Langsung ke konten utama

10 Fakta Tentang Masyarakat Digital Indonesia 2013


Gambar ilustrasi : google

Bulan Juni 2013, majalah Marketeers merilis 10 fakta tentang masyarakat digital Indonesia. Dimana tulisan tersebut berdasarkan survei teranyarnya yang berjudul Indonesia Digital Society Award (IDSA) yang bekerjasama dengan PT.Telkom.


Kami tahu perkembangan Internet di Indonesia memang masuh akan terus berkembang untuk 3-5 tahun ke depan. Dan informasi ini tentu sangat berharga bagi mereka para pelaku ICT ( Information and Communication Technology), stakeholder, publik dan juga swasta atau pihak-pihak lainnya seperti kami.


Berikut 10 Insight tentang Masyarakat Indonesia :


1. Dominasi Jawa Masih Kentara


Perekonomian Indonesia yang masih terpusat di Pulau Jawa membawa dampak signifikan terhadap tingginya tingkat penetrasi intenet di area ini. Mayoritas kota dan kabupaten yang berada di Pulau jawa memiliki score indeks overall digital yang tinggi.


Hal ini mengindikasikan masih adanya digital divide atau kesenjangan digital di Indonesia. Karenanya, diperlukan upaya serta tindakana konkrit dari pihak pemerintah dan swasta terhadap pembangunan insftratruktur seperti fiber optic, broadband, serta sarana telekomunikasi terutama di daerah luar Jawa.


2. Meningkatnya Awarness pemerintah daerah terhadap digitalisasi


Penggunaan iCT di dalam pemerintahan daerah sudah menunjukkan kemajuan. Pemerintah sudah semakin sadar akan pentingnya ICT untuk menjalankan pemerintahan dan melayani warganya.


Hal ini ditunjukkan dengan program - program yang berbasis internet misalnya e-finance serta e-government. Berdasarkan angket potret Digitalisasi, kabupaten dan kota yang memiliki score indeks digital government yang tingggi (diatas indeks 70) adalah sebesar 27%.


3. Birokrat yang semakin "connect"


Impact dari program digitalisasi yang dilakukan oleh pimpinan daerah, membuat pegawai pemerintahan juga menyadarai bahwa pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sudah tidak sama lagi dengan warisan terdahulu.


Semua menginginkan pelayanan yang serba cepat dan online. Dari hasil survei, 57,3% dari seluruh pegawai Pemda Tingkat II telah memiliki akses terhadap fasilitas internet dikantor mereka, bahkan 76,2% menggunakan fixed connectivity / kabel tetap untuk akses internet yang pastinya koneksi lebih cepat daripada seluler.


4. Educatuin Goes to Cloud


Dengan adanya internet, dunia ilmu pengetahuan semakin terbuka bagi siapa saja. Penyebaran informasi berlangsung cepat segala informasi di belahan dunia manapun dapat diperoleh dalam sekejap. Informasi yang tadinya sulit diperoleh, saat ini sudah bukan sesuatu yang sulit lagi.


Proses belajar mengajar saat ini sudah memanfaatkan teknologi. Bahkan di beberapa sekolah, seorang guru menggunakan Youtube saat mengajar, dan murid-murid bisa mengirimkan Pekerjaan Rumah (PR) melalui email atau sharing ke dropbox gurunya.


Hal ini ditunjukkan dengan hasil survei bahwa sekitar 47,75% tenaga pengajar telah memiliki akses terhadap fasilitas internet di Lembaga pendidikannya. Sementara pelajar atau mahasiswa yang memiliki akses internet di sekolah atau kampusnya sebanyak 41,26%.


5. Koneksi Internet yang stabil dan cepat jadi pilihan


Penyediaan akses internet cepat memang jadi prioritas dari program Kemenkominfo. Akan tetapi, penetapan kecepatan internet merupakan urusan opertator. Dari lembaga pendidikan yang sudah menggunakan internet, 88,79% di antaranya ternyata memilih menggunakan fixed connectivty atau kabel tetap untuk akses internet.


6. Lembaga kesehatan belum aware terhadap digitalisasi


Meskipun dunia kesehatan dan medis merupakan bidang yang bersifat information intensive, namun adopsi teknologi internet relatif tertinggal. Bahkan di negara maju sekalipun, seperti Amerika Serikat, rumah sakit rata-rata hanya menginvestasi sebesar 2% untuk teknologi informasi.


