Apa itu Jaringan 4G?


Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia dipaparkan dengan layanan komunikasi berbasis 4G atau nama lainnya jaringan LTE (Long Term Evolution). Katanya, jaringan ini setingkat lebih tinggi dan lebih cepat dari jaringan 3G. Lalu, bagaimana perbedaannya?

Mengutip dari halaman Wikipedia, 4G adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: fourth-generation technology. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada standar generasi keempat dari teknologi telepon seluler.

4G merupakan pengembangan dari teknologi 3G dan 2G. Sistem 4G menyediakan jaringan pita lebar ultra untuk berbagai perlengkapan elektronik, contohnya telpon pintar dan laptop menggunakan modem USB.

4G layanan jaringan super

Mengapa kami sebut super? Ini dikarenakan untuk mendapatkan akses jaringannya, pengguna internet Indonesia akan dimanjakan dengan kecepatan transfer data minimal 100 megabit per detik dan bahkan ada yang mengklaim diatasnya.

Ini juga diamini melalui website salah satu operator komunikasi yang menyebutkan, jaringan internet super cepat 4G LTE mampu memberikan kecepatan download dan upload 3x lipat dibanding generasi sebelumnya (3G).

Dengan kecepatan tersebut, Anda dapat menonton video streaming tanpa putus dan bahkan membuka video lebih banyak. Download file dan video HD lebih cepat, dan terakhir bermain game online semakin lancar dan stabil.

Masih terbatas

Menggiurkan rasanya meski belum sepenuhnya kita nikmati. Masalah utama jaringan 4G saat ini bukan saja kendala soal daerah yang sudah terintegrasi, tapi juga smartphone yang mendukung.

Meski desember akhir beberapa perusahaan telekomunikasi sudah melaunching jaringan ini, Area Semarang dipastikan belum dapat merasakannya secara menyeluruh.

Begitu juga perangkat yang digunakan. Dipastikan, Anda harus segera mengganti perangkat yang mendukung jaringan ini. Bila tetap menggunakan jaringan 3G, koneksi Internet Anda bisa dibilang terbatas. Semisal saja Anda menggunakan mobil Ferari di jalan yang berlubang, apakah bisa secepat di jalan yang mulus?

*XL masih mendukung kota Jakarta, Medan, Bogor, dan Yogyakarta. Telkomsel, baru Jakarta dan Bali. Indosat, masih belum banyak. Beberapa sumber mengatakan Jakarta sudah, tapi hanya beberapa tempat.

Untuk menggunakan layanan ini, masyarakat juga harus menggunakan layanan kartu yang bernama USIM untuk mendapatkan pengaturan jaringan 4G.

*Postingan diperbarui tanggal 20 Oktober 2017

Artikel terkait :
Informasi Kerjasama
Hubungi lewat email dotsemarang@gmail.com
Atau klik DI SINI untuk detail lebih lengkap

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Parkir di DP Mall Kini Hanya Melayani Pembayaran Non Tunai

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?