wirawan_aw on Sep 1…

Daftar Acara Festival Kota Lama 2017

Berikut daftar acara yang akan berlangsung di Festival Kota Lama 2017. Hari pertama, pembukaan, acara dimulai dengan gala dinner yang dimulai dari jam 6 sore. Selanjutnya, hari kedua yaitu hari minggu, Festival dimulai dari jam 6 pagi. Berikut detailnya.
Hari Pertama : Gala Dinner, pembuka Festival Kota Lama 2017
Malam minggu di Kota Lama bakal semarak dengan event Festival Kota Lama. Untuk membukanya, panitia sudah menyiapkan salah satu rangkaian acaranya, yaitu Gala Dinner.
Untuk bisa duduk di sini, panitia tidak memberi secara cuma-cuma. Kamu harus membayar dengan harga 200 ribu rupiah/orang. Tunggu dulu, ini kemahalan? Mungkin saja bagi sebagian. Namun bila melihat menu yang dihidangkan dan bagaimana ini dikemas dengan berbagai hiburan, mungkin kamu harus mencobanya. Mengingat acara ini setahun sekali.
Ini Menu Tempo Doeloe Toko Oen bila kamu mengikuti Gala Dinner : Nostalgische snacks: mini socijsbrood, amandel en bitterballen (pembuka: kumpulan snack favourit Toko Oen).Heldere tom…