Langsung ke konten utama

Review Film : Ayat-ayat Adinda


Film yang cocok untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang sebentar lagi. Film ini resmi diputar diseluruh bioskop tanah air sejak tanggal 12 Juni 2015. Berikut reviewnya.


Bernuansa islami dengan kategori penonton semua umur, film ini menawarkan cerita yang masih jarang ditemui. Ya, seorang pelajar Sekolah Dasar berjuang mengikuti lomba MTQ (mengaji) harus berhadapan dengan dilema keluarga sendiri.


Cerita


Mendengar senandung qasidah di awal film ini menenangkan. Saya pikir film ini akan bercerita banyak tentang qasidah, apalagi anak seumuran pelajar yang memiliki suara emas. Tentu ini akan sangat menarik.


Namanya Adinda (Tissa Biani) yang berperan sebagai tokoh utama film berdurasi 94 menit ini. Memiliki 2 sahabat baik yang menemaninya baik dalam suasana suka maupun duka.


Masalah terbesarnya bukan pada lingkungan sekolah, namun keluarga yang ingin Adinda tidak melakukan apa-apa selain hanya bersekolah.


Sebagai seorang anak-anak, Adinda harus menerima kenyataan bagaimana keluarganya mempengaruhinya. Kebiasaan orang tua, lingkungan dan perbedaan-perbedaan yang mengatasnamakan agama.


Namun Adinda tidak pantang menyerah. Disinilah cerita itu memiliki tingkatan untuk membuat penonton tetap terjaga. Beberapa adegan bahkan cukup menyentuh. Termasuk lantunan ayat-ayat suci Alquran.


Media sosial turut diangkut


Meski film garapan sutradara Hestu Saputra ini memberikan takdirnya sendiri bagi Adinda, media sosial yang sedang buming saat ini turut diangkut juga menjadi bagian cerita.


Seperti saat Adinda mengaji kemudian direkam oleh salah seorang pria yang menyaksikan acara. Video tersebut diupload dan membuat orang-orang semakin mengetahui kelebihan yang ada pada Adinda. Sayang, gara-gara ini konflik Adinda dan Ayahnya semakin menjadi-jadi.


Tradisi


Film ini juga membawa pesan tentang sebuah tradisi yang masih sepertinya dipertahankan bagi sebagian masyarakat khususnya masyarakat Jawa dan pemeluk agama Islam.


Cara menjodohkan kedua anak lewat ta'aruf dan anak dari kyai adalah tradisi yang masih ada meski jaman terus berganti dari waktu ke waktu. Karena inilah, Adinda harus berjuang untuk membuktikan apa yang dilakukannya dapat membuat bangga kedua orang tuanya.


...


Film ini menarik khususnya bagi putra-putri Anda dan tentu Anda sebagai orang tuanya. Bagaimana nilai-nilai pembelajaran bisa ditemukan disini.


Secara keseluruhan film ini baik menurut saya. Hanya saja, harapan setinggi yang saya pikirkan untuk bagian akhirnya tidak saya dapatkan. Adinda memang menang dan membuat semua orang bangga padanya, tapi suara emasnya tidak diperdengarkan. Apakah karena durasi yang sudah mepet atau bagian skenario.


Sangat disayangkan. Mengingat perjuangan film ini ditengah gempuran film Hollywood yang sedang tayang membuat penonton kategori remaja teralihkan. Saat saya menonton hari kedua, jam pertama, film ini hanya ditonton tak lebih dari 10 orang.


@asmarie_




Informasi Pemasangan Iklan

Hubungi @dotpromosi
Email : dotsemarang [@] gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Acara Pasar Imlek Semawis 2018 di Semarang

Jadwal acara pasar Imlek Semawis 2018 jatuh pada tanggal 12-14 Februari, hari Senin - Rabu. Kali ini postingan kami lebih ekslusif daripada tahun-tahun sebelumnya. Sebabnya, kami turut hadir di acara konferensi pers yang dilaksanakan Jumat siang (9/2) di Klenteng Tay Kak Sie.