Hasil survei menunjukkan bahwa di Indonesia, hanya 14,91% tenaga pelayanan kesehatan telah memiliki akses terhadap fasilitas Internet di lembaganya.


7. Menjangkau Konsumen lewat Internet


Manfaat internet untuk UKM adalah kecepatan dalam menjangkau konsumen. Sekarang sudah saatnya para pelaku UKM memanfaatkan efektifitas intenet karena menjadi media promosi yang tepat dan tak membutuhkan modal yang besar.


Segala produk atau jasa yang ditawarkan bisa diperkenalkan dan ditawarkan via website. Di tahun ini, sebesar 19,9% UKM Swasta telah terkoneksi internet, angka yang belumt tinggi namun berbagai pihak akan meningkat signifikan.


8. Masyarakat kian digital


Dari 99 kabupaten dan kota yang disurvei oleh MarkPlus Insight, 82 kota dan kabupaten ternyata memiliki indeks digital community di atas 30. Angka ini memberikan kebutuhan utama dan sulit bagi mereka untuk meninggalkan internet. Perwujudan masyarakat Indonesia menjadi digital Society sudah mulai menunjukkan titik terang.


9. PR Pemerintah daerah dalam upaya digitalisasi masih banyak


Skor indeks inisiatif pemerintah daerah dalam perencanaan ICT mencapai 76,9%. Sementara score indeks connectivity di masyarakat menunjukkan angka sebaliknya yaitu 20,9%. Gap angka tersebut masih jauh dari target Wold Summit of Information Society (WSIS) bahwa 50% dari penduduk di tiap negara sudah terkoneksi dengan internet pada 2015.


10 Browsing dan Social Media masih menjadi pilihan


Saat ini, pengguna internet di Indonesia masih belum serius memanfaatkan kekuatan teknologi untuk kegiatan produktif. Internet sebagian besar masih digunakan oleh masyarakat Indonesia lebih sekedar browsing atau update berita terkini dengan indeks 64.6% atau jaringan sosial dunia maya dengan indeks 60,2%.


Menarik bukan? Kriteria penilaian IDSA didasarkan pada 4 aspek (initiative, leadershio, usership, dan benefit) dan dilakukan pad alima pihak (Pemerintah Daerah, Lembaga Pendidikan, Lembaga Pelayanan Kesehatan, UKM Swasta, dan Masyarakat) dengan total responden 17.840.


Baca Juga : 10 Fakta Tentang Anak Muda Indonesia


Sumber : Majalah Marketeers edisi Juni 2013


...

Konta kami via email : dotsemarang [at] gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Video] Peringatan Peristiwa Pertempuran 5 Hari di Semarang Tahun 2017

Salah satu agenda bulan Oktober di Semarang yang berhubungan dengan sejarah adalah Peringatan Pertempuran 5 Hari di Semarang. Peringatan ini selalu digelar tiap tanggal 14 Oktober. Halaman ini berisi video dari Youtube.

Tahun lalu, tanggal 14 Oktober 2016 jatuh pada hari Jumat. Sedangkan tahun ini, tanggal 14 Oktober 2017 jatuh pada hari Sabtu. Selisih sehari saja. Seperti tahun lalu juga, tahun ini kami juga tidak dapat berpartisipasi langsung untuk melihat lebih dekat suasana yang digelar di kawasan Tugu Muda.

Kalau sudah event ini dilaksanakan, ruas jalan menuju Tugu Muda pasti ditutup. Selain ada panggung yang berada tepat di depan Museum Mandala Bhakti, kawasan ini memang harus bebas kendaraan. Dalam peringatan sejarah ini, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menjadi Inspektur Upacara.

Mewakili halaman ini untuk memberikan gambaran suasana selama acara, kami mengambil beberapa video dari Youtube. Sesekali memasukkan video ketimbang foto perlu dilakukan agar konten lebih menarik.



Review Lot 28 Semarang

Awal Agustus kemarin, tempat ini mengadakan soft opening dengan mengundang social media influencer Semarang. Termasuk bloger di dalamnya. Lot 28 sendiri beralamat di jalan Singosari Raya No.28, Semarang. Seperti apa tempatnya?

Selamat datang kembali akhir pekan. Apakah kamu sudah punya rencana menghabiskan hari Sabtu? Mungkin bertemu dengan teman atau sahabat, atau juga pasangan bisa meredakan stres setelah sibuk beberapa hari dengan rutinitas dan pekerjaan.

