Langsung ke konten utama

10 Fakta Tentang Masyarakat Digital Indonesia 2013


Gambar ilustrasi : google

Bulan Juni 2013, majalah Marketeers merilis 10 fakta tentang masyarakat digital Indonesia. Dimana tulisan tersebut berdasarkan survei teranyarnya yang berjudul Indonesia Digital Society Award (IDSA) yang bekerjasama dengan PT.Telkom.


Kami tahu perkembangan Internet di Indonesia memang masuh akan terus berkembang untuk 3-5 tahun ke depan. Dan informasi ini tentu sangat berharga bagi mereka para pelaku ICT ( Information and Communication Technology), stakeholder, publik dan juga swasta atau pihak-pihak lainnya seperti kami.


Berikut 10 Insight tentang Masyarakat Indonesia :


1. Dominasi Jawa Masih Kentara


Perekonomian Indonesia yang masih terpusat di Pulau Jawa membawa dampak signifikan terhadap tingginya tingkat penetrasi intenet di area ini. Mayoritas kota dan kabupaten yang berada di Pulau jawa memiliki score indeks overall digital yang tinggi.


Hal ini mengindikasikan masih adanya digital divide atau kesenjangan digital di Indonesia. Karenanya, diperlukan upaya serta tindakana konkrit dari pihak pemerintah dan swasta terhadap pembangunan insftratruktur seperti fiber optic, broadband, serta sarana telekomunikasi terutama di daerah luar Jawa.


2. Meningkatnya Awarness pemerintah daerah terhadap digitalisasi


Penggunaan iCT di dalam pemerintahan daerah sudah menunjukkan kemajuan. Pemerintah sudah semakin sadar akan pentingnya ICT untuk menjalankan pemerintahan dan melayani warganya.


Hal ini ditunjukkan dengan program - program yang berbasis internet misalnya e-finance serta e-government. Berdasarkan angket potret Digitalisasi, kabupaten dan kota yang memiliki score indeks digital government yang tingggi (diatas indeks 70) adalah sebesar 27%.


3. Birokrat yang semakin "connect"


Impact dari program digitalisasi yang dilakukan oleh pimpinan daerah, membuat pegawai pemerintahan juga menyadarai bahwa pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sudah tidak sama lagi dengan warisan terdahulu.


Semua menginginkan pelayanan yang serba cepat dan online. Dari hasil survei, 57,3% dari seluruh pegawai Pemda Tingkat II telah memiliki akses terhadap fasilitas internet dikantor mereka, bahkan 76,2% menggunakan fixed connectivity / kabel tetap untuk akses internet yang pastinya koneksi lebih cepat daripada seluler.


4. Educatuin Goes to Cloud


Dengan adanya internet, dunia ilmu pengetahuan semakin terbuka bagi siapa saja. Penyebaran informasi berlangsung cepat segala informasi di belahan dunia manapun dapat diperoleh dalam sekejap. Informasi yang tadinya sulit diperoleh, saat ini sudah bukan sesuatu yang sulit lagi.


Proses belajar mengajar saat ini sudah memanfaatkan teknologi. Bahkan di beberapa sekolah, seorang guru menggunakan Youtube saat mengajar, dan murid-murid bisa mengirimkan Pekerjaan Rumah (PR) melalui email atau sharing ke dropbox gurunya.


Hal ini ditunjukkan dengan hasil survei bahwa sekitar 47,75% tenaga pengajar telah memiliki akses terhadap fasilitas internet di Lembaga pendidikannya. Sementara pelajar atau mahasiswa yang memiliki akses internet di sekolah atau kampusnya sebanyak 41,26%.


5. Koneksi Internet yang stabil dan cepat jadi pilihan


Penyediaan akses internet cepat memang jadi prioritas dari program Kemenkominfo. Akan tetapi, penetapan kecepatan internet merupakan urusan opertator. Dari lembaga pendidikan yang sudah menggunakan internet, 88,79% di antaranya ternyata memilih menggunakan fixed connectivty atau kabel tetap untuk akses internet.


