Tantangan Smartfren 4G di Semarang



Gembar-gembor jaringan 4G rupanya tidak melulu dilakukan operator GSM. Meski pada akhirnya Semarang tetaplah belum mendapatkan jatah untuk dapat menikmati. Dan tiba-tiba, operator CDMA dengan branding ponsel khususnya ini sudah ikut ambil bagian untuk jaringan 4G.

Adalah Smartfren yang ikut ambil bagian dan merupakan perusahaan telekomunikas berbasis CDMA yang masih dianggap paling bertahan diantara keluarga CDMA lainnya. Kini operator dengan warna merahnya ini sudah memajang baliho besar dengan iklan ponsel teranyarnya plus jaringan 4G.

Untuk diketahui, Semarang selalu kalah start dengan kota-kota besar. Dan prediksi saya pun jaringan 4G ala Smartfren yang digadang akan digarap pada semester kedua tahun 2015 ini juga sepertinya akan terlambat.

Ada dua produsen BTS yang telah dipilih Smartfren untuk 4G LTE ini, yakni Nokia dan ZTE. Nokia nantinya akan bertanggung jawab terhadap pemasangan BTS di daerah barat, seperti Sumatera, Jabodetabek, dan Jawa Barat. Sementara itu, ZTE akan menggarap BTS di wilayah Timur, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

Jaringan 4G LTE milik Smartfren sendiri nantinya akan menggunakan dua standar metode pengantaran data, yakni time division duplex (TDD) untuk jaringan 2.300 MHz dan frequency division duplex (FDD) untuk jaringan 850 MHz.

Yah, saya berharap operator yang memiliki kantor di jalan Ahmad Yani ini tidak molor sampai tahun 2016. Sayang bangetkan kalau perangkatnya sudah dipromosiin tapi jaringannya masih belum bisa digunakan.

*Diperbarui 13 Juni 2019

Artikel yang berhubungan :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

  1. makasih infonya sangat bermanfaat
    di tunggu info terbarunya ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai