Langsung ke konten utama

Blog : Alat Komunikasi yang Masih Efektif


Gambar : Google

Sampai saat ini, saya masih melihat sebagian perusahaan, organisasi, tempat usaha dan lainnya belum memanfaatkan blog. Bila mereka sadari, blog adalah perpanjangan tangan dari tempat mereka agar masyarakat atau konsumen sadar, menyukai, mendapatkan pengetahuan, informasi dan masih banyak lagi.


Sampai disini Anda membaca, berarti Anda memiliki keingintahuan yang besar tentang blog. Apalagi di era Internet sekarang, keunggulan yang kita tidak pernah kita tampilkan, menjadi lebih terlihat.

Bahasa Komunikasi

Lalu, apa bedanya dengan website. Sebenarnya sekarang ini sama saja. Hanya, blog identik dengan gratisannya. Meski pada akhirannya, sebagian orang berusaha membanggakan diri dengan memiliki rumah sendiri.

Seperti yang saya kutip dari majalah Mix bulan April 2015, pada level perusahaan manapun, komunikasi memegang peranan penting dan strategi karena mempengaruhi kepercayaan, pengetahuan, reputasi, citra mereka dan produk, konsolidasi budaya perusahaan dan hubungan baik dengan banyak pihak. 

Dengan landasan sederhana tersebutlah, blog menjadi alat komunikasi yang efektif bagi siapapun saja. Termasuk personal yang berhubungan juga dengan branding. 

Blog menjadi penghubung dari kekakuan informasi yang kita bangun. Semisal museum yang sudah memiliki website. Yang diinginkan saya saat membuka hanyalah sebuah informasi. Selebihnya tidak ada.

Lain lagi ceritanya dengan blog. Bahasa yang apa adanya, tidak baku, santai dan terus diupdate menjadi cerita menarik untuk diketahui. Semisal, Museum menulis kebiasaan pengunjung yang menarik. Atau juga cerita pekerja disana yang saat makan siang harus menerima pekerjaan guide. Keikhlasan menjadi kunci utama yang terbaca bagi pembaca blog tersebut.

Bayangkan bagaimana blog bercerita dan menyampaikan sesuatu yang dianggap biasa menjadi luar biasa. Dengan sendirinya, blog membuka alam bawah sadar pembacanya untuk mencoba membuktikan apa yang mereka rasakan hanya lewat blog dengan cara berkunjung.

Pengalaman

Kedekatan emosional mampu memberikan gaya komunikasi yang biasa menjadi luar biasa. Dengan blog, perusahaan atau lainnya, memberitahukan sesuatu yang dirasa sama atau akan sama tentang pengalaman yang didapatkan.

Tanpa sadar, kita membangun hubungan lewat pengalaman yang kita tuliskan di blog. Semisal bioskop yang menuliskan pengalaman petugasnya yang membantu dua orang lansia yang ingin menonton film tapi agak kesulitan. Sebuah pengalaman yang menyentuh dan pihak bioskop bercerita juga tentang penghargaan yang diberikan kepada karyawan tersebut. Menarik, bukan!

...

Sejak branding dipandang sebagai inti dari proses membangun hubungan antara perusahaan dan pemangku kepentingan dan sebagai penghubung utama dengan pasar, maka tujuan branding adalah untuk mendorong perusahaan melipat gandakan peluang melalui pembangunan kontak dengan konsumen atau masyarakat.

Blog sendiri saat ini bukan lagi tempat curhat biasa. Dengan hadirnya blog, perusahaan atau layanan masyarakat lainnya bisa banyak bercerita sesuatu yang memiliki efek pendekatan yang menarik. Termasuk membangun personal branding disana.

Bagaimana, mau menyarankan membangun blog bagi perusahaan tempat Anda bekerja? Bila Anda tidak ingin bermasalah, blog dengan domain sendiri sepertinya lebih baik. Namun bila tidak ingin ribet, yang gratisan pun tidak masalah. Menyesuaikan seperti apa besarnya perusahaan tempat Anda bekerja saat ini.

by @asmarie_


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Agenda Semarang Oktober 2017

Selamat datang, Oktober. Bulan ini ada yang sangat spesial buat bloger Indonesia. Kita akan merayakan semangat kebersamaan dengan memaknai hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober, besok. Di Semarang sendiri tentu tak kalah seru dengan berbagai acara, yuk datang ke Semarang.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.[Jumat - Minggu] - Sam Poo Kong Warak Ngendok Bazaar Kuliner selama Oktober. Mulai jam 9 pagi sampai 9 malam di Sam Poo Kong.Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [29 September - 1 Oktober] - BSB Property Expo 2017 di Paragon M…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Perjalanan Semarang Smart City Dari Tahun 2013 - 2017

Tidak terasa, program Semarang Smart City yang digulirkan semenjak tahun 2013 oleh Walikota Semarang sudah berjalan 4 tahun (2014-2017). Kami cukup intens mengikuti perkembangan program ini lewat blog dotsemarang. Seperti apa penerapannya sekarang?
Sebelum membaca artikel yang agak panjang, kami turut senang dengan kehadiran situs official Semarang Smart City yang beralamat di www.smartcity.semarangkota.go.id. Kami sudah berkunjung, rencananya akan kami jadikan postingan berikutnya.
Penyediaan free wifi di 2 ribu titik
Untuk diketahui dahulu bahwa artikel yang kami tulis ini merupakan artikel yang berasal dari situs semarangkota.go.id yang dipublish tanggal 27 September 2017, link lengkapnya ada di bagian bawah artikel ini.
Semarang Smart City (SSC) mulai digulirkan tahun 2013 ketika Walikota Semarang Hendrar Prihadi (Pemkot Semarang) menandatangani Nota Kesepahaman / Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. 
Telkom tentang Pemanfaatan Teknologi, Informasi dan Komunikasi untuk Mew…

[Video] Peringatan Peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang Tahun 2017

Salah satu agenda bulan Oktober di Semarang yang berhubungan dengan sejarah adalah Peringatan Pertempuran 5 Hari di Semarang. Peringatan ini selalu digelar tiap tanggal 14 Oktober. Halaman ini berisi video dari Youtube.

Tahun lalu, tanggal 14 Oktober 2016 jatuh pada hari Jumat. Sedangkan tahun ini, tanggal 14 Oktober 2017 jatuh pada hari Sabtu. Selisih sehari saja. Seperti tahun lalu juga, tahun ini kami juga tidak dapat berpartisipasi langsung untuk melihat lebih dekat suasana yang digelar di kawasan Tugu Muda.

Kalau sudah event ini dilaksanakan, ruas jalan menuju Tugu Muda pasti ditutup. Selain ada panggung yang berada tepat di depan Museum Mandala Bhakti, kawasan ini memang harus bebas kendaraan. Dalam peringatan sejarah ini, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menjadi Inspektur Upacara.

Mewakili halaman ini untuk memberikan gambaran suasana selama acara, kami mengambil beberapa video dari Youtube. Sesekali memasukkan video ketimbang foto perlu dilakukan agar konten lebih menarik.



Kawasan Museum Mandala Bhakti yang Semakin Ramai Tiap Akhir Pekan

Kapan terakhir kamu mengunjungi kawasan Museum Mandala Bhakti? Bila sudah lama, kami pun juga sama. Kebenaran saja, minggu awal Oktober kami bisa mampir. Suasananya sangat ramai, terutama pada hari minggu atau akhir pekan.
Semenjak bus wisata Semarang 'Ayo Muter-muter Semarang' diperkenalkan secara resmi, kawasan Mandala Bhakti yang dijadikan tempat parkir buat bus-bus wisata dari luar kota semakin ramai. Apalagi kawasan ini juga sudah banyak tempat kuliner yang dibuka. Alternatif lokasi berwisata di Semarang selain Lawang Sewu.

Pemandangan di atas bukan orang-orang yang sedang berpiknik layaknya di taman. Sebagian dari mereka menunggu antrian naik bus wisata Semarang dan sebagian lagi menunggu keluarga yang masih ada di Lawang Sewu dan Museum Mandala Bhakti. 

Suasana seperti ini akan sering kita jumpai dan petugas bakal sibuk mengurusi masyarakat yang selalu bertanya tentang jadwal keberangkatan bus wisata. Semoga mereka tetap semangat dan perlu manajemen pengelolaan yang ju…