6. Lembaga kesehatan belum aware terhadap digitalisasi


Meskipun dunia kesehatan dan medis merupakan bidang yang bersifat information intensive, namun adopsi teknologi internet relatif tertinggal. Bahkan di negara maju sekalipun, seperti Amerika Serikat, rumah sakit rata-rata hanya menginvestasi sebesar 2% untuk teknologi informasi.


Hasil survei menunjukkan bahwa di Indonesia, hanya 14,91% tenaga pelayanan kesehatan telah memiliki akses terhadap fasilitas Internet di lembaganya.


7. Menjangkau Konsumen lewat Internet


Manfaat internet untuk UKM adalah kecepatan dalam menjangkau konsumen. Sekarang sudah saatnya para pelaku UKM memanfaatkan efektifitas intenet karena menjadi media promosi yang tepat dan tak membutuhkan modal yang besar.


Segala produk atau jasa yang ditawarkan bisa diperkenalkan dan ditawarkan via website. Di tahun ini, sebesar 19,9% UKM Swasta telah terkoneksi internet, angka yang belumt tinggi namun berbagai pihak akan meningkat signifikan.


8. Masyarakat kian digital


Dari 99 kabupaten dan kota yang disurvei oleh MarkPlus Insight, 82 kota dan kabupaten ternyata memiliki indeks digital community di atas 30. Angka ini memberikan kebutuhan utama dan sulit bagi mereka untuk meninggalkan internet. Perwujudan masyarakat Indonesia menjadi digital Society sudah mulai menunjukkan titik terang.


9. PR Pemerintah daerah dalam upaya digitalisasi masih banyak


Skor indeks inisiatif pemerintah daerah dalam perencanaan ICT mencapai 76,9%. Sementara score indeks connectivity di masyarakat menunjukkan angka sebaliknya yaitu 20,9%. Gap angka tersebut masih jauh dari target Wold Summit of Information Society (WSIS) bahwa 50% dari penduduk di tiap negara sudah terkoneksi dengan internet pada 2015.


10 Browsing dan Social Media masih menjadi pilihan


Saat ini, pengguna internet di Indonesia masih belum serius memanfaatkan kekuatan teknologi untuk kegiatan produktif. Internet sebagian besar masih digunakan oleh masyarakat Indonesia lebih sekedar browsing atau update berita terkini dengan indeks 64.6% atau jaringan sosial dunia maya dengan indeks 60,2%.


Menarik bukan? Kriteria penilaian IDSA didasarkan pada 4 aspek (initiative, leadershio, usership, dan benefit) dan dilakukan pad alima pihak (Pemerintah Daerah, Lembaga Pendidikan, Lembaga Pelayanan Kesehatan, UKM Swasta, dan Masyarakat) dengan total responden 17.840.


Baca Juga : 10 Fakta Tentang Anak Muda Indonesia


Sumber : Majalah Marketeers edisi Juni 2013


...

Konta kami via email : dotsemarang [at] gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengawinkan Modem M3Y dengan Kartu 4G Smartfren

Ada kabar gembira buat kamu yang mungkin baru menggunakan modem m3y. Kami baru sadar bahwa kartu 4G Smartfren bisa digunakan di modem M3Y yang perangkatnya sudah pernah kami review sebelumnya. Apakah kamu sudah juga mencobanya?
Kami pikir M3Y sudah tidak bisa digunakan lagi dengan harganya yang kurang bersahabat untuk kami. Apalagi kartu yang tersemat sangat tidak memungkinkan kartu lain untuk masuk. Bahkan untuk sesama operator. Sekali keluar dari SIM Card-nya, kartu dipastikan tidak akan berfungsi. 
Ternyata bisa
Internet merupakan kebutuhan wajib terkait aktivitas kami dalam dunia blogging. Maka saat sebelum pergi ke Jakarta acara ASUS kemarin, kami mencoba mempersiapkan segalanya yang salah satunya koneksi internet.
Saat bertanya ke konter terdekat, ternyata kartu 4G Smartfren bisa digunakan untuk modem kami. Pokoknya yang keluaran Smartfren, kata penjaga konternya. Setelah memastikan sendiri dan menggunakannya, ternyata memang bisa. Apalagi kartu perdana yang kami beli punya kuot…

Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Agenda Semarang Juli 2018

Selamat datang bulan Juli di kota Semarang. Ada rencana apa saja selama di kota kami. Bila belum, halaman ini akan sedikit membantu tentang apa saja yang ramai di sini. Informasi akan terus kami perbarui.

