Tantangan Pengguna Windows Phone Pemula


Mereka yang terbiasa menggunakan feature phone akan bersemangat bila langsung pindah menggunakan smartphone OS Windows Phone. Namun akan lebih susah bila mereka langsung pindah ke Android kemudian mau mencoba ke Windows Phone. Alasannya?

Apakah Windows Phone itu seperti OS Android? Langsung deh kehabisan kata-kata bila mereka yang terbiasa sudah merasa nyaman lalu ingin coba-coba pindah. Kecuali mereka memiliki tipe ingin belajar atau ambisius yang segala hal harus bisa.

Minggu siang (12/7) saya bertemu dua anak remaja. Salah satunya adalah calon pembeli saya. Kebenaran beberapa hari kemarin saya melempar smartphone OS Windows saya ke forum Jual Beli Semarang. Saya sebenarnya tak berharap itu akan menjadi hari-hari terakhir saya memegangnya. Mengingat hp tersebut adalah hp pertama menggunakan logo Microsoft.

Apes, Lumia 535 saya laku terjual. Tidak ada lagi bayangan 20 tahun mendatang bahwa saya adalah satu-satunya pemilik hp logo microsoft di dunia. Remaja tersebut begitu senang meski harus mendapat musibah di jalan. Motornya mogok dan harus mendorong beberapa meter, katanya.

Cari lewat mesin pencari

Adanya mesin pencari seperti google ternyata belum tentu memberikan gambaran bagaimana OS Windows itu mudah digunakan. Kata remaja yang saya temui tersebut, meski sudah mencari tak banyak informasi yang didapat. Entahlah pada saat itu apakah saya sudah terperdaya atau memang ia tak bertanya sama sekali lewat google.

Sejatinya bila merujuk mesin pencari akan lebih mudah. Apalagi ada youtube yang lebih secara detail memberi gambaran. Namun tetap saja, generasi yang seharusnya lebih modern ini pasrah tidak bisa berbuat apa-apa.

Game, musik dan Internet

Lumia 535 bukan saja memiliki kelebihan dari segi RAM yang besar yaitu 1GB namun memiliki kamera depan belakang yang mumpuni. Tapi bukan itu yang diinginkan remaja tersebut. Mereka tertarik karena dengan RAM besar bisa memainkan game yang lebih menarik, katanya.

Hal kedua yang membuat remaja ini memutuskan mengeluarkan uang membayar hp saya adalah koneksi Internet, Musik lalu kamera. Beginikah segmentasi pasar sekarang bila menemukan kasus pembeli remaja? Bagaimana denga kamera?

Tingkat kenyamanan

Rasa nyaman biasanya didapat saat sudah mulai berpengalaman. Remaja ini memang sudah begitu sering menggunakan ponsel OS Android, makanya saat menggunakan Lumia 535 ini, ia agak bingung. Apakah Windows kurang lebih sama dengan Android.

Begitulah pertanyaan yang mendominasi pertemuan saya dan mereka waktu itu. Untungnya menjelaskan dengan cara praktek langsung sedikit mudah mereka menerimanya. Yah, mereka memang masih bingung dan terus membandingkan dengan OS si ijo.

...

Ini hanya sebuah pengalaman saat bertemu dengan calon pengguna baru OS Windows. Mungkin hanya sebagian orang yang mengalami hal seperti ini. Bila ingin menggunakan Windows mobile, cobalah mencari banyak referensi di mesin pencari dan lewat Youtube.

Beda kedua OS ini sebenarnya hanya sebuah pengalaman dan rasa nyaman. Cobalah dahulu bila belum pernah dan katakan suka bila memang sudah terbiasa dan tetap bertahan. Bila tidak, Anda pasti tahu bagaimana cara kembalinya.

Gambar : Google

...

Informasi Kerjasama

Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?