Komunikasi secara langsung itu sangat menyenangkan, dan tentu didukung tempat yang menarik yang bisa membangkitkan suasana hati. Kami punya rekomendasi bila kamu ingin sesuatu yang baru di Semarang berikut ini.



Lot 28, kamu bisa ngopi atau makan malam di sini

Nama yang unik menurut kami saat owner menjelaskan kepada kami yang turut hadir saat soft opening, kamis sore, 3 Agustus 2017. Angka 28 sendiri diambil dari nomor tempat ini berada.

Bahkan, 28 ini juga punya makna yang berarti 2 artinya 2 rasa, dan 8 artinya cerita (merujuk m…

Harga Asus Zenfone di Pameran Handphone Semarang Bulan Oktober

Perhatian kami tertuju pada Zenfone 4 Selfie yang sudah hadir di pameran Handphone yang berlangsung bulan Oktober di Java Mall Semarang ini. Harganya mendekati 3,5 juta. Apakah kamu ada rencana membelinya bulan ini?
Jangan heran bila kami memilih daftar harga Zenfone ini dimasukkan dalam blog dotsemarang. Sebagai salah satu pengguna, daftar produk dari ASUS ini sudah banyak menghiasi kategori blog kami.
Bila melihat daftar harga dari gambar di atas, harganya tidak jauh beda dengan harga online sebenarnya. Namun karena berada di pameran handphone, biasanya penawaran cicilan menjadi alternatif untuk membawa Smartphone ini ke rumah.
Untuk spesifikasi beberapa produk ASUS di atas bisa kamu lihat di sini, seperti Zenfone 4 Max yang baru dilaunching bulan September kemarin. Atau Zenfone Zoom S yang punya kamera keren bagi pecinta fotografi. Pameran Handphone Bulan Oktober di Semarang Rencananya minggu keempat atau minggu depan, akan digelar acara Grand Launching ASUS Zenfone 4 Selfie di Jak…

Agenda Semarang Oktober 2017

Selamat datang, Oktober. Bulan ini ada yang sangat spesial buat bloger Indonesia. Kita akan merayakan semangat kebersamaan dengan memaknai hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober, besok. Di Semarang sendiri tentu tak kalah seru dengan berbagai acara, yuk datang ke Semarang.
Agenda rutin  [Minggu] -  Car Free Day di Simpang Lima - Pahlawan, jalan Pemuda dan jalan Kartini. Lihat artikelnya di sini.[Minggu] - Pasar Minggu di sekitar MAJT, Stadion Citarum, stadion Diponegoro, Taman KB.[Jumat] - Pasar Jumat di sekitar Taman KB.[Sabtu, Kamis, & Senin] - Keroncong Live Music di Jalan Kepodang 13-15, Kota Lama. Detail klik di sini. [Sabtu] - Wayang Orang di TBRS Semarang[Jumat-Minggu] - Warung Semawis di Gang Warung, Pecinan. Lihat artikelnya di sini.[Jumat - Minggu] - Sam Poo Kong Warak Ngendok Bazaar Kuliner selama Oktober. Mulai jam 9 pagi sampai 9 malam di Sam Poo Kong.Agenda umum (Akan terus ditambahkan)  [29 September - 1 Oktober] - BSB Property Expo 2017 di Paragon M…

Ada Pusat Toko Handphone di Lantai Basement Java Mall

Java Mall yang kami kenal adalah salah satu tempat pameran handphone maupun komputer yang paling rutin dan konsisten. Animonya selalu bagus ketimbang mal-mal yang ada di Semarang. Dan baru-baru ini, kami mengetahui adanya pusat toko handphone di sini.

Bertepatan dengan pameran handphone yang berlangsung kemarin, Semarang Mobile Expo (Semox) yang digelar dari tanggal 10-16 Oktober, kami mampir ke lantai basement (akses parkir mobil paling bawah). Seperti gambar di atas, begitu suasana yang kami lihat waktu itu. Mungkin sudah kemalaman dan beberapa toko ada yang mengikuti pameran.

Ini kabar baik sebenarnya bila sedang mencari toko handphone saat sedang berkunjung ke mal yang berada di jalan MT. Haryono dan bersebelahan dengan Star hotel ini.

Sayang lokasinya kurang strategis untuk pengunjung seperti kami. Namun berbeda bagi pengunjung yang langsung mengakses mal dari tempat parkir menuju Hypermart.

Untuk mengunjungi pusat handphone di Java Mall yang tidak datang dari lantai basement, k…