5 Kuliner Minuman Khas Semarang


Sudah tahukan, Semarang jadi salah satu destinasi unggulan wisata kuliner di Indonesia? Yang belum tahu, baca disini dulu deh. Postingan berikut ini akan melengkapi referensi kuliner yang ada di Semarang, khususnya tentang minuman.

Liburan ke Semarang kalau hanya menikmati makanan dan minuman yang sama di kota Anda tinggali maka sebaiknya atur lagi buat berkunjung kesini. Karena sangat disayangkan bila tidak mencoba beberapa referensi berikut ini.

1. Wedang Tahu

Minuman yang terbuat dari sari kedelai ini disajikan dengan hangat biar mantabs. Punya sejarah sangat panjang, yaitu pada abad 19, minuman ini dibawa oleh imigran Tiongkok pada waktu itu.

Harganya murah, sekitar 5 ribu - 6 ribu. Minuman ini dapat ditemui di kawasan pacinan, Gang Lombok Semarang, serta terkadang ada pedagang keliling.

2. Jamu Jun

Dapat ditemui di kawasan pecinan di Pasar Gang Baru, serta beberapa pedagang keliling, minuman ini terbuat dari campuran air, tepung beras, tepung ketan, santan, gula pasir, gula jawa, daun pandan serta 18 jenis rempah yang di sebut sariwangi batanget. Ada juga bahan dari  rempah antara lain jahe, serai, merica dan kayu manis, sehingga kalau diminum membuat tubuh menjadi hangat.


Dalam menyajikannya pun biasanya ditambahi bubuk putih atau selo ditambah merica. Jamu ini agak kental biasanya ditaruh dalam mangkuk dan ditambah bola-bola kecil berwarna coklat yang biasa disebut krasikan yang terbuat dari parutan kelapa, jahe dan gula merah.

3. Es Puter Cong Lik

Memiliki banyak rasa, seperti rasa cokelat, kelapa muda, leci, mangga, blewah, dan durian. Harganya mulai dari 13 ribu sampai 20 ribu.



4. Wedang Kacang Tanah

Seperti namanya, wedang yang berarti minuman dan kacang tanah berarti bahan campurannya, minuman ini biasanya disajikan dengan mangkuk dan hangat. Salah satu lokasinya dimana pedagangnya jualan yaitu jalan Kapuran di kawasan Pecinan Semarang. Untuk harganya sendiri berkisar 6 ribuan.



5. Kolak Setup Pisang

Sama seperti namanya yang ada pisangnya tentu bahan dasarnya adalah Pisang. Mudah dijumpai di warung-warung.


Referensi : semarang.solopos.com
Gambar : Google



Informasi Pemasangan Iklan

Hubungi @dotsemarang
Email : dotsemarang [@] gmail.com

Comments

  1. ini mah bukan minuman khas semarang
    tapi minuman khas pecinan haha

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?