5 Kebiasaan Negatif di Media sosial yg Perlu Dibatasi


Nggak capek ngeluh di media sosial? Sudah lega? Atau masih ingin ngebully orang tersebut. Baca ini dulu deh, biar Anda sedikit memahami dampak dari apa yang Anda perbuat lewat media sosial?

Mengutip dari laman Merdeka.com (17/11), ada 5 kebiasaan yang merugikan pengguna media sosial saat mereka mulai galau di media sosial. Berikut detailnya.

1. Mengeluh terus-menerus

Memang menjadi hakmu untuk mengeluh di Twitter atau Facebook. Toh jejaring sosial memang diciptakan untuk sarana setiap orang mengekspresikan diri. Tetapi ada baiknya kamu tidak terlalu sering mengeluh atau ngomel di Facebook dan Twitter.

Pasalnya orang yang kebetulan melihat keluhanmu di timeline bisa ikut sebal. Melihat orang yang sedikit-sedikit mengeluh itu kadang bisa membuat suasana hati jadi tidak enak, lho.

2. Mengumbar emosi

Perilaku yang satu ini jelas perlu dibatasi, sebab saat sedang emosi kita jarang berpikir jernih. Daripada langsung berkicau di Twitter atau ngomel panjang lebar di Facebook, lebih baik kamu tenangkan diri terlebih dahulu.

Jangan sampai kamu menyesali status yang sudah kamu ketik dalam kondisi emosi. Kalau sudah tenang, tidak masalah kalau kamu mau menyampaikan unek-unek lewat jejaring sosial.

3. Menghina orang lain

Anonimitas di internet memang memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk menyampaikan pendapat sebebas-bebasnya. Dan ini seringkali menjadikan kita lebih mudah menghina atau melakukan 'bullying' terhadap orang lain.

Meskipun akun kita memiliki identitas jelas yang bisa dilihat siapa saja, pada kenyataannya kamu tetap bisa menyerang orang lain tanpa harus berhadapan langsung dengan mereka. Ini bukan perilaku yang bagus, lho.

4. Umbar kemesraan

Sekali lagi, apa yang kita lakukan di jejaring sosial memang menjadi urusan pribadi yang tidak berhak dicampuri oleh orang lain. Tetapi alangkah baiknya kalau hubungan yang berada di area privasi kamu jaga agar tidak terlalu diumbar di depan publik.

5. Menyebarkan hal negatif

Kalau yang satu ini sebaiknya memang dihindari sama sekali. Siapa di antara kalian yang hobi share berita miring tentang slah satu capres sewaktu masa kampanye pilpres kemarin? Itu juga termasuk menyebarkan hal negatif, lho. Pasalnya kamu menyebarkan berita yang belum tentu benar dan bersifat menghasut.

Itulah 5 perilaku negatif di media sosial yang perlu kamu batasi. Perilaku negatif mana yang paling sering kamu lakukan?

*Halaman diperbarui 5 Desember 2019

Artikel terkait :

Comments

Popular posts from this blog

Sego Bancakan Pawone Simbah, Tempat Makan Baru di Kota Lama Semarang

Review : Gunakan Layanan Maxim Life Massage & SPA

Berapa Tarif Parkir Inap di Bandara Ahmad Yani Semarang Tahun 2022?

Apakah Shopee Video Bisa Unggah Video dari Komputer?

Kenapa Paket Xtra Combo Flex Tidak Ada di Aplikasi MyXL ?