Tips Mendapatkan Ide dan Semangat Kembali : Tidur 15 Menit


Gambar : Google

Manusia bukanlah robot yang bekerja tanpa batas. Seperti saya contohnya mungkin. Hanya mampu bisa menulis 2 postingan atau bila diukur waktu, hanya sekitar 2 jam saja. Alasannya sederhana. Itu sudah kebiasaan saya. Lalu, bagaimana bila saya ingin kembali membuat tubuh saya bekerja?

Tidur 15 menit. Begitulah tips sederhananya. Ini biasa saya lakukan saat butuh menulis blog lagi. Dan biasanya siang hari (diantara jam 10.00 - 16.00). Maklum di jam segitu biasanya sangat rentan akan kelelahan, terutama aset berharga saya yakni otak.

Ini saya coba lakukan baru-baru saja, sekitar 2 bulan terakhir. Dan itu sangat efektif. Apakah saya kebablasan? Saya termasuk orang beruntung untuk sebuah ikrar niat. Kalau niatnya 15 menit ya pasti bangun 15 menit. Lebih dikit kadang juga sering.

Bagaimana kalau saya nggak bisa tidur. Berarti tubuh Anda atau otak Anda masih belum lelah. Dan mungkin juga kebiasaan saya belum tentu sama seperti lain. Ya, ini tips mungkin tidak efektif bagi semua orang. Namun bisa saya rekomendasikan bila Anda butuh.

Nama lain untuk istilah ini adalah Power Nap. Yaitu  tidur singkat yg selesai sebelum terjadinya tidur pulas (deep sleep/slow wave sleep) bertujuan untuk secepatnya menyegarkan badan/merevitalisasi dari kelelahan. 

Power nap sudah di laksanakan selama berabad-abad di Spanyol dan Amerika latin, power nap bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan dari tidur tetapi dengan waktu yang sangat singkat, terutama buat orang-orang yang merasa kurang tidur (bahasa sininya utang tidur lah) keuntungan dari power nap adalah bikin seger, meningkatkan performa dan kemampuan belajar kita (lebih fokus dan konsen jadinya).

**Oh iya, bila Anda mau menggati durasi waktunya itu terserah Anda. Banyak artikel yang mengulas tentang Power Nap di mesin pencari.

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?