Setelah libur lebaran, kita semua kembali ke rutinitas seperti biasanya. Sibuk dan sibuk. Bila sedang mengadakan perjalanan ke Semarang, tak salah melihat tempat-tempat menarik, berburu kuliner atau swafoto.

Berikut daftar agenda yang ada di Semarang, yang kami bagi dua:

Agenda rutin :
[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. (Wisata Kuliner malam)[Minggu] - Car Free Day di kawasan Simpang Lima - Pahlawan dan jalan Pemuda.
Agenda lain
[2 Juli] - Jazz Reguler by Komunitas Jazz Ngisoringin di gedung event media creative space, jalan Ki Mangunsarkoro no. 18. Mulai jam 7 malam. Info Twitter @JAZZNGiSORiNGiN.[6-11 Juli] - Pameran komputer di Java Mall. Info klik di sini.[6-8 Juli] - Kejuaraan Motorcross Internasional MXGP 2018 di sirku…

Sukses MXGP di Semarang, Seperti Apa Statistiknya di Media Sosial?

Gelaran MXGP di kota Semarang sukses digelar. Harapan mas Hendi (Wali Kota Semarang) berikutnya yang ingin menjadikan kota Semarang sebagai tuan rumah MotoGP patut kami dukung, mengingat nilai potensi yang bisa didapat bila itu benar-benar terealisasi. Lalu, seperti apa statistik di media sosial tentang acara Internasional MX GP ini?

Kami telah membuat statistik Twitter dengan tagar #MXGPSemarang yang menggunakan alat pengukur media sosial yang biasa kami gunakan, yaitu tweetbinder.com. Data ini kami buat pada tanggal 9 Juli, setelah acara berlangsung.
Statistik via Slideshare
Data ini kami taruh di situs Slideshare, dan ditaruh secara umum. Kamu dapat mengambilnya, bila ingin. Meski kami beri cuma-cuma, kami harap bisa dinotifikasi atau bilang ke kami bahwa kamu menggunakan data tersebut.

Statistik MXGP Semarang from Dot Semarang
Tentang statistik
Saat postingan ini kami buat, pengaruh tagar #MXGPSemarang di Instagram mendapatkan 2.282 posting yang dibagikan di sana. Tentu data ini aka…

[Review] Semarang Computer Expo 2018 : Perang Komputer Gaming

Pameran komputer Semarang ini diadakan di Java Mall, dari tanggal 6-11 Juli 2018. Yang menarik dari sini adalah kampanye promosi perang perangkat jinjing yang ditujukan kepada segmen pengguna yang menyukai game.

Bagaimana kabar kamu yang selalu bertanya pada kami tentang pameran komputer? Kami harap, kamu senang dan sudah membeli perangkat yang dicari.

Karena pameran komputer di Semarang hanya terlihat seperti yang sudah-sudah, postingan kami untuk ulasan event ini adalah melihat promosi yang ada di stan peserta. Apalagi stan yang berada di tengah-tengah adalah stan besar dengan promo yang tentu harus keren.

Komputer gaming yang mencuri perhatian

Ada pemandangan berbeda kali ini setelah sekian lama vakum pameran komputer yang sudah kami tunggu. Pameran komputer Juli ini didominasi perangkat yang memanjakan para gamers.


Acer hadir dengan brand Predatornya. Harga yang dibanderol untuk produk mereka mulai dari 11 jutaan. Selain melakukan promosi secara offline dengan menjadi salah satu p…