Kami beruntung bisa terlibat di konferensi pers yang diadakan panitia yang mengundang, kebanyakan awak media untuk mendengarkan pemaparan terkait acara nantinya.

Yang menarik lagi setelah konferensi pers, ada acara selamatan yang membuat pengikut kami di Instagram memuji apa yang dilakukan panitia dengan pembacaan doa (agama islam) yang kami bagikan di stories.

Mereka memuji pembacaan doa selamatan di area Klenteng. Bahkan kami disarankan membuat konten seperti ini, mengingat konten yang bertebaran sekarang di media sosial kebanyakan konten yang kurang menarik (membenci).

Tema Pasar Imlek Semawis (PIS) 2018

Tema tahun ini sangat menarik dan menyesuaikan kondisi yang ada sekarang, yaitu zaman now. Maka tak heran p…

Review Film Promise

Film Promise rilis di bioskop tanggal 5 Januari 2017 dan merupakan film perdana di tahun ini. Membawa durasi 110 menit dengan segmen remaja (13+) film ini dibintangi Dimas Anggara yang identik dengan film romantis dan kembali berkolaborasi dengan Asep Kusdinar sebagai sutradara.
Awal pembuka tahun yang manis dari Promise. Film bergenre drama asmara ini bukan saja menyuguhkan berbagai keindahan dari background yang dibawa, tapi cerita yang kuat dan akting para pemain yang benar-benar menghanyutkan suasana meski saya tak bisa menangis.
Cerita tidak mudah ketebak tapi selalu menembak
Di awal film, penonton sudah disuguhin pemandangan indah yang terus berlanjut hingga akhir film. Wow. Jogja dan kota Milan, Italia, benar-benar lokasi yang dibuat untuk cerita para pemainnya dengan berbagai kisah. Tentu kisah romantis yang paling dalam dihadirkan di sana.


Dua anak kecil (laki & perempuan) berucap janji tapi tak tahu apa yang dikatakan, dan tiba-tiba Dimas Anggara yang berperan sebagai Ra…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Februari 2018

Selamat datang bulan Februari. Bulan yang dianggap sebagian orang bulan penuh cinta ini bertepatan dengan salah satu acara di kota Semarang, Pasar Imlek Semawis. Berikut daftar acara di kota Semarang selama bulan Februari.

Agenda rutin :
[Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan & Pemuda. [Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan.Agenda lainnya :
[1-12 Feb] - Pameran Otomotif Plasa 2018 di atrium Plasa Simpang Lima Semarang.[12-14 Feb] - Pasar Imlek Semawis 2018. Detail informasi klik di sini.[14-18 Feb] - Pameran Handphone di Paragon Mall.[15-25 Feb] - Pameran Handphone di Plasa Simpang Lima Semarang.[16-18 Feb] - Imlek Celebration di Klenteng Sam Poo Kong | Jam 9.00 - 21.00 wib. Info Po…

Selebgram Semarang yang Semakin Eksis Di setiap Acara

Kehadiran mereka saat ini di berbagai acara memang sudah wajar, terutama kota-kota besar. Namun untuk kami yang sering hadir dalam sebuah acara, mereka terbilang baru.

Seperti postingan kami sebelumnya tentang tren pemasaran yang melibatkan influencer, maka selain bloger, vloger/youtuber, foodgram , akun kota,  selebgram akan semakin sering kami temui.

Siapa selebgram yang kami maksud ini? Kalau hanya mengandalkan jumlah pengikut banyak, maka semua pemilik akun Instagram disebut selebgram juga. Bukan itu.

Selebgram di sini adalah seorang wanita, cantik dan punya pengaruh setiap unggahannya di Instagram. Mereka terkadang membawa fotografer untuk memberikan hasil terbaik. Tak jarang, bahkan membawa pasangannya.
Menurut situs celebgramme.com, selebgram adalah istilah untuk mereka pengguna akun Instagram yang terkenal di situs jejaring sosial tersebut. Istilah selebgram berasal dari kata selebritis dan Instagram yang bisa berarti selebritis yang cuma ngetop di Instagram. Mengapa kategori…